Ketersediaan Darah di UTD-RS

Stok darah per 24 Agustus 2014:

A = 7; B = 12, O = 1, AB = 3

Sumber: Debi (UTD RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo)

Kamis, 28 Februari 2013

Berita Tentang Sidang Pemilukada Kapuas 27 Februari 2013 di Mahkamah Kon...


Video diatas merupakan pelengkap artikel tentang Sidang Pemilukada Kapuas tanggal 27 Februari 2013 di Mahkamah Konstitusi.

Slide Show XII IPA 2 MAN Selat Kapuas 2013


Video diatas diunggah oleh raja ihya pada tanggal 23 Februari 2013.

PSU Pemilukada Kab. Kapuas, Para Saksi Sampaikan Praktik Politik Uang dan Intimidasi oleh Pemohon | Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia

PSU Pemilukada Kab. Kapuas, Para Saksi Sampaikan Praktik Politik Uang dan Intimidasi oleh Pemohon | Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia:

Tautan diatas berisi berita yang dimuat oleh Mahkamah Konstitusi tentang Sidang Pemilukada Kabupaten Kapuas yang berlangsung pada hari Rabu, 27 Februari 2013. Dalam tautan diatas juga tersedia videonya. Untuk informasi lebih lanjut silahkan klik tautan diatas.

Rabu, 27 Februari 2013

Risalah Sidang Pemilukada Kapuas 27 Februari 2013

Risalah ini berisi proses persidangan pembuktian (VI) dimana para saksi dari terkait (tim Mawardi dan Herson) memberikan keterangan kepada dewan hakim. Besok, Kamis, 28 Februari 2013 pukul akan didengar keterangan saksi dari pihak pemohon (tim Ben-Jirin). Pihak termohon (KPU Kapuas) tidak mengajukan saksi tambahan.

Sidang Pemilukada Kapuas - 27 Februari 2013

Pada hari Rabu, 27 Februari 2013 pukul 09.30 - 11.000 WIB berlangsung sidang pembuktian pada perkara Pemilukada Kabupaten Kapuas Tahun 2012. Dalam sidang ini hakim mendengarkan kesaksian dari 14 orang saksi yang diajukan oleh pihak terkait (pasangan Mawardi dan Herson). Setelah mendengarkan kesaksian tersebut, sidang dihentikan dan akan dilanjutkan pada hari Kamis, 28 Februari 2013 pukul 15.30 WIB. Sidang ini dapat disaksikan secara langsung melalui MKTV di situs Mahkamah Konstitusi (www.mahkamahkonstitusi.go.id). 

Selasa, 26 Februari 2013

Menkes Kunjungi RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo

Direktur RS (kedua dari kiri) berbincang dengan Ibu Menteri Kesehatan
Pada hari Selasa, 26 Februari 2013 sore hari, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH mengunjungi RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo, Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Kunjungan ini dilakukan setelah beliau memberikan sambutan dalam pertemuan Balai POM Tingkat Nasional dan Rapat Kerja Kesehatan se-Kalimantan Tengah yang diselenggarakan di Palangka Raya.

Dalam kunjungan ini, setelah beristirahat sejenak beliau mulai mengunjungi Instalasi Gawat Darurat, kemudian ke ruang PONEK. Beliau melanjutkan perjalanan ke Ruang Kenanga (Ruang Perawatan Bedah). Di ruang ini beliau berbincang dengan salah seorang pasien. Kemudian beliau melanjutkan kunjungan ke Ruang Dahlia (Ruang Perawatan Anak). Setelah itu beliau meninggalkan Kapuas menuju ke Banjarmasin.

Uji Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMKN 3 Kuala Kapuas


Video diatas diunggah oleh Bapak Sahman Kaelani pada hari Jum'at, 22 Februari 2013.

Senin, 25 Februari 2013

Mengisi Waktu Luang di Basarang

Perawat Anestesi dan Spesialis Obsgin
Dokter spesialis kandungan dan kebidanan (Obsgin), perawat anestesi dan kamar bedah melakukan perjalanan ke Desa Mintin Basarang km 19.5. Kami berkunjung ke salah satu pasien yang sampai sekarang masih teratur berobat ke RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo. Kunjungan ini lakukan untuk menjalin silaturahmi antara pasien dan petugas kesehatan. Dalam perjalanan ini kami juga sempat berjalan ke kebun rambutan dan kebun cempedak karena buah-buah ini sangat lezat dan sedang musim di Kapuas.
Perawat Kamar Bedah
Tulisan kiriman Hipni

Foto Juara 1 Yel-yel Tingkat SLTP

TwitrPix
Shared using TwitrPix

Rudal dari KODIM K. Kapuas ,, juara 1 Yel yel tingkat SLTP :) sebelah kanan Jesicca. S , tengah Rahmi , sebelah kiri ester J.S (diunggah oleh SMPN 1 Selat di TwitrPix)

 

Galeri Prestasi PMR Tahun 2013 - Hari Terakhir

PMR Wira sedang mengevakuasi korban
Minggu, 24 Februari 2013 merupakan hari terakhir dari Galeri Prestasi Palang Merah Remaja (GPP) yang diselenggarakan di lingkungan SMAN 3 Kuala Kapuas. Kegiatan pada hari terakhir ini adalah "hiking". Para relawan PMR diharapkan bisa melakukan berbagai macam ketrampilan yang mereka miliki selama mengikuti kegiatan PMR. Para peserta diminta untuk bisa melakukan identifikasi tas pertolongan pertama, membuat tandu, melakukan evakuasi terhadap korban melalui tempat-tempat sulit.

Setelah kegiatan "hiking" selesai, dilaksanakan upacara penutupan dimana dibagikan piala untuk masing-masing lomba. Selain menyediakan piala, panitia juga menyediakan bingkisan dan tas Pertolongan Pertama sebagai hadiah.

Minggu, 24 Februari 2013

Berselancar di Blog, Meningkatkan Kapasitas




Kader-kader KAMMI Komisariat Kuala Kapuas mengadakan pelatihan pembuatan blog pada hari Minggu, 24 Februari 2013 bersama Bapak Jum'atil Fajar, pengelola blog Informasi Kapuas. Tema pelatihan ini adalah "Berselancar di Blog, Meningkatkan Kapasitas. Dengan adanya pelatihan ini, para kader diharapkan juga memiliki kualitas diri dalam kompetensi IJDK,(indeks jati diri kader). Inti dari kompetensi ini adalah agar para kader tidak  hanya memiliki kapasitas spiritual, tetapi juga memiliki kualitas diri dalam bidang teknologi dan informasi.sebagai persiapan untuk menjadi pemimpin yang mapan di masa depan.

Lomba Poster - Galeri Prestasi Palang Merah Remaja PMI Kabupaten Kapuas ...



Lomba poster ini dilaksanakan pada hari Jum'at, 22 Februari 2013 di Markas PMI Kabupaten Kapuas, Jl. Untung Surapati No. 5, Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

Sabtu, 23 Februari 2013

Galeri Prestasi PMR Tahun 2013 - Hari Kedua

Lomba Pertolongan Pertama PMR Madya
Pada hari Sabtu, 23 Februari 2013 ini, para peserta Galeri Prestasi PMR mengikuti beberapa lomba yaitu lomba cerdas-cermat, lomba baris berbaris, lomba pertolongan pertama dan lomba pentas seni. Tempat lombanya adalah di MAN Selat, MTsN Selat, SMKN 3 Kuala Kapuas dan SMAN 2 Kuala Kapuas.

Pada kegiatan pentas seni diisi oleh berbagai macam penampilan, mulai dari paduan suara, drama, atraksi ketrampilan, pencak silat dan pembacaan puisi. Kegiatan pentas seni berakhir cukup larut malam.

Depot Es Baaburrizqi (Pintu Rezeki)

Jus Alpukat Depot Es Baaburriqi
Depot es ini terletak di Jalan Tambun Bungai, tepat di seberang Masjid At-Taqwa, Kuala Kapuas. Depot ini menyediakan es campur, es teler dan aneka jus. Buah-buahannya dibeli dari toko buah yang ada di seberang jalan. Sebelum membuka depot es ini, pemiliknya pernah mengelola warung makan. Menurutnya depot es ini lebih ringan pekerjaannya dibandingkan dengan warung makan. Ketika mengelola warung makan, dia harus bangun pagi-pagi sekali untuk mempersiapkan makanan di warungnya. Pengelolaan depot es ini tidak serepot itu.

Kompetensi Jaringan Komputer - SMKN 3 Kuala Kapuas

Kantor SMKN 3 Kuala Kapuas
Kita patut mengacungkan jempol kepada SMKN 3 Kuala Kapuas yang telah berhasil kembali bangkit setelah keterpurukan selama ini. Sekolah ini sempat tidak mendapat perhatian dari para siswa dan juga pemerintah daerah. Namun dengan kerja dari semua pihak terkait, sekolah ini mampu bangkit kembali dan memiliki satu keunggulan yang tidak dimiliki oleh sekolah lain yaitu bidang teknologi informasi.

Para lulusan teknologi informasi sudah memiliki kompetensi merakit komputer kemudian membuat jaringan antar komputer dan merekapun sudah diberikan ketrampilan untuk memblog situs-situs tertentu. Kompetensi yang dimiliki oleh para siswa membuat mereka menjadi tenaga yang dicari-cari oleh lapangan kerja mengingat kompetensi ini masih cukup langka di Kapuas.

Jumat, 22 Februari 2013

Galeri Prestasi PMR Tahun 2013 Hari Pertama

Peserta Lomba Poster SMAN 1 Kuala Kapuas
Pada hari Jum'at, 22 Februari 2013 bertempat di halaman SMAN 2 Kuala Kapuas diselenggarakan pembukaan Galeri Prestasi PMR Palang Merah Indonesia Kabupaten Kapuas. Pembukaan ini diikuti oleh seluruh peserta dari tingkat SLTP dan SLTA se-Kabupaten Kapuas, dengan peserta terjauh berasal dari Dadahup.

Setelah pembukaan, peserta dibagi berdasarkan jenis lomba yang mereka ikuti. Pada hari pertama ini jenis lombanya adalah Lomba Tandu dan Lomba Poster. Lomba pembuatan tandu ini diselenggarakan di halaman SMAN 2 Kuala Kapuas, sedangkan lomba poster diselenggarakan di Markas PMI Kabupaten Kapuas di Jalan Untung Surapati No. 5, Kuala Kapuas.

Kebab Turki Baba Rafi

Kebab ini terletak di depan Wartel Tiara (Samping Apotik Mujarab), Jalan Tambun Bungai, Kuala Kapuas. Meskipun namanya Kebab Turki, tempat ini juga menjual:

  • Beef Burger - Rp 11.000
  • Wiener Jumbo - Rp 16.000
  • Chicken Burger - Rp 11.000
  • Burger Crispy - Rp 12.000
  • Kebab - Rp 16.000
  • HotDog - Rp 11.000
  • Syawarma - Rp 12.000
  • HotDog Jumbo - Rp 15.000
  • Double Burger - Rp 17.000

Kamis, 21 Februari 2013

27 Februari 2013 - Sidang Pembuktian Pilkada Kapuas di Mahkamah Konstitusi

27 Februari 2013 pukul 09.30 WIB

  • Nomor Perkara: 94/PHPU.D-X/2012
  • Pokok Perkara: Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Kapuas Tahun 2012
  • Pemohon: Ben Brahim S. Bahat dan H. Muhajirin (No. Urut 1) Kuasa Hukum: Baron Ruhat Binti, S.H., M. Hum, dkk
  • Acara Sidang: Pembuktian (VI)


Poliklinik VCT di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo

Dalam rangka memperluas pelayanan tentang pencegahan dan penanganan masalah HIV/AIDS, RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo sejak tanggal 19 Februari 2013 yang lalu sudah membuka klinik VCT. Klinik ini akan memberikan konseling kepada pasien yang ingin mengetahui status dirinya apakah mengidap virus HIV atau tidak. Klinik ini terbuka untuk umum.

Mengingat saat ini banyak kemungkinan orang untuk tertular virus HIV, seperti melalui hubungan seks yang tidak aman, melalui jarum suntik, melalui transfusi darah, maka bagi mereka yang beresiko tinggi tersebut disarankan untuk memeriksakan dirinya ke Poliklinik VCT. Poliklinik ini terletak di Paviliun RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo.

Studi Banding ke RSUD Dr. Moewardi Surakarta

Mulai tanggal 21-24 Februari 2013, tim penilai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kapuas bersama tim manajemen rumah sakit melakukan studi banding ke RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Studi banding ini dilakukan untuk menggali pengalaman dari rumah sakit yang sudah menjadi BLUD serta lebih mendalami masalah pengelolaan keuangannya.

Pihak RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo menargetkan pada bulan Maret 2013, rumah sakit sudah bisa beroperasi sebagai BLUD sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat. BLUD memberikan kesempatan lebih leluasa kepada rumah sakit untuk mengelola sumber daya yang mereka miliki.

Keluaran Musrenbang Kecamatan

Mulai dari tanggal 14 - 28 Februari 2013 dilaksanakan kegiatan Pra Musrenbang dan Musrenbang Kecamatan Tahun 2013. Kegiatan ini memiliki keluaran sebagai berikut:
  1. Dokumen Rencana Kerja (Renja) yang akan dibiayai kecamatan yang bersumber dari APBD Kabupaten dan sumber lainnya (PNPM, partisipasi masyarakat, dunia usaha/swasta) pada tahun anggaran 2014.
  2. Daftar kegiatan prioritas yang akan dilaksanakan melalui SKPD atau gabungan SKPD Kabupaten Kapuas Tahun Anggaran 2014.
  3. Daftar nama delegasi kecamatan untuk mengikuti Forum SKPD dan Musrenbang Kabupaten (3 orang perwakilan).
  4. Berita Acara Musrenbang Tahunan Kecamatan.
Sumber: Panduan Penyelenggaraan Musrenbang Kecamatan Tahun 2013

Rabu, 20 Februari 2013

Persiapan Singgahnya Menteri Kesehatan Di Kapuas

Pada hari Rabu, 20 Pebruari 2013, tim dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah berkunjung ke RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo. Tim ini datang untuk mulai mempersiapkan singgahnya Menteri Kesehatan Republik Indonesia di Kuala Kapuas pada hari Selasa, 26 Pebruari 2013 dalam perjalanan menuju ke Banjarmasin.

Dalam persinggahan ini direncanakan menteri akan memberikan sedikit sambutan, kemudian beliau akan melakukan kunjungan ke rumah sakit. Direncanakan tempat untuk menyambut Ibu Menteri adalah di Paviliun Rumah Sakit.

Kunjungan menteri kesehatan di Palangka Raya adalah dalam rangka membuka Pertemuan Balai POM seluruh Indonesia. Pada saat yang sama Dinas Kesehata Provinsi Kalimantan Tengah juga mengadakan kegiatan Rapat Kerja Kesehatan se-Kalimantan Tengah.

Selasa, 19 Februari 2013

Gagasan Pembentukan Perkumpulan Thalasemia

Bapak Nurdin Ali, orang tua dari penderita Thalasemia mengunjungi RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo. Beliau mengajak pihak rumah sakit untuk bersiap-siap menerima pasien Thalasemia. Beliau memberikan buku Petunjuk Teknis Pelayanan Pasien Thalasemia yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Sebagai orang tua yang sudah membesarkan anak yang menderita Thalasemia Mayor, beliau ingin berbagi pengalaman dengan para orang-orang tua yang memiliki anak dengan penyakit tersebut. Beliau ingin memotivasi orang tua agar mengerti keperluan anaknya untuk mendapatkan transfusi darah setiap bulan seumur hidupnya. Kenyataannya saat ini masih banyak orang tua yang tidak mengetahui mengenai Thalasemia dan berusaha untuk mencari pengobatan melalui jalan "perdukunan".

Merawat anak dengan Thalasemia memerlukan kesabaran yang luar biasa, mengingat mereka lebih rentan dibandingkan dengan anak-anak biasa. Dalam rangka memeriksakan perkembangan kondisi anaknya, kunjungan ke RS Cipto Mangunkusumo sudah biasa dilakukannya, khususnya ke bagian yang menangani Thalasemia.

Perkumpulan Thalasemia tingkat provinsi sampai sekarang juga belum terbentuk. Kunjungan beliau ke Kapuas ini, selain dalam rangka pengenalan terhadap perkumpulan Thalasemia, juga sebagai sarana untuk bersilaturahmi dengan orang-orang tua dari penderita Thalasemia.

Senin, 18 Februari 2013

Malaria: The BIG Picture


The Swiss Malaria Group hosts an online photo contest

Malaria affects the lives of millions across the world. The Swiss Malaria Group* online photo contest seeks to highlight the realities of those living at risk of malaria and the work of those dedicated to changing that reality.

The contest is open to all. Send in your photos and captions that tell a story about malaria between 15 February and 24 March via the online platform: www.malariaphotos.org, where you will find details of the three submission categories. The public will then vote on the finalists and a panel of expert judges select the winners.

The lucky winners – fifteen photographers from around the world – will be announced on the 22nd of April. The prizes include three brand new Fuji cameras (first prizes) or one of a series of cash prizes. In addition, the winning photographs will be posted in an online exhibition for the world to see in time for World Malaria Day on the 25th of April.

Have you got a photo that can tell a story about malaria? Then send it in!

* Acino Pharma , Biovision, Centre Hospitalier Universitaire Vaudois, Drugs for Neglected Diseases initiative, Foundation for Innovative New Diagnostics, Medicines for Malaria Venture, Medicus Mundi Schweiz, Novartis, Novartis Foundation for sustainable development, Roll Back Malaria, SoildarMed, Swiss Agency for Development and Cooperation, Swiss Malaria Foundation, Swiss Red Cross, Swiss Tropical and Public Health Institute, Syngenta, Vestergaard Frandsen  

Sosialisasi Kepalangmerahan Bagi PMI Kecamatan

Pada hari Senin, 18 Pebruari 2013 bertempat di Ruang Pertemuan Panatau Lewu, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Kapuas dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Kepalangmerahan bagi pengurus PMI Kecamatan Basarang, Bataguh, Kapuas Hilir dan Selat. Kegiatan ini dikoordinir oleh PMI Kabupaten Kapuas.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pengurus PMI Kecamatan yang baru tentang apa itu Palang Merah Indonesia (PMI), International Committe of Red Cross (ICRC), International Federation of Red Cross and Red Crescent (IFRC), sejarah palang merah, peningkatan kapasitas, pengembangan sumber daya, peraturan organisasi, dan berbagai pedoman, petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan yang dimiliki oleh PMI. Selain itu juga digambarkan juga perkembangan Rancangan Undang-undang Kepalangmerahan.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.46 WIB dan berakhir pada pukul 14.00 WIB ini juga diisi dengan pemutaran film kartun sejarah palang merah (The Story of An Idea) serta film dokumenter tentang kilasan kiprah IFRC diberbagai belahan dunia (Where The Street Have No Name).

Minggu, 17 Februari 2013

Hymne Palang Merah Indonesia - Paduan Suara SMAN 2 Kuala Kapuas


Himne PMI
Palang Merah Indonesia
Wujud kepedulian nyata
Nurani yang suci
Untuk membantu menolong sesama
PMI
Siaga setiap waktu
Berbakti, dan mengabdi
Bagi hidup manusia
Agar sehat sejahtera di seluruh dunia

Alam Kalimantan Memudahkan Kita Melihat Kebesaran Tuhan

Hujan di tempat yang terpisah
Foto diatas diambil pada hari Sabtu, 16 Februari 2013 diatas sungai yang merupakan gabungan antara Sungai Kapuas dan Sungai Kapuas Murung. Foto diatas menunjukkan ada dua tempat yang sedang hujan pada tempat yang terpisah. Ini menunjukkan pada kita bahwa dimana hujan akan turun merupakan kehendak Allah. Dia-lah yang mengatur turunnya hujan. Itulah sebabnya ramalan cuaca itu cuma bisa memprediksi, tapi tidak pernah bisa memberi kepastian.

Kehebatan hujan juga tidak bisa dibandingkan dengan apapun. Bila pemadam kebakaran hutan (Manggala Agni) kesulitan untuk memadamkan kebakaran hutan, maka dengan hujan deras saja dalam waktu singkat kebakaran tersebut akan selesai.

Dinas Pendidikan Akan Menyediakan Klotok

Menanggapi tulisan admin dengan judul "Sekolah Hanya Tiga Jam Sehari", Kepala Seksi Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Sidik Widiantoro, SE, MT menjelaskan bahwa pada tahun 2013 ini dinas akan menyediakan klotok bagi para guru yang bertugas di Pulau Kupang dan daerah Terusan. Tentang bentuk penyediaannya akan dibicarakan dengan pemilik klotok yang sekarang digunakan oleh para guru tersebut.

Dinas Pendidikan sejak lama sudah mengetahui kondisi ini, dan mereka mengupayakan agar permasalahan ini bisa diselesaikan dengan baik. Ketergantungan para guru terhadap tukang klotok akan digantikan dengan pengelolaan klotok oleh dinas pendidikan. Kebijakan baru ini tidak akan membuat para tukang klotok tersebut kehilangan langganan mereka. 

Aneka Jamban Jemplung di Handil Kambang

Tidak tersedianya WC di rumah sebagian penduduk membuat mereka masih melakukan buang air kecil dan buang air besar di sungai / handil. Berikut ini adalah koleksi foto-foto jamban cemplung yang ada di Handil Kambang, Kelurahan Pulau Kupang, Kecamatan Bataguh.


Sabtu, 16 Februari 2013

Menyetir Dengan Kaki


Kedengarannya agak aneh, tapi itulah yang tampak dalam video diatas. Menyetir dengan kaki biasanya dilakukan oleh supir klotok ketika dia memerlukan pandangan yang luas. Hal ini terjadi karena bagian depan klotok diduduki oleh penumpang, sehingga agak mengganggu pandangannya. Agar tidak mengganggu penumpang yang sedang asyik di depan klotok, maka biasanya supir akan duduk diatap klotok sambil mengemudikan klotok dengan kakinya.

Sengon - Pengganti Kelapa di Handil Kambang

Potongan Sengon siap dijual
Handil Kambang sebenarnya dikenal sebagai penghasil kelapa. Namun sejak dibukanya perkebunan sawit di Kabupaten Kapuas dan sekitarnya, maka hama kelapa yaitu kera, hijrah dari hutan yang dijadikan lahan sawit ke perkebunan kelapa masyarakat. Akhirnya masyarakat tidak sanggup menghadapi hama ini, dan mereka akhirnya menebang pohon kelapa milik mereka yang kalau dijumlahkan pohonnya bisa mencapai puluhan ribu pohon atau lebih.
Bibit Sengon
Pada kunjungan tahun yang lalu ke handil ini, masih belum banyak pohon Sengon yang tampak di pinggir jalan. Tapi pada kunjungan pada hari Sabtu, 16 Februari 2013, banyak sekali potongan pohon Sengon yang berada di pinggir jalan. Menurut keterangan salah seorang warga Handil Kambang, harga Sengon per kubiknya sekitar Rp 250.000. 

Sekolah Hanya Tiga Jam Sehari

SMPN 1 Terusan Raya
Pada hari Sabtu, 16 Februari 2013 ketika berkunjung ke Desa Terusan Raya, Informasi Kapuas menyempatkan diri untuk mengambil gambar SMPN 1 Terusan Raya dan SDN 2 Terusan Raya. Ketika mengambil foto tersebut, admin menanyakan kepada salah seorang guru yang ada di sana, jam berapa sekolahnya bubar, dia menjawab pukul 10.05 WIB.
SDN 2 Terusan Raya
Dari guru tersebut admin mendapatkan informasi bahwa guru SMPN 1 ini sebanyak 5 orang, tiga orang tinggal di Terusan Raya dan dua orang tinggal di Kuala Kapuas. Sedangkan untuk SD ada sekitar 10 orang guru, dua orang guru tinggal di Terusan Raya dan sisanya tinggal di Kuala Kapuas.

Para guru-guru tersebut berangkat dari Kuala Kapuas pukul 06.30 WIB, sampai di Terusan Raya sekitar pukul 07.30 WIB. Mereka mengajar sampai pukul 10.05 WIB.

Bila melihat rumah dinas guru yang ada memang memprihatinkan. Rumah dinas guru SMP sudah tidak layak huni. Syukurlah beliau sudah bisa membuat rumah sendiri.

Jikin - Anyaman Dari Lidi

Jikin
Ibu-ibu di Handil Kambang, Kelurahan Pulau Kupang, Kecamatan Bataguh memiliki ketrampilan untuk membuat anyaman dari lidi kelapa yang masih lentur. Anyaman lidi ini disebut jikin (bahasa Banjar). Anyaman ini kalau ukuran kecilnya seharga Rp 1.000, sedangkan untuk ukuran yang lebih besar harganya Rp 2.000. Menurut keterangan ibu-ibu yang sempat Informasi Kapuas tanyai, mereka lebih sering menjual lidi yang masih lentur dibandingkan dengan membuat sendiri.

Ibu-ibu di Handil Kambang ini mengisi waktu kosong mereka disela-sela waktu tanam dan panen padi dengan menjual lidi kelapa yang masih lentur. Bila kita berjalan disepanjang Handil Kambang maka banyak kita lihat ibu-ibu di depan rumah mereka sedang membuat lidi kelapa. Biasanya mereka membeli daun kelapa dari orang-orang yang menebang pohon kelapanya.

Lidi kelapa yang masih lentur ini dijual kepada pembeli yang bisa datang bila mereka SMS. Kemajuan teknologi telah membuat komunikasi menjadi lancar dan memudahkan transaksi ekonomi.

Kolaborasi PMI, SRC, IFRC dan ICRC di Kapuas

Diskusi dengan Pokja AMPL Kabupaten Kapuas
Keberadaan Program Kesehatan dan Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat (KPPBM) di Kabupaten Kapuas mengawali kolaborasi antara Palang Merah Indonesia (PMI), Spanish Red Cross (SRC), International Federation of Red Cross and Red Crescent (IFRC) dan International Comittee of Red Cross (ICRC). Kerjasama ini terutama untuk menangani upaya penyediaan air minum yang aman bagi masyarakat di desa program. Ketiga desa tersebut adalah Pulau Kupang, Terusan Raya dan Handiwung.

Tim Kolaborator ini memulai pembicaraan di Jakarta, kemudian dilanjutkan di Markas PMI Kabupaten Kapuas (Kamis, 14 Februari 2013). Dalam upaya untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya untuk penyusunan strategi penyediaan air minum yang aman ini, diselenggarakan beberapa kegiatan diantaranya yaitu menyambangi Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Kapuas di Jalan Melati No. 19, Kuala Kapuas.

Kemudian tim juga mengundang Pokja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Kabupaten Kapuas dengan mengadakan pertemuan di Rumah Makan dan Pemancingan Eka Sari, di Desa Sei Pasah, Kecamatan Kapuas Hilir (Jum'at, 15 Februari 2013). Masukan-masukan dari pokja ini akan menjadi bahan berharga bagi tim dalam mengupayakan penyediaan air minum yang aman bagi masyarakat di desa program.

Pada hari Sabtu, 16 Februari 2013 tim mengunjungi ketiga desa program untuk melihat secara langsung kondisi masyarakatnya.

Jumat, 15 Februari 2013

Tamu Istimewa di Labkesda

Rombongan SRC, ICRC dan IFRC
Pada hari Jum'at, 15 Februari 2013, Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Kapuas mendapat tamu istimewa. Rombongan dari Spanish Red Cross (SRC), International Federation of Red Cross and Red Cressent (IFRC), International Committee of Red Cross (ICRC), dan Palang Merah Indonesia (PMI) mengunjungi Labkesda. Kunjungan ini dilakukan sebagai salah satu kegiatan dalam rangka mendapatkan masukan dari tentang berbagai hasil pemeriksaan air di Kabupaten Kapuas.

Dari kunjungan ini didapatkan informasi bahwa dengan kemampuannya memeriksa unsur kimia dan bakteriologis air diketahui bahwa kadar besi pada air sungai berkisar 2-12 mg/L padahal kadar normalnya adalah 0,1 mg/L. pH air sungai sangat asam sehingga tidak layak untuk langsung dikonsumsi. Kadar bakteri E. coli sangat tinggi dalam air sungai.

Mengenai rasa air sungai, Kepala Labkesda, Bapak Suko Adi, M.Kes menjelaskan bahwa bila masyarakat terbiasa minum air yang asam, lalu minum air yang netral, maka rasa air yang netral tersebut tidak enak. demikian juga sebaliknya.

Bukan Sapundu Asli

Sandung keluarga Toepak
Saat berkunjung ke sandung keluarga Bapak Toepak di Sei Pasah, Informasi Kapuas mendapatkan informasi yang cukup mengejutkan yaitu kedua sapundu (patung) yang ada di depan sandung ini bukan yang asli, karena yang aslinya sudah dicuri oleh orang.

Kondisi ini sangat memprihatinkan mengingat benda-benda sejarah ini kurang mendapat perhatian yang memadai. Bahkan benda-benda ini sekarang banyak menjadi koleksi di negara-negara maju, terutama dalam museum-museum mereka. Mudah-mudahan sapundu yang tersimpan dalam Museum Balanga di Palangka Raya dapat dirawat dengan baik.

At SMAN 2 Kuala Kapuas Photo - Bayu Ardiyanto | Lockerz


At SMAN 2 Kuala Kapuas Photo - Bayu Ardiyanto | Lockerz:

'via Blog this'

Kamis, 14 Februari 2013

Pos Pertolongan Pertama PMI Kabupaten Kapuas

Latihan pijat jantung
Sejak satu bulan yang lalu, Palang Merah Indonesia Kabupaten Kapuas sudah memasang plang Pos Pertolongan Pertama di depan markasnya di Jalan Untung Surapati No. 5, Kuala Kapuas. Pos ini dapat memberikan bantuan pertolongan pertama bagi masyarakat yang memerlukan.

Mengingat sampai saat ini pos ini masih belum mendapatkan permintaan untuk pertolongan pertama, selama waktu senggang tersebut pos ini digunakan oleh anak-anak Palang Merah Remaja untuk berlatih melakukan pertolongan pertama, diantaranya adalah latihan melakukan resusitasi jantung paru (RJP). Latihan ini dilakukan dengan bimbingan para pembina PMR dari Korps Sukarela (KSR).

Rabu, 13 Februari 2013

Seleksi Duta Sanitasi SMPN 1 Selat

Duta Sanitasi SMPN 1 Selat 2013
Pada hari Senin, 11 Februari 2013 bertempat di lapangan SMPN 1 Selat, saat upacara bendera berlangsung diumumkan hasil seleksi Duta Sanitasi SMPN 1 Selat 2013. Duta ini akan mewakili lomba karya tulis dan poster. Mereka akan menjadi utusan SMPN 1 Selat dalam menghadapi Seleksi Duta Sanitasi Tingkat Kabupaten Kapuas Tahun 2013 yang akan diselenggarakan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kapuas.

Operasi Katarak Gratis - 23 April 2013

Persyaratan:

  • Fotokopi KTP dan KK
  • Surat Rujukan Puskesmas
  • Kartu Jamkesmas, atau
  • Surat Keterangan Tidak Mampu / Miskin
Pelaksanaan: 23 April

Informasi lebih lanjut hubungi: Poliklinik Mata RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo atau Puskesmas Terdekat.

Selasa, 12 Februari 2013

Donor Darah Di Kecamatan Basarang

Peserta donor darah sukarela
Dalam rangka memeriahkan Pelantikan Pengurus Kecamatan PMI Basarang, Bataguh, Kapuas Hilir dan Selat, pada hari Selasa, 12 Februari 2013 bertempat di Kantor Kecamatan Basarang dilaksanakan kegiatan donor darah. Kegiatan ini diikuti oleh masyarakat Basarang, pegawai desa, pegawai kecamatan, Polsek, Koramil, guru, pelajar, pegawai PLN, PDAM, pengurus Palang Merah Indonesia baik tingkat Kabupaten maupun Kecamatan..

Sampai admin meliput kegiatan ini sudah 65 orang yang mendonorkan darah. Petugas donor darah berasal dari Unit Transfusi Darah RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo. Sedangkan yang membantu proses penapisan pasien adalah para perawat dari Puskesmas Basarang.

Pelantikan Pengurus Kabupaten PMI Kapuas

Kiri ke kanan: Robert Gerung, Suraria Nahan, Nahson Taway
Pada hari Selasa, 12 Februari 2013 bertempat di aula Bappeda Kabupaten Kapuas, dilaksanakan Pelantikan Pengurus Kabupaten PMI Kapuas. Pelantikan dilakukan oleh Ketua Pengurus Provinsi PMI Kalimantan Tengah, Drs. Nahson Taway.

Pelantikan ini dimeriahkan oleh paduan suara SMAN 2 Kuala Kapuas yang membawakan lagu Mars PMI dan Hymne PMI. Kegiatan ini juga diisi dengan pembacaan 7 Prinsip Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional yang dibawakan oleh PMR SMAN 2 Kuala Kapuas.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Kapuas, Ketua DPRD, perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, beberapa kepala SKPD, organisasi pemuda, perwakilan dari bank, berbagai lembaga yang bekerjasama dengan PMI, perwakilan dari PMI Kecamatan Basarang, Bataguh, Kapuas Hilir dan Selat.

Dalam sambutannya, Bapak Nahson Taway mengharapkan kegiatan Kesehatan dan Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat (KPPBM) yang dilaksanakan di Kapuas dapat berjalan dengan baik, sehingga bisa mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten serta Palang Merah dari negara-negara lain.



Deklarasi Aksi Bumi

Pada hari Senin, 11 Februari 2013 bertempat di SMPN 4 Selat dan SMAN 2 Kuala Kapuas diselenggarakan kegiatan Deklarasi Aksi Bumi. Kegiatan ini berupa penanaman pohon dan penandatangan deklarasi oleh berbagai komponen, mulai dari pemerintah daerah sampai ke berbagai organisasi massa, organisasi kepemudaan dan organisasi lainnya.

Menurut keterangan panitia di SMAN 2 (SMADA) Kuala Kapuas, Bapak Arlianto, mereka ingin mewujudkan adanya kawasan hijau di sekolah mereka. Kawasan itu akan ditanami dengan pohon-pohon seperti blangiran, ulin, meranti, gaharu dan jelutung. Keberadaan kawasan ini akan menjadi awal dari upaya melestarikan kawasan hijau di Kapuas dan Kalimantan Tengah.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Senin, 11 Februari 2013

Program Vokasional Bidang Perbengkelan

Suasana pelatihan perbengkelan
Sejak hari Jum'at, 8 Februari 2013 di Pondok Pesantren Al-Amin Kapuas diselenggarakan Program Vokasional Bidang Perbengkelan. Pelatihnya adalah Bapak Deni dari Suzuki Kuala Kapuas. Asisten beliau adalah Bapak Ancah, pegawai bengkes Ponpes Al-Amin. Pelatihan ini diikuti oleh 20 orang santri Pondok Pesantren Al-Amin. Dalam pelatihan ini mereka diberikan ketrampilan dasar penanganan masalah-masalah yang sering terjadi pada mesin motor. Selama beberapa hari mereka diberikan teori dan praktek pemasangan dan pembongkaran berbagai onderdil motor. Pelatihan ini akan berlangsung selama 10 hari.

Warga Dadahup G4 Berjualan Sari Tebu Alami

Andi bersama Sari Tebu Alami
Pada hari Minggu, 10 Februari 2013, ketika sedang menunggu taksi menuju ke Kuala Kapuas, admin melihat ada orang yang berjualan Sari Tebu Alami. Setelah berbincang sebentar diketahui bahwa penjualnya berasal dari Dadahup G4, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas. Nama penjualnya adalah Andi. Beliau sudah berjualan Sari Tebu Alami ini sejak satu bulan yang lalu.

Seluruh alat untuk berjualan ini berasal dari Franchise GIANT. Untuk membeli alat pemeras tebu harganya 1,3 juta rupiah. Tebunya pun didatangkan dari Jawa mengingat rasa tebu yang berasal dari Kalteng agak berbeda. Andi membuka dagangannya mulai jam 08.00 sampai 17.30 WIB di RTA Milono, Palangka Raya.

Berkunjung Ke Peternakan Di Ponpes Al-Amin

Pada hari Minggu, 10 Februari 2013, admin berkunjung ke Pondok Pesantren Al-Amin. Dalam kunjungan tersebut admin menyempatkan diri untuk melihat-lihat peternakan yang terdapat di pondok pesantren ini. Komoditas yang diternakkan adalah kambing, ayam dan itik. Pengelolaan peternakan ini dipercayakan kepada para santri yang memiliki kemampuan dan keinginan untuk mengelola komoditas tersebut.

Untuk peternakan kambing, ada lima orang santri yang mengelolanya. Mereka akan mencarikan rumput dan daun-daunan untuk kambing tersebut pagi dan sore hari. Mereka juga menyediakan minuman untuk kambing tersebut. Mereka yang mengelola kambing tersebut dibebaskan dari biaya sekolah dan mereka juga mendapatkan bagian bila kambing tersebut dijual.

Minggu, 10 Februari 2013

Geber PSN di Selat Hilir dan Selat Dalam

Geber PSN di Selat Hilir

Mengubah perilaku memang tidak mudah, namun bukan mustahil untuk diwujudkan. Inilah yang ingin dicontohkan melalui GEBER PSN (Gerakan Bersama Pemberantasan Sarang Nyamuk) yang dilaksanakan tanggal 8 Januari 2013 lalu di Kelurahan Selat Hilir(RT 5 Jalan S Parman) dan Selat Dalam (RT 1, 6, 12, 17 Jl. Cilik riwut) Kecamatan Selat.
Geber PSN di Selat Hilir
Upaya memberikan contoh pencegahan efektif penyakit Demam Berdarah (DBD) ini dipimpin langsung oleh Lurah Selat Hilir H. Fitriadi dan aparat kelurahan, pimpinan Puskesmas Selat drg. Luluk Nurhayati dan stafnya, RT setempat, serta Kelompok Masyarakat Peduli Lingkungan (KMPL) bersama tossa hijaunya. Sedangkan di Selat Dalam dikomandani oleh Lurah Rasyidi S.Sos dan staf, pimpinan Puskesmas Melati dr. Ahmad Haspiani dan staf, petugas dari Koramil, dan para ketua RT setempat. Sedangkan dari Dinas Kesehatan diwakili oleh Kabid Bina PMK Rasita Usman, SKM dan staf.
Geber PSN di Selat Dalam
Mereka membawa plastic kresek, sapu lidi, dan serokan. Sambil mengumpulkan wadah-wadah berpotensi untuk berkembang biak nyamuk DBD (botol bekas, kaleng bekas, gelas bekas, dll), mereka juga melakukan penyuluhan, membagikan Abate dan leaflet DBD.

Telah diteliti bahwa hanya GEBER PSN yang dilakukan luas dan rutin seminggu sekali-lah yang berhasil menurunkan angka kesakitan DBD. GEBER PSN yang dicontohkan ini perlu ditindaklanjuti secara mandiri oleh masyarakat secara luas, rutin tiap minggu, tanpa bosan. Kegiatan ini harus luas karena jika hanya beberapa rumah saja maka akan percuma. Kegiatan ini harus rutin seminggu sekali karena nyamuk berkembang biak setiap hari. Karena itu masyarakat diharapkan secara mandiri rutin melakukan 4M Plus di lingkungan rumah masing-masing. 4 M Plus yaitu Menutup, Menguras, Mengubur, Memantau wadah jentik, Plus tidak menggantung baju, memelihara ikan pemakan jentik, menaburkan Abate, dan memakai obat nyamuk.

Tanpa kesadaran GEBER PSN dari masyarakat sendiri, akan sulit menurunkan angka kesakitan DBD. Jangan sampai anggota keluarga kita sakit, atau sampai meninggal karena DBD, akibat kita lalai lakukan PSN. Boleh jadi orang lain sakit DBD, karena sumbernya dari rumah kita. Boleh jadi siswa sekolah sakit DBD, karena sumbernya dari sekolah itu sendiri. Boleh jadi seorang karyawan sakit DBD, karena sumbernya ada di tempat kerjanya sendiri.

Sabtu, 09 Februari 2013

Penertiban Pedagang di Taman Kota

Setelah penertiban pedagang di sekitar taman kota
Pada hari Kamis, 7 Februari 2013 Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resort Kapuas menertibkan pedagang yang ada di seputar taman kota di depan rumah sakit. Penertiban ini dilakukan untuk menegakkan aturan lalu lintas yang ada yaitu di larang parkir disepanjang tepi jalan Tambun Bungai tersebut. Penertiban ini membuat taman kota menjadi tampak lebih rapi sebagaimana foto diatas.

Peringatan Maulid Nabi di TPA Al-Inayah

Pembacaan Maulid Habsyi
 Pada hari Jum'at, 8 Februari 2013 bertempat di Majelis Ta'lim Al-Inayah diselenggarakan kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Kegiatan ini dilaksanakan oleh TPA Al-Inayah. Kegiatan ini dihadiri oleh para santri dan sebagian orang tua mereka.
Tim Maulid Habsyi Masjid Nurul Iman
Kegiatan ini diawali dengan pembacaan Maulid Habsyi yang dibawakan oleh kelompok dari Masjid Nurul Iman. Setelah maulid habsyi barulah rangkaian kegiatan maulid dilanjutkan yaitu pembacaan ayat suci Al-Qur'an dan ceramah Maulid.
Santriwati TPA Al-Inayah
Kegiatan diakhiri dengan makan siang bersama.

Tenaga Kontrak RS Wajib Ikut Jamsostek

Sosialisasi Program Jamsostek
Pada hari Kamis, 7 Februari 2013 bertempat di aula rumah sakit diadakan kegiatan sosialisasi Program Jamsostek. Hal ini dilakukan mengingat peraturan yang ada mengharuskan lembaga yang mempekerjakan lebih dari 10 orang karyawan maka mereka  harus diikutkan dengan jamsostek.

Dalam pernyataannya di Jejaring Sosial Facebook, Bapak Muhdin, Kepala Seksi Perencanaan dan Umum RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo, menyebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten Kapuas mewajibkan setiap tenaga kontrak untuk mengikuti Jamsostek.

Tenaga kontrak di rumah sakit meliputi perawat, tenaga administrasi, tenaga rekam medis, tukang kebun, satpam, cleaning service dan lain-lain. Gaji mereka sesuai dengan standar Upah Minimum Kabupaten.

Jumat, 08 Februari 2013

SPBU Tidak Melayani Penjualan Premium Bersubsidi Kepada Kendaraan Dinas

SPBU di Jalan Pemuda, Kuala Kapuas
Sejak satu minggu yang lalu (1 Februari 2013) Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kuala Kapuas tidak melayani dan atau menyalurkan premium bersubsidi kepada kendaraan dinas milik Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten, Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Daerah.

Ketika Informasi Kapuas mengunjungi kedua SPBU yang ada di Kuala Kapuas pada hari Rabu (6 Februari 2013), tidak tampak kendaraan dengan plat merah yang menggunakan Pertamax. Harga Pertamax pada hari itu adalah Rp 10.500 per liternya.

Kamis, 07 Februari 2013

Manasik Haji Kecil - Iklan

Manasik Haji Kecil di Masjid Agung Al-Mukarram
TKIT Al-Amin Kuala Kapuas pada tgl. 9 Maret 2013 ini akan melaksanakan Kegiatan MANASIK HAJI KECIL. kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun... Bagi Anda yang ingin menjadi sponsor untuk acara ini, bisa sponsor melalui perusahaan yang Ibu/Bapak Pimpin atau pun donatur perorangan bisa menghubungi langsung Contact Person di : 082151532801 ( Siti Suparti )

Kerja Bakti Polisi di Polres Kapuas

Polisi sedang kerja bakti
Pada hari Rabu, 6 Februari 2013, para anggota Kepolisian Resort Kapuas melakukan kerja bakti memindahkan tanah dan pasir dari pinggir Jalan Pemuda ke halaman kantor Polres Kapuas baru yang terletak di Bundaran Besar. Untuk mengamankan para polisi yang sedang bekerja, ruas jalan menuju ke bundaran besar pas di depan Polres ditutup dan kendaraan dialihkan ke ruas jalan di sebelahnya.

KPU Laporkan Hasil Pemungutan Suara Ulang Pemilukada Kab. Kapuas | Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia

KPU Laporkan Hasil Pemungutan Suara Ulang Pemilukada Kab. Kapuas | Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia

Tautan diatas berisi berita persidangan Pilkada Kapuas yang dimuat di situs Mahkamah Konstitusi. Artikel ini dimuat pada hari Rabu, 6 Februari 2013 pukul 15:44 WIB.

Selasa, 05 Februari 2013

Sidang Pilkada Kapuas di Mahkamah Konstitusi 5 Februari 2013



Video diatas diunggah oleh 013aly pada tanggal 5 Februari 2013.

Pelatihan Manajemen Markas dan Organisasi Tata Laksana PMI

Mulai tanggal 3-11 Februari 2013 bertempat di Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, Jl. Yos Sudarso, Palangka Raya diselenggarakan kegiatan Pelatihan Manajemen Markas dan Organisasi Tata Laksana Palang Merah Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh kepala markas dan staf markas bidang organisasi dan relawan.

PMI Kabupaten Kapuas mengirimkan wakil sekretaris, dr. Abiyoso dan staf markas bidang organisasi dan relawan, Sri Handayani.

Setelah mengikuti pelatihan ini para peserta diharapkan bisa memahami aturan organisasi, mengembangkan kapasitas organisasi dan kegiatan markas.  

Biaya-biaya Pada Pengadilan Agama Kuala Kapuas

Biaya Perkara 

  1. Biaya pendaftaran - Rp 30.000
  2. Biaya proses - Rp 50.000
  3. Biaya panggilan P2 - Rp 100.000
  4. Biaya panggilan T3 (sesuaikan dengan radiusnya) - Rp 150.000
  5. Biaya redaksi - Rp 150.000
  6. Biaya materai - Rp 6.000
  7. TOTAL - Rp 341.000
Biaya Penyitaan dan Eksekusi 
  1. Biaya pendaftaran eksekusi - Rp 25.000
  2. Biaya pemanggilan dan pemberitahuan kepada para pihak yang berperkara untuk radius I dalam Kota Kuala Kapuas, sedangkan untuk diluar Kota Kuala Kapuas disesuaikan dengan radius panggilan - Rp 200.000
  3. Biaya perjalanan ke tempat pelaksanaan penyitaan untuk radius I dalam Kota Kuala Kapuas, sedangkan untuk luar Kota Kuala Kapuas disesuaikan dengan radius - Rp 200.000
  4. Biaya pelaksanaan / menjalankan penyitaan:
    1. Jurusita / panitera - Rp 150.000
    2. Saksi 2 orang @ Rp 100.000 = Rp 200.000
    3. Keamanan 2 orang @ Rp 100.000 = Rp 200.000
    4. (atau sesuai dengan kebutuhan)
  5. Biaya pelaksanaan eksekusi riil (disesuaikan dengan obyek eksekusi) - Rp 1.200.000
  6. Biaya pendaftaran di kantor BPN, untuk sita tanah - Rp 100.000
  7. Biaya Pengangkutan Sita - Rp 150.000
  8. TOTAL - Rp 2.425.000
Biaya Penyitaan
  1. Biaya pendaftaran penyitaan - Rp 25.000
  2. Biaya pemberitahuan kepada para pihak yang berperkara untuk radius I dalam Kota Kuala Kapuas, sedangkan untuk diluar Kota Kuala Kapuas disesuaikan dengan radius panggilan - Rp 100.000
  3. Biaya perjalanan ke tempat pelaksanaan penyitaan untuk radius I dalam Kota Kuala Kapuas, sedangkan untuk luar Kota Kuala Kapuas disesuaikan dengan radius - Rp 200.000
  4. Biaya pelaksanaan / menjalankan penyitaan:
    1. Jurusita / panitera - Rp 150.000
    2. Saksi 2 orang @ Rp 100.000 = Rp 200.000
    3. Keamanan 2 orang @ Rp 100.000 = Rp 200.000
    4. (atau sesuai dengan kebutuhan)
  5. Biaya Pengangkatan Sita - Rp 150.000
  6. TOTAL - Rp 1.025.000
Daftar Biaya Perkara Banding, Kasasi dan Peninjauan  Kembali (PK)

Biaya Banding
  1. Biaya pendaftaran - Rp 50.000
  2. Biaya proses - Rp 150.000
  3. Pemberitahuan kepada para pihak untuk radius I (dalam Kota Kuala Kapuas), diluar Kota Kuala Kapuas disesuaikan dengan radius - Rp 350.000
  4. Pengiriman berkas - Rp 100.000
Biaya Kasasi
  1. Biaya pendaftaran - Rp 50.000
  2. Biaya proses - Rp 500.000
  3. Pemberitahuan kepada para pihak untuk radius I (dalam Kota Kuala Kapuas), diluar Kota Kuala Kapuas disesuaikan dengan radius - Rp 350.000
  4. Pengiriman berkas - Rp 100.000
Biaya Peninjauan Kembali
  1. Biaya pendaftaran - Rp 200.000
  2. Biaya proses - Rp 2.500.000
  3. Pemberitahuan kepada para pihak untuk radius I (dalam Kota Kuala Kapuas), diluar Kota Kuala Kapuas disesuaikan dengan radius - Rp 350.000
  4. Pengiriman berkas - Rp 100.000
Sumber: Pengadilan Agama Kuala Kapuas

Senin, 04 Februari 2013

Keracunan Makanan di Murung Keramat

Menurut keterangan salah seorang warga Murung Keramat pada hari Minggu pagi mereka mengikuti acara pengantinan di sana. Sekitar pukul 13.00 WIB sudah ada warga yang menunjukkan gejala mual dan muntah. Baru pada sore hari menjelang maghrib ini mereka dibawa ke rumah sakit.

Menurut informasi yang diperoleh dari Ibu Danung Sri Wulandari, MPH, Kepala Seksi Rawat Inap RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo pada hari Minggu pukul 21.14 WIB, jumlah total pasien adalah 45 orang dengan rincian 22 orang dengan rawat jalan, 23 orang rawat inap. Pasien dewasa 23 orang (rawat inap 8 orang), pasien anak-anak 22 orang (rawat inap 15 orang). Pasien dirawat di ruang Dahlia, Kenanga, Mawar dan Teratai. 

Minggu, 03 Februari 2013

Koleh - Makanan Khas Banjar di Pasar Kapuas

Koleh bersama dengan kuahnya
Penganan ringan ini Informasi Kapuas temui di pasar yang terletak di Jalan Melati, Kuala Kapuas. Penganan ini dibuat dari tepung beras. Harga satu potongnya adalah Rp 1.000. Penganan ini memiliki kuah yang terbuat dari santan dan gula merah. 

Sabtu, 02 Februari 2013

Geber PSN di Pulau Mambulau

Bersih lingkungan dalam rangka Geber PSN di Pulau Mambulau
Pada hari Jumat 1 Pebruari 2013 telah dilaksanakan GEBER PSN (Gerakan Bersama Pemberantasan Sarang Nyamuk) di desa Pulau Mambulau, Kecamatan Selat. Kegiatan ini diinisiasi oleh Puskesmas Selat bekerja sama dengan aparat desa setempat, sebagai tindak lanjut dari surat edaran dari Sekda Kabupaten Kapuas perihal pelaksanaan GEBER PSN akhir Desember 2012 lalu.

Pada kegiatan ini aparat desa yang langsung dipimpin oleh Kades Pulau Mambulau bersama-sama dengan Puskesmas Selat yang dipimpin oleh drg. Luluk Nurhayati dan jajarannya melakukan pembersihan lingkungan . Kegiatan ini juga dihadiri dan diikuti oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab. Kapuas dr. Ani Handaningroem dan staf .  Berbekal sapu lidi dan kantong kresek, mereka memunguti sampah  terutama botol, kaleng, dan gelas plastik bekas yang berserakan di jalan dan halaman rumah penduduk karena perilaku membuang sampah sembarangan. Wadah-wadah tersebut jika diisi oleh genangan air hujan maka berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk Demam Berdarah( DBD). Di desa ini tercatat pernah ada yang terinfeksi DBD. 

Kegiatan dimulai dari RT 1 setelah jembatan hingga kantor desa dan SD. Selain memunguti sampah berpotensi wadah jentik, tim Puskesmas Selat juga memberi penyuluhan langsung melalui pengeras suara mobil pusling perihal penyakit DBD, gejala, bahayanya, dan pencegahan efektifnya yaitu 4M Plus. Selain itu mereka juga membagikan abate dan leaflet 4M Plus. 

Saat rombongan berjalan melewati sekolah, anak-anak sekolah yang sedang beristirahat secara spontan turut membantu membersihkan lingkungan. Ternyata kegiatan ini juga telah dikoordinasikan dengan kepala sekolah setempat sehingga tidak heran para guru dan anak-anak sekolah langsung tergerak ikut mengumpulkan sampah berpotensi wadah jentik. 

Diharapkan dengan contoh yang diberikan oleh aparat desa Pulau Mambulau ini dan Puskesmas Selat, masyarakat setempat tergerak untuk melakukan GEBER PSN secara mandiri di lingkungannya masing-masing, secara berkala seminggu sekali. Memang tidak mudah untuk menumbuhkan kesadaran yang mengubah perilaku, namun upaya memberi contoh GEBER PSN ini harus dilakukan terus menerus dan digerakkan oleh Camat/Lurah/Kades bersama puskesmas setempat. 

Jumat, 01 Februari 2013

5 Februari 2013 - Jadwal Sidang di Mahkamah Konstitusi

Nomor Perkara: 94/PHPU.D-X/2012
Pokok Perkara: Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Derah Kabupaten Kapuas Tahun 2012
Pemohon: Pemohon: Ben Brahim S. Bahat dan H. Muhajirin [No. Urut 1]. Kuasa Hukum: Baron Ruhat Binti, S.H., M.Hum, dkk
Acara Sidang: Mendengarkan Laporan Termohon, KPU Provinsi Kalimantan Tengah, KPU Pusat, serta Bawaslu (V)


Nomor Perkara: 95/PHPU.D-X/2012
Pokok Perkara: Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Derah Kabupaten Kapuas Tahun 2012
Pemohon: Pemohon: H Surya Dharma dan Taufiqurrahman [No. Urut 2]
Acara Sidang: Mendengarkan Laporan Termohon, KPU Provinsi Kalimantan Tengah, KPU Pusat, serta Bawaslu (V)


Sumber: Situs Mahkamah Konstitusi

Senam Diabetes dan Penyuluhan Gizi di Basarang

Senam Diabetes di Basarang
Pada hari Jum'at, 1 Februari 2013 bertempat di halaman Poskesdes Basarang Jaya, Kecamatan Basarang di selenggarakan kegiatan Senam Diabetes dan Penyuluhan Gizi.
Pose bersama setelah kegiatan

Kegiatan Senam Diabetes diikuti oleh 50 orang anggota Persadia dan 8 orang Lansia dari Basarang. Kegiatan ini juga dihadiri oleh pejabat di kecamatan Basarang, Puskesmas Basarang dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas.

Kegiatan Penyuluhan Gizi disampaikan oleh dr. Erny Indrawati dari RSUD dr. Soemarno Sosratmdjo. Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan setiap bulan.

Sumber: dr. Abiyoso (Pimpinan Puskesmas Basarang dan Ketua PMI Kecamatan Basarang)

Sosialisasi Demam Berdarah Bagi Kader Jumanti

Pada hari Kamis, 31 Januari 2013 bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Demam Berdarah Bagi Kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Seksi Bimdal Pengendalian Penyakit. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 35 orang Jumantik dari wilayah Puskesmas Melati (Selat Dalam, Selat Tengah, Selat Hulu) mengingat kasus terbanyak berada di wilayah ini.

Dalam sambutannya dr. Hj. Ani Handaningroem, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, menyatakan bahwa dari penelitian sudah diketahui upaya pencegahan demam berdarah yang efektif adalah melalui Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) bukan melalui Fogging Massal.

Kegiatan sosialisasi diisi dengan materi mengenai penyakit demam berdarah kemudian diikuti dengan kegiatan praktek lapangan dimana para Jumantik langsung memantau jentik-jentik yang ada di rumah-rumah sekitar Dinas Kesehatan.