Ketersediaan Darah di UTD-RS

Stok darah per 24 Agustus 2014:

A = 7; B = 12, O = 1, AB = 3

Sumber: Debi (UTD RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo)

Selasa, 30 November 2010

Toko Buah Al Barokah

Toko buah ini terletak di Jalan Ahmad Yani, di seberang Bank BNI. Toko ini menjual berbagai macam buah, mulai dari salak, jeruk, apel, pear, anggur, pepaya, semangka, bahkan juga ada kurma. Mengenai masalah harga, umumnya kurang lebih sama dengan toko-toko buah yang lain.

Paduan Suara PGRI

Paduan suara ini mendapat kehormatan untuk tampil pada Peringatan Hari Korpri, Hari Kesehatan Nasional dan Hari Guru Nasional yang diselenggarakan di lapangan kantor Pemda Kabupaten Kapuas, Jl. Pemuda Km. 5,5, Kuala Kapuas.

Peringatan Hari Korpri, HKN dan Hari Guru Nasional

Pada hari Senin, 29 November 2010 bertempat di lapangan Kantor Pemda Kabupaten Kapuas, Jl. Pemuda km. 5,5, diselenggarakan Peringatan Hari Korpri, Hari Kesehatan Nasional dan Hari Guru Nasional. Upacara ini dipimpin oleh Bapak Sekda Kabupaten Kapuas, Drs. Nurul Edy, M.Si, dan diikuti oleh perwakilan pegawai negeri dari berbagai dinas, kantor dan badan, serta para pensiunan.

Senin, 29 November 2010

Pasangan Amal Dalam Islam - Guru Farhani



Contoh Poster Hari AIDS Sedunia

Dermaga LLASD

Pelabuhan Palangka dilihat dari feri Murung Kramat
Dermaga ini lebih dikenal dengan nama Pelabuhan Palangka. Sewaktu jalan ke Mantangai dan Jalan Palangka - Buntok masih belum jadi, sebagian besar masyarakat menggunakan speedboat sebagai alat transportasi utama. Para penumpang yang ingin menuju ke Mantangai dan Pujon menunggu speedboat di pelabuhan ini. Pelabuhan ini memiliki batang yang bisa naik dan turun sesuai dengan aliran pasang.

Batang Pelabuhan Palangka
Disinilah biasanya speedboat ditambat. Karena mereka bisa naik dan turun, maka hal ini tidak akan menyulitkan penumpang yang akan naik ke speedboat. Sekarang batang ini sudah diperbaiki. Dermaga ini dulu diramaikan oleh para pedagang, sekarang dermaga ini sepi.

Dermaga pelabuhan Palangka
Kalau dulu, kapal ke Pujon masih sering ditambat di pelabuhan ini, sekarang cuma speedboat Dinas Perhubungan yang ditambat di dermaga ini.

BA Sei Hanyo

Minggu, 28 November 2010

Pembuat pakan ikan patin dari Murung Kramat

Bapak Muhammad Nuh (tidak mengenakan baju)
Pembuatan pakan ikan patin ini dilakukan oleh Bapak Muhammad Nur di depan rumahnya di Kelurahan Murung Kramat, Kecamatan Selat, Kuala Kapuas 73512. Beliau dibantu oleh dua orang temannya. Pakan ikan patin ini dibuat dari dedak ditambah dengan ikan kering dengan perbandingan 2 : 1. Beliau membeli dedak dari penggilingan padi yang ada di Panamas atau Sari Pulau, sedangkan untuk ikan kering beliau membelinya dari Desa Batanjung, Kecamatan Kapuas Kuala.

Pencampuran antara dedak dan ikan kering dilakukan dengan alat berikut:

Alat penggiling pakan ikan
Pencampuran ini menghasilkan pakan ikan dengan ukuran yang masih besar, karena mata penggilingan yang digunakan juga lebih besar.

Pakan ikan dengan ukuran yang masih besar
Setelah pakan ikan dengan ukuran besar ini cukup banyak dihasilkan untuk hari itu, maka mata penggilingan diganti dengan ukuran yang lebih kecil, sehingga pakan ikan yang dihasilkan pun memiliki ukuran yang lebih kecil.

Pakan ikan dengan ukuran yang lebih kecil
Pakan ikan dengan ukuran yang lebih kecil ini kemudian dikeringkan menggunakan sinar matahari.

Pengeringan pakan ikan
Pakan yang dihasilkan tidak dijual melainkan digunakan untuk memberi makan ikan patin yang dibudidayakan sendiri di depan rumah.

Kolam ikan patin dan sarang walet
Jumlah ikan patin yang dibudidayakan di kolam ini adalah sebanyak 1.500 ekor. Diharapkan dalam waktu satu tahun, berat ikannya akan mencapai 1,5 kilogram. Dari usaha ini, Bapak Muhammad Nur telah berhasil membuat satu sarang walet yang berlokasi di kolam beliau yang kedua.

Berikut ini adalah video tentang pengolahan pakan ikan patin tersebut:

PT. Karya Sejati

Tampak depan dari gedung PT. Karya Sejati
Perusahaan pengolahan karet ini terletak di Kelurahan Murung Kramat, Kecamatan Selat, Kuala Kapuas 73512. Perusahaan ini mengolah karet mentah menjadi karet yang siap untuk diolah menjadi barang lain. Perusahaan ini membeli karet dari para pedagang yang membelinya dari para petani karet. Karet yang dibeli tersebut dibelah dengan menggunakan mesin pemotong. Setelah itu akan dimasukkan dalam mesin besar untuk dibentuk lembaran yang akan dijemur. Setelah itu lembaran yang sudah kering dimasukkan lagi ke dalam alat untuk dibuat menjadi seperti dodol, kemudian dipress menjadi bentuk kubus yang siap untuk dikemas dan dikirim.

Berdasarkan data dari Panjiva, perusahaan ini sejak 1 Juli 2007 sampai 17 November 2010 telah melakukan 173 pengiriman ke luar negeri. Menurut data tersebut perusahaan ini telah memiliki 21 perusahaan pembeli produk karetnya.

PT. Karya Sejati tampak belakang
Keberadaan perusahaan ini sejak tahun 1978, telah membentuk satu perkampungan tersendiri di sekitar perusahaan ini. Perusahaan dengan jumlah karyawan sekitar 200-an orang, sebagian besar berasal dari masyarakat yang berada di sekitar perusahaan. Tahun ini gaji buruh kurang lebih Rp 35.000 / hari (42 jam kerja per minggu).

Feri penyeberangan Tendean - Panamas

Pelabuhan feri di Jalan Kapten Pierre Tendean
Penyeberangan feri ini terletak di ujung barat Jalan Kapten Pierre Tendean, Kelurahan Selat Hilir, Kecamatan Selat, Kuala Kapuas. Tarif penyeberangan untuk pejalan kaki adalah Rp 500, sedangkan untuk sepeda motor Rp 1.500. 

Pelabuhan feri di dusun Panamas

Jum'at Bersih 26 November 2010

Para guru-guru SMKN 1 Kuala Kapuas sedang membersihkan jalan di pasar
Kegiatan Jum'at Bersih tetap dijalankan oleh Pemerintah Daerah dalam rangka meraih Adipura. Salah satu pelajaran yang didapat dari studi banding anggota DPRD Kabupaten Kapuas ke Kota Bekasi (peraih Adipura) adalah tentang pentingnya kebersihan pasar. Bila kita memasuki pasar-pasar yang ada di Kuala Kapuas, maka kita akan menyaksikan kondisi yang bermacam-macam, dari yang cukup bersih sampai yang sangat kotor pada salah satu sisinya. Untuk melihat kegiatan Jum'at Bersih dan kondisi dari salah satu pasar kita, mari kita saksikan tayangan berikut ini:

Seminar Sehari Penggunaan Obat Rasional

Pada tanggal 27 November 2010 bertempat di Gedung Kesenian Gandang Garantung diselenggarakan Seminar Sehari Penggunaan Obat Rasional. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-46 di Kabupaten Kapuas Tahun 2010. Kerjasama antara Ikatan Dokter Indonesia, Ikatan Apoteker Indonesia, Perkumpulan Ahli Farmasi Indonesia dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas ini menghadirkan Prof. DR. dr. Armen Muchtar, DAF, DPC, Sp.FK (K) sebagai pembicara utama, disertai oleh dr. Hj. Ani Handaningroem (Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas) dan dr. Suci Harini, M.Sc., SpA (Spesialis Anak pada RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo).

Seminar ini dihadiri sekitar 100-an peserta dari kalangan kesehatan. Mereka berasal dari rumah sakit dan puskesmas di Kabupaten Kapuas serta beberapa peserta dari D3 Farmasi Poltekkes Muhammadiyah Banjarmasin. Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Kapuas yang diwakili oleh Bapak Granit.

Sabtu, 27 November 2010

Foto-foto Jama'ah Haji Kapuas 2010 - Kiriman H. M. Sholichuddin

Perjalanan jama'ah haji Kloter 6 BDJ asal Kabupaten Kapuas (dalam foto) adalah sebagai berikut:

Pelepasan jama'ah haji Kabupaten Kapuas di halaman rumah jabatan Bupati Kapuas (Minggu, 24 Oktober 2010)

Penerimaan jama'ah haji asal Kabupaten Kapuas, Kabupaten Barito Selatan dan Kabupaten Pulang Pisau (tergabung dalam kloter 6 BDJ) di asrama haji Banjar Baru, Kalimantan Selatan dan mengikuti karantina untuk diberangkatkan ke tanah suci pada tanggal 26 Oktober 2010

Lokasi pemondokan di Madinah, jaraknya sekitar 2 km dari Masjid Nabawi. Di sini jama'ah kloter 6 BDJ tinggal mulai tanggal 26 Oktober sampai 4 November 2010.
dr. Satria Ramli (Puskesmas Lamunti, TKHI Kloter 6 BDJ) di Masjid Nabawi Madinah


Pada tanggal 4 November 2010 jama'ah haji Kloter 6 BDJ memulai ibadah Haji Tamattu' dengan mengambil miqat dari Masjid Bir 'ali
Petugas TKHI yang mendampingi Kloter 6 BDJ selesai melakukan umrah wajib pada tanggal 5 November 2010
Perjalanan ibadah haji dimulai pada tanggal 8 Dzulhijjah 1431 (14 November 2010), jama'ah diangkut dari pemondokan di Makkah (Hotel Al-Ashla Tower di daerah Jumaizah dekat komplek pekuburan Ma'la di Sektor 6, nomor rumah 615) ke Arafah. 

Wukuf dilaksanakan pada tanggal 15 November 2010


Pada tanggal 9 Dzulhijjah setelah Maghrib, jama'ah diangkut dari Arafah untuk mabit dan mencari kerikil di Muzdalifah sampai dengan jam 12.00 tengah malam (24.00)

Suasana perkemahan di Mina untuk tempat istirahat setelah melakukan pelontaran Jumrah Aqabah (tanggal 10 Dzulhijjah) dan Jumrah Ula - Wustha - Aqabah (tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah)

Hari Jum'at sore jama'ah kembali diangkut ke Makkah untuk pelaksanaan Tawaf Ifadhah (semoga menjadi haji mabrur).

Rencananya jama'ah haji Kloter 6 BDJ akan mendarat di bandara Syamsudin Noor tanggal 6 Desember 2010 jam 05.00 WITA.

Cuci Mobil Motor "Seroja Indah"


Tempat cuci mobil dan motor ini terletak di Jalan Seroja, di samping langgar Baabul Jannah. Adapun tarif pencucian disini adalah sebagai berikut:
  1. Cuci sepeda motor Rp 8.000
  2. Cuci mobil Rp 20.000
Selain itu, mereka juga menerima salon motor.

Jumat, 26 November 2010

Kiat Meraih Keluarga Sakinah - Khutbah Jum'at

Khutbah Jum'at di Masjid Darul Muttaqin ini disampaikan oleh Bapak Asy'ari. Beliau menyampaikan beberapa kiat-kiat untuk meraih keluarga sakinah yaitu:

  1. Penghayatan dan pengamalan agama. Janganlah kamu menjadi orang-orang yang lupa kepada Allah dan Allah menjadikan mereka lupa kepada diri mereka sendiri ... (Q.S. Al Hasyr, 59: 19)
  2. Penghormatan kepada orang tua. Ali bin Abi Thalib pernah mengatakan: Didiklah anak-anakmu, mereka diciptakan untuk suatu zaman yang berbeda dengan zamanmu. 
  3. Pembiayaan keluarga berasal dari rezeki yang halal. "...dan kewajiban ayah memberi Makan dan pakaian kepada Para ibu dengan cara ma'ruf..." (Q. S. Al Baqarah, 2: 233)
  4. Hidup sederhana, hemat dalam membelanjakan harta, tidak kikir dan tidak pula berlebihan. "Dan janganlah kamu jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu dan janganlah kamu terlalu mengulurkannya, karena itu kamu menjadi tercela dan menyesal."
  5. Menyadari kehidupan ada kekhilafan dan kesalahan. 

Studi Banding ke Pemerintah Kota Bekasi

Peserta studi banding sedang berpose di depan kantor Pemkot Bekasi
Pada hari Rabu, 24 November 2010, sebanyak 22 orang anggota DPRD Kabupaten Kapuas melakukan Studi Banding ke Pemerintah Kota Bekasi untuk berbagi pengalaman mengenai Pendidikan Gratis, Pengelolaan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda), dan bagaimana meraih Adipura. Rombongan disambut oleh Kepala Dinas Kebersihan mewakili Sekda Kota Bekasi yang sedang berhalangan.

Kegiatan diawali dengan penjelasan singkat oleh Bapak Timotius Mahar mengenai profil Kabupaten Kapuas. Setelah itu dilanjutkan oleh pihak Bappeda Bekasi yang menggambarkan sekilas tentang Kota Bekasi dan beberapa hal yang berhubungan dengan topik yang ingin didiskusikan. Pemkot Bekasi sudah membebaskan biaya pendidikan untuk tingkat SD dan SMP, sedangkan untuk SMA baru disubsidi sebesar Rp 50.000 per bulan.

Mengenai pengelolaan Jamkesda dilakukan oleh Dinas Kesehatan, dengan menggunakan data yang disusun oleh Bappeda Kota Bekasi. Dalam memudahkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin, Dinas Kesehatan menjalin kerjasama dengan beberapa rumah sakit disekitar Bekasi dan Jakarta (termasuk RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo dan RS Harapan Kita). Dana yang dialokasikan untuk melayani masyarakat miskin melalui Jamkesda lebih dari 5 milyar. Klaim pelayanan oleh rumah sakit dilakukan dengan cara INA-DRG.

Adipura berhasil diraih oleh Pemkot Bekasi berkat perhatian yang diberikan kepada pasar. Selain itu juga mengubah citra dari kota yang paling kotor menjadi kota yang paling bersih. Selain itu upaya untuk melibatkan masyarakat dalam menjaga kebersihan juga cukup banyak.



Untuk koleksi video lengkapnya dapat mengakses Channel Informasi Kapuas di YouTube

Jambore Guru

Para peserta jambore guru sedang menghias tenda
Pada hari Selasa, 23 November 2010, bertempat di Stadion Panunjung Tarung diselenggarakan Jambore Guru. Kegiatan ini diikuti oleh para guru yang berasal dari 12 kecamatan di Kabupaten Kapuas. Setiap kecamatan diharapkan untuk mengirimkan 20 orang peserta dan 2 orang pendamping. Saat admin meliput, para peserta dari berbagai kecamatan sedang mempersiapkan kemah mereka masing-masing. Kemah-kemah tersebut dipisah antara kemah pria dan kemah wanita. Masing-masing kecamatan berusaha untuk menghias kemahnya dengan berbagai macam hiasan, mulai dari gapura, pagar dan hiasan lainnya.  Pembukaan Jambore dilakukan pada pukul 15.00 WIB.

Sub Terminal Taksi Umum "TERATAI"

Sub Terminal Taksi Umum "Teratai"
Terminal ini terletak di Jalan Teratai, Kelurahan Selat Tengah, Kecamatan Selat. Terminal ini merupakan terminal darurat mengingat terminal yang sudah dibangun oleh pemerintah daerah di Jalan Jepang, Pulau Telo tidak digunakan oleh para pengusaha angkutan. Adapun tarif angkutan dari terminal ini adalah sebagai berikut:

  1. Kuala Kapuas - Banjarmasin     Rp 15.000
  2. Kuala Kapuas - Pulang Pisau     Rp 15.000
  3. Kuala Kapuas - Palangka Raya Rp 35.000
  4. Kuala Kapuas - Palingkau         Rp 15.000
  5. Kuala Kapuas - Dadahup          Rp 25.000
  6. Kuala Kapuas - Lamunti            Rp 31.000
  7. Kuala Kapuas - Mantangai        Rp 36.000
Bila ingin melihat suasana sub terminal ini, dapat melihat video dibawah ini:

Pengasapan/fogging Massal 2010


Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia. Sejak tahun 1986 jumlah kasusnya cenderung meningkat dan penyebarannya bertambah luas. Keadaan ini erat kaitannya dengan peningkatan mobilitas penduduk sejalan dengan semakin lancarnya hubungan transportasi serta tersebarluasnya virus dengue dan nyamuk penularnya (Aedes aegypti) di berbagai wilayah di Indonesia (Kemenkes RI, 2005).

Untuk membasmi penyakit ini belum ada obatnya. Cara yang dianggap paling tepat untuk memberantas vektor nyamuk adalah dengan pemberantasan sarang nyamuk demam berdarah dengue (PSN DBD). Mengingat nyamuk ini tersebar luas di seluruh tanah air maka upaya pemberantasan tidak hanya merupakan tugas pemerintah (tenaga kesehatan) saja tetapi harus didukung oleh peran serta masyarakat.

Menurut data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, pada tahun 2007 terdapat 37 kasus DBD, tahun 2008 terdapat 59 kasus dan pada tahun 2009 terjadi KLB (Kejadian Luar Biasa) DBD dengan 153 kasus dengan 1 orang meninggal dunia. Dan pada tahun 2010 (sampai dengan bulan November) kasus DBD sebanyak 281 dengan 2 orang meninggal.

Dalam rangka pengendalian dan pencegahan penyakit demam berdarah (DBD) yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti di Kabupaten Kapuas khususnya di wilayah kota Kuala Kapuas, maka dilaksanakan pengasapan atau fogging massal. Pelaksanaan fogging dilaksanakan diseluruh wilayah kelurahan dan desa di kota Kuala Kapuas (Kelurahan Selat Hilir, Selat Tengah, Selat Hulu, Selat Dalam dan Desa Pulau Telo). Fogging dimulai pada tanggal 22 November 2010 dan dilaksanakan selama 2 (dua) siklus.

Fogging dilaksanakan dengan memakai mesin swing fog untuk rumah – rumah yang berada dalam gang dan untuk rumah yang berada dilokasi jalan besar dilakukan pengasapan dengan memaki mesin ULV (Ultra low Volume).

Sebelum pelaksanaan fogging, dilakukan penyebarluasan informasi ke seluruh kelurahan dan desa di wilayah kota Kuala Kapuas. Selain itu dilaksanakan pemberitahuan akan adanya pengasapan dengan mobil keliling.
Untuk membasmi penyebaran nyamuk penyebar penyakit DBD selain pengasapan dengan insektisida (Malathion dan Cynoff) juga dilakukan pemberian abate (obat pembasmi jentik) kepada seluruh warga secara gratis.

Tenaga pelaksana fogging adalah dari Dinas Kesehatan dan puskesmas. Untuk pelaksanaan pembagian abate adalah dari Dinas Kesehatan juga melibatkan tenaga PMR (Palang Merah Remaja) Kabupaten Kapuas.
Untuk mencegah penyebaran penyakit DBD, peran serta masyarakat sangat diharapkan dengan menjaga kebersihan lingkungan dengan 3 M yaitu : Menguras (dan menyikat) bak mandi, bak WC, dan lain – lain; Menutup tempat penampungan air rumah tangga (tempayan, drum dll) serta; Mengubur, menyingkirkan atau memusnahkan barang – barang bekas (seperti kaleng, ban dan lain – lain). Selain itu bisa dilakukan dengan memelihara ikan pemakan jentik seperti ikan kepala timah, ikan gupi, ikan cupang (kelatao).

By : Bambang Edy Wicaksono, SKM., MSc (PH).

Senin, 22 November 2010

SEMINAR PENGGUNAAN OBAT RASIONAL


Masih dalam rangkaian kegiatan peringantan HKN ke-46 Tahun 2010, Panitia HKN Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas bekerjasama dengan Panitia Seminar Sehari Penggunaan Obar Rasional akan menyelenggaran "Seminar Sehari" dengan Tema "Penggunaan Obat Rasional".

Latar Belakang Pelaksanaan Seminar
masih banyaknya dijumpai penggunaan obat yang tidak rasional pada pelayanan kesehatan (RS, Puskesmas dan jajarannya, dokter praktek dll, dimana pemakaian obat secara berlebihan baik jumlah dosis, indikasi obat yang tidak jelas, tatacara pemakaian yang tidak tepat, kombinasi berbagai obat yang berisiko tinggi, penggunaan obat mahal dll.

Tujuan
Meningkatkan penggerakan penggunaan obat yang rasional merupakan hal yang seharusnya dilakukan oleh seluruh tenaga kesehatan, dengan mengingat adanya kemungkinan kesalahan dalam pengobatan.

Bentuk dan Metode Kegiatan
metode yang digunakan :
- Ceramah
- Diskusi

Nara Sumber
1. Prof. DR. dr. Armen Muchtar DAF., DCP., Sp.FK (K). Ahli Farmakologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
2. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas (dr. Hj.Ani Handaningroem)
3. dr. Agus Nurochman, Sp.PD (Spesialis Penyakit Dalam RSUD dr. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas).
Sementara sebagai moderator : dr.H.Jum'atil Fajar, MHlth.Sc.

Waktu dan Tempat Penyelenggaraan
Seminar dilaksanakan pada :
Hari/tanggal : Sabtu, 27 Nopember 2010
Tempat : Gedung Kesenian Gantang Garantung Kuala Kapuas
Waktu : Pukul 08.00 - 12.30 WIB

Peserta
Seminar diharapkan diikuti oleh seluruh kepala UPTD puskesmas se Kab.Kapuas, dokter puskesmas/RS, perawat, bidan, mahasiswa dan profesi lainnya.

Kontribusi Peserta
- Kepala puskesmas/dokter Rp. 100.000,-
- Perawat, bidan, mahasiswa dan profesi lain Rp. 50.000,-
Peserta akan memperoleh :
- Seminar Kit dan foto copy materi
- Konsumsi : snack dan makan siang
- Sertifikat (peserta 6 SKP, Pembicara 8 SKP, Moderator 2 SKP, dan Panitia 1 SKP)
- Doorprize

Tempat Pendaftaran
Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Jl.Kenanga No.42 Kuala Kapuas.
Kontak Person Sdr. Kastalani, SKM., MAP HP.08125169807, E-mail kkastalani@yahoo.com
Pembayaran Kontribusi peserta bisa dilakukan melalui Bank Mandiri Cab.Kapuas No.Rek.031.00.0517033.0 an. M.Husin atau Bank BNI Cab.Kapuas No.Rek 144549536 an.M.Husin. Atau langsung ke Sekretaria Panitia.

Entri : M.Hayat, SKM

Seminar Sehari Penggunaan Obat Rasional

Seminar insya Allah akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 27 November 2010, pukul 08.00 - 12.30 WIB bertempat di Gedung Kesenian Gandang Garantung, Jalan Ahmad Yani, Kuala Kapuas

Narasumber yang akan berbicara pada seminat tersebut adalah:

  1. Prof. DR. Armen Muchtar, DAF., DCP., Sp. FK (Ahli Farmakologi FKUI, dengan makalah: "Rasionalisasi Penggunaan Obat")
  2. dr. Hj. Ani Handaningroem (Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, dengan makalah: "Sepuluh penyakit terbanyak dan implementasi penggunaan obat rasional Kabupaten Kapuas")
  3. dr. Agus Nurohman, Sp.PD (Dokter spesialis penyakit dalam RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo, dengan makalah: "Penggunaan Antibiotika Secara Bijak")
Kontribusi peserta meliputi:
  • Kepala puskesmas dan dokter sebesar Rp 100.000 / orang
  • Perawat, bidan, mahasiswa dan profesi lainnya sebesar Rp 50.000 / orang
Peserta akan mendapatkan:
  • Seminar kit dan materi
  • Konsumsi: snack dan makan siang
  • Sertifikat (peserta 6 SKP, pembicara 8 SKP, moderator 2 SKP dan panitia 1 SKP)
  • Doorprize
Tempat Pendaftaran
Pendaftaran dapat dilakukan via SMS atau menghubungi sekretariat panitia di Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Jl. Kenanga No. 42, Kuala Kapuas (menghubungi saudara Kastalani, SKM, MAP, Handphone 08125169807)

Jambore Guru Kabupaten Kapuas Tahun 2010

Pada tanggal 23-25 November 2010, bertempat di Stadion Panunjung Tarung akan diselenggarakan Jambore Guru Kabupaten Kapuas. Kegiatan ini akan diikuti oleh para guru yang berasal dari 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas. Dari masing-masing kecamatan diharapkan diwakili oleh 20 orang peserta dan 2 orang pendamping. Pembukaan jambore ini insya Allah akan dilaksanakan pada hari Selasa, 23 November 2010 pukul 15.00 WIB di Stadion Panunjung Tarung.

Dalam rangka kegiatan ini, panitia juga mengadakan kegiatan sosial diantaranya Donor Darah yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia Kabupaten Kapuas dan Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo. Kegiatan donor darah ini insya Allah akan dilaksanakan pada hari Rabu, 24 November 2010 pukul 13.30 WIB sampai selesai yang bertempat di UTD rumah sakit.

Maulid Habsyi Al-Inayah

Kelompok Maulid Habsyi ini dibentuk oleh pengurus Majelis Ta'lim Al-Inayah yang terletak di Jalan Kapten Pierre Tendean Gg. X, Kelurahan Selat Hilir, Kecamatan Selat, dalam rangka memberi kegiatan yang positif kepada para remaja yang tinggal di sekitar majelis ta'lim. Hal ini juga untuk memberdayakan remaja sekitar agar keperluan untuk penampilan maulid habsyi tidak lagi mengandalkan kelompok-kelompok dari luar. Sebuah upaya yang patut diacungkan jempol dalam memberikan aktivitas yang positif untuk para remaja.

Minggu, 21 November 2010

Pemotongan Hewan Qurban Majelis Ta'lim Asy-Syifa

Panitia Qurban Majelis Ta'lim Asy-Syifa RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo menyelenggarakan pemotongan hewan kurban pada hari Kamis, 18 November 2010 yang bertempat di Rumah Potong Hewan, Jalan Meranti, Kuala Kapuas. Setelah hewan tersebut di potong dan dikebersihkan bagian dalam perutnya, dibawa ke Mushola Asy-Syifa untuk di potong-potong dan dimasukkan ke dalam plastik. Jumlah yang didistribusikan mencapai 659 kantong, kepada keluarga besar rumah sakit, PHBI, Masjid At-Taqwa, serta tukang becak, tukang ojek dan warung-warung disekitar rumah sakit.

Permata Square

Toko ini terletak di Jalan Patih Rumbih, persis di persimpangan dengan Jalan Kasturi, Pulau Telo. Toko ini menjual berbagai busana wanita berikut asesorisnya. Selain itu juga menjual voucher dan dagangan yang lain. Letak toko ini sangat strategis, dekat dengan komplek perumahan Pulau Telo.

Sabtu, 20 November 2010

Jalan Jepang - Pulau Telo

Jalan Jepang di Pulau Telo
Jalan ini merupakan jalan Trans Kalimantan yang mengalihkan arus lalu-lintas dari Palangka Raya ke Banjarmasin atau sebaliknya agar tidak melewati kota Kuala Kapuas. Sekarang jalan ini sudah diperlebar, sehingga kendaraan bisa lebih leluasa melewati jalan ini. Jalan ini juga dipersiapkan untuk memiliki empat jalur. Kendaraan yang melewati jalan ini adalah mereka yang menuju ke Banjarmasin (dari Palangka Raya) atau ke Palangka Raya (dari Banjarmasin).

Makan Siang Bersama di Rumah Sakit

Kegiatan makan siang bersama ini adalah dalam rangka penyembelihan hewan kurban yang diselenggarakan oleh Panitia Qurban Majelis Ta'lim Asy-Syifa RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo pada hari Kamis, 18 November 2010 yang bertempat di Mushola Asy-Syifa, dibelakang rumah sakit. Panitia mengundang seluruh karyawan dan seluruh keluarga pasien rumah sakit untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Kebakaran Rumah di Jalan Kasturi, Pulau Telo

Rumah yang terbakar di Jalan Kasturi, Pulau Telo
Kebakaran ini terjadi pada hari Sabtu, 20 November 2010 sekitar pukul 12.00 WIB. Menurut keterangan ketua RT, diperkirakan kebakaran disebabkan oleh hubungan arus pendek dibagian atap rumah, karena api mulainya dari atas. Syukurlah angin tidak terlalu kencang, sehingga rumah disampingnya tidak ikut terbakar. Kerugian ditaksir lebih dari seratus juta, mengingat harga bangunan serta perabotan rumah yang rusak akibat kebakaran ini. Selain meubelair, ada juga sepeda yang menggunakan aki yang ikut terbakar dalam kejadian ini. Syukurlah lokasi ini dekat dengan Pemadam Kebakaran, sehingga dalam waktu singkat dapat dipadamkan.

Sarang Walet di Kuala Kapuas - Video

Balai Benih Ikan

Plang Balai Benih Ikan Sei Batang
Balai Benih Ikan (BBI) ini terletak di Jalan Garuda No. 01, Sei Batang, Kuala Kapuas. BBI ini berada dibawah Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kapuas. Sesuai dengan namanya, balai ini melakukan proses pembenihan ikan yang dimulai dari membesarkan berbagai macam ikan, diantaranya patin, nila dan lele. Setelah ikan-ikan itu besar lalu dikawinkan. Setelah dikawinkan, mereka akan dipindahkan ke tempat penetasan (Indoor Hatchery).

Indoor Hatchery
Ditempat ini ada kolam yang diberi alas ijuk, tempat dimana ikan yang sudah bertelur itu meletakkan telurnya. Setelah ikan itu bertelur, maka induknya akan dipisahkan, kemudian telur tersebut akan menetas. Ketika baru menetas, bentuk mereka seperti larva, kemudian setelah agak besar menjadi seperti kecebong. Berbagai tahapan perkembangan ikan dapat disaksikan pada kolam-kolam ini. Setelah ikan tersebut cukup besar, maka mereka dipindahkan ke kolam yang ada di luar.

Kolam untuk ikan yang lebih besar
Setelah mereka besar, maka siklus yang tadi akan dimulai kembali.

Balai benih ini juga menyediakan tempat untuk memancing bagi masyarakat yang punya hobi memancing. Lokasi untuk memancing ini tersedia pada bagian paling depan dari balai benih ini. Ditempat ini disediakan tempat untuk duduk dengan naungan bagi para pemancing.

Pemancingan umum di balai benih iikan
Bagi yang suka memancing, tentu tempat ini sudah tidak asing lagi. Namun ketika admin mengunjungi tempat ini, balai benih ini sedang melakukan perbaikan. Selain itu, tempat ini juga dijadikan sebagai lahan praktek bagi Mahasiswa Perikanan dari Universitas Darwan Ali, Kabupaten Seruyan.

Jumat, 19 November 2010

Toko Ekspresi

Pemilik toko sedang melayani pembeli
Toko ini terletak di Jalan Jendral Sudirman. Toko ini sudah banyak memiliki pelanggan, mengingat barang-barang yang dijual di sini sangat bervariasi dan harganya pun terjangkau. Berikut ini adalah berbagai barang yang diperdagangkan oleh toko ini:

LBI Tingkat Provinsi Kalteng : Kapuas Juara Harapan I


Lomba Balita Indonesia (LBI) Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang diadakan pada Jum'at 19 Nopember 2010 bertempat di Aula LPMP Palangka Raya diikut oleh 13 (tiga belas) Kabupaten sementara Kota Palangka Raya tidak mengirimkan utusannya. Lomba dibagi dalam 2 (dua) golongan umur, yakni
- umur 6 - 24 bulan, dan
- umur 2 - 5 tahun.
pada kesempatan ini Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah dr. Don FB Leidon, Sp.Og.,MMR memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Lomba tersebut.

Kabupaten Kapuas dalam hal ini Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas mengirimkan peserta dari kedua golongan umur, pada golongan umur 6 - 24 bulan diwakili oleh an.KRIS NANDA dari puskesmas Timpah dan golongan umur 2 - 4 tahun diwakili an.DELLA HUMAIRAH dari puskesmas Talekung Punai.
pada LBI Tk.Provinsi kali ini utusan dari Kapuas yakni Kris Nanda menjadi Juara Harapan I, sementara Della Huimara belum memperoleh juara. Berbeda pada LBI tahun 2009, utusan dari Kapuas memperoleh Juara I yakni Ahmad Marcello dari Puskesmas Lupak untuk golongan umur 6 - 24 bulan, tapi walaupun demikian wakil Kapuas patut berbangga dan termotivasi untuk kembali memperoleh juara pada tahum yang akan datang.

entri oleh : M.Hayat,SKM

Senam Diabetes di halaman rumah sakit

Kegiatan senam diabetes ini diliput pada hari Jum'at, 19 November 2010 pukul 06.15 WIB. Senam ini sudah dimulai sejak pukul 05.30 WIB. Senam ini diselenggarakan oleh Persadia Cabang Kapuas yang dipimpin oleh Bapak Talinting E. Toepak (mantan Wakil Bupati Kapuas periode 2003-2008). Kegiatan senam ini rutin diadakan setiap minggu di halaman parkir mobil RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo, Jl. Tambun Bungai No. 16, Kuala Kapuas

Kamis, 18 November 2010

Lomba Panjat Pinang di Jalan Barito

Dalam rangka memeriahkan Idul Qurban 1431 H, warga di Jalan Barito, Kuala Kapuas, pada hari Kamis, 18 November 2010 menyelenggarakan lomba panjat pinang. Kegiatan ini diadakan di dua tempat berbeda. Untuk kegiatan yang diliput oleh admin diikuti oleh dua kelompok yang masing-masing terdiri dari 4 orang. Siapa yang bisa sampai ke atas, hanya diijinkan untuk mengambil paling banyak 4 buah hadiah sesuai pilihan, setelah itu harus turun dulu. Hadiahnya pun sangat bervariasi dari berbagai macam keperluan mandi sampai uang.

Kapuas surga bagi walet

Sarang walet di Jalan Meranti, Kuala Kapuas
 Sejak ada warga Kapuas yang berhasil memanen sarang burung walet, maka sarang burung walet bertebaran di Kuala Kapuas, bahkan sampai ke Kecamatan Kapuas Hilir, Kecamatan Pulau Petak, Kecamatan Kapuas Murung dan Kecamatan Basarang. Jumlah gedung yang diperuntukkan untuk sarang walet sudah mencapai hitungan puluhan bahkan mungkin ratusan.
Sarang walet di Jalan Meranti, Kuala Kapuas
Di dalam kota Kuala Kapuas, banyak pertokoan yang dibangun bertingkat, kemudian bagian atasnya diperuntukkan bagi sarang walet, sebagaimana gambar dibawah ini:
Toko di Jalan Ahmad Yani, yang bagian atasnya digunakan untuk sarang walet
Untuk melihat berbagai macam sarang burung walet di Kabupaten Kapuas, silahkan mengunjungi kumpulan foto dari halaman Informasi Kapuas di Facebook tentang Sarang Burung Walet.