Konsolidasi Asosiasi Rumah Sakit Daerah (ARSAD) 2024

Gambar
  Pada hari Kamis, 25 April 2024 bertempat di Hotel Santika dilaksanakan Konsolidasi ARSADA - RSD Se-Indonesia dengan tema Strategi Pelayanan Farmasi dan Regulasi Pajak di Rumah Sakit Daerah. Dr. dr. Slamet Riyadi menyampaikan sambutan dari ARSADA tentang berbagai asumsi yang harus diantisipasi sebagai berikut: 1. Pemerintahan Baru. Potensi dampaknya kepada rumah sakit daerah. Kepala daerah baru (periode baru) DPRD Baru (periode baru) Posisi / kedudukan direktur rumsah sakit daerah Hubungan Pemda dengan rumah sakit daerah Kebijakan Pemda tentang uang, sarana prasarana dan sumber daya manusia Konsistensi pelaksanaan BLU/BLUD 2. Kefarmasian. Kepmenkes HK.01.07/Menkes/503/2024. Nilai klaim harga obat program rujuk balik; obat penyakit kronis di fasilitas pelayanan kesehatan tingkat lanjut, obat kemoterapi, dan obat alteplase. Potensi dampak kepada rumah sakit daerah: Output: Mutu Layanan Kefarmasian meningkat Konsolidasi katalog elektronik sektoral kementerian kesehatan Penataan formulari

Rustam - Penjual Pentol dan Es Kolkol


Bapak dari 7 orang anak ini tinggal di Handil Rambai Tiga. Beliau adalah mantan karyawan PT. Kaboli Lumber yang sekarang sudah tutup. Dalam rangka membiayai anak dan menghidup keluarga, selain menjadi penjual pentol serta es kolkol, beliau juga bertani. Beliau memiliki padi sebanyak 40 borong. Kalau tidak ada hama, biasanya bisa menghasilkan 300 blek padi, tapi kalau ada yang rusak, cuma sekitar 200 blek saja. 100 blek disimpan untuk makan sehari-hari sedangkan sisanya dijual bila ada keperluan lain dari anak-anak baik untuk sekolah maupun kehidupan sehari-hari.


Ketrampilan membuat es kolkol ini beliau peroleh sejak masih berada di Barabai, Hulu Sungai Tengah. Beliau hanya menggunakan sedikit pemanis dan menggunakan lebih banyak gula. Hal itulah yang membuat es beliau setiap hari habis. Beliau berjualan mulai pagi hari di depan SDN 3 Selat Hulu ini sampai jam 10.00 WIB, setelah itu beliau akan pergi ke Mandomai. Beliau akan berjualan di sana sampai jam 16.00 WIB. Insya Allah dagangan beliau sudah habis pada jam sekian.

Dari tujuh anak beliau tersebut, satu orang sudah menikah, satu orang sudah bekerja sebagai supir di Banjarmasin, masih ada tiga orang lagi yang masih sekolah. Dengan bertani dan berjualan inilah beliau bisa menghidupi keluarga dan menyekolahkan anak-anak.

Dalam sehari beliau membuat sebanyak 250 potong es kolkol dengan harga Rp 500, beliau membuat pentol, tahu dan telur puyuh dengan harga masing-masing Rp 500. Meskipun keuntungan yang didapatnya sangat sedikit, tapi bila ada anak-anak yang tidak memiliki uang untuk membeli es atau pentol yang beliau jual, beliau akan memberikannya secara gratis kepada mereka yang tidak memiliki uang tersebut. Dalam sehari paling tidak beliau menyumbangkan Rp 5.000 dari dagangannya untuk memberikan es atau pentol kepada anak-anak secara gratis. Sebuah ketulusan yang patut ditiru.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan