Ketersediaan Darah di UTD-RS

Stok darah per 3 Januari 2014:

A = 1; B = 8, O = 1, AB = 0

Sumber: Debi (UTD RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo)

Minggu, 07 Agustus 2011

Lahan Sawit PT. GAL di Lamunti

Perkebunan Sawit PT. Globalindo Agung Lestari di Lamunti
Menurut Sistem Administrasi Badan Hukum (SABH)Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, PT. Globalindo Agung Lestari (PT. GAL) berdiri pada tahun 2005 dengan akte notaris atas nama Lieyono, SH. Berdasarkan informasi dari BKPM, perusahaan ini bergerak dalam komoditi kelapa sawit di Kabupaten Kapuas. Dari berita yang dimuat di Harian Umum Tabengan (15 September 2010), perusahaan ini memiliki luas lahan 20.600 hektar dan sudah tanam 12 PT. Lokasi perkebunan sawit ini terletak di Kawasan Terpadu Mandiri (KTM) Lamunti, Kecamatan Mantangai.

Ketika admin mengunjungi perkebunan ini pada hari Minggu, 31 Juli 2011, admin tidak bisa bertemu dengan pihak manajemen karena sedang libur, hanya sempat minta ijin dari pihak keamanan untuk dapat mengabadikan lokasi perkebunan sawit ini.

Keberadaan perusahaan ini di Lamunti pernah menghadapi banyak masalah terutama masalah lahan. Bahkan warga di Lamunti pernah mengajukan Somasi (Juli 2009) kepada pihak perusahaan agar menyelesaikan masalah lahan ini dengan baik. Sebulan sebelumnya warga Lamunti B3 juga minta perhatian masalah persengketaan lahan ini. Pada bulan Januari 2011 yang lalu, warga protes terhadap batas tanah adat yang digunakan oleh PT. GAL. Menurut Bupati Kapuas, penyelesaian masalah PT. GAL ini akan menunggu pada RTRWP.
Pembibitan sawit di lahan PT. GAL Lamunti
Sampai saat ini, PT. GAL tetap melaksanakan aktivitasnya seperti biasa. Pembibitan terus dilakukan, mengingat masih banyak lahan yang belum ditanami. Tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan perusahaan ini telah membuka lapangan kerja bagi masyarakat. Saat ini upah harian dari perusahaan ini sudah mencapai Rp 48.000, sudah meningkat dibandingkan sebelumnya yang berkisar Rp 30-an ribu. Keberadaan perusahaan ini di wilayah Kecamatan Mantangai telah meningkatkan daya beli masyarakat. Banyak pekerja yang sudah dapat membeli kendaraan bermotor dengan gaji yang mereka peroleh dari perusahaan ini.