Ketersediaan Darah di UTD-RS

Stok darah per 16 Juli 2014:

A = 0; B = 0, O = 0, AB = 0

Sumber: Debi (UTD RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo)

Kamis, 09 Desember 2010

Speedboat Carteran

Speedboat pada masa lalu merupakan angkutan utama dari Kuala Kapuas ke beberapa kecamatan disekitarnya seperti ke Mantangai, ke Pujon, ke Banjarmasin, ke Palangka Raya dan ke Bahaur. Sekarang cuma beberapa rute perjalanan air yang masih menggunakan speedboat, diantaranya adalah Kuala Kapuas - Bahaur. Biasanya speedboat angkutan ini menggunakan mesin 200 PK. Speedboat carteran pada gambar diatas menggunakan mesin 115 PK.

Tarif carter speedboat adalah sebagai berikut:

  1. Kuala Kapuas - Bahaur Pulang - Pergi (penuh - Rp 900.000; kosong - Rp 750.000)
  2. Kuala Kapuas - Lupak Pulang - Pergi (Rp 650.000)
  3. Kuala Kapuas - Cemara Labat Pulang Pergi (penuh- Rp 900.000; kosong Rp 800.000)
  4. Kuala Kapuas - Batanjung Pulang Pergi (Rp 650.000)
  5. Kuala Kapuas - Terusan Tengah Pulang Pergi (Rp 650.000)
  6. Kuala Kapuas - Pangkoh Kecamatan Pulang Pergi (Rp 800.000)

Taksi Motor

Taksi motor sedang melintasi sungai Kapuas Murung
Taksi motor merupakan salah satu dari sekian banyak alternatif kendaraan air yang terdapat di Kabupaten Kapuas. Angkutan ini menggunakan mesin mobil sebagai penggeraknya. Kekuatan mobil ini mampu menggerakkan badan kapal yang terbuat dari kayu ini. Dengan mesin ini, taksi motor memiliki kecepatan yang lebih cepat dibandingkan dengan angkutan sejenisnya (longboat).

Rabu, 08 Desember 2010

Dana Alokasi Khusus Bidang Kesehatan Kabupaten Kapuas Tahun 2011

Berdasarkan keputusan dari Direktur Jenderal Bina Pelayanan Medik Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Kabupaten Kapuas mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Kesehatan Tahun 2011 adalah sebesar Rp 4.161400.000 dengan perincian sebagai berikut:

  • RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Rp 3.393.100.000 dengan menu:
    • Penanganan Obstetri Neonatal Emergensi Komprehensif (PONEK) RS
    • Unit Transfusi Darah RS
    • Instalasi Gawat Darurat RS
    • Tempat Tidur Kelas 3
  • Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Kapuas Rp 768.300.000
Dana tersebut penggunaannya merujuk pada Juknis DAK 2010

Pawai 1 Muharam 1432 H - Video

Pada tanggal 7 Desember 2010 bertempat di rumah jabatan Bupati Kapuas dilaksanakan start Pawai 1 Muharram 1432 H. Dalam video ini digambarkan berbagai kontingen yang mengikuti pawai ini. Mereka menggunakan berbagai macam jenis pakaian dan menunjukkan berbagai macam atraksi di depan Bupati Kapuas.

Selasa, 07 Desember 2010

Penjual Kue Pukis

Bapak penjual kue pukis ini menjual dagangannya mulai dari pagi sampai jam 14.00 WIB. Kue pukis ini harganya Rp 600 per buah. Sebagaimana para pedagang lain, usaha ini merupakan salah satu bentuk upaya wiraswasta yang perlu dihargai. Kegiatan ini membuat masyarakat memiliki kemampuan untuk berdiri pada kaki sendiri, tanpa bergantung kapada orang lain.

Pawai 1 Muharam 1432 H

Peserta pawai dari SMPN 1 Kuala Kapuas
Pada hari Selasa, 7 Desember 2010 bertempat di depan rumah jabatan Bupati Kapuas dimulai start bagi pawai 1 Muharam 1432 H. Kegiatan ini diikuti oleh berbagai kalangan di Kabupaten Kapuas, mulai dari Taman Pendidikan Al-Qur'an, Sekolah Dasar, Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Menengah Pertama, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, Sekolah Tinggi, Organisasi Mahasiswa, organisasi Pemadam Kebakaran dan lain-lain. Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Kapuas dengan rute sampai ke Masjid Al Mukarram. Masyarakat pun sangat antusian mengikuti pawai ini dari jalan-jalan yang dilalui oleh peserta pawai.

Masyarakat sangat antusias menyaksikan pawai Muharam

Selamat Datang Jama'ah Haji Kapuas

Gapura penyambutan jama'ah haji yang baru pulang
Pada hari Senin, 6 Desember 2010, sekitar pukul 17.00 WIB, jama'ah haji Kabupaten Kapuas mendarat di Bandara Syamsudin Noor, Banjar Baru, Kalimantan Selatan. Jama'ah haji disambut oleh Bupati Kapuas di Asrama Haji yang terletak di Landasan Ulin, Kalimantan Selatan. Di depan gang yang akan dilewati oleh para jama'ah yang baru pulang sudah dipasang gapura sebagai bentuk penyambutan kepada mereka yang pulang haji.

Kesibukan di Pelabuhan Palangka

Pelabuhan Palangka terletak di Jalan Kapten Pierre Tendean, di depan Gereja Santo Markus. Saat peliputan, Minggu pagi, terlihat pedagang buah sedang berjualan dan para penumpang sedang menunggu longboat di pelabuhan. Mereka adalah para penumpang yang akan menuju ke Mantangai dengan menggunakan longboat. Ketika longboat yang ditunggu sudah datang, para penumpang segera masuk ke dalam longboat. Barang-barang bawaan yang besar diletakkan di bagian belakang dan atap bagian belakang dari longboat.

Ini adalah salah satu kelebihan dari loangboat, yaitu bisa membawa barang yang besar, mulai dari televisi sampai sepeda. Hal seperti ini tentu sangat sulit dipenuhi oleh angkutan darat. Kelebihan lain dari longboat adalah perjalanan yang tidak berguncang-guncang, karena mereka menempuh perjalanan air. Tetapi longboat juga memiliki beberapa kekurangan yaitu lamanya waktu tempuh dan lebih mahalnya ongkos dibandingkan dengan angkutan darat.

Senin, 06 Desember 2010

Kube "MANDIRI BERSAMA"

Beternak sapi bali
Berbagai bentuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang digulirkan oleh pemerintah, sebagian dari mereka hilang ditelan bumi, sedangkan sebagian yang lain bertahan. Kube ini, yang terletak di Desa Tarung Manuah termasuk kelompok yang masih bisa bertahan. Kube ini menternakkan sapi bali. Posisinya yang berada di pinggir jalan, membuatnya menjadi sangat menarik perhatian. Semoga kube-kube yang masih berjalan ini dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat.

Poskesdes Tarung Manuah

Poskesdes ini terletak di Desa Tarung Manuah, Kecamatan Basarang. Poskesdes ini terletak berderetan dengan sekolah dan lumbung pangan. Di depan poskesdes ini juga terdapat masjid Nur Fastabiqul Khairat. Saat diliput oleh admin, poskesdes ini tidak berpenghuni.

Loka Bina Karya

Loka Bina Karya
Gedung ini terletak di Jalan Trans Kalimantan, tepatnya di Desa Maluen, Kecamatan Basarang. Bangunan ini sebenarnya diperuntukkan sebagai semacam Balai Latihan Kerja, dimana orang-orang yang belum memiliki pekerjaan dilatih untuk memiliki ketrampilan tertentu seperti menjahit, perbengkelan dan lain-lain. Namun sekarang fungsi balai latihan kerja ini tidak lagi berjalan.

Dibelakang bangunan ini terdapat satu gedung lagi yang pada awalnya digunakan untuk menampung tuna wisma. Namun sekarang fungsi ini juga tidak berjalan. Di gedung belakang inilah dulu, orang-orang yang dikategorikan "gila" oleh masyarakat ditampung.

Minggu, 05 Desember 2010

SENAM BERSAMA DAN JALAN SEHAT


Masih dalam rangkaian Peringatan HUT Korpri ke- 39 Tahun 2010 di Kabupaten Kapuas diadakan Senam Bersama dan Jalan Sehat, kegiatan ini diselenggarakan pada hari ini Minggu, 5 Desember 2010, Senam Bersama yang seyogyanya dimulai pukul 5.30 WIB baru dilakukan pukul 06.30 WIB. Peserta tetap bersemangat karena hadiah yang disediakan panitia cukup banyak dan menarik seperti kipas angin, TV, kulkas dan hadiah utama sebuah sepeda motor MIO, dimana peserta juga tidak dikenakan biaya pendaftaran.

dalam kesempatan ini Bupati Kapuas beserta Sekda, Asisten-asisten dan Jajaran SKPD Pemda Kapuas turut hadir. Yang mendapatkan Sepeda motor MIO dari Bupati Kapuas pada acara ini adalah Ibu Danung dari Instansi RSUD dr. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas.

Long Boat ke Mantangai

Longboat jurusan Mantangai
Saat ini meskipun angkutan darat ke Mantangai sudah makin baik, namun karena keterbatasan dalam membawa barang, sebagian penumpang tetap memilih menggunakan longboat ke Mantangai. Alat transportasi ini menggunakan dua buah mesin dengan kekuatan 40 tenaga kuda. Longboat ini berangkat ke Mantangai sekitar jam 06.30 - 07.00 WIB.

Foto Panorama Murung Keramat

Foto panorama ini diambil dari pelabuhan Palangka, Jalan Kapten Pierre Tendean, Kuala Kapuas. Foto diatas menggambarkan salah satu sisi dari Kelurahan Murung Kramat pada sisi Sungai Kapuas. Foto ini berukuran cukup besar, bila ingin melihat secara utuh, bisa di download.

Sabtu, 04 Desember 2010

PENYANYI LAGU DAERAH “ MARION” SEMARAKKAN PENYULUHAN OBAT-OBATAN DAN BAHAN BERBAHAYA DI TIMPAH

Menyikapi yang akhir-akhir ini semakin meningkatnya korban miras oplosan di kec Timpah terutama dikalangan remaja dan untuk meningkatkan pengetahuan para remaja terutama para siswa sekolah di wilayah kecamatan Timpah agar terhindar dari pengaruh atau pergaulan yang negative penyalahgunaan obat-obatan dan bahan berbahaya, Puskesmas Timpah dan Pihak kecamatan menyelenggarakan Penyuluhan obat-obatan dan bahan berbahaya yang dilaksanakan di gedung serbaguna Timpah.


Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para peserta mengenai obat-obatan dan bahan berbahaya serta dampak penyalahgunaan obat-obatan.

Peserta yang mengikuti penyuluhan ini didominasi para remaja dan siswa sekolah menengah yaitu SMP dan SMA Timpah serta tokoh masyarakat Timpah,

Unsur Pimpinan Kecamatan timpah bergiliran memberikan sambutan dan pesan-pesan, mulai dari Camat Timpah, Kapolsek, Danramil sampai Demang/kepala adat Timpah yang banyak menekankan pada pentingnya peran orang tua, guru di sekolah dan masyarakat untuk melindungi dan mengawasi anak-anak Timpah agar terhindar dari Miras dan penyalahgunaan obat.

Sebagai pembicara atau nara sumber pada kegiatan penyuluhan ini diundang dari Kabupaten yaitu dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas yang disampaikan oleh Kastalani, SKM. MAP dan dr. Agus Waluyo.
Kastalani lebih menekankan pada Penyalahgunaan obat dan bahan berbahaya mulai jenis, karakteristiknya sampai pada bahayanya terutama yang lagi marak menimpa anak-anak muda yaitu Miras Oplosan.
Berdasarkan kasus-kasus yang pernah terjadi pada miras oplosan yang biasa mereka dioplos itu antara lain alcohol botolan,obat nyamuk, obat batuk, minuman suplemen, dan air. Dan yang paling berbahaya pada miras oplosan itu adalah alcohol, menurutnya alkohol yang biasa dijual dipasaran sebenarnya adalah untuk obat luar yang biasa digunakan sebagai antiseptic, yang berbahaya adalah kalau ada kandungan “Metanol” pada alcohol tersebut, sementara dikhawatirkan kandungan metanolnya bisa tidak terkontrol karena alcohol yang ada itu sebagai obat luar bukan per oral atau bukan untuk diminum, satu persen lebih saja methanol bila dikonsumsi bisa berakibat fatal atau bisa mengakibatkan mata menjadi buta. Belum lagi ada yang dioplos dengan obat nyamuk yang merupakan insektisida untuk serangga.

dr. Agus Waluyo lebih menekankan pada penyalahgunaan Psikotropika dan narkotika dan dampaknya terhadap tubuh seseorang jika menjadi pecandu obat tersebut.

Tidak kalah menariknya untuk menyemarakan dan supaya peserta tidak jenuh mengikuti penyuluhan ini, dihibur oleh orkes setempat yang mendatangkan penyanyi terkenal Kalimantan tengah “Marion”. Marion yang merupakan penyanyi khas lagu-lagu daerah yang terkenal dengan lagu saluang kitik-kitik, membawakan beberapa buah lagu dan yang menariknya Marion mampu memukau penonton dengan lirik lagu yang spontan dengan bahasa daerah sambil memasukan pesan-pesan agar remaja mengghindari penyalahgunaan narkoba dan menjadi siswa yang berprestasi

By : Kastalani, SKM. MAP (Kasi Bimdal Kefarmasian)

Nasehat bagi yang akan dikubur

Video dibawah ini menggambarkan salah satu kebiasaan pada masyarakat Kabupaten Kapuas dalam penyelenggaraan jenazah. Biasanya ada guru yang memberikan nasehat kepada mayit dan mereka yang menghadiri pemakaman mengenai apa yang akan terjadi setelah jenazah dimakamkan. Peringatan ini terutama sangat penting bagi kita yang akan menghadapi kematian yang kita tidak tahu kapan akan terjadinya.

Karya Warga Kapuas tampil dalam Worlds AIDS Campaign Poster

Poster diatas muncul dalam situs Worlds AIDS Campaign Poster yang merupakan bagian dari Peringatan Hari AIDS Sedunia (1 Desember). Poster ini merupakan hasil karya Rinto, staf IT (Informasi dan Teknologi) RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo. Hal ini merupakan salah satu kontribusi warga Kapuas dalam memeriahkan Hari AIDS Sedunia.

Pos Kesehatan Desa Tamban Baru Tengah

Pos Kesehatan Desa ini terletak di Handil Sekawan, Desa Tamban Baru Tengah, kilometer 22, Kecamatan Kapuas Kuala. Kalau dilihat dari foto ini tampaknya pos kesehatan desa ini tidak dihuni. Bila hujan, halaman dari poskesdes ini sangat becek. Saat diliput, anak-anak sedang bermain bola di depan poskesdes.

Jumat, 03 Desember 2010

Bapak Anton Norodom meninggal dunia

Suasana pasca penguburan Bapak Anton Norodom
Setelah shalat Jum'at, 3 Desember 2010 di Masjid Agung Al-Mukarrom diselenggarakan shalat jenazah untuk Bapak Anton Norodom, Mantan Camat Mantangai. Beliau meninggal dunia pada hari Kamis, 2 Desember 2010 pukul 23.00 WIB di Banjarmasin. Beliau meninggalkan seorang istri dan dua orang anak perempuan. Setelah dishalatkan, jenazah dikuburkan di Pekuburan Muslim, Jl. Tambun Bungai IV (tepatnya di Jalan Jati), Kuala Kapuas. Dalam kesempatan tersebut dilakukan upacara singkat penguburan oleh Pemda Kapuas, yang dimulai dengan sambutan dari pihak keluarga (Bapak Edy Fachriansyah), dari Bapak Bupati Kapuas (Bapak M. Mawardi) dan ucapan bela sungkawa kepada pihak keluarga.

Sunset di Tamban Baru

Matahari menjelang terbenam di Desa Tamban Baru
Foto diatas diambil pada hari Jum'at, 3 Desember 2010 pukul 17 lewat di Desa Tamban Baru, Kecamatan Kapuas Kuala. Banyaknya sawah yang ada di desa ini, memungkinkan kita untuk melihat mentari menuju peraduannya. Foto diatas diambil saat cuaca sedang gerimis.

Handil Sekawan - Tamban Baru

Handil Sekawan - Tamban Baru Tengah
Pemandangan diatas lazim dijumpai di daerah transmigrasi. Ini merupakan saluran yang dibangun sebagai sarana pengairan. Handil Sekawan ini terletak di Desa Tamban Baru Tengah, Kecamatan Kapuas Kuala. Posisi pengambilan foto ini adalah di kilometer 22. Sebagaimana layaknya di tempat-tempat lain, handil ini juga digunakan untuk mandi, mencuci, buang air besar dan buang air kecil, walaupun makin lama makin sedikit yang memanfaatkan handil ini karena mereka sudah membuat kamar mandi dan WC di rumah masing-masing. Foto diatas diambil saat handil sedang pasang.

Sebagaimana layaknya daerah transmigrasi, handil ini hampir 100% dihuni oleh warga yang berasal dari daerah Jawa. Jadi mulai dari para kakek, sampai cucu-cucu mereka, semuanya adalah orang-orang Jawa yang belum semua dari mereka pernah menengok tanah Jawa. Kehidupan sehari-hari, mulai dari masalah makanan sampai pada acara pernikahan sangat kental dengan budaya Jawa.

Kamis, 02 Desember 2010

PENYULUHAN KESEHATAN JIWA DI SMKN 2 KAPUAS


Salah satu kegiatan Program Seksi Kesehatan Khusus Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas yakni melaksanakan penyuluhan Kesehatan Jiwa.
Hari ini Kamis 2 Desember 2010 giliran SMKN 2 Kuala Kapuas yang menjadi tempat penyampaian penyuluhan. Pada kesempatan ini yang menjadi Narasumber adalah Sunu Aji Wirawan, S.Psi didampingi Yuniati Noor, AMG, peserta siswa-siswi kelas X-XII, dimana kegiatan penyuluhan ini begitu antusias diikuti oleh para siswa.
Adapun materi yang disampaikan bertema "Konsep Kesehatan Jiwa".
Inti materi menyampaikan hal-hal terkait kesehatan jiwa, khususnya pada remaja.

Rabu, 01 Desember 2010

Penggunaan Antibiotika Secara Rasional

Makalah ini disampaikan oleh dr. Suci Harini, M.Sc., SpA pada Seminar Penggunaan Obat Rasional pada hari Sabtu, 27 November 2010 di Gedung Kesenian Gandang Garantung sebagai bagian dari rangkaian kegiatan menyambut Hari Kesehatan Nasional yang merupakan kerjasama antara IDI, IAI, PAFI dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas.

Salah satu rekomendasi beliau untuk rumah sakit adalah adanya uji sensitifitas terhadap bakteri yang ada di rumah sakit, sehingga penggunaan antibiotika betul-betul rasional dan bisa lebih efektif dan efisien.

Penilaian Rumah Sakit Sayang Ibu dan Bayi Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah

Ibu Wirda dan kawan-kawan sedang mewawancarai dr. Puspa di Poliklinik Kebidanan
Pada hari Rabu, 1 Desember 2010, Tim Penilai Rumah Sakit Sayang Ibu dan Bayi Provinsi Kalimantan Tengah yang dipimpin oleh Ibu Wirda, SKM, M.Kes mengunjungi RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo. Sebelumnya tim ini sudah mengirimkan kuesioner yang harus diisi oleh pihak rumah sakit. Pada kunjungan saat ini, mereka ingin melakukan pengecekan dan sekaligus wawancara dengan petugas yang terlibat dalam perawatan kesehatan ibu dan bayi. Petugas yang diwawancarai, mulai dari pihak manajemen, dokter, perawat, bidan sampai pada pasien yang mendapatkan pelayanan saat itu.

Implementasi Penggunaan Obat Rasional di Kabupaten Kapuas

Makalah ini disampaikan oleh dr. Hj. Ani Handaningroem pada Seminar Sehari Penggunaan Obat Rasional yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 27 November 2010 sebagai salah satu rangkaian kegiatan Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-46 yang bertempat di Gedung Kesenian Gandang Garantung, Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah, Indonesia





One Billion Indonesian Trees for The World Tahun 2010 di Kabupaten Kapuas

Pada hari Rabu, 1 Desember 2010 bertempat di Pasar Ternak, Kecamatan Basarang, dilakukan kegiatan penanaman pohon secara simbolis dalam rangka kegiatan One Billion Indonesia Trees for The World Tahun 2010 Kabupaten Kapuas. Kegiatan ini seyogyanya dilaksanakan pada tanggal 28 November 2010, bersamaan dengan penanaman pohon yang dilakukan oleh presiden di Cibinong.

Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Granit, Asisten II Sekda Kabupaten Kapuas. Kegiatan ini juga bersamaan dengan Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara (GPTP) Kabupaten Kapuas yang mengambil tema: Penyelamatan Hutan Pantai dan Kesejahteraan Masyarakat Pesisir. Seyogyanya kegiatan bagi para ibu-ibu ini adalah menanam mangrove di pantai di Kecamatan Kapuas Kuala, namun karena banyak kendala, hal tersebut tidak dapat dilakukan.

Dalam kegiatan ini, seluruh kepala dinas, badan dan kantor mendapat kesempatan untuk melakukan penanaman pohon, sesuai dengan tempat yang sudah disiapkan oleh panitia. Dalam kesempatan ini dilakukan penanaman pohon secara simbolis sebanyak 200 buah pohon.

Selasa, 30 November 2010

Toko Buah Al Barokah

Toko buah ini terletak di Jalan Ahmad Yani, di seberang Bank BNI. Toko ini menjual berbagai macam buah, mulai dari salak, jeruk, apel, pear, anggur, pepaya, semangka, bahkan juga ada kurma. Mengenai masalah harga, umumnya kurang lebih sama dengan toko-toko buah yang lain.

Paduan Suara PGRI

Paduan suara ini mendapat kehormatan untuk tampil pada Peringatan Hari Korpri, Hari Kesehatan Nasional dan Hari Guru Nasional yang diselenggarakan di lapangan kantor Pemda Kabupaten Kapuas, Jl. Pemuda Km. 5,5, Kuala Kapuas.

Peringatan Hari Korpri, HKN dan Hari Guru Nasional

Pada hari Senin, 29 November 2010 bertempat di lapangan Kantor Pemda Kabupaten Kapuas, Jl. Pemuda km. 5,5, diselenggarakan Peringatan Hari Korpri, Hari Kesehatan Nasional dan Hari Guru Nasional. Upacara ini dipimpin oleh Bapak Sekda Kabupaten Kapuas, Drs. Nurul Edy, M.Si, dan diikuti oleh perwakilan pegawai negeri dari berbagai dinas, kantor dan badan, serta para pensiunan.

Senin, 29 November 2010

Pasangan Amal Dalam Islam - Guru Farhani



Contoh Poster Hari AIDS Sedunia

Dermaga LLASD

Pelabuhan Palangka dilihat dari feri Murung Kramat
Dermaga ini lebih dikenal dengan nama Pelabuhan Palangka. Sewaktu jalan ke Mantangai dan Jalan Palangka - Buntok masih belum jadi, sebagian besar masyarakat menggunakan speedboat sebagai alat transportasi utama. Para penumpang yang ingin menuju ke Mantangai dan Pujon menunggu speedboat di pelabuhan ini. Pelabuhan ini memiliki batang yang bisa naik dan turun sesuai dengan aliran pasang.

Batang Pelabuhan Palangka
Disinilah biasanya speedboat ditambat. Karena mereka bisa naik dan turun, maka hal ini tidak akan menyulitkan penumpang yang akan naik ke speedboat. Sekarang batang ini sudah diperbaiki. Dermaga ini dulu diramaikan oleh para pedagang, sekarang dermaga ini sepi.

Dermaga pelabuhan Palangka
Kalau dulu, kapal ke Pujon masih sering ditambat di pelabuhan ini, sekarang cuma speedboat Dinas Perhubungan yang ditambat di dermaga ini.

BA Sei Hanyo

Minggu, 28 November 2010

Pembuat pakan ikan patin dari Murung Kramat

Bapak Muhammad Nuh (tidak mengenakan baju)
Pembuatan pakan ikan patin ini dilakukan oleh Bapak Muhammad Nur di depan rumahnya di Kelurahan Murung Kramat, Kecamatan Selat, Kuala Kapuas 73512. Beliau dibantu oleh dua orang temannya. Pakan ikan patin ini dibuat dari dedak ditambah dengan ikan kering dengan perbandingan 2 : 1. Beliau membeli dedak dari penggilingan padi yang ada di Panamas atau Sari Pulau, sedangkan untuk ikan kering beliau membelinya dari Desa Batanjung, Kecamatan Kapuas Kuala.

Pencampuran antara dedak dan ikan kering dilakukan dengan alat berikut:

Alat penggiling pakan ikan
Pencampuran ini menghasilkan pakan ikan dengan ukuran yang masih besar, karena mata penggilingan yang digunakan juga lebih besar.

Pakan ikan dengan ukuran yang masih besar
Setelah pakan ikan dengan ukuran besar ini cukup banyak dihasilkan untuk hari itu, maka mata penggilingan diganti dengan ukuran yang lebih kecil, sehingga pakan ikan yang dihasilkan pun memiliki ukuran yang lebih kecil.

Pakan ikan dengan ukuran yang lebih kecil
Pakan ikan dengan ukuran yang lebih kecil ini kemudian dikeringkan menggunakan sinar matahari.

Pengeringan pakan ikan
Pakan yang dihasilkan tidak dijual melainkan digunakan untuk memberi makan ikan patin yang dibudidayakan sendiri di depan rumah.

Kolam ikan patin dan sarang walet
Jumlah ikan patin yang dibudidayakan di kolam ini adalah sebanyak 1.500 ekor. Diharapkan dalam waktu satu tahun, berat ikannya akan mencapai 1,5 kilogram. Dari usaha ini, Bapak Muhammad Nur telah berhasil membuat satu sarang walet yang berlokasi di kolam beliau yang kedua.

Berikut ini adalah video tentang pengolahan pakan ikan patin tersebut:

PT. Karya Sejati

Tampak depan dari gedung PT. Karya Sejati
Perusahaan pengolahan karet ini terletak di Kelurahan Murung Kramat, Kecamatan Selat, Kuala Kapuas 73512. Perusahaan ini mengolah karet mentah menjadi karet yang siap untuk diolah menjadi barang lain. Perusahaan ini membeli karet dari para pedagang yang membelinya dari para petani karet. Karet yang dibeli tersebut dibelah dengan menggunakan mesin pemotong. Setelah itu akan dimasukkan dalam mesin besar untuk dibentuk lembaran yang akan dijemur. Setelah itu lembaran yang sudah kering dimasukkan lagi ke dalam alat untuk dibuat menjadi seperti dodol, kemudian dipress menjadi bentuk kubus yang siap untuk dikemas dan dikirim.

Berdasarkan data dari Panjiva, perusahaan ini sejak 1 Juli 2007 sampai 17 November 2010 telah melakukan 173 pengiriman ke luar negeri. Menurut data tersebut perusahaan ini telah memiliki 21 perusahaan pembeli produk karetnya.

PT. Karya Sejati tampak belakang
Keberadaan perusahaan ini sejak tahun 1978, telah membentuk satu perkampungan tersendiri di sekitar perusahaan ini. Perusahaan dengan jumlah karyawan sekitar 200-an orang, sebagian besar berasal dari masyarakat yang berada di sekitar perusahaan. Tahun ini gaji buruh kurang lebih Rp 35.000 / hari (42 jam kerja per minggu).

Feri penyeberangan Tendean - Panamas

Pelabuhan feri di Jalan Kapten Pierre Tendean
Penyeberangan feri ini terletak di ujung barat Jalan Kapten Pierre Tendean, Kelurahan Selat Hilir, Kecamatan Selat, Kuala Kapuas. Tarif penyeberangan untuk pejalan kaki adalah Rp 500, sedangkan untuk sepeda motor Rp 1.500. 

Pelabuhan feri di dusun Panamas

Jum'at Bersih 26 November 2010

Para guru-guru SMKN 1 Kuala Kapuas sedang membersihkan jalan di pasar
Kegiatan Jum'at Bersih tetap dijalankan oleh Pemerintah Daerah dalam rangka meraih Adipura. Salah satu pelajaran yang didapat dari studi banding anggota DPRD Kabupaten Kapuas ke Kota Bekasi (peraih Adipura) adalah tentang pentingnya kebersihan pasar. Bila kita memasuki pasar-pasar yang ada di Kuala Kapuas, maka kita akan menyaksikan kondisi yang bermacam-macam, dari yang cukup bersih sampai yang sangat kotor pada salah satu sisinya. Untuk melihat kegiatan Jum'at Bersih dan kondisi dari salah satu pasar kita, mari kita saksikan tayangan berikut ini:

Seminar Sehari Penggunaan Obat Rasional

Pada tanggal 27 November 2010 bertempat di Gedung Kesenian Gandang Garantung diselenggarakan Seminar Sehari Penggunaan Obat Rasional. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-46 di Kabupaten Kapuas Tahun 2010. Kerjasama antara Ikatan Dokter Indonesia, Ikatan Apoteker Indonesia, Perkumpulan Ahli Farmasi Indonesia dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas ini menghadirkan Prof. DR. dr. Armen Muchtar, DAF, DPC, Sp.FK (K) sebagai pembicara utama, disertai oleh dr. Hj. Ani Handaningroem (Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas) dan dr. Suci Harini, M.Sc., SpA (Spesialis Anak pada RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo).

Seminar ini dihadiri sekitar 100-an peserta dari kalangan kesehatan. Mereka berasal dari rumah sakit dan puskesmas di Kabupaten Kapuas serta beberapa peserta dari D3 Farmasi Poltekkes Muhammadiyah Banjarmasin. Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Kapuas yang diwakili oleh Bapak Granit.

Sabtu, 27 November 2010

Foto-foto Jama'ah Haji Kapuas 2010 - Kiriman H. M. Sholichuddin

Perjalanan jama'ah haji Kloter 6 BDJ asal Kabupaten Kapuas (dalam foto) adalah sebagai berikut:

Pelepasan jama'ah haji Kabupaten Kapuas di halaman rumah jabatan Bupati Kapuas (Minggu, 24 Oktober 2010)

Penerimaan jama'ah haji asal Kabupaten Kapuas, Kabupaten Barito Selatan dan Kabupaten Pulang Pisau (tergabung dalam kloter 6 BDJ) di asrama haji Banjar Baru, Kalimantan Selatan dan mengikuti karantina untuk diberangkatkan ke tanah suci pada tanggal 26 Oktober 2010

Lokasi pemondokan di Madinah, jaraknya sekitar 2 km dari Masjid Nabawi. Di sini jama'ah kloter 6 BDJ tinggal mulai tanggal 26 Oktober sampai 4 November 2010.
dr. Satria Ramli (Puskesmas Lamunti, TKHI Kloter 6 BDJ) di Masjid Nabawi Madinah


Pada tanggal 4 November 2010 jama'ah haji Kloter 6 BDJ memulai ibadah Haji Tamattu' dengan mengambil miqat dari Masjid Bir 'ali
Petugas TKHI yang mendampingi Kloter 6 BDJ selesai melakukan umrah wajib pada tanggal 5 November 2010
Perjalanan ibadah haji dimulai pada tanggal 8 Dzulhijjah 1431 (14 November 2010), jama'ah diangkut dari pemondokan di Makkah (Hotel Al-Ashla Tower di daerah Jumaizah dekat komplek pekuburan Ma'la di Sektor 6, nomor rumah 615) ke Arafah. 

Wukuf dilaksanakan pada tanggal 15 November 2010


Pada tanggal 9 Dzulhijjah setelah Maghrib, jama'ah diangkut dari Arafah untuk mabit dan mencari kerikil di Muzdalifah sampai dengan jam 12.00 tengah malam (24.00)

Suasana perkemahan di Mina untuk tempat istirahat setelah melakukan pelontaran Jumrah Aqabah (tanggal 10 Dzulhijjah) dan Jumrah Ula - Wustha - Aqabah (tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah)

Hari Jum'at sore jama'ah kembali diangkut ke Makkah untuk pelaksanaan Tawaf Ifadhah (semoga menjadi haji mabrur).

Rencananya jama'ah haji Kloter 6 BDJ akan mendarat di bandara Syamsudin Noor tanggal 6 Desember 2010 jam 05.00 WITA.