Ketersediaan Darah di UTD-RS

Stok darah per 10 Oktober 2014:

A = 3; B = 9, O = 6, AB = 3

Sumber: Debi (UTD RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo)

Jumat, 30 September 2011

Sekilas tentang Desa Jangkang




Desa Jangkang merupakan ibukota Kecamatan Pasak Talawang. Kecamatan baru ini merupakan pemekaran dari Kecamatan Kapuas Tengah (dengan ibukota Pujon). Berdasarkan informasi dari Kapuas Dalam Angka Tahun 2011 berikut gambaran singkat tentang kependudukan dari desa ini:
  •  Jumlah Rumah Tangga: 179
  • Jumlah penduduk: 846 jiwa
  • Luas desa: 161 kilometer persegi
  • Kepadatan penduduk: 5,25
Desa ini dapat dilalui dengan jalan darat melalui Pujon melalui jalan yang dibangun oleh pemerintah daerah. Bisa juga diakses melalui jalan yang menuju ke arah Kuala Kurun, kemudian masuk ke jalan perusahaan. Desa ini terbelah menjadi dua bagian yaitu bagian Timur dan Barat dari Sungai Kapuas. Di desa ini belum ada fasilitas penerangan, listrik diperoleh dari genset-genset yang dimiliki oleh warga masyarakat. Fasilitas pendidikan berada disisi barat dari desa. Sedangkan sarana pelayanan kesehatan seperti Puskesmas Pembantu dan Poskesdes berada pada sisi timur dari Sungai Kapuas.

Relawan PMI Kabupaten Kapuas membersihkan pasar

Relawan PMI Kabupaten Kapuas sedang mengangkat sampah (With courtesy from PMI Kabupaten Kapuas)
Pada hari Sabtu, 24 September 2011 bertempat di Pasar Sari Mulya dan sekitarnya, para relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kapuas dan anggota Palang Merah Remaja mengadakan kegiatan bersih-bersih pasar. Kegiatan ini dilaksanakan pada sore hari mengingat lokasi pasar sudah agak sepi pada saat tersebut. Kegiatan membersihkan pasar ini juga dibantu oleh tenaga kebersihan dari Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kapuas.Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun PMI ke-66. Diharapkan kegiatan ini dapat membantu mempertahankan status Adipura yang telah diraih oleh Kabupaten Kapuas.

Tempat khusus untuk mengakses sinyal di pedalaman Kapuas

Tempat mengakses sinyal telepon genggam
Ada hal yang menarik ketika berkunjung ke SMPN 3 Kapuas Tengah, yaitu adanya tempat khusus yang disediakan oleh pihak sekolah untuk mengakses sinyal WiFi dari beberapa penyedia layanan telekomunikasi. Namun ada syarat yang menarik yaitu biasanya yang bisa mengakses sinyal di tempat ini adalah telepon genggam (handphone) merek Cina. Kebetulan telepon genggam milik admin adalah buatan Cina. Admin lalu meletakkan telepon genggam tersebut di tempat yang sudah disediakan. Sebelumnya kita harus mengatur dulu agar pencarian jaringan oleh telepon genggam dilakukan secara manual, bukan otomatis. Ketika admin menaruh telepon genggam tersebut di tempat yang disediakan, muncullah sinyal di telepon genggam tersebut yaitu Telkomsel. Tapi ketika telepon genggam tersebut diangkat dari tempat tersebut, sinyal tersebut hilang. Itulah sebabnya ditempat ini disediakan tempat duduk, sehingga mereka yang ingin mengakses sinyal, dapat duduk ditempat tersebut dan meletakkan telepon genggamnya di tempat yang sudah disediakan. Memang terkadang sinyalnya juga bisa terputus-putus juga. 

Listrik swasta di Desa Jangkang berhenti beroperasi

Sudah beberapa bulan ini, masyarakat di Desa Jangkang tidak lagi bisa menikmati listrik swasta. Hal ini diakibatkan karena pihak yang mengoperasikan mesin diesel ini mengalami kerugian akibat kurangnya pelanggan listrik serta banyaknya pelanggan yang menunggak tagihan listrik. Ditambah lagi dengan mahalnya harga bahan bakar minyak di daerah ini. Untuk bensin saja, harganya bisa mencapai Rp 7.000 di eceran.

Karena listrik swasta ini tidak lagi beroperasi, masyarakat kembali ke cara lama, yaitu menggunakan gensel untuk menyalakan listrik. Biasanya genset ini hanya dinyalakan dari Maghrib sampai menjelang tengah malam untuk menghemat bahan bakar. Biasanya beberapa rumah patungan untuk membiayai bahan bakarnya. Bahkan mereka yang tinggal dibarak bisa juga menikmati listrik dari genset pribadi ini, asal bersama-sama menanggung bahan bakarnya.

Mendampingi istri di Desa Jangkang

Bapak Priyono bersama anak di depan barak di Desa Jangkang
Mengisi kegiatan selama mendampingi istri yang bekerja sebagai guru di SMPN 3 Kapuas Tengah, Bapak Priyono menjual produk-produk herbal yang didatangkan dari Kapuas atau dari Palangka Raya. Beliau sudah satu tahun tinggal di Desa Jangkang, Kecamatan Pasak Talawang. Beliau tinggal di barak yang terletak tidak begitu jauh dari Sungai Kapuas. Meskipun sudah berada di daerah yang cukup tinggi, bila air dalam akibat hujan, maka jalan di depan rumah beliau akan terendam air sungai. Mengingat air sungai sudah sangat kotor akibat penambangan emas serta sudah dicemari oleh air raksa, beliau mengkonsumsi air yang diperoleh dari mata air yang berasal dari bukit yang berada tidak jauh dari rumah, yang juga digunakan oleh masyarakat sebagai sumber air. Syukurnya air ini mengalir selama 24 jam.

Meskipun berada di tempat yang sangat terpencil, yang belum ada akses PDAM dan PLN, beliau dikenal oleh masyarakat sebagai seorang yang rajin mengerjakan shalat 5 waktu di Masjid Jami' At-Taqwa. Bahkan kalau tidak ada orang lain, beliau yang menjadi muazin sekaligus imam di mesjid tersebut. Semangat beliau untuk mendampingi istri patut ditiru sehingga akan banyak guru yang bisa mengabdikan dirinya di daerah-daerah terpencil.


Penyuluhan Napza di SMPN 3 Kapuas Tengah

Sekretaris Desa Jangkang sedang memberikan pengantar
Pada hari Selasa, 27 September 2011, bertempat di SMPN 3 Kapuas Tengah, Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Kapuas bekerjasama dengan Gerakan Nasional Peduli Narkoba Tawuran dan Anarkhis (Gepenta) dan Dewan Pertimbangan Lembaga Musyawarah Masyarakat Dayak dan Daerah Kalimantan Tengah (DP-LMMDD-KT) Kabupaten Kapuas menyelenggarakan penyuluhan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya (NAPZA). Penyuluhan ini disampaikan oleh tiga pembicara yaitu Bapak Angie Rohan, Indan Thomas dan Jum'atil Fajar.

Penyuluhan ini dihadiri oleh seluruh siswa-siswa SMPN 3 Kapuas Tengah. Kegiatan ini diselenggarakan di aula sekolah. Materi yang disampaikan meliputi masalah-masalah yang disebabkan oleh Napza, pergaulan remaja dikaitkan dengan penggunaan Napza serta aturan hukum yang terkait dengan Napza.

Hambatan yang dihadapi dalam pemberian penyuluhan ini adalah kurangnya sarana audio visual, sehingga pemberian materi agak monoton dan membuat peserta kurang berkonsentrasi mendengarkan pembicara. Suasana melantai membuat peserta agak kelelahan dalam memperhatikan presentasi dari para pembicara.

Kalteng Barigas: World Heart Day - 29 September 2011

Kalteng Barigas: World Heart Day - 29 September 2011

Semoga peringatan Hari Jantung Sedunia ini bisa membuat kita memperhatikan faktor-faktor resiko penyakit jantung dan stroke seperti: meningkatnya tekanan darah, meningkatnya kadar kolesterol dan glukosa, merokok, kurangnya asupan buah-buahan dan sayur-sayuran, kelebihan berat badan, kegemukan dan kurangnya aktivitas fisik.

Kamis, 29 September 2011

Wisuda Akper Angkatan ke VIII Tahun Akademik 2010/2011

Pada hari Kamis, 29 September 2011 bertempat di Gedung Pertemuan Umum Manggatang Tarung, Jalan Garuda, Kuala Kapuas, diselenggarakan Wisuda Akademi Keperawatan Pemda Kapuas Angkatan ke VIII Tahun Akademik 2010/2011. Kegiatan ini diikuti oleh 78 orang wisudawan dan wisudawati. Mereka didampingi oleh keluarganya masing-masing.

Kegiatan wisuda dibuka dengan Tari Giring-Giring yang dibawakan oleh Sanggar Tari Riak Nyalong. 



Kegiatan ini dipimpin oleh Bapak Asisten II Pemda Kapuas, Bapak Zahirsyah. Selain itu kegiatan ini juga dihadiri oleh wakil dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah yaitu Bapak Mulin Simangunsong, dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Ibu Ani Handaningroem.

Kapuas Dalam Angka 2011

Badan Pusat Statistik Kabupaten Kapuas sudah mengeluarkan buku Kapuas Dalam Angka 2011. Buku ini berisi berbagai macam hal meliputi:
  • Geografi
  • Keadaan iklim
  • Pemerintahan
  • Penduduk dan Tenaga Kerja
  • Sosial
  • Pertanian
  • Industri, Energi dan Air
  • Perdagangan dan Koperasi
  • Transport dan Komunikasi
  • Hotel dan Agraria
  • Keuangan, Perbankan dan Harga
  • Pendapatan Regional
Semua data tersebut akan dapat diakses pada situs resmi BPS Kabupaten Kapuas yaitu :

Kapuas Dalam Angka 2011

Selain menyelesaikan buku tingkat kabupaten, BPS Kabupaten Kapuas juga sudah menyelesaikan dua buah buku tingkat kecamatan yaitu:
  1. Timpah Dalam Angka 2011
  2. Kapuas Tengah Dalam Angka 2011
Ketiga buku diatas dapat diakses di kantor Badan Pusat Statistik Kabupaten Kapuas, Jalan Tambun Bungai, Kuala Kapuas.

Losmen Panjala Lestari - Desa Jangkang

Losmen berlantai dua ini terletak di Desa Jangkang, Kecamatan Pasak Talawang. Losmen ini memiliki lebih dari lima kamar. Kamar mandi menggunakan kamar mandi bersama yang terdapat di dalam losmen. Losmen ini sedang dalam tahap penyelesaian untuk lantai tiga-nya. Losmen ini adalah satu-satunya yang terletak pada sisi Barat dari Desa Jangkang.

Patung Pejuang dan Tiang Bendera Kuno di Desa Jangkang

Patung Pejuang
Patung pejuang ini terletak di dekat Losmen Panjala Lestari, Desa Jangkang, Kecamatan Pasak Talawang. Pada patung ini terdapat ukiran penanggalan 27 Desember 1949. Menurut cerita dari orang yang tinggal di depan patung ini, patung ini menggambarkan peristiwa pengakuan kemerdekaan Republik Indonesia oleh Belanda yang terjadi pada tahun 1949.

Tiang bendera kuno
Tidak jauh dari patung pejuang terdapat tiang kayu yang cukup tinggi. Ada perbedaan pendapat di kalangan orang-orang yang tinggal di sekitar tiang tersebut. Ada yang mengatakan bahwa ini adalah tiang bendera yang digunakan oleh orang-orang Belanda pada masa yang lalu. Ada juga yang mengatakan bahwa tiang ini ada kaitannya dengan kegiatan ritual masyarakat Dayak pada masa yang lalu.

Potong Pantan di Desa Jangkang

Wakil Bupati Kapuas saat acara potong pantan
Pada tanggal 26 September 2011 bertempat di Desa Jangkang, Kecamatan Mandau Talawang diselenggarakan kegiatan potong pantan dalam rangka menyambut kunjungan kerja Wakil Bupati Kapuas, Bapak Suraria Nahan. Sebelum acara potong pantan dimulai, pembaca karungut meminum malaga sebanyak satu cangkir, kemudian sambil memegang ayam jago, dia menyampaikan karungut sambil sesekali mengangkat ayam tersebut dihadapan para tamu.

Setelah menyampaikan karungutnya, mantan damang Kecamatan Kapuas Tengah menyampaikan juga karungutnya, setelah itu kegiatan potong pantan dipimpin oleh calon damang Kecamatan Pasak Talawang. Beliau menyampaikan bahwa pantan ini tidak boleh sampai terpotong karena kalau terpotong artinya hubungan mereka dengan tamu akan terputus. Setelah pengantar barulah kain penutup pantan dilipat ke tengah, kemudian kepada wakil bupati dan rombongan dipersilahkan untuk menyampaikan sepatah dua patah kata.

Setelah tanya jawab singkat, dimulailah pemotongan pantan. Kegiatan pemotongan ini dilakukan oleh sebagian rombongan yang mengikuti wakil bupati yang terdiri dari perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Berikut ini adalah cuplikan videonya:

Rabu, 28 September 2011

Kondisi SMPN 3 Kapuas Tengah memprihatinkan

Siswa Kelas I duduk di lantai
Pada tanggal 27 September 2011, setelah memberikan penyuluhan Napza di SMPN 3 Kapuas Tengah, admin secara tidak sengaja melihat kondisi siswa di ruangan kelas. Ternyata ada sebagian siswa yang harus duduk dibawah karena meja dan kursinya sudah rusak dan belum ada penggantinya.
Siswa Kelas II duduk di lantai
Kondisi ini sudah dilihat oleh pejabat dinas pendidikan provinsi yang baru saja mengunjungi SMPN ini dan beliau menyarankan kepada pihak sekolah untuk segera membuat usulan rehab. Ketika dikonfirmasi kepada pihak sekolah yaitu Bapak Purwanto, beliau mengatakan bahwa usulan sudah disampaikan setiap tahun kepada pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, namun sampai sekarang belum ada realisasinya.

Selasa, 27 September 2011

Jalan di tengah hutan Kapuas

Jalan perusahaan
Pada tanggal 26 September 2011, admin bersama dengan rombongan Badan Narkotika Kabupaten Kapuas menuju ke Desa Jangkang, Kecamatan Pasak Talawang untuk memberikan penyuluhan Napza kepada siswa SMPN 3 Kapuas Tengah. Dalam perjalanan dari Palangka Raya menuju ke Desa Jangkang, kami menempuh jalan perusahaan. Jalan perusahaan ini dirintis oleh perusahaan kayu. Setelah perusahaan kayu berhenti beroperasi, sekarang jalan ini digunakan oleh perusahaan-perusahaan sawit di kawasan Kecamatan Kapuas Tengah dan Kecamatan Pasak Talawang.

Masih banyak kawasan hutan yang masih belum gundul, hanya sebagian kawasan saja yang digunakan oleh masyarakat sebagai ladang berpindah. Jalan tanah yang masih dalam pengerasan ini masih baik diwaktu musim kemarau ini. Bila musim hujan, jalan ini agak licin, menurut keterangan supir perusahaan Kapuas Maju Jaya (KMJ).


Berikut ini adalah video perjalan menuju Jangkang menggunakan Pajero Sport:

Senin, 26 September 2011

Mahasiswa Kedokteran-Unpar Tahun 2011 dari Kapuas

Sebagaimana tahun 2010 yang lalu, tahun ini Kabupaten Kapuas juga mendapatkan kesempatan untuk mengirimkan tiga orang wakil daerah untuk sekolah di Program Studi Kedokteran Universitas Palangka Raya, mereka adalah:
  1. Risna Ariani (MAN Selat Tengah) - jalur beasiswa
  2. Widya Perwita (SMAN 1 Kuala Kapuas) - jalur beasiswa
  3. Rahman (MAN Selat Tengah) - jalur mandiri
Semoga setelah menyelesaikan pendidikan kedokteran, mereka dapat mengabdikan diri kembali sebagai tenaga dokter di Kabupaten Kapuas.

Sumber: Hasanah - Mahasiswi Semester 3 Program Studi Kedokteran Universitas Palangka Raya

IKADI Cabang Kapuas: Nadwah di SDIT Al-Amin Kapuas

IKADI Cabang Kapuas: Nadwah di SDIT Al-Amin Kapuas

Semoga kegiatan ini dapat menambah wawasan para peserta terhadap masalah-masalah keislaman serta meningkatkan kemampuan mereka dalam berdiskusi. Semoga semakin banyak orang yang terlibat dalam kegiatan keislaman ini.

Sabtu, 24 September 2011

Himbauan Depkes Saudi Bagi Jama'ah Haji


  1. Semua jama'ah haji harus divaksinasi Meningitis meningokokus
  2. Merekomendasikan vaksinasi influenza musiman terutama bagi orang tua diatas 65 tahun, orang dengan penyakit neurologi atau metabolik, penyakit pernapasan dan jantung kronik, gagal hati atau ginjal, diabetes, kegemukan, kekurangan kekebalan tubuh akibat HIV atau terapi kanker dan wanita hamil.
  3. Pendidikan kesehatan. Dinas kesehatan diminta untuk menyediakan informasi tentang gejala penyakit infeksi, cara penularan, komplikasi dan cara-cara pencegahan.
  4. Calon jama'ah haji tidak diijinkan untuk membawa makanan segar ke Saudi Arabia. Hanya makan yang dikaleng atau dibungkus secara tepat atau makanan disimpan dalam wadah yang mudah diamati diijinkan dalam jumlah sedikit, cukup untuk satu orang selama periode perjalanannya.
Sumber: Bulletin WHO

Jumat, 23 September 2011

Permohonan Pendaftaran Battra Kepada Kadinkes Kabupaten atau Kota

  1. Biodata
  2. Fotokopi KTP
  3. Surat Keterangan Lurah / Kades
  4. Peta lokasi usaha & denah ruangan
  5. Fotokopi sertifikat / ijazah battra
  6. Surat Pengantar Puskesmas
  7. Pas foto 4x6, 2 lembar
  8. Rekomendasi dari Asosiasi Battra sejenis
  9. Hasil uji kompetensi dari Asosiasi / Organisasi Profesi battra (tambahan untuk SIPT)

Pelebaran Jalan di Kecamatan Basarang

Jalan Trans Kalimantan ruas Basarang mulai menyelesaikan pelebarannya. Menurut pemborong yang melakukan pekerjaan ini, insya Allah pekerjaan ini akan selesai pada bulan Desember 2011. Pekerjaan ini dilakukan dengan sangat profesional, tanah dipinggir aspal dikeruk, kemudian diisi dengan campuran tertentu, kemudian baru diaspal atasnya.

Pekerjaan pelebaran ini, mau tidak mau membuat perjalanan dari dan ke Palangka Raya menjadi agak terhambat karena alat-alat truk-truk pengangkut tanah sering melintang di jalan untuk menimbun tanah yang dikeruk tadi.

Kamis, 22 September 2011

Pipa Instalasi Air Minum Ditanam



Penanaman pipa instalasi air minum terus berlangsung dari arah Jalan Pemuda Km 6 sampai ke Palingkau. Penanaman pipa ini dilakukan dengan menggali tanah dengan menggunakan excavator. Untuk penanaman tersebut, banyak bangunan yang harus dilewati. Sejauh ini penyaluran pipa melalui bangunan tersebut ditunda dulu sampai penanaman pada daerah-daerah yang bebas sudah diselesaikan. Penanaman pipa untuk membuat Jalan Pemuda terkesan lebih luas, karena bagian dimana pipa akan ditanam dibersihkan, sehingga akan sangat memudahkan bila kelak jalan tersebut akan dilebarkan. Secara umum masyarakat sangat mendukung proyek pembangunan instalasi air minum ini, dengan tidak banyaknya masalah ketika penggalian pipa ini berlangsung di depan rumah-rumah mereka. Hal ini menyebabkan mereka akan mengalami kesulitan sebentar untuk mengakses jalan raya dari depan rumah mereka.

Selasa, 20 September 2011

Tempointeraktif.com - Jusuf Kalla Launches Aerial Seedling Program

Tempointeraktif.com - Jusuf Kalla Launches Aerial Seedling Program

Semoga uji coba pada tautan diatas dapat berjalan dengan baik. Sehingga pada tahapan berikutnya Kabupaten Kapuas akan mendapat giliran untuk ditanah benihnya dengan helikopter.

Jatuh Bangun UEP Ponpes Al-Amin

Tetap bersemangat, mungkin istilah yang tepat untuk menggambarkan apa yang terjadi pada Usaha Ekonomi Produktif (UEP) yang dijalankan oleh Pondok Pesantren Al-Amin Kapuas. Sudah berbagai macam kegiatan usaha produktif yang dilaksanakan oleh pondok ini, diantaranya adalah:
  1. Penggemukan Sapi
  2. Budidaya Ayam Arab
  3. Ternak Kambing
  4. Pembuatan Telur Asin
  5. Budidaya Ikan Patin
  6. Penggilingan Padi
  7. Budidaya Ikan Nila
  8. Bengkel Sepeda dan Sepeda Motor
  9. Ternak Itik
  10. Menanam melon, kacang panjang, padi
  11. Pembuatan krupuk slondok
Diantara semua kegiatan diatas, yang masin bertahan adalah:
  1. Ternak kambing (bantuan PT. ASTRA)
  2. Ternak itik (bantuan Departemen Agama)
  3. Pembuatan telur asin (bantuan PT. PLN Cabang Kapuas)
  4. Penggilingan padi (bantuan LM3)
  5. Budidaya patin (bantuan dari Desa Anjir Palambang)
  6. Bengkel sepeda motor (bantuan dari Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kabupaten Kapuas)
 Jatuh bangunnya pengelolaan UEP telah membuat para guru dan murid menjadi tahan banting. Mereka tetap menunjukkan kinerja yang sangat baik dengan mengelola bantuan-bantuan yang diberikan kepada mereka. Saat ini pihak pondok pesantren sedang mengupayakan agar ada dana yang bisa dimanfaatkan untuk membangun asrama untuk para santri yang menginap di pondok pesantren yang jumlahnya bisa mencapai 80-an orang.

Senin, 19 September 2011

Perusahaan Tambang di Kabupaten Kapuas

Kalteng Mining:

'via Blog this'

Situs diatas mencantumkan berbagai perusahaan yang bergerak dalam bidang pertambangan di Kabupaten Kapuas. Jadi terakhir adalah per bulan Juli 2011.

Potensi Geologi Kabupaten Kapuas




Kabupaten Kapuas memiliki :

  • Pasir kuarsa di Kecamatan Mantangai dan Timpah. 
  • Kaolin terdapat di Kecamatan Mantangai dan Timpah. 
  • Lempung terdapat di Kecamatan Mantangai.
  • Debit Sungai Kapuas 522.500 liter/detik
  • Kerentanan gerakan tanah rendah 
  • Zona stabil terhadap gempa dengan percepatan gempa setara dengan < IV MMI atau < 0,05 g
  • Lahan dengan daya dukung pondasi rendah yaitu pada daerah endapan sungai dan rawa
  • Kualitas air tanah kurang baik seperti kadar garam, pH dan Fe yang tidak memenuhi baku mutu

Minggu, 18 September 2011

Menahan Pandangan

Oleh: Kuat Pujianto

Arti dari ghadhul bashar adalah menahan pandangan.

Dalil Qur’an

30. Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang mereka perbuat". (Q.S. An-Nur, 24: 30)

36. dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya. (Q.S. Al-Isra’, 17: 36)

Pepatah: Mata adalah jendela hati

19. Dia mengetahui (pandangan) mata yang khianat[1318] dan apa yang disembunyikan oleh hati. (Q.S. Al-Mu’min, 40: 19)

Sabtu, 17 September 2011

Pelatihan KPPBM - Video




Pelatihan ini diselenggarakan pada tanggal 25-29 Juli 2011 di Hotel Raudah, Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Indonesia. Kegiatan ini diikuti oleh 24 orang peserta yang merupakan unsur-unsur relawan, petugas puskesmas dan utusan dari seluruh PMI provinsi di pulau Kalimantan (Kalbar, Kalteng, Kalsel dan Kaltim). Fasilitator pelatihan berasal dari markas pusat PMI, PMI Provinsi Banten dan PMI Provinsi Sumatera Barat. Rencananya video diatas akan diupload sampai lima buah video yang rata-rata durasinya 15 menit. Silahkan menikmati.

Hasil FASI Kalteng 2011 - Kontingen Kapuas

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari ketua rombongan Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) Kabupaten Kapuas Tahun 2011, Bapak Aqli, hasil dari FASI di Seruyan pada tanggal 10-13 September 2011 adalah sebagai berikut:
  1. Juara 1 MTQ Tilawah Putra
  2. Juara 1 Menggambar TPA Putra
  3. Juara 1 Pidato Bahasa Indonesia Putra
  4. Juara 2 MTQ Tartil TKA Putra
  5. Juara 2 MTQ Tartil TPA Putra
  6. Juara 2 MTQ Tartil TPA Putri
  7. Juara 2 Azan TPA Putra
  8. Juara 2 Pawai Ta'aruf
  9. Juara 3 Azan TKA Putra
  10. Juara 3 Kaligrafi TQA Putra
  11. Juara 3 Pidato Bahasa Arab TQA Putri
3 orang santri dari Kapuas akan berlaga di tingkat Nasional tanggal 24-27 September 2011 di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.
Adapun yang berhasil meraih peringkat juara 1-5 adalah sebagai berikut:
  1. Juara 1 - Barito Selatan
  2. Juara 2 - Barito Utara
  3. Juara 3 - Seruyan
  4. Juara 4 - Barito Timur
  5. Juara 5 - Kota Palangka Raya
Sumber: Banjarmasin Post

Perizinan Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan




Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2005 tentang Perizinan Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan diatas berisi tentang Perizinan Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan. Mengingat sejak 2009 masalah perizinan dilimpahkan kepada Badan Penyelenggaran Perijinan Terpadu (BPPT), maka peraturan diatas sudah diganti dengan peraturan daerah yang baru tentang perizinan yang diterbitkan tahun 2011. Admin belum dapat mengakses peraturan tersebut mengingat berkas-berkas digital pada situs Bagian Hukum Sekda tidak bisa diakses. Demikian juga pada situs BPPT, tidak terdapat tautan untuk mengakses peraturan terbaru tersebut. Beberapa syarat perizinan sudah dimuat di situs resmi Pemda Kapuas Bagi pembaca yang ingin mengakses peraturan yang lama tentang perizinan bisa melihat pada label: BPPT.

Ramuan Tradisional ASI'E sudah terdaftar di BPOM

Kapuas patut berbangga karena salah satu produk obat tradisional asli dari Kabupaten Kapuas yaitu Ramuan Tradisional ASI'E sudah terdaftar di BPOM dengan keterangan sebagai berikut:


Nomor registrasi:TR093208241
Bentuk Sediaan:Serbuk
Kemasan:Dus, bungkus @ 100 gr
Komposisi:Bahan-bahan lain; Ficus Delta Idea
Klasifikasi:Obat Tradisional:: Obat Tradisional Lokal
Produsen:CV. Citra Dayak Kapuas


Sebenarnya sudah sejak lama proses pengurusan ijin ini dilakukan, namun karena ada kendala teknis, baru pada tahun ini ijin ini didapatkan. 


Sumber: Badan POM

Jumat, 16 September 2011

Tiga Ayah Tiga Anak

Ini pemandangan yang sangat mengharukan, melihat tiga orang ayah bersama dengan masing-masing anaknya yang masih dalam usia sekolah dasar melakukan shalat Subuh berjam'ah di langgar. Pemandangan ini merupakan pemandangan yang cukup langka di daerah kami mengingat biasanya di shalat Subuh, jarang anak kecil yang ikut melaksanakannya. Namun pagi ini merupakan sesuatu yang luar biasa.

Pembiasaan anak-anak untuk ikut shalat Subuh bersama orang tua harus dibiasakan dari kecil. Kalau sejak kecil mereka sudah biasa bangun subuh, maka ketika sudah besar, mereka tidak akan mengalami kesulita lagi untuk bangun subuh.

Ada kebiasaan lain yang juga harus dilatih sejak kecil yaitu tidak tidur lagi setelah shalat Subuh. Ini adalah sebuah kebiasaan yang memerlukan upaya cukup keras untuk melakukannya. Kalau anak-anak tidak diberikan aktivitas dipagi hari, maka mereka akan tidur setelah shalat Subuh. Bagi orang dewasa hal ini tentu akan mengurangi produktivitas.

Kamis, 15 September 2011

Shalat Jum'at di Masjid Riyadhul Jannah



Video ini direkam pada hari Jum'at, 9 September 2011 di Masjid Riyadhul Jannah. Dalam khutbah Jum'at-nya khatib menyampaikan tentang masalah takbir. Kalimat takbir tidak terpisah dari tauhid. Seseorang belum dikatakan beriman sebelum dia mengakui kebesaran Allah. Dalam sehari semalam kita mengucapkan takbir sebanyak minimal 83 kali. Kalimat takbir banyak mengandung hikmah. Hikmah takbir:

  1. Mensyukuri nikmat Allah SWT, sebagaimana yang kita kumandangkan pada waktu Idul Fitri. 
  2. Mengingat Allah SWT. Allah akan memberkahi dan memberi ketenangan dalam hidup kita. 
  3. Memperoleh semangat dalam perjuangan di jalan Allah. 
  4. Mengakui kebesaran Allah SWT. 

Rabu, 14 September 2011

Diabetes membunuh 1 orang setiap 8 detik - poster




Situs International Diabetes Federation sudah mulai mengeluarkan poster-poster dalam rangka memperingati Hari Diabetes Sedunia yang diperingati setiap tanggal 14 November. Untuk tahun ini, mereka mengeluarkan lima buah poster dalam berbagai bahasa yang bisa di unduh dari alamat berikut : WDD 2011 posters. Dalam waktu dekat, mereka juga akan mengeluarkan web banners yang bisa dipasang pada bagian header dari blog. Kita harapkan peringatan Hari Diabetes Sedunia Tahun 2011 di Kabupaten Kapuas akan berlangsung lebih meriah. 

10 fakta tentang aktivitas fisik

{EAV_BLOG_VER:50ab53c3945e8a88}

  1. Ketidakaktifan fisik adalah fakto resiko utama keempat bagi kematian sedunia.
  2. Aktifitas fisik teratur membantu mempertahankan tubuh yang sehat.
  3. Aktifitas fisik jangan diartikan sebagai olahraga.
  4. Baik aktifitas fisik yang sedang dan bertenaga memberi manfaat kesehatan.
  5. Orang berumur 1-17 tahun harus mengumpulkan paling sedikit 60 menit aktivitas fisik sedang sampai bertenaga setiap hari.
  6. Orang dewasa berumur 18-64 tahun harus melakukan paling sedikit 150 menit aktivitas fisik sedang sepanjang minggu atau paling sedikit 75 menit aktivitas bertenaga sepanjang minggu atau sebanding dengan kombinasi dari aktifitas sedang dan bertenaga.
  7. Rekomendasi utama untuk orang berusia 65 tahun keatas sama.
  8. Rekomendasi-rekomendasi diatas sesuai untuk semua orang dewasa yang sehat.
  9. Melakukan beberapa aktivitas fisik lebih baik daripada tidak melakukan apapun.
  10. Lingkungan dan masyarakat yang mendukung dapat membantu orang untuk menjadi lebih aktif secara fisik. 

BUMIL SELAT DALAM BERKUMPUL


Peserta Kelas Ibu Hamil Polindes Selat Dalam

Polindes Selat Dalam dimana yang bertugas adalah bidan Sunah mengadakan perkumpulan ibu hamil dalam rangka mencanangkan kegiatan Kelas Ibu Hamil. Pada Kegiatan ini dihadiri pihak lintas sektor yakni Aparat Kelurahan Selat Dalam, Ibu kader, juga berkesempatan hadir Kepala UPTD Puskesmas Melati (dr. H. Ahmad Haspiani, M.Kes) beserta staf dan sebagai fasilitator M. Hayat, SKM dan Yuniarti Noor, AMG dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas.
Kepala UPTD Puskesmas Melati berharap dengan kegiatan ini ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Melati dapat mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan baik bagi ibu hamil sendiri maupun untuk calon bayi yang akan dilahirkan nanti, lebih jauh beliau berharap kegiatan ini tetap terus dilanjutkan oleh bidan setempat sehingga permasalahan terkait dengan kehamilan tidak terjadi.
Pada penyuluhannya petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas menyampaikan beberapa hal seperti Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K), Senam Ibu Hamil, Inisiasi Menyusui Dini, ASI Ekslusif, tentang isi Buku KIA dll.

Kepala UPTD Puskesmas Melati (dr. H. Ahmad Haspiani, M.Kes) saat menyampaikan sambutan

Pemeriksaan Kesehatan Haji Tahap II

Pada hari Senin-Selasa, 12-13 September 2011 yang lalu, di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas diselenggarakan kegiatan pemeriksaan kesehatan bagi calon jama'ah haji Kabupaten Kapuas. Pemeriksaan yang dilakukan oleh para dokter yang pernah menjadi Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) dan Tenaga Kesehatan Haji Daerah (TKHD) serta dokter-dokter yang pernah mengikuti Pelatihan Kesehatan Haji ini berlangsung dengan lancar. Menurut keterangan dari Bapak Muhammad Hayat, SKM, salah seorang Panitia Pemeriksaan Kesehatan Haji Tahap II, jumlah calon jama'ah haji yang diperiksa pada hari pertama adalah sebanyak 135 orang dan pada hari yang kedua adalah sebanyak 140 orang. Jadi totalnya adalah sebanyak 275 orang.

Menurut informasi yang dikeluarkan oleh Kantor Berita Antara yang dikutip oleh Tribunkalteng.com jumlah calon jama'ah haji dari Kabupaten Kapuas adalah sebanyak 281 orang. Jadi masih ada beberapa orang calon jama'ah haji yang belum memeriksakan kesehatannya. 

Dalam pemeriksaan kesehatan kali ini, bila ada calon jama'ah yang dinilai bermasalah kesehatannya, mereka langsung dirujuk ke rumah sakit untuk pemeriksaan laboratorium dan roentgen (sesuai dengan permintaan dokter). Mereka diantar oleh Bobbiyansyah, S.Kep perawat (petugas TKHI) dari rumah sakit agar proses administrasinya tidak bergantung pada jadwal pelayanan di loket.

Selain menjalani pemeriksaan oleh dokter, calon jama'ah haji juga mendapatkan imunisasi Influenza dan imunisasi Meningitis. Selain itu, bagi wanita yang berada dalam batas usia subur, dilakukan pemeriksaan kehamilan.

Allah Suka Dipuji



Ta'lim ini disampaikan oleh Bapak Abdul Hamid, kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Pulau Petak. Ta'lim ini disampaikan pada hari Minggu, 11 September 2011 di Majelis Ta'lim Al-Inayah. Beliau menyampaikan hadits Rasulullah yang menyatakan bahwa Allah sangat suka untuk dipuji. Sebagai hamba Allah hendaknya kita sering-sering memuji Allah SWT. Ketika ada sahabat yang datang kepada Rasulullah kemudian mengucapkan pujian yang sangat baik kepada Allah SWT, maka sepuluh orang malaikat bersegera untuk mencatat pujian tersebut. Tapi mereka tidak dapat menuliskannya, akhirnya mereka bertanya kepada Allah tentang bagaimana mereka mencatat pujian tersebut. Akhirnya mereka disuruh untuk mencatat sesuai dengan ucapannya.

Agar nikmat yang Allah berikan itu terpelihara maka kita diharapkan untuk banyak-banyak memuji Allah SWT. Beliau mencontohkan beberapa bentuk pujian yang bisa kita sampaikan kepada Allah SWT seperti "segala puji bagi Allah SWT sejumlah apa yang diciptakan oleh Allah SWT".

Syair: Jika engkau mendapatkan nikmat, jaga. Yang harus kita hindari adalah ma'siat (pelanggaran-pelanggaran). Bila kita melakukan ma'siat maka nikmat akan sirna.

Prevalensi Perilaku Seks Beresiko, PMS dan HIV diantara Homoseks



Penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 ini menggambarkan bahwa homoseks sudah menjadi sesuatu yang biasa di Indonesia. Hal ini ditunjukkan dalam penelitian ini bahwa jumlah mereka sudah cukup besar dan mereka melakukan hubungan seksual diantara mereka yang pada akhirnya dapat mengakibatkan mereka menderita Penyakit Menular Seksual (PMS) dan salah satu penyebab penyakit tersebut adalah virus Human Immunodeficiency Virus (HIV).

Menarik untuk disimak adalah tingkat pendidikan yang dimiliki oleh laki-laki yang melakukan hubungan seksual dengan laki-laki adalah mereka yang mengetahui tentang cara penularan penyakit menular seksual dan mereka juga termasuk orang-orang yang berpendidikan tinggi. Jadi terlihat sekali bahwa pendidikan harus disertai dengan keimanan, karena sehebat apapun seseorang tapi ketika dia tidak memiliki keimanan, maka dalam kacamata agama, dia tetap dikategorikan sebagai orang yang bodoh sebagaimana gelar yang dimiliki oleh Umar bin Hisyam yaitu Abu Hakam (orang yang bijak) yang oleh Allah SWT disebut sebagai Abu Jahal (orang yang bodoh).


Sumber: Gaya Nusantara

Senin, 12 September 2011

Donor Darah di Bank Mandiri Cabang Kapuas

Pimpinan Bank Mandiri Cabang Kapuas sedang donor darah
Keteladanan. Mungkin ini kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang terjadi di Bank Mandiri. Ketika kepala cabang dan seluruh jajaran direksi ikut ambil bagian dalam donor darah, maka seluruh karyawan tidak tinggal diam untuk bisa meneladani pimpinan mereka. Suasana ini tampak dalam kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri Cabang Kapuas bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia Kabupaten Kapuas dan Unit Transfusi Darah RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo pada hari Senin, 12 September 2011. Kegiatan ini dilangsungkan diruangan pimpinan dan di mushola kantor.

Kegiatan para pendonor diawali dengan pendaftaran, kemudian dilakukan penimbangan berat badan, pemeriksaan tekanan darah oleh para relawan PMI Kabupaten Kapuas, dilanjutkan dengan pemeriksaan kadar hemoglobin yang langsung dilakukan oleh dr. Erny Indrawati, kepala instalasi laboratorium RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo yang mengepalai rombongan UTD RS. Selanjutnya setelah semua persyaratan dipenuhi, maka mulailah donor diambil darahnya. Setelah diambil darahnya, pendonor mendapatkan bingkisan yang sudah disiapkan oleh UTD-RS.


Menurut keterangan dari dr. Erny Indrawaty, jumlah pendonor adalah sebanyak 21 orang, lebih banyak dari yang semula didaftarkan. Semoga kegiatan ini juga dapat diikuti oleh instansi lain, sehingga kebutuhan darah setiap bulan yaitu sekitar 300-an kantong dapat dipenuhi.

Minggu, 11 September 2011

GOR Futsal 88 Kapuas

Gelanggang Olahraga Futsal 88 ini terletak di Jalan Patih Rumbih, Kuala Kapuas, dekat perempatan Jalan Meranti dan Jalan Sumatera. Di gelanggang olahraga ini juga terdapat kantin, toko olahraga, Tarif pemakaian lapangan futsal adalah sebagai berikut:

  • Pagi - Sore
    • Pelajar SD - SMP - Rp 75.000 per jam
    • Pelajar SMA - Rp 100.000 per jam
    • Umum - Rp 125.000 per jam
  • Malam - Rp 150.000 per jam
Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor-nomor dibawah ini:
  • Amang - 085294949260
  • Jali - 085232517978
  • Afu - 085248262626
  • Iwan - 085249161048

Hotel Melati Sari Mulya

Hotel ini terletak di Jalan Mawar di Komplek Pasar Sari Mulya, Kuala Kapuas. Teleponnya adalah (0513) 23299. Tarif hotel adalah sebagai berikut:

  • Kamar VIP dengan fasilitas AC, TV, kipas angin, minum pagi teh dan snack untuk 2 orang, air mineral, selimut, handuk, kamar mandi di dalam, perlengkapan mandi: sabun mandi, sikat gigi, pasta gigi dan shampo.
    • Tarif per malam Rp 164.000
  • Kamar Standar dengan fasilitas kipas angin, TV, minum pagi teh dan snack untuk 2 orang
    • Tarif per malam Rp 82.000
Perhatian:
  1. Waktu perhitungan check in mulai jam 06.00 WIB
  2. Dari waktu check in sudah terhitung 1 (satu) malam dan pembayaran dilakukan dimuka
  3. Waktu check out jam 13.00 WIB
  4. Satu kamar maksimal 2 (dua) orang
  5. Penambahan bed dikenakan harga Rp 20.000
  6. Penambahan handuk dikenakan harga Rp 2.000
  7. Penambahan selimut dikenakan harga Rp 3.000
Perhatian:
Kepada tamu yang check out harap menunggu sebentar karena kami akan memeriksa kamar dan apabila kamar tersebut terdapat coretan atau kerusakan maka tamu dikenakan denda sesuai dengan ketentuan yang berlaku

Hotel King

Hotel ini terletak di Jalan Jendral Sudirman No. 96. Telepon: (0513) 21053, Kuala Kapuas. Tarif hotel adalah sebagai berikut:

  • Standar dengan fasilitas snack pagi, kamar mandi dan toilet dalam kamar
    • 1 orang - Rp 40.000
    • 2 orang - Rp 50.000
    • 3 orang - Rp 65.000
  • AC + TV dengan fasilitas snack pagi, kamar mandi dan toilet dalam kamar
    • 1 orang - Rp 70.000
    • 2 orang - Rp 80.000
    • 3 orang - Rp 95.000
Penginap dimohon menyerahkan Kartu Identitas (KTP, SIM, Buku Nikah atau kartu identitas lainnya)

Hotel Melati Anisa

Hotel ini terletak di Jalan Sudirman. Tarif hotel adalah sebagai berikut:
  • Kamar ekonomi - 1 kasur kecil - 1 orang - Rp 20.000
  • Kamar ekonomi - 1 kasur besar - 2 orang - Rp 30.000
  • Kamar VIP - 1 orang - Rp 45.000
  • Kamar VIP - 2 orang - Rp 55.000
  • Kamar VIP - 3 orang - Rp 65.000
  • Kamar VIP Atas + TV - 1 orang - Rp 50.000
  • Kamar VIP Atas + TV - 2 orang - Rp 60.000
  • Kamar VIP Atas + TV - 3 orang - Rp 70.000
Batas waktu check out jam 12.00 WIB

Hotel Anggrek Darul Qur'an

Hotel ini terletak di Jalan Anggrek, Kelurahan Selat Tengah, Kecamatan Selat. Tarif hotel adalah sebagai berikut:

  • VIP 
    • 1 orang Rp 80.000
    • 2 orang Rp 90.000
    • 3 orang Rp 100.000
    • 4 orang Rp 105.000
  • Standard / Fan
    • 1 orang Rp 50.000
    • 2 orang Rp 60.000
    • 3 orang Rp 65.000
    • 4 orang Rp 70.000

Hotel Bayu

Hotel ini terletak di Jalan Kenanga No. 40, Kuala Kapuas, persis di samping kiri dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas. Petugas hotel ini yaitu Ibu Win dapat dihubungi pada nomor 082156242200.

Menyematkan dokumen dengan embedit.in

Situs ini memberikan fasilitas menyematkan dokumen dengan cara yang sangat praktis, kita tinggal mengunggah dokumen atau memasukkan alamat dokumen yang akan disematkan. Kemudian kita diminta untuk masuk (sign-in) kemudian kita akan diberikan kode yang bisa kita sematkan di dalam situs atau blog yang kita miliki. Cara ini bisa menyelesaikan masalah menempelkan file pdf yang selama ini sulit untuk admin lakukan, mengingat banyak dokumen dalam bentuk pdf yang memiliki hak cipta, sehingga sulit untuk diunggah ke tempat-tempat seperti Scribd.com atau Google Documents untuk kemudian ditampilkan dalam situs atau blog.

Sumber: embedit.in

Sabtu, 10 September 2011

Losmen Hosana

Losmen ini terletak di Jl. K.S. Tubun No. 118, Kuala Kapuas. Losmen ini memiliki dua lantai dengan tarif yang berbeda yaitu:

  1. Kamar bawah dengan fasilitas kipas angin dan kamar mandi di dalam, tarifnya Rp 50.000
  2. Kamar atas dengan fasilitas kipas angin dan kamar mandi diluar, tarifnya Rp 30.000

Jumat, 09 September 2011

CSR PT BW Plantation Tbk

Berdasarkan informasi dari situs resmi PT BW Plantation Tbk, pada tanggal 9 Pebruari 2009 yang lalu, perusahaan ini memberikan bantuan berupa 40 buah perangkat komputer bagi SD dan SMP di empat kabupaten yaitu:

  1. Kapuas
  2. Katingan
  3. Kotawaringin Timur
  4. Kotawaringin Barat
Selain itu, perusahaan ini sudah memberikan berbagai bantuan ke kabupaten lain untuk berbagai keperluan seperti bantuan untuk korban banjir di Katingan dan mendukung Persatuan Sepakbola Palangka Raya (Persepar).

Perusahaan ini dengan anak perusahaannya PT Wanacatur Jaya Utama beroperasi di Kecamatan Kapuas Tengah (Pujon). 

Perusahaan Batu Bara di Kecamatan Kapuas Tengah

Berikut ini adalah tiga perusahaan batubara yang beroperasi di Kecamatan Kapuas Tengah:

  • PT. Asmin Bara Bronang

          Associated GroupSwabara Group
          World Trade Centre, 7th floor, Suite 703
          Jl. Jendral Sudirman Kav 29-31
          Jakarta 12920
          Phones +62(21)521-1245, +62(21)521-1255
          Fax +62(21)521-1256, +62(21)521-1246

           Sumber: Indonesia Mining Company



          Jl. Rawagelam 1 No. 9
          Jakarta Industrial Estate Pulogadung
          Jakarta, Indonesia 13930
          Phone: +62(21)4602015 (Hunting)
          Fax: +62(21)4601916, +62(21)4614010

Menariknya adalah, ketiga perusahaan tersebut berafiliasi dengan United Tractors.

Kamera tidak tersembunyi di Ponpes Al-Amin Kapuas



Video diatas menggambarkan suasana di Masjid Halimah Abdu Musa al-Badri (Ummu Khalid) di Pondok Pesantren Al-Amin Kapuas, Jl. Pemuda Km. 20, Desa Anjir Palambang, Kecamatan Pulau Petak. Video ini menggambarkan kegiatan yang berlangsung dimasjid tersebut mulai dari sebelum Shalat Maghrib pada hari Rabu, 7 September 2011 sampai ba'da Isya. Banyak kegiatan yang dilaksanakan di masjid ini dalam waktu yang singkat ini:
  • Pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an, 
  • Azan Maghrib
  • Shalat qabliyah Maghrib, 
  • Iqamah,
  • Shalat Maghrib berjama'ah, 
  • Shalat ba'diyah Maghrib, 
  • Ta'lim tentang Qur'an
  • Azan Isya
  • Shalat qabliyah Isya
  • Shalat Isya berjama'ah
  • Shalat ba'diyah Isya
Masjid tidak terlalu ramai karena saat rekaman ini dilaksanakan, para santri masih libur Idul Fitri, dan baru akan masuk kembali pada hari Sabtu, 10 September 2011. 

Pemeriksaan Kesehatan Haji II Tahun 2011

Berdasarkan rapat yang diselenggarakan di Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas pada hari Kamis, 8 September 2011, Pemeriksaan Kesehatan Haji II (tingkat Kabupaten) akan dilaksanakan pada hari Senin-Selasa, 12-13 September 2011 di Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Jl. Kenanga No. 42, Kuala Kapuas. Pemeriksaan

Tenaga dokter yang terlibat dalam pemeriksaan kesehatan haji ini adalah:
  • dr. Agus Waluyo (Puskesmas Selat)
  • dr. H. Ahmad Haspiani, M.Kes (Puskesmas Melati)
  • dr. Hj. Tri Setyautami, MPHM (Puskesmas Melati)
  • dr. Timothy Von Simon (Puskesmas Palingkau)
  • dr. Satria Ramli (Puskesmas Lamunti)
  • dr. Dedi (Puskesmas Terusan Tengah)
  • dr. Mohammad Abubakar (Puskesmas Basarang)
Selain itu mereka juga dibantu oleh petugas kesehatan lainnya untuk memberikan vaksinasi Meningitis, pemeriksaan kehamilan bagi wanita usia subur, pemeriksaan urin dan darah.

Pada tahun ini tidak ada dokter yang menjadi tenaga TKHI, perawat yang menjadi tenaga TKHI adalah:
  • M. Hipni (RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo) sebagai tenaga kesehatan di sektor
  • Bobyansyah, S.Kep (RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo) sebagai tenaga kesehatan di kloter
  • Hairunnisa (Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas) sebagai tenaga kesehatan di kloter
Koordinator kegiatan ini adalah Jamhuri, SKM dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas.

Kamis, 08 September 2011

kabupatenkapuas.info dialihkan ke kapuas.info

Pada awalnya admin menyangka bahwa domain yang lama yaitu http://www.kabupatenkapuas.info sudah tidak bisa diakses lagi. Tapi ketika mengecek di http://who.is ternyata akun tersebut masih aktif. Akhirnya admin menghubung customer support dari http://www.godaddy.com untuk minta bantuannya untuk mengalihkan http://wwwkabupatenkapuas.info ke http://www.kapuas.info. Setelah melalui beberapa prosedur untuk mendapat costumer support PIN, akhirnya domain lama bisa dialihkan ke domain baru. Jadi bila anda mengetikkan http://www.kabupatenkapuas.info maka secara otomatis anda akan diarahkan ke domain yang baru yaitu http://www.kapuas.info .

Ini merupakan pengalaman berharga bagi admin, karena pada awalnya admin menyangka bahwa domain yang lama sudah tidak bisa digunakan lagi. Tapi rupanya dia masih bisa digunakan dan malah kita masih bisa mengakses google aplikasi dengan menggunakan nama pengguna dan sandi dari domain yang lama.

Wawancara dengan santri UICCI




Wawancara ini dilakukan pada hari Rabu, 7 September 2011 di masjid Pondok Pesantren Al-Amin Kapuas, dengan Mustholih, mantan santri Pondok Pesantren Al-Amin Kapuas yang sekarang sedang menjadi santri di UICCI. Dalam penjelasannya Mustholih menceritakan bahwa nanti dalam menghapal Qur'an, mereka akan menggunakan metode Turki. Jadi dalam sehari mereka diharapkan untuk bisa menghapalkan 4 halaman Qur'an, jadi diharapkan dalam waktu satu tahun mereka bisa menghapalkan seluruh Qur'an. Metode Turki ini cukup unik mengingat mereka diminta untuk menghapalkan halaman terakhir dari masing-masing juz (halaman ke-20), setelah itu mereka menghapal halaman ke-19 dari masing-masing juz, demikian seterusnya. Menurut pengalaman angkatan yang lalu, ada yang bisa menghapalkan seluruh Qur'an dalam waktu 5 bulan. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengikuti wawancara diatas.

Penanaman pipa PDAM

Ekskavator sedang menggali lubang untuk pipa PDAM
Proyek Instalasi Pengolahan Air Minum PDAM sudah memasuki tahap selanjutnya. Bila selama ini kita melihat pipa-pipa yang terletak di pinggir jalan mulai dari pal 6 sampai ke Palingkau, maka sedikit demi sedikit pipa tersebut mulai tidak terlihat. Hal ini terjadi karena pipa-pipa tersebut mulai ditanam dibawah tanah. Proses penanaman pipa tersebut juga bukan hal mudah, karena harus dibuat dulu galian untuk memasukkan pipa yang besar tersebut dengan menggunakan ekskavator, kemudian pipa-pipa yang sudah disambung tersebut dimasukkan ke dalam lubang yang sudah disediakan.

Proses penanaman pipa tersebut menimbulkan beberapa permasalahan bagi bangunan yang letaknya tidak jauh dari jalan raya. Penanaman pipa yang melalui bangunan-bangunan tersebut ditunda sampai penanaman pipa di tanah yang tidak memiliki bangunan sudah selesai semua. Proyek ini mengupayakan agar penanaman pipa ini tidak terlalu mengganggu bangunan yang dekat dengan jalan. Pemilik bangunan berharap, seandainya bangunan mereka harus dihancurkan, ada sedikit ganti rugi dari pihak perusahaan.

Rabu, 07 September 2011

Pengenalan Program Studi Akper Kapuas

Suasana PPS Akper Kapuas Tahun 2011 hari ke-3
Mulai tanggal 5-8 September 2011 bertempat di Akper Pemda Kapuas diselenggarakan kegiatan Pengenalan Program Studi bagi para mahasiswa baru. Dalam kegiatan yang diawali sejak dini hari (ba'da Subuh), mahasiswa diajak untuk ber-"olahraga" oleh para senior. Kemudian mereka diperkenalkan dengan berbagai hal tentang perkuliahan yang nantinya akan mereka ikuti.

Panitia yang terlibat dalam kegiatan ini, juga harus datang pagi-pagi. Mereka sudah mempersiapkan segala sesuatunya, mulai dari seksi acara sampai seksi kesehatan. Pada pagi ini (7 September 2011) ada beberapa orang anak yang kelelahan mengikuti acara ini, sehingga memerlukan istirahat. Syukurnya kegiatan ini tidak melibatkan kekerasan fisik. Semoga kegiatan ini dapat menjadi awal yang baik untuk mengisi hari-hari selanjutnya di Akper Pemda Kapuas. 

Selasa, 06 September 2011

Everybody Said - Lagu





Chorus:
Everybody said that anybody could do
The important things somebody should do
Everybody knows that anybody could do
All the good things that nobody did

Repeat Chorus

Well the preacher came to me and said what I ought to do
If I wanted to make my religion true
He'd do it himself but he really didn't have the time
He said that the duty was mine

Repeat Chorus (x2)

Well the deacon came by and said give me a hand
If you want to be going to the promised land
Here is something that I don't have time to do
So I better give it to you

Repeat Chorus (x2)

Well I'm too busy so I tell everybody
The work's got to get done by somebody
It can be done by anybody
But nobody (nobody), nobody (nobody), nobody did

Repeat Chorus (x2)

All the good things that nobody did (x2)

How to Travel to Kuala Kapuas, Central Kalimantan, Indonesia - wikiHow

How to Travel to Kuala Kapuas, Central Kalimantan, Indonesia - wikiHow:

'via Blog this'

Tulisan diatas merupakan salah satu tulisan tentang Kapuas di wikiHow. Sebenarnya banyak hal yang bisa dikontribusikan oleh warga Kabupaten Kapuas untuk makin mengenalkan Kapuas kepada dunia. Bila anda memiliki kemampuan menulis dalam bahasa Inggris, ada baiknya memberikan sumbangan dalam bahasa Inggris, sehingga memudahkan bagi orang-orang yang ingin mengetahui lebih banyak tentang kota kita tercinta ini. Bila anda lebih suka menulis dalam bahasa Indonesia, anda bisa berkontribusi menulis tentang berbagai macam hal tentang Kapuas di wikiHow.

Senin, 05 September 2011

SANTUNAN DARI PT BANK MANDIRI CABANG KAPUAS « Ponpes Al-Amin Kapuas

SANTUNAN DARI PT BANK MANDIRI CABANG KAPUAS « Ponpes Al-Amin Kapuas:

'via Blog this'

Setiap tahun, Bank Mandiri memberikan santunan kepada para santri di Pondok Pesantren Al-Amin Kapuas. Ini adalah bentuk kepedulian yang sangat dibutuhkan oleh para santri, mengingat sebagian besar santri dari pondok ini berasal dari daerah transmigrasi Dadahup dan Lamunti. Tidak hanya santunan yang diberikan, perhatian pun selalu ditunjukkan oleh pimpinan Bank Mandiri Cabang Kapuas dengan mengunjungi pondok pesantren ini secara rutin. Semoga banyak yang bisa meniru langkah baik ini.

‘Keep up the spirit’ - ABC News (Australian Broadcasting Corporation)

‘Keep up the spirit’ - ABC News (Australian Broadcasting Corporation):

'via Blog this'

Video pada tautan diatas menggambarkan seorang cacat dari Padang, Sumatera Barat, Bapak Antoni Saputra yang berhasil menyelesaikan pendidikannya di Griffith University, Brisbane Australia. Selama menyelesaikan kuliahnya, dia mendapatkan bantuan dari komunitas muslim di Australia untuk membeli kursi roda listrik, sehingga dia bisa kemana-mana tanpa harus didorong oleh orang lain. Sebuah semangat yang harus ditiru oleh kita-kita yang normal.

Inspeksi Mendadak Wakil Bupati Kapuas

Wakil Bupati saat berada di rumah sakit
Pada hari pertama setelah masuk kerja, Senin, 5 September 2011, Wakil Bupati Kapuas, Bapak Suraria Nahan bersama dengan rombongan (Sekda, Asisten III, Kabid di Pemda, BKPPD, Inspektorat, Satpol PP) mengunjungi beberapa SKPD dalam rangka inspeksi mendadak. Kunjungan ini dilakukan untuk melihat apakah masih banyak pegawai negeri yang tidak masuk setelah cuti bersama pada minggu yang lalu.

Dalam kunjungan di rumah sakit, beliau melihat pelayanan di poliklinik, kemudian naik ke lantai dua (manajemen) untuk melihat apakah masing-masing staf rumah sakit sudah mulai bekerja seperti biasa. Beliau juga sempat melakukan pembicaraan singkat dengan para kepala bidang di rumah sakit. Setelah itu beliau melanjutkan perjalanan ke kantor-kantor lain.

Legenda 9/11 - 10 tahun kemudian



Setelah sepuluh tahun berlalu, kita masih belum tahu tentang pesawat yang menabrak Twin Tower. Seluruh rekaman tentang penerbangan tersebut sudah dihapus oleh petugas di bandara dimana pesawat tersebut lepas landas. Analisis dari suara ledakan yang terjadi saat menjelang hancurnya gedung Twin Tower menunjukkan bahwa kehancuran gedung-gedung tersebut adalah penghancuran yang sudah direncanakan jauh-jauh hari. Fakta tentang 9/11 jauh lebih buram dibandingkan dengan kita melihat gambaran tentang sebuah apel. Untuk lebih jelasnya, silahkan saksikan video diatas.

Minggu, 04 September 2011

Bincang-bincang dengan santri Islamic Centre Bin Baz

Admin: Di pondok pesantren ada kewajiban menghapal Qur'an?

Santri: Ya, dalam satu semester kami diharapkan untukmenghapalkan tiga juz. Jadi karena saya sudah enam semester disana, insya Allah sudah menghapalkan sebanyak 18 juz.

Admin: Wah kalau begitu harus diulang-ulang ya agar tidak lupa!

Santri: Ya, bahkan waktu kami kemarin ujian akhir, banyak hapalanyang lupa. Tapi nanti waktu kami pengabdian di pondok pesantren, gurunya berjanji untuk membentuk halaqah Qur'an, untuk mengulang-ulang hapalan kami.

Tafsir Surat An-Naas

Oleh: Nouman Ali Khan

Qul memiliki beberapa keuntungan. Ini merupakan perintah dari Allah. Kita tidak bisa meminta pertolongan Allah kecuali kita berada dalam kepatuhan kepada Allah. Ketika Allah memerintahkan kita untuk mendeklarasikan bahwa kita meminta pertolongan dari Allah, maka ini membunuh ego kita. Ini menghancurkan nafs kita.

Mengapa Allah menegaskan Rab Manusia, karena manusia yang memerlukan perlindungan dari was-was. Kata Rabb dalam bahasa Arab memiliki beberapa arti, diantaranya kepemilikan. Rabbul bait – pemilik rumah. Pengertian Rabb mencakup Malik. Kita memiliki sesuatu tetapi memiliki otoritas terbatas terhadapnya – misalnya punya mobil.

Hotel Sahawung

Hotel Sahawung di Pelabuhan Danau Mare
Hotel ini terletak di komplek pertokoan di Pelabuhan Danau Mare, Kuala Kapuas. Hotel ini terletak di bangunan lantai dua. Yang menarik dari hotel ini adalah, dia terletak di tepi Sungai Kapuas Murung, jadi persis seperti Guest House. Jadi dari hotel kita bisa melihat pemandangan sungai. Bedanya dengan Guest House, di bawah hotel ini banyak tempat untuk makan, jadi tidak perlu pergi ke mana-mana lagi untuk mencari makan, fasilitas yang tidak tersedia di guest house. Tentu saja dibandingkan dengan Guest House, fasilitas hotel ini sangat jauh berbeda. Sayangnya nomor telepon hotel ini belum terdaftar di Buku Daftar Telepon Kuala Kapuas.

Tarif hotel adalah sebagai berikut:
  • Double bed Rp 50.000 dengan fasilitas kipas angin dan kamar mandi di dalam
  • Single bed Rp 25.000 dengan fasilitas kipas angin dan kamar mandi di luar

Sabtu, 03 September 2011

Dhanu Motor

Bengkel sekaligus toko spare part kendaraan bermotor ini terletak di Jalan Tambun Bungai, di depan Kodim 1011 Kuala Kapuas. Toko ini menyediakan berbagai macam spare part kendaraan bermotor mulai dari ban dalam sampai knalpot. Bengkel ini hanya melayani service untuk kendaraan bermotor roda dua. Selain itu, toko ini juga menjual bahan bakar bensin dan pertamax. Disini, kendaraan bermotor bisa melakukan ganti oli dan isi angin. Selain toko dan bengkel, disini juga bisa melayani variasi kendaraan bermotor. Tersedia berbagai macam asesoris kendaraan bermotor.

Definisi Kesehatan

Poster Kesehatan
Direktur Telekomunikasi, Pusat Kolaborasi WHO di Departemen Epidemiologi, Universitas Pittsburgh, Ronald E. LaPorte, Ph.D menganjurkan kepada seluruh tenaga kesehatan di seluruh dunia untuk mempromosikan definisi sehat oleh WHO, sehingga setiap orang yang beranjak dewasa akan mengetahui apa defini sehat itu.

Dalam salah satu tautan diatas, ada alamat aplikasi WHO tentang sehat yaitu WHO Definition of Health.  Tautan ini berisi berbagai macam hal seputar kesehatan mulai dari definisi, kesehatan untuk semua, pencapaian WHO, eradikasi penyakit, sejarah WHO, struktur WHO, kantor regional WHO, anggota WHO dan NGO dalam bidang kesehatan.

Sumber: What Is Health

Jumat, 02 September 2011

Shalat Jum'at di Masjid Nurul Iman - Kuala Kapuas




Video diatas direkam pada hari Jum'at, 2 September 2011 di Masjid Nurul Iman, Jalan Kapten Pierre Tendean, Gg. VIII, Kuala Kapuas. Video ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran suasana shalat Jum'at di masjid di Kuala Kapuas. Kegiatan Jum'atan dimulai dengan membacakan para penyumbang untuk operasional masjid, kemudian dilanjutkan dengan membaca Fatihah empat dan do'a bagi mereka yang menyumbang dan bagi kaum muslimin dan muslimat pada umumnya. Setelah itu, kaum masjid akan membunyikan sirine pertanda masuknya waktu shalat Jum'at. Kemudian muazin akan mengumandangkan azan pertama. Setelah azan pertama, jama'ah akan mengerjakan shalat sunat dua raka'at. Setelah itu dilanjutkan dengan bacaan sebelum khatib naik mimbar, kemudian khatib naik mimbar, kemudian muazin mengumandangkan azan kedua. Dilanjutkan dengan peringatan kepada jama'ah, kalau khatib sudah naik mimbar, jangan melakukan perbuatan yang sia-sia. Kemudian khatib membacakan khutbah, duduk dan melanjutkan dengan khutbah kedua, ditutup dengan do'a. Kemudian semua melaksanakan shalat Jum'at secara berjama'ah, dilanjutkan dengan pembacaan Fatihah, Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas, masing-masing sebanyak 7 kali, dilanjutkan dengan do'a pertama dan do'a kedua. Pembacaan syair, kemudian diakhiri dengan bersalam-salaman.

Perubahan domain dari "kabupatenkapuas.info" menjadi "kapuas.info"

Ketika sedang baca email, ada satu email yang menawarkan untuk memiliki domain dengan akhiran .co . Admin penasaran, ketika melihat harganya, rupanya sama dengan biaya hosting di WordPress.com yaitu $ 17.9. Ketika mencoba registrasi ke GoDaddy.com secara tidak sengaja admin melihat bahwa selain kapuas.co ada domain kapuas.info yang masih kosong. Akhirnya admin mencoba untuk beli domain tersebut dan rencananya ingin menambahkan domain itu ke domain yang ada sekarang yaitu kabupatenkapuas.info. Tapi ketika melihat prosesnya, admin agak malas mengikuti prosedur penggantian DNS, akhirnya admin kembali masuk ke blogger.com, kemudian membeli domain kapuas.info melalui blogger.com. Admin menyangka bahwa sekarang admin memiliki 3 buah domain yaitu informasikapuas.blogspot.com , kabupatenkapuas.info dan kapuas.info, seperti yang dapat dilakukan di WordPress.com. Ternyata domain yang tersedia cuma tinggal dua yaitu informasikapuas.blogspot.com dan kapuas.info. Akhirnya admin memutuskan untuk tetap menggunakan nama yang baru dengan, meskipun akan banyak masalah, karena harus mengganti semuanya dari awal, baik itu informasi di YouTube, Twitter, Facebook, Scribd.com, Archives, Alexa, dan lain-lain. Ini pelajaran yang berharga bahwa sebelum melakukan sesuatu, pastikan dulu bahwa prosedur ini memang bisa berjalan sesuai rencana, jangan cuma berdasarkan perkiraan saja. 

The Koninklijk Instituut voor Taal-, Land- en Volkenkunde (KITLV)




KITLV atau Royal Netherlands Institute of Southeast Asian and Caribbean Studies memiliki spesialisasi dalam mengumpulkan informasi dan penelitian tentang koloni Belanda dulu dan kini dan daerah sekitarnya sejak tahun 1851. Lembaga ini memiliki koleksi lebih dari setengah juta buku, jurnal, majalah, surat kabar, puluhan ribu foto, kartu pos, bahan cetakan, gambar, peta, atlas, juga naskah dan arsip Oriental dan Western dan bahan-bahan audiovisual. Untuk informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi situs mereka berikut ini: KITLV

Lembaga ini menjadi salah satu sumber bagi Informasi Kapuas dalam mencari bahan-bahan tentang sejarah Kapuas, contohnya bahan diatas.

Kamis, 01 September 2011

"Soft launch" Bank Syariah Mandiri Kapuas

Pada hari Rabu, 10 Agustus 2011 yang lalu diselenggarakan kegiatan "soft launch" Bank Syariah Mandiri Cabang Kapuas. Salah satu produk yang ditawarkan oleh bank ini adalah Pembiayaan Talangan Haji. Dengan dana Rp 5.000.000 nasabah sudah mendapatkan kursi haji dengan masa tunggu sekitar 9 tahun. Calon jama'ah haji tersebut diharapkan dapat melunasi Ongkos Naik Haji tersebut dalam waktu tiga tahun.

Bagi anda yang memiliki anak dalam usia sekolah, Bank ini memiliki produk dana BSM Tabungan Investa Cendekia. Sistemnya adalah bagi hasil, masa tabungan mulai dari 1 tahun sampai 20 tahun. Jumlah setoran tetap mulai dari Rp 100.000 sampai Rp 4.000.000 per bulan. Penarikan sebagian saldo diperbolehkan dengan saldo minimal Rp 1.000.000.

"Hard launch" atau "grand opening" insya Allah akan dilaksanakan tiga bulan sejak "soft launch".

Bagi yang memerlukan informasi lebih lanjut dapat melihat situsnya yaitu Bank Syariah Mandiri atau menghubungi mandiri syariah call (021) 5299 7755. BSM Kapuas dapat dihubungi pada nomor berikut (0513) 21888 atau 24777.

Ceramah Perpisahan Dengan Ramadhan



Oleh : Nouman Ali Khan

185. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). karena itu, Barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, Maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan Barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur. (Q.S. Al Baqarah, 2: 185)