Ketersediaan Darah di UTD-RS

Stok darah per 3 Januari 2014:

A = 1; B = 8, O = 1, AB = 0

Sumber: Debi (UTD RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo)

Jumat, 24 Juni 2011

Nasehat yang tidak berbicara

Salah satu motivasi orang mengantarkan jenazah adalah untuk menghantarkan orang yang dikenal ke tempat pemakamannya yang terakhir. Selain itu, bagi seorang Muslim ganjarannya cukup besar berdasarkan hadits berikut ini:


(Diriwayatkan dari Nafi’) : Ibn Umar ra. Diberitahu bahwa Abu Hurairah berkata, “siapapun yang mengantar jenazah (ke tempat pemakaman) akan memperoleh pahala sebuah qirath”. Ibn Umar berkata, “Abu Hurairah membicarakan pahala yang sangat besar”. Aisyah menyokong hadits Abu Hurairah dan berkata, “aku pernah mendengar Rasulullah Saw mengatakan hal itu”. Ibn Umar berkata, “kami kehilangan qirath yang sangat besar”. (H.R. Bukhari)


Selain itu tentu mengantarkan jenazah ini akan mengingatkan kita bahwa kelak kita akan menyusul mereka. Nasehat yang disampaikan di kuburan sebenarnya lebih ditujukan kepada yang mengantar jenazah bahwa mereka harus memperbaiki hubungan mereka dengan Allah, Rasul, Islam, kaum Muslimin dan lain-lain. Tentu yang utama adalah bahwa kita akan menyusul mereka.