Hal-hal yang dapat merusak investasi - Nouman Ali Khan

Gambar
  يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُبْطِلُوا صَدَقَاتِكُم بِالْمَنِّ وَالْأَذَىٰ كَالَّذِي يُنفِقُ مَالَهُ رِئَاءَ النَّاسِ وَلَا يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ  ۖ  فَمَثَلُهُ كَمَثَلِ صَفْوَانٍ عَلَيْهِ تُرَابٌ فَأَصَابَهُ وَابِلٌ فَتَرَكَهُ صَلْدًا  ۖ  لَّا يَقْدِرُونَ عَلَىٰ شَيْءٍ مِّمَّا كَسَبُوا  ۗ  وَاللَّهُ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الْكَافِرِينَ  ‎   Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir. (Q.S. Al-Baqarah, 2: 264) Kalau Anda memberi dan mengharapkan sesuatu dari pember

Puasa Ramadhan 1433 H



Oleh: Guru Parhani

Pekerjaan sunah yang dikerjakan di bulan Ramadhan sama dengan pekerjaan wajib di bulan lain. Pekerjaan wajib diganjar tujuh puluh kali lipat apalagi di malam Lailatul Qadr (tidak terhingga balasannya). Bulan rahmah, bulan maghfirah.

Hadits: Jika sekiranya umatku mengetahui kebaikan yang ada dibulan Ramadhan, niscaya mereka menginginkan hari setahun itu Ramadhan, saking mulianya Bulan Ramadhan. Allah memberikan kewajiban kepada kita, yang bila kita kerjakan, kebaikannya untuk kita. Kewajiban itu adalah ibadah puasa. Bila kita lakukan dengan baik, manfaatnya untuk kita, bukan untuk Allah. Diwajibkan pada laki-laki dan perempuan yang sudah akil baligh, tidak ada alasan untuk meninggalkan puasa Ramadhan, kecuali beberapa golongan yang boleh tidak berpuasa:
  1. 2: 185 – sakit (ada harapan sembuh bila istirahat makan obat dan makan teratur). Sakit influenza (sakit ringan) sebaiknya tetap puasa.
  2. 2: 185 – safar (dalam perjalanan jauh) yang tidak diharamkan.

Mereka harus menyempurnakan pada waktu-waktu yang lain. Misalnya sudah sehat, maka membayar banyaknya puasa yang ditinggalkan. Untuk yang musafir bila sudah kembali atau menetap maka di harus membalas puasa yang ditinggalkan.

Ada golongan lain yang boleh tidak berpuasa dan tidak mengqodho’ tapi hanya membayar fidyah di akhir Ramadhan. Fidyah – nya membayar satu kali puasa dengan satu kilo, dibayarkan pada orang-orang miskin dilingkungan kita. Jangan berasnya saja, tapi ada lauk pauknya.

Siapa orangnya yang hanya bayar fidyah:
  1. 1.       Orang yang sakit yang tidak diharap akan sembuhnya. Diambil dari hartanya, bila tidak ada dari harta anaknya. Orang yang sakit bila tidak makan maka boleh tidak puasa (setelah dipastikan penyakitnya oleh dokter).
  2. 2.       Orang yang sudah tua bangka (fisiknya lemah) tapi akalnya masih sehat (tidak pikun). Tapi bila orang tua tersebut pikun, maka tidak ada lagi kewajiban padanya.


Selain itu wanita haid dan wanita nifas tidak boleh puasa dan wajib untuk membayar pada bulan-bulan yang lain. Membayar hutang bisa dengan hari yang berurutan atau hari yang berselang-seling.

Aisyah: kami disuruh untuk membayar puasa tapi tidak disuruh untuk membayar shalat.

Bagaimana dengan tukang becak. Kita harus menabung selama 11 bulan untuk bulan Ramadhan. Bagaimana dengan panen di bulan Ramadhan. Setelah Subuh langsung panen. Setelah Ashar turun lagi.

Rukun puasa:
  1. 1.       Niat pada tiap-tiap malam. Diniatkan dalam hati untuk mengerjakan puasa pada esok hari karena Allah SWT. Niat ini tidak perlu berulang-ulang dalam satu malam. Niat ini tidak bisa batal.
  2. 2.       Menahan diri dari segala yang membatalkan mulai terbit fajar sampai terbenam matahari.


Yang membatalkan puasa:
  1. 1.       Memasukkan sesuatu benda dengan sengaja ke rongga atau lubang-lubang yang terbuka yang ada pada tubuh manusia (telinga, hidung, mulut, kemaluan). Minum karena lupa tidak apa-apa. Berkumur boleh, asal tidak melalui tenggorokan. Sikat gigi boleh. Hukum batal apabila melewati tenggorokan. Mandi tidak membatalkan puasa. Bila yang masuk ke rongga hidung Cuma bau saja maka tidak batal (misalnya minyak kayu putih, bau masakan).
  2. 2.       Muntah dengan sengaja. Orang yang muntah saat puasa wajib berkumur-kumur. Sisa-sisa makanan di sela-sela gigi harus segera dibersihkan agar tidak termakan ketika menelan liur.


Jangan sampai nilai puasa hilang dengan jalan:
  1. 1.       Berbohong. Puasa tidak batal, tapi nilai puasanya tidak ada.
  2. 2.       Menggosip orang lain.


Hadits: puasalah maka engkau akan sehat

Perut bila terisi terus dengan makanan, tidak istirahat. Ibarat pabrik, mesinnya jalan terus. Saat puasa, perut kosong, perut istirahat. 

Komentar

  1. mohon kalau ada jadwal imsakiyah, bisa diposting

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar terhadap tulisan kami!

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan