Ketersediaan Darah di UTD-RS

Stok darah per 16 Juli 2014:

A = 0; B = 0, O = 0, AB = 0

Sumber: Debi (UTD RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo)

Rabu, 11 Mei 2011

KUNJUNGAN KERJA KETUA PMI PUSAT JAKARTA | PMI Kabupaten Kapuas

KUNJUNGAN KERJA KETUA PMI PUSAT JAKARTA | PMI Kabupaten Kapuas

Enam orang pengurus PMI Kabupaten Kapuas yaitu H. Agung Suyatno, Raison, H. Zonnun Almikhri, Jamhuri, Brikson dan Qasthalani, serta empat orang staf Markas yaitu Yohanes Beca, Sri Handayani, Ibu Nada dan Irma Normaulidah menyambut kedatangan ketua umum PMI, Bapak H. Yusuf Kalla di Palangka Raya. Untuk lengkapnya, silahkan menyimak tautan diatas.

PANJI ADVENTURE SHOOTING IN KUALA KAPUAS | disporabudparkapuas

PANJI ADVENTURE SHOOTING IN KUALA KAPUAS | disporabudparkapuas

Tautan diatas memberitakan mengenai kunjungan Panji, Sang Petualang, ke Kuala Kapuas dalam rangka shooting serial Petualangan Panji. Untuk berita selengkapnya, silahkan klik tautan diatas.

Handil Berkat Makmur



Handil ini terletak di Jalan Pemuda Km. 6,5. Handil ini dulu dikenal dengan nama Handil Bere. Di handil ini terdapat Masjid Syuhada yang sedang dalam proses perbaikan. Selain itu juga ada SDN 3 Selat Hulu yang merupakan satu-satunya sarana pendidikan yang ada di handil ini. Meskipun di handil ini tidak terdapat sarana pelayanan kesehatan, para balita diperiksa dan ditimbang setiap bulan di Posyandu Mawar yang mengambil tempat di rumah ketua RT. Mengingat sebagian besar rumah berada di tepi handil, kegiatan mandi, mencuci, buang air, masih dilakukan di handil tersebut.

Selasa, 10 Mei 2011

Kiat-kiat Khusyu' Dalam Shalat



Oleh: Guru Parhani

Kiat-kiat khusyu' dalam shalat diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Menghadirkan perasaan bahwa kita sedang berdiri dihadapan raja segala raja.
  2. Merenungi/memikirkan bacaan shalat
  3. Terus memandang tempat sujud

Senin, 09 Mei 2011

PEMUSNAHAN KERUPUK YANG MENGANDUNG BLENG/BORAKS

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari hasil pemeriksaan Labkesda Kapuas dan laboratorium Keliling Balai POM terhadap makanan jajanan anak sekolah di Kuala Kapuas dengan melakukan Penyitaan dan pemusnahan Krupuk yang mengandung bahan tambahan makanan yang dilarang yaitu : ”Boraks” yang berbahaya terhadap kesehatan yaitu jika terakumulasi dapat menimbulkan gangguan fungsi ginjal. Penyitaan dan pemusnahan dilakukan pada salah satu pembuat krupuk yang berada di Jl. Meranti Kuala Kapuas. Ini dilakukan karena pemilik/prudusen krupuk tersebut menggunakan Bleng Cap Jago sebagai bahan tambahan untuk pembuatan krupuk. Padahal Bleng Cap jago tersebut dilarang digunakan sebagai bahan tambahan Pangan untuk makanan karena positif mengandung bahan kimia ”Boraks” yang berbahaya.

10 Mei - Hari Lupus Sedunia


Lupus adalah penyakit kronik, autoimun yang dapat merusak setiap bagian dari tubuh (kulit, sendi dan/atau organ-organ di dalam tubuh). Kronik berarti bahwa tanda dan tanda-tandanya cenderung berlangsung lebih dari enam minggu dan seringkali berlangsung beberapa tahun. Pada lupus, ada yang salah dengan sistem imun anda, yang merupakan bagian tubuh yang melawan virus, bakteri dan penyerang asing. Secara normal sistem imun kita menghasilkan protein yang disebut antibodi yang melindung tubuh dari penyerang-penyerang ini. Autoimun berarti sistem imun anda tidak bisa membedakan antara penyerang asing dan jaring tubuh yang sehat dan membuat antibodi yang menyerang dan merusak jaringan yang sehat. Autoantibodi ini menyebabkan peradangan, nyeri dan kerusakan pada berbagai bagian tubuh.

SDN 3 Selat Hulu


Sekolah ini terletak di Jalan Pemuda Km. 6,5 tepatnya di Handil Berkat Makmur, Kelurahan Selat Hulu, Kecamatan Selat.



telah terdaftar di
SDN SELAT HULU 3
30200358

Tanda-tanda Ahli Bid'ah



Oleh: Ustadz Suriani Jiddy

Tanda-tanda ahli bid'ah adalah sebagai berikut:

  1. Mencela sahabat Rasulullah SAW.
  2. Mencerca dan menolak hadits.
  3. Mendo'akan keburukan untuk penguasa.
  4. Mencerca ahli hadits.
  5. Mencerca ulama ahlussunnah dan manhaj-nya

Minggu, 08 Mei 2011

MENENTUKAN SIKAP HIDUP | namaku cahyadi takariawan

MENENTUKAN SIKAP HIDUP | namaku cahyadi takariawan: "- Sent using Google Toolbar"

Tulisan diatas mengajak kita untuk tidak terpengaruh oleh bagaimana orang bersikap terhadap kita, tapi lebih bagaimana kita menyikapi orang lain. Silahkan menikmati suguhan menarik ini.

Kapuas.net bangkit kembali

Setelah lebih dari satu tahun tidak aktif, akhirnya Kapuas.net muncul kembali dengan wajah baru. Situs ini sekarang dikelola oleh Kapuas Media Networks. Situs ini menampilkan beberapa kategori dalam beritanya yaitu:

Sabtu, 07 Mei 2011

BAHAGIA BERSAMANYA

Saat anda menatapnya, pernahkah terbesit di benak anda, "ah, dia tak setampan dulu lagi" atau "kenapa dia tak secantik dulu lagi?" atau "ternyata keriputnya sudah mulai terlihat", dan bla bla bla masih banyak lagi besitan-besitan pada benak anda. Eits!! hati-hati dengan semua itu lho!.
Dan... pernahkah kita berfikir lagi, sebenarnya apa sih alasan kita dulu mau menikahi atau menerima pinangan dia?. Karena, tanpa disadari, alasan kita itu bisa mempengaruhi kehidupan rumah tangga kita di masa yang akan datang.

Posyandu Mawar di Handil Berkat Makmur

Petugas Puskesmas Pembantu Handel Ulis dan kader posyandu
Posyandu ini pada mulanya terletak di Handil Berkat Makmur, di pinggir sungai Kapuas Murung. Tapi mengingat jauhnya jarak yang harus ditempuh oleh warga yang berasal dari seberang jalan Pemuda, akhirnya posyandu ini dipindahkan ke rumah ketua RT. Posyandu ini berada dbawah pembinaan Puskesmas Pembantu Handel Ulis yang terlatak di dekat bundaran besar. Posyandu ini masih berada di wilayah kerja Puskesmas Melati. Posyandu ini seyogyanya diselenggarakan setiap tanggal 8 pada setiap bulannya. Namun karena tanggal 8 bulan ini jatuh pada hari Minggu, kegiatan posyandu diajukan menjadi hari Sabtu, tanggal 7 Mei 2011.

Saat admin berkunjung ke posyandu ini, jumlah balita yang dilayani sebanyak 16 orang. Petugas dari Puskesmaas Pembantu Handel Ulis yang melayani di posyandu ini adalah Ibu Arbainah dan Ibu Rika.

Rustam - Penjual Pentol dan Es Kolkol


Bapak dari 7 orang anak ini tinggal di Handil Rambai Tiga. Beliau adalah mantan karyawan PT. Kaboli Lumber yang sekarang sudah tutup. Dalam rangka membiayai anak dan menghidup keluarga, selain menjadi penjual pentol serta es kolkol, beliau juga bertani. Beliau memiliki padi sebanyak 40 borong. Kalau tidak ada hama, biasanya bisa menghasilkan 300 blek padi, tapi kalau ada yang rusak, cuma sekitar 200 blek saja. 100 blek disimpan untuk makan sehari-hari sedangkan sisanya dijual bila ada keperluan lain dari anak-anak baik untuk sekolah maupun kehidupan sehari-hari.

Buku tentang PMI Kabupaten Kapuas di Scribd.com

Kecanggihan teknologi sudah membuat hidup ini makin mudah. Dengan menggunakan Blog2Print, dalam waktu 5-10 menit kita bisa membuat blog kita menjadi sebuah buku dengan biaya $ 7.95 (atau Rp 68.500 dengan kurs dolar Rp 8.6000). Buku yang sudah jadi ini bisa kita muat di Scribd.com dan bisa dimasukkan dalam Google Books, sehingga semakin banyak orang yang bisa membacanya.

Berikut ini adalah buku yang dibuat dari blog PMI Kabupaten Kapuas. Mengingat tulisan di blog ini tidak terlalu banyak, buku ini merangkum tulisan sejak bulan Januari 2010 sampai Mei 2011. Buku seperti ini bisa disimpan dalam CD dan bisa didistribusikan ke perpustakaan dimana saja, untuk memperluas jangkauan pembaca. Kita juga bisa mengajukan copy dari buku ini ke Perpustakaan Nasional untuk mendapatkan ISBN.

Silver Scorpion - Komik

Mengisi hari libur ini tidak ada salahnya bila kita membaca komik yang bermutu. Sliver Scorpion adalah komik kolaborasi antara remaja Syria dengan Amerika. Mereka bertemu untuk membahas cara untuk menyemangati teman-teman mereka yang cacat di seluruh dunia. Komik ini bercerita tentang seorang seniman yang menggunakan barang bekas sebagai bahan dasar karyanya. Suatu hari dia mengalami kecelakaan yang menyebabkannya kehilangan kedua kakinya. Awalnya dia tidak bisa menerima kondisinya tersebut, tapi setelah bertemu dengan seorang buta yang bisa menghasilkan karya seni yang bernilai tinggi, dia akhirnya termotivasi, sampai akhirnya dia mendapatkan apa yang dia inginkan. Selamat mengikuti.

Jumat, 06 Mei 2011

Bahagiakah Hidup Anda ? | namaku cahyadi takariawan

Bahagiakah Hidup Anda ? | namaku cahyadi takariawan: "- Sent using Google Toolbar"

8 Mei - Hari Palang Merah Sedunia

Tahun 1922, segera setelah Perang Dunia I, ada seruan umum untuk perdamaian. di Republik Ceko dan Slovakia yang kemudian menjadi satu negara, Cekoslowakia - Palang Merah di negara tersebut menyerukan gencatan senjata tiga hari saat Paskah untuk mendukung perdamaian. Pemimpinan pemerintahan saat itu menyimpulkan latar belakang usul tersebut sebagai berikut: "Palang Merah kami ingin mencegah penyakit; dia juga ingin menganjurkan kepada masyarakat kami untuk mencegah perang dibandingkan dengan harus menanggung konsekuensi serius dari keterlibatan dalam perang. Kami semua mengetahui pentingnya pesan moral tersebut dan menyebarkannya keseluruh kalangan masyarakat. Jika aksi tahunan ini dapat berlangsung diseluruh dunia, hal ini akan merupakan kontribusi utama terhadap perdamaian." Ini adalah ide awal dari apa yang akhirnya menjadi "World Red Cross and Red Crescent Day" (Hari Palang Merah Sedunia).

Ritual Manyanggar Batanjung Bagian Dari Adat Dayak - Tribunnews.com

Ritual Manyanggar Batanjung Bagian Dari Adat Dayak - Tribunnews.com: "- Sent using Google Toolbar"

Manyanggar berasal dari kata sanggar yang berarti rangkaian bunga yang cantik. Manyanggar berarti memberi tangkaian bunga yang cantik. Dalam kamus Bahasa Dayak-Jerman yang ditulis oleh Hardelan dicontohkan penggunaan kata manyanggar adalah pemberian sajian berupa rangkaian bunga yang cantik untuk dewa air (Djata).. Silahkan menikmati tulisan diatas.

KTP - kendala dalam pelayanan Jaminan Persalinan

Jaminan Persalinan sudah mulai dinikmati oleh warga Kabupaten Kapuas dan sekitarnya (diantaranya Pangkoh, Kabupaten Pulang Pisau). Sudah mulai ada warga masyarakat yang dirujuk ke rumah sakit untuk melahirkan atau karena masalah kebidanan lainnya. Mereka mendapatkan pelayanan secara gratis dari rumah sakit. Namun karena ketiadaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) seringkali timbul masalah dalam pelayanan. Mengingat prosedur pelayanan Jaminan Persalinan mengikuti prosedur Jamkesmas, pasien yang syaratnya belum lengkap, diberikan kesempatan 2 x 24 jam untuk melengkapi persyaratan tersebut.

Bila KTP yang bersangkutan tertinggal di rumah, diharapkan pada hari berikutnya KTP tersebut sudah diantar ke rumah sakit. Bila yang bersangkutan belum memiliki KTP, diharapkan bisa mengurus KTP sementara. Yang menjadi masalah adalah bila yang bersangkutan rumahnya jauh di udik, sehingga kesulitan untuk mengurus KTP sementara. Hal-hal semacam ini perlu diberikan solusi oleh pihak-pihak yang bersangkutan. Pihak Departemen Kesehatan yang diwakili oleh para verifikator Jamkesmas mengatakan bahwa klaim rumah sakit hanya akan disetujui bila pasien Jaminan Persalinan memiliki KTP dan Surat Rujukan dari Puskesmas bila kondisinya normal dan memiliki KTP saja bila kondisinya darurat.

Semoga program Jaminan Persalinan ini dapat membantu menurunkan angka kematian ibu di Kabupaten Kapuas dan tidak ada lagi alasan bagi masyarakat untuk tidak melahirkan dengan petugas kesehatan.

Kamis, 05 Mei 2011

Buku Informasi Kapuas edisi Februari - April 2011

Alhamdulillah buku Informasi Kapuas Edisi Februari - April 2011 sudah muncul di Scribd. Mudah-mudahan dalam waktu dekat juga bisa muncul di Google Books. Selamat menikmati Informasi Kapuas versi Offline.

Rabu, 04 Mei 2011

Sosialisasi Proses Asuhan Gizi Terstandar (PAGT)

Peserta pembukaan Sosialisasi PAGT
Meskipun tidak tersedia dana untuk pelatihan, Instalasi Gizi RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo tetap mengadakan kegiatan Sosialisasi Proses Asuhan Gizi Terstandar (PAGT) mengingat asuhan ini sudah menjadi standar nasional. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 3 Mei 2011 bertempat di aula rumah sakit. Narasumber dari kegiatan ini adalah Bapak Jurianto Gambir, S.Si.T, M.Kes, dosen Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Pontianak, Kalimantan Barat.

Menurut Bapak Jurianto Gambir dalam pengantarnya, beliau mengatakan bahwa standar ini diadopsi oleh ahli gizi dari American Dietitien Association. Rumah sakit yang sangat aktif untuk mengadopsi standar ini adalah RS Hasan Sadikin Bandung. Beliau menyampaikan bahwa dalam penerapannya, standar ini sangat membutuhkan kerjasama dari semua pihak yang terlibat dalam pelayanan terhadap pasien yaitu dokter, perawat, petugas gizi, dan tentu pasien itu sendiri.

Klik tautan berikut ini: PAGT

5 saat untuk membersihkan tangan

Bila anda dirawat dirumah sakit, maka anda bisa mengingatkan kepada petugas kesehatan yang merawat anda untuk mencuci tangan saat:
  1. Sebelum menyentuh pasien
  2. Sebelum melakukan tindakan / prosedur
  3. Sesudah resiko terpapar dengan cairan tubuh
  4. Sesudah menyentuh pasien
  5. Sesudah menyentuh lingkungan sekitar pasien
Sumber: Your 5 Moments For Hand Hygiene

Selasa, 03 Mei 2011

Media Indonesia - Peningkatan Jalan Tiga Kecamatan Pedalaman Kapuas Rp44 Miliar

Media Indonesia - Peningkatan Jalan Tiga Kecamatan Pedalaman Kapuas Rp44 Miliar

PT. Karya Sejati melakukan pengapalan ke Meksiko

Berdasarkan informasi dari Panjiva Alert, PT. Karya Sejati sudah melakukan satu pengapalan ke Meksiko yaitu ke perusahaan Compania Huler Tornel, S.A. de C.V. Perusahaan tersebut merupakan penghasil ban di Meksiko. Pengiriman ini menunjukkan bagaimana luasnya jaringan perdagangan yang dimiliki oleh PT. Karya Sejati. Rendahnya harga karet dunia akhir-akhir ini patut menjadi keprihatinan, mengingat sebagai negara dengan areal karet terbesar di dunia (3,4 juta hektar), Indonesia bersama dengan negara-negara penghasil karet dunia diharapkan dapat mengendalikan harga karet dunia.

Optimis dalam berusaha

Pernahkan terpikir oleh kita bahwa kita bisa menangkap burung yang terbang di langit? Rasanya tidak mungkin untuk mendapatkannya. Tapi pada kenyataannya banyak orang yang bisa memperjualbelikan burung-burung tersebut di pasar. Pernahkan terpikir oleh kita bahwa kucing bisa memakan kelelawar yang terbang di udara? Ternyata hampir setiap malam kucing bisa memberi makan kepada anaknya satu ekor kelelawar kecil. Kalau sesuatu yang sepertinya tidak mungkin diraih, bisa kita raih, maka semangat seperti itulah yang dimiliki oleh para pengusaha. Mereka tidak mengenal istilah tidak bisa.

Bila kita melihat ke pedagang makanan ringan dan penjual minyak di lanting pada gambar diatas, kita mungkin akan bertanya-tanya, siapa yang akan membeli dagangannya? Ternyata disitulah letaknya pintu rejeki. Allah sudah mengatur rejeki setiap hambanya. Meskipun tampaknya dia jauh dari keramaian, tapi kalau rejekinya sudah datang, maka baik itu feri maupun klotok atau ces, akan mendatangi lanting ini untuk membeli dagangannya. Jadi jangan takut untuk mencoba sesuatu yang tidak biasa.

Bisnis feri masih menjanjikan

Pembuatan ferry baru di Murung Keramat
Belum tersedianya jembatan yang menghubungkan antara kota Kuala Kapuas dengan daerah sekitarnya seperti Handil Panamas, Murung Keramat, dan Barimba membuat feri tetap menjadi alternatif bagi masyarakat untuk menjangkau daerah-daerah tersebut. Ongkosnya yang relatif murah yaitu Rp 1.000 - Rp 2.000 per sepeda motor membuat masyarakat cukup mampu menjangkaunya untuk transportasi sehari-hari. Ketersediaan pelayanan dari pagi sampai sore juga membantu masyarakat untuk dapat menunaikan kewajiban mereka di seberang sungai. Kondisi inilah yang membuat masyarakat tetap bersemangat untuk menyediakan jasa penyeberangan. Hal ini terlihat dari masih disediakannya feri-feri baru oleh para pengusaha yang dapat digunakan oleh masyarakat.

Baihaqi Outlet - Loket Pembayaran Online

Kedekatan dengan kota Kuala Kapuas memungkinkan Kelurahan Murung Keramat untuk memiliki Loket Pembayaran Online. Dengan fasilitas internet, loket ini memberikan kemudahan kepada warga masyarakat untuk menyelesaikan beberapa tagihan mereka, terutama tagihan listrik. Keterpencilan tidak lagi menjadi masalah dalam menyelesaikan berbagai urusan dalam kehidupan.

Senin, 02 Mei 2011

Informasi Kapuas tampil di Google Books dengan judul yang salah

Upaya admin untuk memasukkan file pdf dari INFORMASI KAPUAS ke Google Books akhirnya membuahkan hasil. Buku tersebut akhirnya dimuat dalam Google Books setelah satu minggu penantian. Namun sayangnya buku tersebut muncul dengan judul yang diambil dari salah satu judul artikel yang ada dalam blog tersebut, padahal judul tersebut sudah ada dalam Google Books yaitu Desersi: Menembus Rimba Raya Kalimantan.

Informasi Kapuas di Google Books

Admin mengajukan permohonan koreksi ke Google Books untuk memperbaiki judul dari buku tersebut menjadi Informasi Kapuas (Jilid 1). Saat in admin sedang mengupayakan agar Informasi Kapuas (Jilid 2) dapat juga dimuat dalam Google Books sehingga lebih banyak pembaca yang dapat mengaksesnya.

Seminar Hasil PTK Dalam Rangka Memperingati Hardiknas «

Seminar Hasil PTK Dalam Rangka Memperingati Hardiknas «: "- Sent using Google Toolbar"

Minggu, 01 Mei 2011

Handil Saka Lindung


Bila kita menelusuri jalan dari Murung Keramat, ke arah kompleks PT. Antang Permai Plywood Industry, terus ke arah hilir maka jalan tersebut akan berakhir di Handil Saka Lindung. Handil ini masih termasuk Kelurahan Murung Keramat dan berdampingan dengan Handil Batu Besar. Menurut warga sekitar, sudah ada jalan menuju Handil Batu Besar. Berbeda dengan Murung Keramat yang jalannya masih menyusuri pinggir sungai, jalan ke Handil Saka Lindung ini sudah berada di daratan, sehingga bisa mendapatkan fasilitas jalan beton dari pemerintah daerah.

Sabtu, 30 April 2011

Pasang Surut Kehidupan

Bekas lapangan bulu tangkis PT. APPI
Dalam kehidupan ini ada pasang surut. Hal ini juga dialami oleh PT. Antang Permai Plywood Industry (PT. APPI) yang berlokasi di Kelurahan Murung Kramat, Kecamatan Selat. Perusahaan pembuat tripleks ini sudah beroperasi di Kapuas sejak tahun 80-an. Jumlah karyawannya pernah mencapai lebih dari 1000 orang. Hal ini membuat lokasi perusahaan seluas 70 hektar ini diisi oleh ratusan rumah tempat tinggal. Kompleks perusahaan ini dulu dilengkapi dengan berbagai fasilitas diantaranya ada lapangan bulu tangkis, Masjid Al-Muhajirin Antang, gereja, SD Swasta Antang, MTs dan MA Al-Muhajirin.

SELEKSI JAMBORE NASIONAL KWARCAB KAPUAS 2011

Jambore Pramuka Penggalang adalah kegiatan rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar Pramuka Penggalang sebagai sarana pembinaan Pramuka Penggalang yang menitikberatkan pada pengembangan diri peserta yang terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.
Tahun ini, KWARCAB KAPUAS punya gawe. Dalam rangka persiapan JAMBORE NASIONAL yang akan diselenggarakan di OGAN KOMERING ILIR, SUMATERA SELATAN beberapa bulan lagi, KWARCAB KAPUAS mengadakan seleksi Jambore Nasional 2011 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kapuas. Acara pembukaan kegiatan ini dipimpin oleh Ketua Kwartir Cabang 1503 Kapuas, Drs. H. Nurul Edy, M.Si.

Jumat, 29 April 2011

Yayasan Al-Muhajirin Murung Keramat

Madrasah Aliyah Al-Muhajirin Murung Keramat
Sesuai dengan namanya, yayasan ini berada di Kelurahan Murung Keramat, tepatnya di sekitar Masjid Al-Muhajirin Antang. Yayasan ini mengelola Madrasah Aliyah (MA) Al-Muhajirin Murung Keramat dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Muhajirin Murung Keramat.

Jembatan ditepi sungai

Jembatan di tepi sungai yang berada di Murung Keramat
Jembatan diatas lazim dijumpai pada daerah-daerah di sepanjang tepi sungai. Jembatan ini tampak seolah-olah berada diatas sungai, hal ini dikarenakan air sedang pasang,jadi bagian yang agak dangkal dibawahnya tertutup oleh air. Jembatan serupa dengan gambar diatas banyak kita jumpai di daerah Anjir Serapat dan Sari Pulau serta dusun dan desa di tepi-tepi sungai. Jembatan ini dibuat dari kayu ulin. Karena sering dilewati oleh kendaraan bermotor roda dua, seringkali kayu-kayu ulin ini akan pecah nantinya, bisa kayu tersebut agak tipis. Semoga jembatan-jembatan serupa cukup awet sampai pemerintah mampu menyediakan jalan darat bagi warganya.

SDN 2 Murung Keramat


Sekolah ini terletak di Kelurahan Murung Keramat RT 1, Kecamatan Selat. Blog sekolah ini adalah http://sdmurungkeramat2.wordpress.com . Berdasarkan data bulan September 2010, kepala sekolahnya adalah Ibu Sri Rahayu, S.Pd.

telah terdaftar di
SDN MURUNG KERAMAT 2
30200242

Lapangan Futsal di Murung Keramat

Lapangan futsal di Murung Keramat
Pada mulanya gedung ini adalah gedung bulu tangkis. Tapi karena peminatnya makin berkurang, maka H. Syahwani, pemilik gedung ini berinisiatif untuk mengubah gedung ini menjadi lapangan futsal. Ketika admin mengunjungi tempat ini, para pekerja sedang melakukan pekerjaan pembuatan lapangan ini dan karpet rumputnya pun sedang dibeli.

Gedung ini terletak di Kelurahan Murung Keramat, sekitar 200 meter dari Penyeberangan Ferry Mulia Sari. Dibelakang gedung ini tempat Bapak H. Syahwani membuat pakan ikan patin.

H. Syahwani - Pembuat Pakan Ikan Patin

Pakan ikan patin yang tidak perlu dijemur lagi
Admin bermaksud untuk mengunjungi Bapak Muhammad Nur yang tulisan tentang beliau, paling sering dikunjungi di blog ini. Ketika penulis sampai di depan rumahnya, ternyata beliau sudah tidak lagi membuat pakan ikan patin. Admin lalu mengunjungi tetangga depan rumahnya yang juga membuat pakan ikan patin, yaitu Bapak H. Syahwani, namun sayangnya ketika admin kesana, beliau sedang keluar dan admin berbincang-bincang dengan para pekerja di sana.

Rabu, 27 April 2011

Pelangi di Pulau Petak

Setelah diguyur hujan, salah satu sisi desa di Pulau Petak menampakkan pelangi. Kedua ujung pelangi ini sebenarnya cukup lebar, sehingga tidak bisa dicakup oleh kamera ini dalam satu kali pengambilan. Suasana sunset yang cukup indah di sore hari.

Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Minum Berlanjut

Pembangunan instalasi pengolahan air minum yang terletak di perbatasan Kecamatan Selat dan Kecamatan Pulau Petak ini terus berlanjut. Setelah pada bulan Maret yang lalu dilakukan pemasangan tiang pancang, maka pada bulan ini, sarana penampungan air ini sudah mulai berbentuk. Mudah-mudahan pekerjaan ini dapat berlangsung dengan lancar.

Selasa, 26 April 2011

Tim Teknis Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Kabupaten Kapuas

Penanggung Jawab              : Kepala Dinas Kesehatan
Ketua                                  : Kepala Bidang PMK Dinas Kesehatan
Sekretaris                            : Kepala Seksi Bimdal P2 Dinas Kesehatan
Ketua Pelaksana Teknis
Operasional                         : Kepala Seksi Bimdal Wabah dan Bencana
                                             Dinas Kesehatan
Anggota                              : dr. Erny Indrawati
                                             dr. Agus Waluyo
                                             Bambang Edy Wicaksono, SKM, MScPH
                                             Anih Sriyana, SKM
                                             Rahmawati, SKM
                                             Hary Satrisno, Amd.Kep
                                             Yonas, Amd. Kep

Tim ini bertugas untuk:
  1. Melaksanakan kegiatan pemeriksaan terhadap penderita HIV/AIDS dan Infeksi Menular Seksual (IMS).
  2. Melaksanakan kegiatan pemeriksaan laboratorium.
  3. Melaksanakan pengobatan terhadap penderita HIV/AIDS dan IMS.
  4. Melaksanakan pendistribusian dan pemasaran kondom.
Sumber: 
Lampiran Keputusan Bupati Kapuas Nomor 555/Dinkes/Tahun 2010 Tentang Pembentukan Komisi Penanggulangan Human Immunodeficiensy Virus (HIV)/Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah

STRATEGI BARU UJIAN NASIONAL

Mulai hari senin tanggal 25 sampai tgl 28 April 2011 seluruh siswa SMP/MTS di Indonesia melaksanakan ujian nasional, begitu juga dengan seluruh siswa SMP/MTS di Kapuas.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, untuk tahun ini, nilai kelulusan siswa tidak hanya diambil dari hasil nilai ujian nasional saja, tetapi juga diambil dari hasil akhir ujian sekolah dengan perbandingan: 60% nilai ujian nasional dan 40% hasil dari ujian sekolah. Sedangkan nilai akhir dari ujian sekolah itu sendiri diambil dari 40% nilai rapor siswa mulai kelas 1 sampai kelas 3, dan 60% dari nilai ujian sekolah.

PMII Kapuas Gelar Konfercab - Banjarmasinpost.co.id

PMII Kapuas Gelar Konfercab - Banjarmasinpost.co.id

KEGIATAN SAVE OUR EARTH PMI DAN KCC | PMI Kabupaten Kapuas

KEGIATAN SAVE OUR EARTH PMI DAN KCC | PMI Kabupaten Kapuas

Kabupaten Kapuas Dalam Angka 2009

4shared - Kab Kapuas dlm Angka 2009 - shared folder - berbagi-pakai dan menyimpan file gratis

Senin, 25 April 2011

Handil Baras



Foto panorama diatas diambil di jembatan yang terdapat di Handil Baras RT 7. Bila kita meneruskan perjalanan sejajar dengan sungai ke arah Handil Baras maka kita akan menuju lokasi Kabulat, tempat "karantina" bagi mantan penderita lepra (kusta). Namun berdasarkan informasi dari ketua RT, jalan ke Kabulat putus karena tidak terawat lagi.

Jalan memasuki Handil Baras ini baru saja dikeruk, dan pada hari Jum'at, 22 April 2011 yang lalu baru saja diadakan gotong royong oleh warga dalam rangka menyambut kedatangan Bupati Kapuas ke handil tersebut.

Ditemukan Jenis Malaria Baru - KOMPAS.com

Ditemukan Jenis Malaria Baru - KOMPAS.com

Jumat, 22 April 2011

Determinants of Blood Pressure in Preschool Children: The Role of Parental Smoking -- Simonetti et al. 123 (3): 292 -- Circulation

Determinants of Blood Pressure in Preschool Children: The Role of Parental Smoking -- Simonetti et al. 123 (3): 292 -- Circulation: "- Sent using Google Toolbar"

Kesimpulan dari penelitian diatas adalah : Pada anak-anak usia prasekolah yang sehat, orang tua yang merokok merupakan faktor resiko independen terhadap tekanan darah tinggi, sebagai tambahan bagi faktor resiko keluarga dan lingkungan. Menerapkan lingkungan yang bebas rokok di rumah dan tempat-tempat umum dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi anak-anak kecil.

Hak-hak Al-Qur'an yang harus ditunaikan oleh setiap Muslim

Oleh: Ustadz Aiman Abdullah, Lc (dari Martapura)

Al-Qur'an adalah undang-undang (dustur) dari Allah. Dia adalah ruh bagi tubuh kita. Kalau tubuh tidak punya Qur'an, dia tidak punya ruh. Perlunya kita pada Qur'an lebih dari perlunya tubuh akan makanan dan minuman. Qur'an merupakan santapan hati. Kalau kita tidak membaca Qur'an maka kita akan sengsara di akhirat. Orang yang tidak mendapat manfaat dari Qur'an maka dia akan sengsara di akhirat.

Kamis, 21 April 2011

Pemenang Juara 1 Lomba Busana Nasional


Inilah pemenang Juara 1 pada Lomba Busana Nasional di SMPN 1 Selat, Rezki Mulia Septi. Piala ini adalah piala bergilir.

Hari Kartini di BNI Cabang Pembantu Kuala Kapuas

Penganan ringan dalam rangka Hari Kartini 2011
Dalam rangka menyambut Hari Kartini tanggal 21 April 2011 ini, BNI Cabang Pembantu Kuala Kapuas memberikan makanan dan minuman ringan secar gratis kepada pelanggan yang berkunjung ke bank tersebut. Petugas keamanan langsung menawarkan kepada klien yang sedang menunggu antrian untuk menikmati sajian yang sudah disiapkan di pojok ruangan.

Peringatan Hari Kartini




Kamis, 21 April 2011, bertepatan dengan Peringatan Hari Kartini, SMPN 1 Selat mengadakan Lomba Busana Nasional. Sekitar 32 orang dari perwakilan setiap kelas mengikuti lomba ini. Pertama - tama, para peserta diperkenalkan kepada para penonton dan juri. Setelah itu, para peserta diminta untuk mengambil secarik kertas yang sudah disiapkan dan menjawab pertanyaan yang akan diajukan salah seorang juri. Isi kertas tersebut adalah nomor pertanyaan, lalu salah satu dari 3 juri akan memberi pertanyaan sesuai dengan nomor yang ada di secarik kertas tersebut.

Sekitar pukul 12 siang, pengumuman para pemenang diumumkan. Juara harapan 3 diraih oleh kelas VII B. Juara Harapan 2 diraih oleh kelas IX B. Juara Harapan 1 diraih oleh kelas VII E. Juara 3 diraih oleh kelas VIII E. Juara 2 diraih oleh kelas IX B lagi. Dan Juara 1 diraih oleh perwakilan dari kelas VII A, yaitu Rezki Mulia Septi.

Selamat untuk para Pemenang!

Anak-anak penjual es

Penjual es di feri penyeberangan
Para penjual es ini mengambil es-nya di "pabrik es" di jembatan panjang Jl. Kapuas, Kuala Kapuas. Mereka mengambil es tersebut dengan harga Rp 300 dan menjualnya dengan harga Rp 500, jadi mereka mendapat untung Rp 200 per buah. Salah seorang penjual es yang sempat admin ajak bicara mengatakan bahwa dia membawa 35 buah es, jadi total keuntungan mereka kalau es tersebut terjual habis adalah Rp 7.000. Dari lebih dari 10 orang penjual es, rata-rata mereka memiliki pendidikan kelas 3 sampai kelas 6. Diantara penjual es yang berada di feri penyeberangan Kuala Kapuas - Barimba pada sore itu (Rabu, 20 April 2011) terdapat tiga anak yang berasal dari Sari Pulau dan satu orang yang berasal dari Anjir Serapat Km. 2. Semangat wirausaha mereka patut dibanggakan.

Rabu, 20 April 2011

Wisuda D-III Kebidanan Program Kelas Khusus Kapuas Angkatan II

Wisudawati D-III Kebidanan Program Kelas Khusus Kapuas Angkata II
Pada hari Rabu, 20 April 2011, bertempat di Gedung Pertemuan Umum Manggatang Tarung, diselenggarakan kegiatan Sidang Senat Terbuka, Wisuda, Angkat Sumpah dan Pelantikan D-III Kebidanan Program Kelas Khusus Kapuas Angkatan II Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Palangka Raya Tahun Ajaran 2011. Kegiatan ini diawali dengan tarian penyambutan Mandau Talawang. Dalam kegiatan ini para peserta didik diwisuda oleh Bupati Kapuas. Kegiatan wisuda ini juga dihibur oleh Paduan Suara D-III Kebidanan. Selain itu juga diberikan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi peringkat I, II dan III yang tampil ke depan bersama dengan pasangannya.

Berikut ini adalah video-video tentang wisuda tersebut:

PERUSAHAAN TAMBANG DI KABUPATEN KAPUAS

Kalteng Mining: "PERUSAHAAN TAMBANG DI KABUPATEN KAPUAS

- Sent using Google Toolbar"

Daftar Pelaku Usaha Komoditi Kelapa Sawit di Kabupaten Kapuas

Nama Perusahaan Alamat Perusahaan
PT. Agro Subur Mandiri

PT. Bintang Satria

PT. Crownixindo Artara Jl. Wijaya II Jakarta Selatan Wijaya Grand Centre Blok E/20

PT. Dian Agro Mandiri

PT. Dwi Warna Karya

PT. Fajar Mas Indah Plantations

PT. Globalindo Agung Lestari

PT. Graha Inti Jaya Jl. Teratai No. 14, Kuala Kapuas, Kapuas

PT. Hijau Pertiwi Indah Plantations

PT. Kahayan Agro Mandiri

PT. Kalimantan Kebun Utama The Land Mark Centre I Lt. 27-28 Jakarta

PT. Kalimantan Ria Sejahtra

PT. Kapuas Maju Jaya

PT. Matoa Lestari Jaya Ged. BNI Lt. 22 Jl. Jend. Sudirman Kav. I Jakarta - 10220

PT. Pacific Rekamulti Inetrnusa

PT. Rejeki Alam Semesta Raya

PT. Sapalar Yasa Kartika

PT. Sardo Bhakti Cipta Jl. Maraman Raya No. 17 Jakarta

PT. Simpati Tani Sentosa

PT. Telaga Sari Persada


 Sumber: Regional Investment

Selasa, 19 April 2011

SOPAN DAN RAMAHLAH AGAR DIHORMATI DAN DISEGANI

Ini pengalaman pribadi dari penulis, kejadiannya tepat pada tanggal 19 April 2011 pada Kantor Pemerintahan Daerah Kabupaten Kapuas, saat itu penulis sedang memproses penandatanganan SK oleh Bupati Kapuas. Konsep SK yang telah disusun harus dikoreksi terlebih dahulu pada bagian hukum, dari hasil koreksi pada hari kejadian tercatat 1 kali perbaikan, setelah perbaikan dilakukan konsep SK diparaf oleh bagian hukum yang selanjutnya dikoreksi oleh asisten I (diparaf) kemudian dilanjutkan ke staf Sekda yang dibagian ini konsep SK dikoreksi lagi dan kebetulan ada beberapa yang memang harus diperbaiki, di hari yang sama dimana jam telah hampir menunjukkan pulang kantor (16.15 WIB) oleh penulis perbaikan SK bisa diselesaikan jadi tinggal tanda tangan Asisten III yang kebetulan saat itu mewakili Sekda karena sekda tidak berada ditempat (dinas luar). Mengingat mepetnya waktu penulis disarankan untuk langsung minta tanda tangan ke Bupati melalui ajudan Bupati…

DISINILAH INTI DARI CERITA PENULIS…..

Karena agak tergesa-gesa dengan semangatnya penulis naik kelantai atas untuk menghadap ke Bupati melalui ajudannya, ringkas cerita SK ditandatangani oleh Bupati, dengan merasa senangnya penulis berniat kembali ke Bagian Hukum untuk meminta nomor surat, tepat di ujung tangga turun penulis dipanggil oleh salah seorang penjaga (berpakaian satpam) seraya berkata dengan nada agak marah “pa, tidak bisa baca ya pa ?”, dengan kaget penulis berhenti sambil melihat tulisan yang ditunjukkan oleh petugas itu, barulah penulis sadar disana tertulis kurang lebih seperti ini “tangga lewat untuk Bupati dan Wakil Bupati”, spontan penulis juga menjawab “waduh maaf saya benar-benar tidak melihat tulis ini, oleh kemaren-kemaren biasa lewat sini dan tadi tergesa-gesa”. Oleh petugas itu lagi masih dengan mimik kurang bersahabat “Bapak tadi kami tegur dan panggil jalan terus aja”..penulis jawab “ saya bener-benar tidak mendengar, sekiranya saya tahu pastinya saya tidak akan lewat sini lagi”.

Terus terang sekiranya petugas itu masih menampilkan wajah yang kurang ramah dan benar-benar marah, penulis tidak akan dapat memutar waktu untuk tidak melewati tangga itu, yang ada malah kemarahan muncul dihati penulis. Tapi teman petugas yang satu lagi (juga berpakai satpam) berkata dengan agak tersenyum “ya pa, untuk besok agar jangan lewat sini lagi”, mendengar seperti itu penulis merasa agak nyaman “ya tentunya karena sudah tahukan ?!”. Tapi sebelum penulis beranjak pulang, dari atas anak tangga muncul seseorang berpakaian dinas menuruni tangga yang tadi juga penulis lewati, dan penulis bisa pastikan itu bukan Bapak Bupati maupun Bapak Wakil Bupati, karena dia seorang perempuan. Tanpa berkata hanya tersenyum simpul penulis berlalu dari 2 petugas penjaga tadi.

PESAN : “Berlaku sopan dan ramahlah kepada siapapun, niscaya kamu akan dihormati dan disegani orang lain. Siapa dan apapun kamu”

Paviliun RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo

Desain paviliun dalam pandangan perspektif (courtesy of CV. Megario Perkasa)
Paviliun ini insya Allah akan dibangun di samping rumah sakit, tepatnya di tanah yang pernah digunakan oleh sub dinas kehutanan. Bangunan berlantai tiga ini direncanakan akan memiliki :

  1. 12 unit ruang poliklinik (dilantai dasar)
  2. 1 unit ruang VVIP
  3. 32 unit ruang VIP (dilantai dua dan tiga)
Pembangunan paviliun ini direncanakan dibangun dalam dua tahap (tahun 2011-2012) dan memakan biaya lebih dari delapan milyar rupiah. Pelelangan pembangunan paviliun ini akan dilakukan dalam waktu dekat oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas.

Ijin pemuatan gambar diatas diperoleh dari:

CV. Megario Perkasa
Jl. Jati, Pondok Duta No. 2
Palangka Raya
Telepon : 0536-3238356

Inilah Putra Putri Pariwisata Kabupaten Kapuas 2011 - Tribunnews.com

Inilah Putra Putri Pariwisata Kabupaten Kapuas 2011 - Tribunnews.com

INFORMASI KAPUAS Toolbar

Dalam rangka memudahkan masyarakat yang ingin mengakses berbagai berita tentang Kabupaten Kapuas, admin menerima tawaran dari Alexa untuk membuat toolbar secara gratis dengan program Alexa Toolbar Creator. Dalam toolbar ini admin memasukkan beberapa unsur yaitu:

  1. Judul-judul artikel yang dimuat dalam Informasi Kapuas.
  2. Halaman Informasi Kapuas di Facebook
  3. Informasi Kapuas di Twitter
  4. Koleksi foto-foto tentang Kapuas di Panoramio
  5. Koleksi video tentang Kapuas di YouTube
  6. Koleksi foto-foto panorama tentang Kapuas di Photosynth
  7. Tautan ke situs resmi RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo
  8. Tautan ke situs resmi Pemerintah Kabupaten Kapuas
  9. Tautan ke artikel tentang Kabupaten Kapuas di Wikipedia.
Toolbar tersebut dapat diakses pada : INFORMASI KAPUAS Toolbar

Senin, 18 April 2011

Sudah 15 santri Kapuas mendaftar Indonesia Menghapal 2

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Rumah Tahfidz Daarul Qur'an - Kapuas, sudah 15 orang santri dari Kapuas yang mendaftar untuk mengikuti kegiatan Wisuda Akbar "Indonesia Menghapal 2" yang insya Allah akan dilaksanakan pada hari Senin, 16 Mei 2011 di Masjid Agung At-Tin, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Sedangkan peserta dari Kota Palangka Raya sudah mencapai 150 orang. Surat pilihan yang dihapal adalah Yaasin, Ar-Rahman, Al Waqiah dan Al Mulk. Bagi anda yang ingin mendaftar dapat mengunjungi:

Rumah Tahfidz Daarul Qur'an - Kapuas
Hotel Anggrek Daqu
Jl. Anggrek No. 23, Kuala Kapuas
Telepon : (0513) 21649
Contact Person: Ustadz Masrul

Pengumuman Lelang di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo

Pengumuman Pelelangan Dengan Pasca Kualifikasi

Tempat Khusus Untuk Merokok

Tempat merokok di bandara Soekarno Hatta
Masyarakat seringkali susah untuk diajak untuk tidak merokok di tempat-tempat umum dengan alasan mereka tidak disediakan tempat untuk merokok. Hal inilah yang dilakukan oleh fasilitas-fasilitas umum seperti bandara yaitu menyediakan tempat khusus untuk merokok. Hal yang sama juga kita temui di rumah sakit, dimana masyarakat belum terbiasa untuk tidak merokok disana, padahal sudah ada ketentuan dari Undang-undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit pada pasal 29 ayat 1 poin t yang berbunyi: memberlakukan seluruh lingkungan rumah sakit sebagai kawasan tanpa rokok. Semoga upaya menjadikan rumah sakit sebagai kawasan bebas rokok dapat berjalan dengan baik.

Hiburan di Anjir Serapat

Hiburan merupakan sesuatu yang sangat dinantikan oleh masyarakat Kapuas, hal ini terbukti dengan makin merakyatnya sarana hiburan berjalan. Sebagaimana yang tampak dalam gambar diatas adalah hiburan masyarakat yang berada di Anjir Serapat. Hiburan seperti ini biasa ditemui pada Pasar Rakyat di Kuala Kapuas pada bulan yang lalu saat kegiatan Pameran dan Pasar Rakyat dalam rangka HUT Kota Kuala Kapuas ke-203. Sekarang hiburan ini bisa kita temui di pedesaan.

Minggu, 17 April 2011

Pengabdian Mahasiswa FKUI dan UKI

Para mahasiswa FKUI sedang melakukan pemeriksaan kesehatan gratis
Salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah pengabdian pada masyarakat. Hal ini berusaha ditunjukkan oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dengan melakukan pemeriksaan tekanan darah, gula darah, asam urat, trigliserida secara gratis di Gelora Bung Karno, Jakarta setiap hari minggu pagi mulai dari jam 06.00 - 10.00 WIB. Kegiatan ini sudah lama dilaksanakan oleh para mahasiswa ini. Kegiatan ini dilakukan oleh para mahasiswa kedokteran semester dua dan empat. Setiap minggu rata-rata ada sekitar 40 orang yang mengunjungi pemeriksaan gratis ini.
Para mahasiswa UKI sedang melakukan pemeriksaan tekanan gratis
Kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis ini tidak hanya dilakukan oleh mahasiswa FKUI, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia (FK-UKI) juga melakukan pemeriksaan tekanan darah gratis bagi pengunjung Gelora Bung Karno. Namun kegiatan ini merupakan kegiatan pertama mereka dalam rangka kegiatan Bakti Sosial dari Mahasiswa Fakultas Kedokteran.

Earth Day 2011: A Billion Acts of Green® | Earth Day Network

Earth Day 2011: A Billion Acts of Green® | Earth Day Network

Sabtu, 16 April 2011

Kondisi Malaria di Indonesia Tahun 2009

Dengan jumlah penduduk sebanyak 244,42 juta orang (2009), jumlah populasi pada daerah malaria sebanyak 107,96 juta orang. Jumlah kasus malaria yang berhasil dikonfirmasi adalah 544.470 orang dan julah kasus yang mungkin malaria adalah 91.690 orang. Jumlah orang meninggal akibat malaria sebanyak 900 orang. Jumlah penderita yang diterapi dengan ACT adalah 280.779 orang. Vektor penyakit ini adalah An. maculatus, An.sundaicus, An. aconitus, An.barbirostris, An.subpictus and An.koliensis and An. farauti. Malaria menjadi masalah yang besar di daerah kepulauan diluar Jawa.


Sumber: Malaria Situation in Indonesia 2009




Jumat, 15 April 2011

Kematian sebagai peringatan


062.008 قُلْ إِنَّ الْمَوْتَ الَّذِي تَفِرُّونَ مِنْهُ فَإِنَّهُ مُلاقِيكُمْ ثُمَّ تُرَدُّونَ إِلَى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ
Al-Qur'an, 062.008 (Al-Jumua [The Congregation, Friday])

Text Copied from
DivineIslam's Qur'an Viewer software v2.9


8. Katakanlah: "Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, Maka Sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan". (Q.S. Al Jumu'ah, 62: 8)


Ketika orang sedang mengalami sakaratul maut, maka macam-macam kondisi yang mereka hadapi, mulai dari yang biasa-biasa saja sampai pada kondisi yang membuat orang takut. Ketika jenazah diantarkan ke kuburan, orang-orang yang mencintainya pada akhirnya akan meninggalkan kuburan tersebut. Anak-anak yang dicintainya juga akan meninggalkannya, kecuali mereka merupakan anak yang shaleh yang bisa mendo'akannya. Kondisi seperti ini masih belum bisa dijadikan sebagai pelajaran bagi orang-orang yang menyaksikan peristiwa tersebut.


Kalau kematian adalah sesuatu yang pasti kita temui, apa persiapan yang sudah kita lakukan untuk menemuinya. Pada saat itu harta-harta kita tidak akan berguna, kecuali sedekah jariah. Istri hanya bisa bersedih. Jabatan tidak akan bermanfaat. Semoga kita tidak menjadi orang yang menyesal ketika kematian menjemput kita.


Catatan: disarikan dari khutbah yang didengar disalah satu masjid di Pasar Minggu, Jakarta.

Rabu, 13 April 2011

Simulasi Pelatihan KSR Dasar PMI Kabupaten Kapuas

Pembidaian terhadap penderita patah tulang tungkai bawah
Pada hari Rabu, 13 April 2011 bertempat di lapangan Adiguna dan Pondok Pesantren Babussalam, PMI Kabupaten Kapuas menyelenggarakan simulasi bagi peserta pelatihan Korps Sukarela (KSR) Dasar. Dalam simulasi tersebut para santri Ponpes Babussalam diminta untuk menjadi korban bencana alam yang berperan sebagai korban yang mengalami kematian, patah paha, patah tungkai bawah, luka pada kaki, terbentur, kehilangan anak, kehilangan suami, kehilangan istri, kehilangan orang tua dan lain-lain.

Loket Payment Point Online Bank (PPOB) PLN

PT. PLN Cabang Kapuas mengumumkan bahwa tagihan listri dapat dibayar diseluruh ATM di wilayah Kalselteng dan pada PPOB di Kuala Kapuas sebagai berikut:

  1. Bank BNI (Jl. A. Yani)
  2. Bank BRI (Jl. Tambun Bungai)
  3. Kantor Pos (Jl. Tambun Bungai)
  4. Jl. Anggrek (samping dealer motor Anggrek)
  5. Jl. Mahakam (100 meter dari PDAM, 100 meter dari jembatan perempatan Seroja, Anggrek dan Mahakam)
  6. Jl. Cilik Riwut (100 meter dari kelurahan, samping warnet/bakso)
  7. Jl. A. Yani (Loket Tirta Buana, sebelah eks Barata, wartel)
  8. Kantor AKLI (Jl. Patih Rumbih)
  9. Jl. Pemuda (sebelah SMA 2)
Sumber: Pengumuman yang ditempelkan oleh PT. PLN Cabang Kapuas

UNIK DAN MENARIK

Kapal motor yang merupakan alat transportasi melalui jalur air menuju ke Mandomai Kecamatan Kapuas Barat hingga saat ini masih sangat dibutuhkan masyarakat. Yang menarik dari kapal motor ini adalah adanya antena televisi yang dipasang dibagian belakang kapal, KREATIF......
Dengan adanya antena televisi ini tentunya perjalanan anda jadi lebih menyenangkan.....MAU MENCOBANYA ???

(foto diambil saat menuju ke desa Teluk Hiri Kecamatan Kapuas Barat dalam rangka Kegiatan Kelas Ibu dan KADARZI : Sunu)

Selasa, 12 April 2011

SEMANGAT IBU HAMIL DESA PENDA KETAPI DAN DESA SAKA TAMIANG


M.Hayat, SKM dan Yuniarti Noor, AMG memfasilitasi kegiatan Kelas Ibu HAmil

Desa Penda Ketapi dan Desa Saka Tamiang termasuk dalam wilayah kerja puskesmas Mandomai Kecamatan Kapuas Barat, pada kegiatan kelas ibu hamil yang difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas para bumil, kader kesehatan/posyandu, dan bidan desa berkumpul dengan semangat mengikuti penyuluhan dan pelatihan terkait kesehatan ibu dan anak serta masalah gizi yang peranannya sangat penting dalam mewujudkan generasi yang cemerlang.
Pertemuan Kelas Ibu Hamil ini akan ditindak lanjuti pelaksanaannya dan dikoordinir oleh para bidan desa setempat, dengan silaturahmi ini diharapkan para ibu hamil dapat saling berbagi pengalaman dan pengetahuan disamping akan lebih saling mengenal dengan bidan/petugas kesehatan yang akan membantu persalinan nanti. Tujuan dari kegiatan Kelas Ibu Hamil ini agar angka kematian bayi dan ibu melahirkan dapat ditekan semaksimal mungkin. Diketahui dari data di Indonesia tercatat dalam 1 jam terdapat hampir 25 bayi yang meninggal dan dalam 1 jam ada 2 ibu melahirkan yang meninggal, ini merupakan angka kematian yang cukup tinggi.

Semoga Kegiatan Kelas Ibu Hamil ini didukung oleh semua pihak.....Amin...


Kelas Ibu Hamil di Desa Penda Ketapi (Bidan Prety)

Kelas Ibu Hamil Desa Saka Tamiang (Bidan Halimah)

Lowongan Kerja di PT. Bank Mega, Tbk Cabang Kuala Kapuas

PT. Bank Mega, Tbk Cabang Kuala Kapuas membutuhkan tenaga sebagai berikut :

a. Account Officer (Pejabat Kredit) untuk segmen UKM (Usaha Kecil Menengah)
  • Pria/ Wanita usia maks 27 tahun
  • Pendidikan minimal D3 semua jurusan
  • Lulusan SMU dipertimbangkan dgn syarat pengalaman min. 2 tahun
  • IPK minimal 2,75
  • Jumlah dicari = maks 8 orang

b. Sekretaris Umum (Sekum) bidang Human Resources (HR)
  • Wanita, usia maks 25 tahun
  • Pendidikan minimal D3 semua jurusan
  • Menguasai aplikasi komputer min Word, Excel, dan P"Point
  • Jumlah dicari = 1 orang

c. Petugas Collection = 1 orang

Alamat lamaran : 

Bank Mega , Jl. A. Yani 104 Kuala Kapuas telp 23551 up STEVIE

Hasil Musyawarah Daerah ke-6 Muhammadiyah, Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Kapuas

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari ketua panitia, Bapak Saleh Makki, hasil dari Musyawarah Daerah ke-6 Muhammadiyah, Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Kapuas adalah sebagai berikut:

  1. Ketua Muhammadiyah : H. Kamarudin AK
  2. Ketua Aisyiyah : Hj. Ainun
  3. Ketua Pemuda Muhammadiyah : M. Jalaluddin, S.Pd.I
  4. Ketua Nasyiatul Aisyiyah : Kartinah, S.Ag
  5. Ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah : Abdul Hadi