Navigating Integrity Zone Development: A Hospital's Journey

Gambar
 This storyboard chronicles the efforts of a medical services head tasked with understanding and implementing an integrity zone at RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Hospital. Over one evening, they delve into the self-assessment form required for the integrity zone's development, consulting ChatGPT for clarification on complex issues and drafting essential documents. By morning, they are ready to lead a staff assembly, outlining the steps necessary to foster a culture of integrity within the hospital. On April 17, 2024, the director of RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo assigned the head of medical services to attend a socialization meeting for the integrity zone development. Searching for foundational documents for the integrity zone at night, finding the self-assessment form. Exploring the self-assessment questions, using ChatGPT to understand the complicated parts. Asking ChatGPT for advice on: Team Decree (SK Tim Kerja), Work Plan (Rencana Kerja), Change Agents (Agen Perubahan),

PENYANYI LAGU DAERAH “ MARION” SEMARAKKAN PENYULUHAN OBAT-OBATAN DAN BAHAN BERBAHAYA DI TIMPAH

Menyikapi yang akhir-akhir ini semakin meningkatnya korban miras oplosan di kec Timpah terutama dikalangan remaja dan untuk meningkatkan pengetahuan para remaja terutama para siswa sekolah di wilayah kecamatan Timpah agar terhindar dari pengaruh atau pergaulan yang negative penyalahgunaan obat-obatan dan bahan berbahaya, Puskesmas Timpah dan Pihak kecamatan menyelenggarakan Penyuluhan obat-obatan dan bahan berbahaya yang dilaksanakan di gedung serbaguna Timpah.


Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para peserta mengenai obat-obatan dan bahan berbahaya serta dampak penyalahgunaan obat-obatan.

Peserta yang mengikuti penyuluhan ini didominasi para remaja dan siswa sekolah menengah yaitu SMP dan SMA Timpah serta tokoh masyarakat Timpah,

Unsur Pimpinan Kecamatan timpah bergiliran memberikan sambutan dan pesan-pesan, mulai dari Camat Timpah, Kapolsek, Danramil sampai Demang/kepala adat Timpah yang banyak menekankan pada pentingnya peran orang tua, guru di sekolah dan masyarakat untuk melindungi dan mengawasi anak-anak Timpah agar terhindar dari Miras dan penyalahgunaan obat.

Sebagai pembicara atau nara sumber pada kegiatan penyuluhan ini diundang dari Kabupaten yaitu dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas yang disampaikan oleh Kastalani, SKM. MAP dan dr. Agus Waluyo.
Kastalani lebih menekankan pada Penyalahgunaan obat dan bahan berbahaya mulai jenis, karakteristiknya sampai pada bahayanya terutama yang lagi marak menimpa anak-anak muda yaitu Miras Oplosan.
Berdasarkan kasus-kasus yang pernah terjadi pada miras oplosan yang biasa mereka dioplos itu antara lain alcohol botolan,obat nyamuk, obat batuk, minuman suplemen, dan air. Dan yang paling berbahaya pada miras oplosan itu adalah alcohol, menurutnya alkohol yang biasa dijual dipasaran sebenarnya adalah untuk obat luar yang biasa digunakan sebagai antiseptic, yang berbahaya adalah kalau ada kandungan “Metanol” pada alcohol tersebut, sementara dikhawatirkan kandungan metanolnya bisa tidak terkontrol karena alcohol yang ada itu sebagai obat luar bukan per oral atau bukan untuk diminum, satu persen lebih saja methanol bila dikonsumsi bisa berakibat fatal atau bisa mengakibatkan mata menjadi buta. Belum lagi ada yang dioplos dengan obat nyamuk yang merupakan insektisida untuk serangga.

dr. Agus Waluyo lebih menekankan pada penyalahgunaan Psikotropika dan narkotika dan dampaknya terhadap tubuh seseorang jika menjadi pecandu obat tersebut.

Tidak kalah menariknya untuk menyemarakan dan supaya peserta tidak jenuh mengikuti penyuluhan ini, dihibur oleh orkes setempat yang mendatangkan penyanyi terkenal Kalimantan tengah “Marion”. Marion yang merupakan penyanyi khas lagu-lagu daerah yang terkenal dengan lagu saluang kitik-kitik, membawakan beberapa buah lagu dan yang menariknya Marion mampu memukau penonton dengan lirik lagu yang spontan dengan bahasa daerah sambil memasukan pesan-pesan agar remaja mengghindari penyalahgunaan narkoba dan menjadi siswa yang berprestasi

By : Kastalani, SKM. MAP (Kasi Bimdal Kefarmasian)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan