Ketersediaan Darah di UTD-RS

Stok darah per 24 Agustus 2014:

A = 7; B = 12, O = 1, AB = 3

Sumber: Debi (UTD RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo)

Kamis, 31 Januari 2013

Penyuluhan Narkoba Bagi Pelajar

Drs. Raden Ledi Karsapati R Mathias sedang membuka sosialisasi
Pada hari Kamis, 31 Januari 2013 bertempat di Aula Hotel Roos diselenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Penyuluhan Bahaya Narkoba Tingkat Pelajar SLTP/SLTA Se-Kuala Kapuas. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Narkotika Kabupaten Kapuas. Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kapuas, Bapak Ledi Mathias, dihadiri oleh para guru dan siswa-siswi dari SMPN 1 Selat, SMPN 2 Selat, SMAN 1 Kuala Kapuas dan SMAN 2 Kuala Kapuas.

Materi yang disampaikan oleh penyuluh dari Badan Narkotika Kabupaten Kapuas juga membahas Cathinone, suatu zat narkotika yang sedang ramai dibicarakan di media massa.

Rabu, 30 Januari 2013

Jadwal Operasi Katarak 2013

Sesuai surat dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah Nomor 007/BYK-3/I/2013 tentang Operasi Katarak Bagi Gakin didapatkan informasi bahwa Operasi Katarak bagi keluarga miskin di Kabupaten Kapuas akan dilaksanakan pada tanggal 23-26 April 2013 dengan target 50 mata. Ketua Panitia Operasi Katarak RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo, H.M. Sholichuddin sudah melakukan rapat pertama dan siap untuk memberikan pelayanan.

Diharapkan warga masyarakat miskin sejak awal sudah mendaftarkan diri ke Puskesmas setempat untuk pemeriksaan awal serta untuk mendapatkan rujukan dari puskesmas ke rumah sakit.

YouTube Di Situs Pemkab Kapuas


Sejak 22 Januari 2013 yang lalu, humaspro kps bergabung di YouTube. Sejak saat itu sudah tiga buah video yang diunggah ke YouTube diantaranya mengenai Panen Ikan Patin di Basarang, Seminar Motivasi Ippho Santosa dan Kalteng Expo 2012.

Video-video yang diunggah ke YouTube tersebut disematkan ke bagian bawah dari situs Pemerintah Kabupaten Kapuas. Video yang diunggah memiliki durasi dengan kisaran 1 sampai 4 menit. 

Selasa, 29 Januari 2013

Jumlah Penduduk dan Jumlah Kursi DPRD 2014

Data Agregat Kependudukan Per Kecamatan
Berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor: 08/Kpts/KPU/Tahun 2013 tentang Jumlah Penduduk Provinsi dan Kabupaten/Kota, serta Jumlah Kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota Pemilihan Umum Tahun 2014 ditetapkan bahwa jumlah penduduk Kabupaten Kapuas pada tahun 2014 adalah 412.830 orang dan jumlah kursi DPRD Kabupaten Kapuas adalah sebanyak 40 kursi.

Sumber: Komisi Pemilihan Umum

Senin, 28 Januari 2013

Pilkada Kapuas Menunggu Jadwal di Mahkamah Konstitusi

Pada hari Senin, 28 Januari 2013, Informasi Kapuas menelpon Mahkamah Konstitusi untuk menanyakan jadwal dari kasus Pilkada Kapuas. Mereka mengatakan bahwa sampai sekarang belum diagendakan. Melihat jadwal sidang di MK sudah terisi sampai tanggal 8 Februari 2013, kami menanyakan apakah masih dimungkinkan jadwal tersebut disisipkan pada jadwal yang ada. Mereka menjawab bahwa hal tersebut dimungkinkan.

Setelah menghubungi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kapuas didapatkan informasi bahwa mereka sedang mempersiapkan berkas laporan hasil Pemungutan Suara Ulang dan akan membawanya besok hari ke Mahkamah Konstitusi.

Sementara kubu Mawardi-Herson sudah bersiap-siap dengan para saksinya untuk menggugat hasil Pemungutan Suara Ulang yang mereka nilai penuh dengan praktek "money politic". Disisi yang lain, dalam koran Kalteng Pos kita saksikan iklan satu halaman yang dibuat oleh kubu Ben-Jirin yang mengucapkan terima kasih kepada para relawan dan masyarakat Kabupaten Kapuas atas kemenangan mereka pada pilkada ini.

Minggu, 27 Januari 2013

Blog Tentang Kapuas Untuk Berita Terkini

Sejak tanggal 14 Desember 2012, permata asli mulai menulis di blog INFORMASI KAPUAS, BERITA KAPUAS, KUALA KAPUAS, KABUPATEN KAPUAS, KALIMANTAN TENGAH. Sampai saat admin menulis artikel ini, sudah ada 182 tulisan yang dimuat dalam blog ini.

Tulisan dalam blog ini berisi berbagai macam artikel tentang Kabupaten Kapuas yang diambil dari berbagai macam sumber seperti Kalteng Pos, Banjarmasin Post, Kantor Berita Antara dan dari sumber tangan pertama.

Selain membuat blog, permata asli juga sudah memiliki akun di Google Plus dan YouTube. Akun di Google Plus memuat semua artikel yang ada di blog dan akun di YouTube saat dikunjungi hari ini sudah memiliki enam buah video.

Jumat, 25 Januari 2013

Khataman Qur'an, Maulid Nabi dan Praktek Penyelenggaraan Jenazah SMPN 1 Selat

Praktek Penyelenggaraan Jenazah
Pada hari Kamis, 24 Januari 2013 SMPN 1 Selat menyelenggarakan kegiatan Khataman Qur'an yang diikuti oleh para siswa-siswinya yang diselenggarakan di Masjid Raudhatul Jannah.
Khataman Qur'an
Setelah kegiatan khataman Qur'an dilanjutkan dengan ceramah Maulid Nabi Muhammad SAW yang disampaikan oleh Bapak Masrawan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas.
Ceramah Maulid Nabi
Setelah ceramah maulid diselenggarakan kegiatan Praktek Penyelenggaraan Jenazah dimana dipraktekkan tatacara penyelenggaraan jenazah mulai dari memandikan sampai menyolatkan jenazah.

Kamis, 24 Januari 2013

Hasil Pemungutan Suara Ulang Pilkada Kapuas

Penghitungan suara di Kelurahan Selat Hulu (24 Januari 2013)
Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Formulir C1 dari salah satu kandidat, maka didapatkan hasil Pemungutan Suara Ulang Pilkada Kapuas tanggal 23 Januari 2013 sebagai berikut:

  • Ben - Jirin : 6.029
  • Surya - Taufik :    433
  • Mawardi - Herson : 7.587
Meskipun unggul dalam pemungutan suara ulang ini, pasangan Mawardi - Herson kalah 406 suara dibandingkan dengan pasangan Ben - Jirin bila semua suara ditotalkan.

Selasa, 22 Januari 2013

Pelantikan Pengurus PMI Provinsi Kalteng oleh Jusuf Kalla

Pada hari Senin, 21 Januari 2013 bertempat di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah, Jl. RTA Milono No. 1, Palangka Raya, diselenggarakan kegiatan Pelantikan Pengurus PMI Provinsi Kalimantan Tengah. Pelantikan ini dilakukan oleh Ketua Umum Palang Merah Indonesia. Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla. Beliau datang bersama rombongan pengurus pusat yaitu Dr. dr. Hj. Ulla Nurchrawaty Usman, MM dan H. Muhammad Muas, SH. 

Pengurus provinsi yang dilantik sebanyak 13 orang yang terdiri dari unsur birokrat, profesional, pengusaha dan perwakilan perempuan. Pelantikan ini selain dihadiri oleh undangan dari pejabat Pemda Provinsi Kalimantan Tengah, juga dihadiri oleh 10 PMI Kabupaten yang ada di Kalimantan Tengah. Pengurus PMI Kabupaten Kapuas yang menghadiri pelantikan tersebut adalah Drs. Nurul Edy, MSi, H. Agung Suyatno dan Jum'atil Fajar.

Setelah kegiatan pelantikan dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Palang Merah Indonesia bagi para pengurus provinsi yang baru serta parar pengurus PMI Kabupaten yang menghadiri acara tersebut. Narasumber kegiatan ini adalah Ibu Ulla. Kegiatan sosialisasi terpaksa dihentikan karena terjadi pemadaman bergilir di kantor gubernur dan petugas genset sedang tidak berada di tempat.

Senin, 21 Januari 2013

Musim Hujan Membawa Berkah

Tempat Cuci Motor di Jalan Trans Kalimantan, Kelurahan Barimba 
Diantara warga masyarakat yang sangat menyukuri datangnya musim hujan adalah para pencuci motor di Jalan Trans Kalimantan, Kelurahan Mambulau, Kecamatan Kapuas Hilir. Lokasi tempat cuci motor ini cukup strategis yaitu di dekat pintu gerbang Kota Kuala Kapuas. Bagi masyarakat yang ingin memasuki kota Kuala Kapuas dengan motor yang bersih setelah melalui jalan yang becek, baik dari handil atau akibat jalan yang basah, mereka bisa melaukannya ditempat ini.

Mengingat banyaknya orang yang mencuci motor ditempat yang kecil ini, satu motor langsung dikerubuti beberapa orang, jadi hanya dalam waktu beberapa menit saja, motor sudah bersih. 

Pembangunan Masjid Agung Al-Mukarram Terus Berlanjutr

Masjid Agung Al-Mukarram (20/01/2013)
Masjid Agung Al-Mukarram terus berbenah. Cat masjid yang awalnya cuma ada di bagian depan saja, sekarang sudah memenuhi seluruh sisi masjid. Bila merujuk pada tahapan pembangunannya maka pada tahun 2013 ini kita harapkan masjid yang mengelilingi masjid bisa diselesaikan, sehingga keasrian masjid ini bisa dirasakan oleh masyarakat.

Minggu, 20 Januari 2013

Menelusuri Bekas Pemukiman Madura di Sei Pasah

Pada hari Sabtu, 19 Januari 2013, Informasi Kapuas melakukan penelusuran pemukiman Madura di Sei Pasah. Ketika sampai di depan Kantor Kelurahan Sei Pasah, motor dibelokkan ke kiri memasuki Jalan Sei Pasah Darat. Jalan tanah ini cukup baik. Setelah masuk beberapa ratus meter, Informasi Kapuas bertanya kepada seorang ibu yang sedang asyik minum teh diberanda rumahnya, tentang bekas pemukiman Madura di sekitar daerah ini. Sang ibu menjawab tidak tahu karena dia baru dua tahun tinggal disini.
Lokasi salah satu pekuburan Madura
Ditengah jalan, Informasi Kapuas bertemu seorang Bapak yang sedang menyemprot lahannya. Ketika ditanyakan tentang bekas pemukiman Madura, beliau menjelaskan bahwa disekitar tempat kami berada ini dulu ada beberapa pemukiman Madura. Pemukiman tersebut tersebar di beberapa tempat. Beliau menunjuk satu tempat yang ketika beliau sedang memburu burung, ada kuburan orang-orang Madura. Ketika Informasi Kapuas menuju tempat yang ditunjuk sayang tidak ada jalan menuju ke sana (semak belukar).
Jalan ke Sei Pasah Dalam
Informasi Kapuas melanjutkan perjalanan ke Sei Pasah Dalam (Sei Pasah Darat). Sebagaimana yang disampaikan oleh Bapak yang ditemui di jalan tadi, jalan ini licin. Mengingat jalan ini tidak lagi dilalui, maka jalan ini  menjadi sempit oleh ilalang dan rumput serta jalannya tidak terawat. Dibeberapa tempat badan jalan sudah tertutup rumput.
Lahan terbuka diantara kebun-kebun karet
Setelah melewati kebun karet sampailah Informasi Kapuas di hamparan lahan terbuka yang membentang cukup luas. Menurut keterangan warga di Sei Pasah Dalam, jalan yang baru dilewati ini sebenarnya bukan jalur pemukiman Madura, karena ini adalah jalan yang baru yang dibuat menyusuri sungai. Jalur pemukiman Madura itu bentuknya seperti setengah lingkaran.
Jalan menuju Sei Pasah Dalam
Juga  menurut keterangan warga di Sei Pasah Dalam, warga Madura di lokasi ini baru bisa kembali ke tempat ini setelah 25 tahun sejak tahun 2001 yang lalu. Mengenai tanah yang ada di bekas pemukiman Madura pun sekarang sudah banyak yang berpindah tangan. Dikhawatirkan banyak pihak yang mengaku memiliki tanah yang sama pada tempat yang sama (kepemilikan tumpang tindih).

Sabtu, 19 Januari 2013

Personnel & GA Officer - PT Lifere Agro Kapuas

Personnel & GA Officer - PT Lifere Agro Kapuas:

Lowongan pekerjaan di PT. Lifere Agro Kapuas (perusahaan sawit yang beroperasi di UPT Lamunti C4).
'via Blog this'

Geber PSN di Kelurahan Selat Dalam

Sambutan dari Lurah Selat Dalam
Pada hari Jum'at, 18 Januari 2013 di Kantor Selat Dalam diselenggarakan kegiatan Pencanangan Gerakan Bersama Pemberantasan Sarang Nyamuk (Geber PSN). Kegiatan ini merupakan inisiatif dari Pak Lurah, Rasidi sebagai tindak lanjut dari rapat koordinasi di Pemda Kapuas.
Warga Kelurahan Selat Dalam membersihkan lingkungan
Warga masyarakat diminta untuk membawa sapu lidi dan tempat sampah untuk membersihkan lingkungan mereka. Kegiatan ini dilaksanakan di RT 5 dan RT 19 Kelurahan Selat Dalam. Lebih dari 20-an orang warga masyarakat yang terlibat dalam kegiatan ini.

Kamis, 17 Januari 2013

Kemana Setelah SLTA ?

Info Perguruan Tinggi Kedinasan yang mungkin bermanfaat buat anak sendiri, keponakan, atau anak tetangga yang ingin kuliah tapi tidak ingin membebani biaya kuliah kepada orang tua.

  1. STIS – di bawah Badan Pusat Statistik (dapat uang saku per bulannya Rp. 850.000, pendaftaran online di www.stis.ac.id). Lokasi kuliah Jakarta
  2. AKAMIGAS-STEM – Akademi Minyak dan Gas Bumi (Sekolah Tinggi Enerji dan Mineral) di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI. Lokasi kuliah Cepu, Jawa Tengah (Kawasan Rig dan pengeboran minyak) – Info bisa dilihat di www.akamigas-stem.esdm.go.id
  3. MMTC – Sekolah Tinggi Multi Media Training Center di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo). Pendaftaran online di www.mmtc.ac.id. Lokasi kuliah di Yogyakarta
  4. STSN – Sekolah Tinggi Sandi Negara – di bawah Lembaga sandi Negara. Pendaftaran online di www.stsn-nci.ac.idLokasi kuliah di Bogor
  5. STKS – Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial di bawah Kementerian Sosial RI. Pendaftaran offline di Kemenkes RI, Bandung, Yogyakarta, Padang, Banjarmasin, Makassar, Jayapura, Palu. Info diwww.stks.ac.id 
  6. STPN – Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional di bawah Badan Pertanahan Nasional RI. Pendaftaran online di www.stpn.ac.id Lokasi kuliah Yogyakarta 
  7. IPDN – Institut Pemerintahan Dalam Negeri di bawah Kementerian Dalam Negeri RI. Pendaftaran offline di Bagian Kepegawaian Daerah Kabupaten/ Kota seluruh Indonesia. Lokasi kuliah Jakarta, Pekanbaru, Manado, Bukittinggi, Makassar. 
  8. AKIP – Akademi Ilmu Permasyarakatan di bawah Kementerian Hukum dan HAM. Pendaftaran online di www.depkumham.go.idatau www.ecpns-kemenkumham.go.id Lokasi kuliah di Depok. 
  9. Polri- untuk pendaftaran bisa search di www.penerimaanpolri.go.id 
  10. AMG (Akademi Meteorologi dan Geofisika) jenjang D3, ada 4 jurusan yaitu; Meteorologi, Klimatologi, Geofisika dan Instrumentasi. Lama pendidikan 3 tahun ditambah tahun kedua adalah praktek 1 tahun di UPT BMKG total 4 tahun, dan di tahun kedua mengikuti Prajab. Tahun ketiga kembali ke kampus utk menyelesaikan tingkat 2 dan 3. Lokasi di Pondok Betung lihat di http://www.amg.ac.idPengumuman penerimaan juga dimuat di http://www.bmkg.go.id
Dihimpun dari mailing list [du'at]. 

Masih Banyak Yang Bakar Sampah

Siluet pembakaran sampah organik
Siluet diatas diambil di tempat pembuangan sampah yang terletak di muara Jalan Jawa dengan Jalan Ahmad Yani, Kuala Kapuas. Menariknya pembakaran ini Informasi Kapuas saksikan saat para petugas kebersihan sedang mengambil sampah disana. Sampah yang dibakar adalah batang pohon yang dibuang ke tempat sampah.
Bakar sampah di tempat pembuangan sampah
Ketika hari sudah agak terang, Informasi Kapuas juga menyaksikan sampah yang dibakar di tempat pembuangan sampah di Jalan Ahmad Yani, Kuala Kapuas. Menurut keterangan dari tim Adipura Kabupaten Kapuas, pembakaran sampah ini akan mengurangi penilaian Adipura. Hal ini mungkin menjadi salah satu penyebab Kabupaten Kapuas belum berhasil meraih Piala Adipura. 

Rabu, 16 Januari 2013

Jadwal Kunjungan Spesialis Mata Januari - April 2013


  • Sabtu, 19 Januari 2013 - dr. Etty E.S, Sp.M
  • Sabtu, 16 Pebruari 2013 - dr. Agus F. Razak, Sp. M
  • Sabtu, 6 Maret 2013 - dr. Hamdanah, Sp. M
  • Sabtu, 22 April 2013 - dr. M. Ali Faisal, Sp. M, MSc
Sumber: RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo

Selasa, 15 Januari 2013

Pengguna NaPZA Dapat Dirawat Di RS Jiwa Sambang Lihum

Informasi Kapuas mendapatkan pertanyaan seputar kemana para pengguna NaPZA (Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif) dirujuk. Untuk menjawab pertanyaan tersebut kami menghubungi dr. Adhi Wibowo Nurhidayat, Sp.KJ, MPH dari Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Jakarta. Beliau menyampaikan bahwa sekarang rumah sakit jiwa diharapkan mampu merawat pasien-pasien pengguna NaPZA. Menurut keterangan beliau, Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum (Kalimantan Selatan) sekitar dua minggu yang lalu berlatih di RSKO Jakarta mengenai perawatan pasien pengguna NaPZA. Jadi rumah sakit ini bisa dijadikan sebagai rujukan bagi pasien pengguna NaPZA.

Ketika Informasi Kapuas menanyakan apakah Rumah Sakit Jiwa Kalawa Atei yang ada di Palangka Raya juga sudah melakukan pelatihan di RSKO Jakarta. Dokter Adhi Wibowo menyatakan bahwa mereka belum menerima kunjungan dari rumah sakit tersebut. 

Senin, 14 Januari 2013

Polisi Bubarkan Acara Maulid di Kabupaten Kapuas



Video diatas diunggah oleh Kafilah Arab pada tanggal 13 Januari 2013.

Donor Darah Dalam Rangka HUT Satpam

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Satpam, para satpam yang ada di Kuala Kapuas menyelenggarakan kegiatan donor darah. Perwakilan Satpam dari rumah sakit, beberapa bank dan perusahaan swasta mendonorkan darahnya di Unit Transfusi Darah RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo. Ketika Informasi Kapuas mengunjungi UTD-RS, sudah ada dua belas kantong yang berhasil diperoleh dari kegiatan donor darah Satpam ini. Kegiatan ini rutin dilakukan oleh para satpam pada peringatan ulang tahunnya. 

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Baru

Sejak hari Sabtu, 14 Januari 2013, dr. Makmun, Sp. PD, dokter spesialis penyakit dalam baru sudah mulai bertugas di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo. Beliau menggantikan dr. Agus Nurohman, Sp.PD yang sejak akhir bulan Desember 2012 yang lalu sudah menyelesaikan tugasnya di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo.

dr. Makmun, Sp. PD akan bertugas di rumah sakit sampai dr. Gusti Haryadi Maulana menyelesaikan pendidikan sebagai dokter spesialis penyakit dalam di Universitas Gadjah Mada.

Minggu, 13 Januari 2013

Pramuka Peduli Donor Darah dan Penghijauan

Pemeriksaan Tekanan Darah dan Golongan Darah
Pada hari Minggu, 13 Januari 2013, Dewan Kerja Cabang Gerakan Pramuka Kapuas yang dikoordinir oleh Kak Rahma Fitri Awal menyelenggarakan kegiatan Pramuka Peduli Donor Darah dan Penghijauan. Kegiatan ini diawali dengan Senam Pramuka bersama kemudian dilanjutkan dengan makan bubur kacang hijau.

Sedangkan kegiatan upacaranya diawali dengan sambutan dari Ketua Kwartir Cabang yang diwakilkan kepada Kak Sriaji. Kemudian sambutan oleh Palang Merah Indonesia Kabupaten Kapuas disampaikan oleh H. Agung Suyatno. Setelah itu dilakukan penyerahan bibit dari Kwarcab ke PMI sebagai tekad kebersamaan dalam membantu sesama.
Pengambilan darah dari para donor
Kegiatan donor darah dimeriahkan oleh Hotspot Entertainment, Perkusi SMPN 4 Selat asuhan Saiful Anwar dan Parade Puisi Dewan Kesehatan Kapuas.

Sumber: Rahma Fitri Awal

Sabtu, 12 Januari 2013

Pramuka Peduli - Iklan

Salam Pramuka

Kami mengajak Kakak sekalian untuk dapat mendonorkan darahnya pada kegiatan PRAMUKA PEDULI yang akan diselenggarakan pada hari Minggu, 13 Januari 2013 pukul 07.00 sampai selesai di halaman kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Jalan Maluku, sebelah kantor Orari,  RAPI dan Polsekta.


Sumber: Ahmed Ibnu Sanusi

Jumat, 11 Januari 2013

Parkir Khusus Becak

Parkir khusus becak
Bila kita memasuki perempatan Jalan Melati dengan Jalan Anggrek di depan Masjid Al-Ikhlas, Kuala Kapuas maka di depan masjid tersebut terdapat plang yang berbunyi bahwa kendaraan roda dua dilarang untuk parkir di Jalan Melati disepanjang pasar. Tempat itu hanya boleh menjadi parkir bagi becak.

Sebagaimana tampak dalam foto diatas, tampak bahwa pengumuman tersebut kurang mendapat perhatian dari warga Kapuas terbukti dengan masih banyaknya kendaraan roda dua yang masih parkir di pinggir jalan. Hal ini mengakibatkan jalan Melati di dekat pasar tersebut menjadi sangat sempit.

Rabu, 09 Januari 2013

Bekam Wajah Untuk Atasi Jerawat

Ustadz Gatot Setyawan
Informasi diatas disampaikan oleh Bapak Gatot Setyawan, Trainer Bekam, lulusan Akademi Farmasi Islam "RADIX" Jakarta saat wawancara dengan Informasi Kapuas setelah pelatihan Bekam di SDIT Al-Amin Kapuas, Jl. Barito Gg. XI, Kuala Kapuas yang dilaksanakan pada hari Minggu, 6 Januari 2013.

Pelatihan bekam yang sudah berjalan selama dua minggu ini dilakukan untuk membuat para peserta betul-betul terampil dalam melaksanakan kegiatan bekam. Bekam wajah ini menurut Bapak Gatot dilakukan dengan tusukan yang tidak terlalu dalam (hanya seperberapa milimeter) pada titik-titik tertentu pada wajah. Diharapkan tusukan ini dapat membantu mengatasi masalah jerawat.


Selasa, 08 Januari 2013

PMI Kapuas Ikuti Lokakarya Desain Komunikasi Perubahan Perilaku

Peserta dari PMI Kapuas sedang mengerjakan Survei Awal
Mulai tanggal 8-11 Januari 2013, kepala markas dan dua orang staf PMI Kabupaten Kapuas mengikuti Lokakarya Desain Komunikasi Perubahan Perilaku yang diselenggarakan di Hotel Amaroossa, Jl. Aceh, Bandung, Jawa Barat. Kegiatan ini disponsori oleh American Redcross dan Spanish Redcross bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia.

Kegiatan ini ditujukan bagi daerah-daerah yang memiliki kegiatan yang salah satu tujuannya adalah perubahan perilaku dari masyarakat, baik menyangkut masalah kesehatan maupun kesiapan mereka dalam menghadapi bencana. Hadir dalam pertemuan ini wakil dari Aceh, Sumatera Barat, Jakarta, Cilacap, Wonogiri dan Nusatenggara Barat.

Dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan para peserta memiliki pengetahuan dan ketrampilan untuk mengimplementasikan Kerangka Kerja Desain Komunikasi Perubahan Perilaku.pada lokasi proyeknya masing-masing.

Senin, 07 Januari 2013

Bantuan MCK dari Bank Mandiri Untuk Ponpes Al-Amin

Foto bersama di depan MCK (courtesy of Ponpes Al-Amin Kapuas)
Pada hari Sabtu, 29 Desember 2012 yang lalu, dilakukan serah terima bantuan sarana Mandi, Cuci, Kakus (MCK) dan Sumur Bor dari Bank Mandiri untuk Pondok Pesantren Al-Amin Kapuas. Penyerahan bantuan ini langsung dilakukan oleh Kepala Bank Mandiri Cabang Kapuas.

Foto bersama di depan Sumur Bor (Courtesy of Ponpes Al-Amin Kapuas)
Bantuan ini merupakan Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) Bank Mandiri Cabang Kapuas. Bank Mandiri mengirim bantuan dana melalui rekening pondok pesantren Al-Amin Kapuas. Dari bantuan yang diberikan tersebut dibangunlah MCK dengan tiga pintu dan tempat mandi di depannya. Keberadaan MCK ini sangat membantu para santri dan para guru yang tinggal di pondok pesantren.

Minggu, 06 Januari 2013

Kantor PT Borgo Kelana Tour Cab Kuala Kapuas Kalteng



PT. Kelana Tour & Travel ini terletak di Jl. Anggrek, di depan Madrasah Islamiyah, Kuala Kapuas. Nomor teleponnya adalah (0513) 22536. Manager area Kuala Kapuas adalah Ust. H. Hasnanudin (081349116879).
PT

Jumat, 04 Januari 2013

Pembuatan Kue Pukis



Pembuat kue pukis diatas terletak di Jalan Kapuas, di dekat pasar ikan, Kuala Kapuas. Penjual kue pukis ini berjualan mulai pagi hari. Pelanggannya pun cukup banyak. Harga satu buahnya adalah Rp 500. Tampak bahwa persiapan bahan untuk pembuatan kue ini sudah dipersiapkan dengan baik. Video diatas direkam pada hari Senin, 31 Desember 2012.

Kamis, 03 Januari 2013

Kelakai - Khas Kalimantan


Sayur Kelakai
Kelakai adalah pakis khas Kalimantan. Tanaman ini biasa dijadikan sayur yang dimasak dengan ditumis, sebagaimana tampak dalam gambar dibawah ini:
Satu ikat Kelakai setelah ditumis
Satu ikat kelakai harganya Rp 500 dan kalau ditumis jadinya pas untuk porsi satu orang, sebagaimana tampak dalam gambar dibawah ini.
Satu ikat kelakai saat disajikan di piring makan

Kelakai sudah mulai dibuat sebagai keripik oleh Flamboyan 108 dan sempat tampil dalam acara Koki Cilik-nya Trans 7.

Mengingat masih banyak kelakai yang tumbuh dimana-mana (daerah gambut), maka masih banyak masyarakat yang menjadikannya sebagai salah satu sayuran alternatif bagi hidangan mereka.

Rabu, 02 Januari 2013

SMADA Kuala Kapuas angkatan 2007



Video diatas berisi foto-foto kenangan anak-anak SMAN 2 Kuala Kapuas Angkatan 2007 yang disajikan dalam bentuk slideshow diiringi dengan lagu. Video ini diunggah oleh Ziggy L'arc HydeTetsu pada 1 Januari 2013.

Ikan Asin - Masih Menjadi Favorit

Berbagai macam ikan asin
Salah satu pedagang ikan asin di Pasar Sari Mulia, Kuala Kapuas mengungkapkan bahwa saat ini ikan asin yang banyak tersedia adalah ikan asin yang berasal dari ikan laut seperti ikan talang, ikan selongsongan dan lain-lain. Harga ikan asin talang cukup mahal, satu kilonya bisa mencapai Rp 70.000. Ikan asin ini memang merupakan kesukaan masyarakat sehingga tersedia dalam ukuran beberapa ons. 

Selasa, 01 Januari 2013

INFORMASI KAPUAS (Jilid 8)

INFORMASI KAPUAS (Jilid 8)
 Buku diatas berisi berbagai informasi tentang Kabupaten Kapuas mulai tanggal 1 Juli sampai 31 Desember 2012.

Harga Rambutan Bertahan di Rp 2.500

Rambutan Antalagi, Timbul dan Batuk
Rambutan sudah musim di Kuala Kapuas. Meskipun demikian harga rambutan masih bertahan pada angka Rp 2.500. Harga ini cukup layak bagi para pedagang, sehingga mereka masih mendapatkan untung yang cukup besar dalam perdagangan mereka. Daya beli masyarakat yang cukup tinggi membuat buah ini tetap menjadi favorit bagi mereka.