Pesan Presiden Jokowi dalam Rapat Kerja Kesehatan Nasional 2024

Gambar
  Indonesia berpeluang menjadi negara maju saat bonus demografi terjadi pada tahun 203--an dimana 68% penduduk Indonesia berada pada usia produktif. Bila kita tidak mencapai ini, kita akan seperti Amerika Latin yang tidak bisa menjadi negara maju. Namun banyak tantangan yang harus dihadapi seperti angka stunting yang meskipun sudah menurun dari 37,6% (2013) menjadi 21,5% (2023), namun masih jauh dari target 14%. Kematian akibat penyakit menular juga masih tinggi yaitu stroke 331 ribu per tahun, jantung 296 ribu per tahun dan kanker 297 ribu per tahun. Itulah sebabnya kementerian kesehatan berusaha agar Puskesmas bisa melakukan deteksi dini dengan menggunakan USG dan EKG. Rumah sakit juga diharapkan untuk bersiap menerima CT-Scan, mamografi dan Cath-Lab, Linaec, serta MRI. Tentu semua itu harus ditunjang dengan sumber daya manusia yang memadai. Ketersediaan dokter spesialis masih menjadi problem terbesar. Rasion dokter kita masih 0,47, ranking 147 dunia. RSUD Indonesia 34% tidak punya d

Kebesaran Nabi Muhammad SAW


Oleh: Guru Gusti Rahmadi

Adab-adab melaksanakan Maulid:
  • Bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW
  • Tidak boleh sambil merokok
  • Dilaksanakan pada tempat-tempat yang terhormat (Masjid, Pesantren, Mushola)
  • Tempatnya bersih dan wangi
  • Tidak membaur laki-laki dan perempuan
  • Pada saat Marhaban berdiri, ada 2 keuntungan:
    • Menghormati Rasulullah
    • Kita sudah lama duduk, jadi bisa melepas lelah sejenak
Semua orang mengatakan bahwa Nabi Muhammad adalah orang yang:
  • Kharismatik
  • Mulia
Banyak orang yang besar karena :
  • Kekayaan
  • Pangkat dan jabatan
  • Keturunan
  • Dibesar-besarkan oleh pengikutnya
Nabi Muhammad SAW menjadi orang besar karena dibesarkan oleh Allah SWT. Sekali orang dibesarkan oleh Allah, selamanya dia  menjadi orang besar. Sekali Allah menjatuhkan seseorang, tidak ada orang yang bisa mengangkatnya.

"Tidaklah engkau diutus melainkan menjadi rahmat bagi sekalian alam" (21: 107)

Nabi kita cinta umatnya dari dunia sampai akhirat. Pemimpin kita saat ini hanya bisa mencintai umatnya di dunia. Kalau di akhirat para pemimpin itu tidak bisa berbuat apa-apa. Rasulullah hidup sederhana. Tempat tidur dari pelepah kurma. Sarapan pagi kadang-kadang sebutir kurma atau sepotong roti dengan air zam-zam. Pada saat miskin, Allah menawarkan kekayaan. Ya Allah silahkan Engkau memberi hamba harta kekayaan, tapi hal tersebut tidak bisa menenangkan hamba dari kekhawatiran umatku dari neraka. Saat menjelang wafat, Nabi mengumpulkan para sahabat. Hari terakhir, setelah selesai azan, Rasulullah belum masuk masjid. Bilal mendatangi rumah Rasulullah. Rasulullah memerintahkan kepada Abu Bakar untuk mengimami shalat. Abu Bakar menolak. Rasulullah dipapah ke masjid. Setelah shalat Rasulullah minta qishash dari para sahabat. Ada sahabat yang minta qishash, tapi rupanya dia hanya ingin memeluk tubuh Rasulullah.

Sebelum meninggal Rasulullah mengatakan:
  1. Dirikan shalat
  2. Jaga wanita
  3. Umatku-umatku
Napolen, Hitler, Julius Caesar sebelum meninggal yang diingat adalah kekasih mereka.

Saat dibangkitkan, Malaikat Ridwan disuruh untuk menyiapkan surga; Malaikat Malik diperintah untuk menyiapkan neraka. Rasulullah yang pertama kali dibangkitkan. Rasulullah langsung ingat dengan umatnya.

Barangsiapa mencintai sesuatu maka dia
  1. Sering menyebut-nyebutnya. Banyak-banyak baca shalawat. Allah dan malaikat bershalawat kepada Nabi. Hai orang-orang yang beriman bershalawatlah kepada Nabi.
  2. Melestarikan peninggalan Rasulullah : Qur'an dan Hadits
Guru Sekumpul :
  • Setelah shalat Maghrib jangan lupa baca Yasin dan Tabarak
  • Setelah shalat Subuh jangan lupa Yasin dan ....
Empat macam yang bisa membuat kita bahagia di dunia dan di akhirat
  1. Menuntut yang halal
  2. Bergaul dengan orang-orang shalih
  3. Pasangan yang shalih dan sholeh (Istri: dipandang, hatinya gembira)
  4. Memiliki anak yang taat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan