Berbagi Berkah di Bulan Ramadhan - Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Kapuas

Gambar
Kuala Kapuas, 5 April 2024 Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perawat Nasional Indonesia DPD PPNI Kab. Kapuas, pada Ramadhan 1445H tahun ini berbagi Berkah Ramadhan dengan Tema "Jum'at Berkah Ramadhan"  Kegiatan ini dihimpun dari sumbangan anggota PPNI dan beberapa donatur, jumlah yang dibagikan 1.400 item terdiri dari beras, gula, minyak goreng, telur, nasi kotak dan takjil adapun sasaran ditahun ini, Rumah Singgah, Panti Asuhan, fakir miskin dan dhuafa. Foto, video dan tulisan merupakan kiriman Bapak M. Hipni

Bincang-bincang dengan Bapak Hani - Kepala Gudang Bulog Kapuas

Suasana ketika memasuki gudang Bulog
Gudang Bulog yang terletak di Jalan Kalimantan ini memiliki dua buah gudang yang memiliki kapasitas 3500 ton dan 2000 ton. Kapasitas penyimpanan beras di Bulog ini biasanya sekitar 3000 ton untuk tiga bulan. Beras di gudang ini didatangkan dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Makasar, bahkan ada juga yang dari Vietnam. Karena pelabuhan Bulog sedang mengalami penurunan, transportasi beras ke gudang ini dilakukan dengan menggunakan truk.
Truk pengangkut beras dari pelabuhan Trisakti Banjarmasin
Selain menyimpan beras untuk keperluan masyarakat, gudang Bulog ini juga menyimpan beras cadangan pemerintah untuk keperluan bencana. Sewaktu terjadi banjir di daerah Tambak Bajai yang lalu, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja sudah mengambil 50 ton beras yang akan didistribusikan ke daerah bencana tersebut.

Selain memiliki gudang beras, gudang Bulog ini juga memiliki penggilingan padi, kapasitasnya sangat besar, mengingat bangunannya yang sangat besar. Selain ada mesin penggilingan, di dalam gudang ini juga ada mesin pengering dan mesin untuk pengepakan beras yang sudah digiling. Namun saat ini gudang ini tidak dioperasikan mengingat mahalnya harga beras yang dijual oleh petani.
Penggilingan beras Bulog

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan