Ketersediaan Darah di UTD-RS

Stok darah per 3 Januari 2014:

A = 1; B = 8, O = 1, AB = 0

Sumber: Debi (UTD RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo)

Minggu, 31 Maret 2013

Seminar Kesehatan - HDI Propoelix Untuk Demam Berdarah dan Penyakit Degeratif

dr. Tri Setyautami, MPHM sedang memberikan materi
Pada hari Minggu, 31 Maret 2013 bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, dilaksanakan Seminar Kesehatan tentang penemuan terbaru HDI Propoelix untuk mengobati Demam Berdarah dan membantu penyembuhan penyakit degeneratif.

Narasumber dalam seminar ini adalah dr. H. Ahmad Haspiani, M.MKes (pemilik depo High Desert Indonesia Kapuas), dr. Hj. Tri Setyautami, MPHM (Kepala Seksi Bimdal P2 Dinas Kesehatan Kapuas) dan Team HD Kapuas. Seminar ini dihadiri oleh para distributor dan masyarakat umum di Kabupaten Kapuas.

Menurut keterangan dr. H. Ahmad Haspiani, M.MKes, produk HDI Propelix ini sekarang sedang "booming" mengingat setelah 8 tahun melakukan uji klinis, akhirnya terbukti bahwa bahan aktif yang terkandung didalamnya dapat mengobati Demam Berdarah. Selain telah melakukan uji klinis di dalam dan di luar negeri, penelitian terakhir di rumah sakit di Bangka juga membuktikan hal yang sama.

Sejarah Singkat Kota Kuala Kapuas dan Kabupaten Kapuas



Pembacaan Sejarah Singkat Kota Kuala Kapuas dan Kabupaten Kapuas dilakukan oleh guru-guru SMAN 2 Kuala Kapuas, sedangkan untuk pemain kecapinya adalah dari SMAN 3 Kuala Kapuas. Pembacaan ini dilakukan pada Upacara Peringatan Hari Jadi Kota Kuala Kapuas ke-207 dan HUT Pemkab Kapuas ke-62 di halaman Kantor Bupati Kapuas, Selasa, 26 Maret 2013. 

Donor Darah - Contoh Sukses Kolaborasi

Para pendonor darah sedang diambil darahnya
Pada hari Minggu, 31 Maret 2013 bertempat di kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kapuas, Bidang Donor Darah Panitia Pasar Rakyat, Pagelaran Kesenian dan Pameran Panunjung Tarung Kapuas Celebration Week 2013 menyelenggarakan kegiatan donor darah.
Donor darah sukarela
Ibu Rahma Fitri Awal, S.PdI sebagai Koordinator Bidang Donor Darah menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai rangkaian kegiatan Peringatan Hari Jadi Kota Kuala Kapuas ke-207 dan HUT Pemkab Kapuas ke-62.
Para pendonor darah sukarela
Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kapuas, Dewan Kesenian Kabupaten Kapuas dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, didukung oleh PMI Kabupaten Kapuas, Unit Transfusi Darah BLUD RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo dan Bank Mandiri Syariah.
Dewan Kesenian Kabupaten Kapuas menghibur pendonor darah
Selama kegiatan donor darah berlangsung, Dewan Kesenian Kabupaten Kapuas menyajikan hiburan berupa  sumbangan lagu-lagu yang diiringi oleh organ tunggal. Tidak hanya penyanyi remaja dan dewasa yang menyumbangkan lagu, seorang artis cilik pun turut meramaikan kegiatan donor darah ini.
Artis cilik menyumbangkan sebuah lagu
Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan pembagian "Door Prize" yang berasal dari sumbangan berbagai pihak diantaranya Bank Syariah Mandiri dan Direktur BLUD RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo, dr. H. Bawa Budi Raharja.
Pendonor darah menunggu pengumuman "Door Prize"
Setiap pendonor darah mendapatkan "service donor" dari Unit Transfusi Darah BLUD RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo dan untuk 50 pendonor pertama mendapatkan hadiah payung. Sampai saat admin meliput kegiatan ini sudah 53 kantong darah yang terkumpul.

Kios Aryana - Melayani Pesanan Madu Alam Asli Borneo

Bapak Aryana
Pada hari Minggu, 31 Maret 2013 ketika sedang melewati Jalan Trans Kalimantan Kilometer 11 Basarang, mata admin tertumbuk pada tulisa "Madu" yang ada di pinggir jalan. Admin langsung berhenti dan berbalik menuju ke arah tulisan tersebut. Rupanya itu adalah Kios Aryana yang menjual madu asli.

Bapak Aryana menjelaskan bahwa madunya berasal dari sarang madu asli yang dicari di hutan-hutan yang ada di sekitar Kalimantan Tengah. Dia menjamin bahwa madunya adalah madu asli dan berani menerima kembali madu yang sudah dibeli bila tidak asli.

Madu dalam botol kecil dijual dengan harga Rp 55.000. Untuk botol yang lebih besar harganya Rp 115.000 dan Rp 125.000. Bapak Aryana dapat dihubungi pada nomor HP 081351818512. Beliau sudah berjualan madu ini sejak bulan Juli tahun lalu. 

Sabtu, 30 Maret 2013

Perkebunan Sawit - Batas Kapuas Dengan Kalsel

Pada hari Jum'at, 29 Maret 2013 ketika menelusuri Desa Handiwung, Kecamatan Pulau Petak, langkah admin berlanjut ke Handil Pamitai. Ketika bertanya kepada masyarakat sekitar tentang ujung dari handil ini, mereka mengatakan diujungnya ada perkebunan kelapa sawit. Karena penasaran admin menelusuri handil tersebut sampai ke ujungnya. Setelah menempuh jalan sepanjang kurang lebih lima kilometer tampaklah perkebunan sawit sebagaimana gambar diatas.

Menurut keterangan warga yang pernah bekerja di perkebunan sawit ini, kepemilikan perkebunan ini sudah beralih kepada pemilik yang baru. Tapi warga kurang ingat dengan nama pemilik kebun sawit yang baru ini. Pada mulanya banyak warga Anjir Palambang yang bekerja di perkebunan sawit ini, tapi karena alasan jalan yang jelek, gaji yang kecil, mandor yang galak, dan lain-lain, banyak diantara mereka yang mengundurkan diri.

Jumat, 29 Maret 2013

Keluarga Petani di Handil Pamitai

Keluarga petani di Handil Pamitai
Pada hari Jum'at, 29 Maret 2013 ketika sedang menelusuri Handil Pamitai, Desa Anjir Palambang, Kecamatan Pulau Petak, admin bertemu dengan satu keluarga yang tinggal di tepi Handil Pamitai. Mereka tinggal di rumah panggung berukurang kurang lebih 4 x 6 meter persegi.

Pekerjaan keluarga ini adalah mengelola sawah yang baru saja dibuka yang luasnya sekitar 1 hektare. Disela-sela menanam padi, sang suami mencari ikan di kampung sebelah. Terkadang beliau bisa juga kerja emas di daerah hulu.

Anak laki-laki yang sudah besar sekarang menempuh pendidikan di sekolah dasar yang ada di kampung sebelah. Anak ini berjalan kaki ke sekolah yang jaraknya mencapai sekitar 2,5 km.

Acungan jempol layak diberikan kepada para petani ini yang dengan kesederhanaan yang mereka jalani dalam kehidupan sehari-hari, mereka masih bisa tersenyum menjalani kehidupan mereka yang mungkin dalam kacamata orang terlihat demikian sederhana.

Kamis, 28 Maret 2013

Kuch2HoTahu

Franchise Kuch2HoTahu ini terletak di depan Mini Market Purnama, Jalan Tambun Bungai, Kuala Kapuas. Franchise ini baru buka satu hari yang lalu, Rabu, 27 Maret 2013. Untuk setiap bungkus yang berisi 20 buah tahu harganya tidak terlalu bervariasi. Untuk lebih jelasnya kita lihat menu dibawah ini:

  1. Original - Rp 6.000
  2. Balado - Rp 6.000
  3. Keju - Rp 6.000
  4. Barbeque - Rp 6.000
  5. Sapi Panggang - Rp 6.000
  6. Pizza - Rp 6.000
  7. Korean Teriyaki - Rp 6.000
  8. Jagung Bakar Mexico - Rp 6.000
  9. Rendang - Rp 6.000
  10. Kimchi - Rp 6.000
  11. Barbeque Pedas - Rp 6.000
  12. Sapi Panggang Pedas - Rp 6.000
  13. Kare Pedas (Curry) - Rp 6.000
  14. Bumbu / Saus Tiram - Rp 6.000
  15. Cabe Rawit - Rp 6.000
  16. Cumi Bakar Pedas - Rp 6.000
  17. Sambal Udang - Rp 6.000
  18. Pizza Pedas - Rp 6.000
  19. Extra Hot - Rp 6.000
  20. Extra Hot Level #3 - Rp 6.000
  21. Extra Hot Level #5 - Rp 6.000
  22. Extra Hot Level #6 - Rp 6.000
  23. Extra Hot Level #7 - Rp 6.000
  24. Sambal Setan - Rp 7.000

Rabu, 27 Maret 2013

World TB Day 2013 di Kabupaten Kapuas

dr. Agus Fitrianto, Sp.PD sedang memberikan penyuluhan
Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Kuala Kapuas ke-207 (21 Maret) dan Hari TB Sedunia (24 Maret), pada hari Rabu, 27 Maret 2013 bertempat di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kapuas, Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Penyakit Tuberkulosis dan Penyakit Menular lainnya kepada masyarakat.

Hadir dalam kegiatan ini dihadiri oleh para siswa-siswi SMP, SMA sederajat dilingkungan Kota Kuala Kapuas. Selain itu para guru dari masing-masing sekolah yang diundang juga menghadiri kegiatan tersebut.

Narasumber kegiatan ini adalah dr. Agus Fitrianto Achmad, Sp.PD (Spesialis Penyakit Dalam RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo), dr. Tri Setyautami, MPHM (Kepala Seksi Bimdal P2 Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas), Hari Sutrisno, SKM dan Yonas, SKM (Seksi Bimdal P2 Dinkes Kapuas). 

Donor Darah Dalam Rangka Hari Jadi Kota Kuala Kapuas Ke-207 - Iklan


DONOR DARAH dalam Rangkaian kegiatan peringatan hari jadi kota Kuala Kapuas ke-207 dan HUT PemKab Kapuas ke-62.
Hari / Tanggal : Minggu, 31 Maret 2013
Pukul 07.00 – selesai
Tempat : Halaman Kantor PWI Kapuas Jl.Maluku

Tema
“KITA SEMUA BERSAUDARA, MARI REKATKAN KEMBALI KEBERSAMAAN INI DENGAN MENDONORKAN DARAH KITA”
PENYELENGGARA
1. Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kapuas
2. Dewan Kesenian Kabupaten Kapuas

Selasa, 26 Maret 2013

Kesepakatan Bersama Dinas Pendidikan dan PMI



Pada bulan Maret 2013 sudah ditandatangani kesepakatan antara Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas dan Palang Merah Indonesia Kabupaten Kapuas. Kesepatakan ini berisi pengembangan kegiatan kepalangmerahan di tingkat dasar sampai tinggi. Dari SD sampai SMA sederajat akan dikembangkan Palang Merah Remaja (PMR). Sedangkan untuk perguruan tinggi akan dikembangkan Korps Sukarela (KSR).

Untuk pembinaan PMR akan dibentuk Komite Pembinaan dan Pengembangan PMR tingkat kabupaten. Segala biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan ini pembinaan PMR akan diambil dari anggaran Dinas Pendidikan yang sudah dialokasikan pada sekolah masing-masing.

Pasangan Ben-Jirin Menang Dalam Rekapitulasi Suara Akhir

Dengan ditolaknya keberatan pihak terkait (Mawardi - Herson) terhadap hasil Pemungutan Suara Ulang yang dilaksanakan pada tanggal 23 Januari 2013 yang lalu, maka pihak Ben-Jirin memenangkan rekapitulasi Pemilukada Kapuas dengan selisih 406 suara.

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kapuas diharapkan untuk melaksanakan keputusan ini. Setelah penetapan KPU ini diajukan kepada Kementerian Dalam Negeri, maka Kabupaten Kapuas akan memiliki Bupati dan Wakil Bupati baru. 

Mahkamah Menolak Permohonan Surya - Taufik


Majelis Hakim menolak permohonan pasangan Surya-Taufik seluruhnya.

Mahkamah Konstitusi Menolak Keputusan KPU Yang Menetapkan Pasangan Nomor 3 Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kapuas


Mahkamah Konstitusi menolak keputusan KPU Kabupaten Kapuas yang menetapkan pasangan Nomor 3, Mawardi-Herson sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kapuas serta menolak keberatan Pihak Terkait. Dengan demikian maka Pasangan Nomor 1, Ben - Jirin akan ditetapkan sebagai pemenang pada Pemilukada Kabupaten Kapuas Tahun 2012.

Kegiatan Monev Tuberkulosis Difasilitasi Motivator Nasional

Pada hari Senin, 26 Maret 2013 bertempat di Aula Hotel Al-Madani, Jalan Patih Rumbih, Kuala Kapuas, dilaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Program Tuberkulosis di Kabupaten Kapuas. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh pemegang program penanggulanngan Tuberkulosis yang ada di puskesmas se-Kabupaten Kapuas.

Kegiatan ini pada saat-saat sebelumnya sudah membahas berbagai aspek dari program TBC masalah masalah penjaringan, pengobatan, pelaporan dan lain sebagainya. Pengelola program tingkat kabupaten ingin memberikan suatu yang agak berbeda dalam pertemuan kali ini yaitu bagaimana agar pengelola TB puskesmas memiliki kemampuan advokasi, komunikasi dan mobilisasi sosial (AKMS) di lingkup kerja puskesmas.  Melalui AKMS, diharapkan pemegang program TB di puskesmas dapat bekerja sama dengan pimpinan, sesama staf dari lintas program lain, maupun masyarakat (termasuk tokoh dan kader) agar mendukung pengendalian TB sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.

Dalam rangka melaksanakan gagasan diatas, diundanglah fasilitator nasional yang berasal dari Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, Uria Guna Darma, SKM, M.Si. Dalam pertemuan tersebut beliau  memotivasi para petugas Puskesmas, agar lebih tergugah untuk selalu berpikir positif, kreativ dalam menggali permasalahan TB dan mengupayakan pemecahannya, dan berkomunikasi serta bekerja sama dengan pihak lain untuk meningkatkan kinerja program TB. Beliau juga menekankan agar stop menyalahkan orang lain dan keadaan, apalagi ketidaktahuan masyarakat, sebagai penyebab rendahnya kinerja program. Justru yang harus dibangun adalah sikap diri yang selalu mawas dan berpikir kreatif. Diharapkan hal ini dapat memperbaiki kinerja program Tuberkulosis pada masa-masa mendatang.

Sumber: Seksi Bimdal P2 Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas

Nurul Edy Pejabat Bupati Kapuas

Peserta Upacara Peringatan Hari Jadi Kapuas ke-207
Dalam Upacara Peringatan Hari Jadi Kota Kuala Kapuas ke-207 yang dilaksanakan di halaman kantor Bupati Kapuas yang dilaksanakan pada hari Selasa, 26 Maret 2013, gubernur Kalimantan Tengah, Agustin Teras Narang menyampaikan instruksi kepada Pemerintah Kabupaten Kapuas agar:

  1. Mempertahankan swasembada pangan.
  2. Menjaga kerukunan.
  3. Mempertahankan kondusifitas investasi
  4. Disiplin pegawai negeri sipil
  5. Perwujudan masyarakat yang aman, adil dan sejahtera.

Dalam amanat ini gubernur juga menyampaikan bahwa pejabat Bupati Kapuas sementara adalah Drs. Nurul Edy, M.Si yang sebelumnya adalah Sekda Kabupaten Kapuas.

Senin, 25 Maret 2013

Sekitar 3 Peleton Polisi Diperbantukan Mengamankan Pengumuman Pemilukada Kapuas

Truk yang membawa polisi dari Palangka Raya
Pada hari Senin, 25 Maret 2013 sekitar pukul empat sore terdengar sirine polisi di Kota Kuala Kapuas, rupanya ada rombongan polisi yang datang. Jumlah polisi yang datang dari Palangka Raya berjumlah sekitar 100-an orang (kurang lebih 3 peleton / 1 kompi). Mereka didatangkan untuk mengantisipasi pengamanan di Kota Kuala Kapuas menjelang Pengucapan Keputusan Mahkamah Konstitusi yang akan berlangsung pada hari Selasa, 26 Maret 2013 pukul 14.00 WIB.

Menurut keterangan yang admin peroleh dari Kepolisian Sektor Selat, mereka mengatakan bahwa situasi aman-aman saja menjelang pengumuman tersebut. Admin tidak melihat adanya kesibukan khusus dari Polsek ini untuk menghadapi pengumuman besok. 

Akper Kapuas Shake


Video Gangnam Style yang ditonton lebih dari satu milyar orang menginspirasi banyak orang. Setelah itu muncul Harlem Shake yang justru gaya ini lebih mendunia mengingat hampir setiap kalangan membuat versinya sendiri-sendiri. Tidak terkecuali mahasiswa-mahasiswa Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Kapuas yang aksinya dapat kita lihat dalam video diatas !

Minggu, 24 Maret 2013

Trans Kalimantan Macet di Anjir Muara Kota

Truk yang terporosok di bahu jalan sebelah kiri
Pada hari Minggu, 24 Maret 2013 bertempat di Anjir Muara Kota, ada truk yang terperosok di sisi jalan, ketika ada truk lain yang menariknya maka jalan menjadi terhalang. Syukurnya hal ini tidak berlangsung lama.

Farewel Party for Sergio

Sergio dan Sylvia menikmati hidangan di Terusan Raya
Project Officer dari Spanish Red Cross Sergio Garcia, berakhir masa tugasnya pada akhir Maret 2013. Dalam kunjungan serah terima dari tanggal 21-23 Maret 2013 di Kapuas, beliau menyempatkan diri untuk mengikuti kegiatan pelatihan di Terusan Raya, Kecamatan Bataguh.

Pada waktu istirahat siang para fasilitator dan peserta pelatihan serta peninjau makan siang di rumah ibu Ningsih. Pada saat makan siang tersebut ada yang bilang bahwa ini adalah acara perpisahan dengan Sergio.

Sewaktu ijin pulang ke Kapuas, seorang ibu bilang kepada Sergio agar tidak melupakan kampung mereka. Sergio menjawab bahwa dia tidak akan melupakan kampung ini (Terusan Raya).

Sabtu, 23 Maret 2013

Arkani Ketua Baru KPRI Medika

Pemasangan tenda persiapan RTA
Pada hari Sabtu, 23 Maret 2013 bertempat di halaman RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo, dilaksanakan Rapat Tahunan Anggota KPRI Medika. Dalam rapat ini yang terpilih sebagai ketua adalah Bapak Arkani.

Dalam kepemimpinan dr. Ahmad Haspiani, M.MKes pada periode yang lalu berhasil membawa Medika meraih penghargaan dan mengasilkan SHU yang berlipat ganda dibandingkan dengan sebelumnya?

Tempat Keramat di Terusan Muara

Keramat di muara sungai
Bila kita menuju Terusan Raya, di muara ketika kita memasuki terusan tersebut dari sungai Kapuas maka di sebelah kanannya ada rumah kecil yang terbungkus oleh kain berwarna kuning. Itu adalah tempat keramat yang sering digunakan oleh orang-orang untuk menaruh sesaji.

Tradisi ini sebenarnya merupakan kebiasaan masa lalu dimana banyak orang yang berhubungan dengan jin untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan memberi sesaji.

Sampai sekarang, masih banyak orang yang meminta kepada jin dengan memberi sesaji. Mereka tidak hanya orang yang animisme, bahkan banyak diantara mereka yang sudah beragama.

Radio Penunjuk Waktu Shalat

Radio Panasonic
Di Masjid Darul Muta'allimin, Desa Terusan Raya, Kecamatan Bataguh, mereka menggunakan radio Panasonic untuk mendapat informasi waktu shalat.

Mereka menyimak informasi dari radio yang berasal dari Banjarmasin, mengingat waktu shalat di Banjarmasin dengan Kapuas tidak terlalu berbeda jauh.

Pelatihan Pengolahan Air Minum

Relawan desa sedang membuat biosand filter
Pada hari Sabtu, 23 Maret 2013 bertempat di halaman Kantor Desa Terusan Raya, dilaksanakan kegiatan Pengolahan Air Minum. Kegiatan ini dilaksanakan oleh PMI Kabupaten Kapuas dengan supervisi oleh PMI Pusat, International Federation of Red Cross and Red Crescent (IFRC), internatinal Committe of Red Cross (ICRC) serta di dukung oleh Spanish Red Cross (SRC).

Kegiatan ini dimotori oleh para relawan markas PMI dan diikuti oleh relawan desa dari Terusan Raya dan Pulau Kupang. Mereka mengolah air dengan saringan pasir (biosand), desinfektan (air rahmat), sinar matahari (SODIS) dan direbus (boiling).

Sehat Tidak Harus Mahal

Satu sisir pisang Mauli
Salah satu kebiasaan baik yang harus kita rutinkan adalah mengkonsumsi buah-buahan segar. Untuk mendapatkan buah-buahan segar di Kapuas tidaklah sulit karena banyak tersedia di pasar. Yang diperlukan adalah kemauan untuk mengkomsumsinya. Pisang mauli dalam gambar harganya sangat terjangkau. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mengkonsumsi buah segar setiap hari!

Life Jacket - Protap PMI

Fasilitator pusat, IFRC dan ICRC mengenakan "Life Jacket"
Penggunaan Life Jacket (jaket pelampung) merupakan keharusan bagi relawan Palang Merah Indnesia (PMI) ketika menggunakan transprtasi air. Bidang kesehatan sudah punya pengalaman buruk dimana beberapa tenaga kesehatan meninggal dunia ketika menggunakan transprtasi air saat melaksanakan tugas.

Namun sebagian relawan masih ada yang enggan untuk menggunakan "life jacket" ini secara rutin saat menggunakan transportasi air.

Pasar Terapung Yang Hampir Punah

Jual beli diatas air
Hampir setiap kota yang ada di Kalimantan memiliki sejarah Pasar Terapung. Hal ini disebabkan karena belum adanya transportasi darat pada masa lalu, maka semuanya dilakukan lewat sungai, termasuk jual beli.
Biasanya para produsen akan membawa hasil bumi mereka ke Kuala Kapuas. Berbagai macam dapat dijual dari atas jukung, biasanya sayur-sayuran, buah-buahan, bahkan dulu mereka bisa berjualan soto diatas air.

Gantungan Kunci Dari Koran Bekas

Gantung kunci karya Forpis
Inilah hasil karya Forum PMR Indonesia (Forpis) Kabupaten Kapuas pada beberapa hari yang lalu ketika mereka membuat gantungan kunci yang terbuat dari koran bekas yang dihancurkan. Setelah cetakan tersebut dikeringkan dan dikasih gantungan kunci, maka jadilah gantungan kunci diatas. Rencananya gantungan kunci ini akan ditempel dengan atribut Palang Merah Indonesia.

Water City Exotica 2013 - Iklan

Pada hari Minggu, 24 Maret 2013 pukul 08.00 - 17.00 WIB, Hot Spot Entertainment dan DPD KNPI Kabupaten Kapuas mempersembahkan: WATER CITY EXOTICA 2013 (ajang prestasi anak bangsa) menampilkan sejumlah kegiatan:

  1. Lomba Mewarnai dan Menggambar Tingkat TK
  2. Lomba Menggambar Tingkat SD
  3. Aneka Lomba Ketangkasan
  4. Lomba Cheerleader antar SLTA
  5. Lomba Busana Casual Tingkat TK, SD, SMP dan SLTA
  6. Pentas Seni Budaya Tradisional, Magic Show, dll
  7. Kepedulian terhadap seniman-seniman Kabupaten Kapuas
  8. Donor Darah & Pameran Foto Kegiatan KNPI Kapuas
  9. Penyuluhan Bahaya Narkoba dan Tertib Lalu Lintas
Lokasi: Pasar Kuliner Stadion Panunjung Tarung Kapuas
Informasi: Kantor HOT SPOT Entertainment, Jl. Jawa No. 79 Kuala Kapuas (Depan Gereja Parawei), Telepon (0513) 24406, 082154751711.

Kegiatan ini didukung oleh: DPD KNPI Kabupaten Kapuas, BNK Kapuas, Bank BRI, Bank Pembangunan Kalteng, Honda Trio Motor Kapuas, Palang Merah Indonesia Kabupaten Kapuas, Koran Kalteng, Harian Palangka Post, SKU Info Kalteng, IGRA Kabupaten Kapuas, Satlantas Polres Kapuas.

Jumat, 22 Maret 2013

Selasa, 26 Maret 2013 - Pengucapan Keputusan Pemilukada Kapuas di Mahkamah Konstitusi

Nomor Perkara: 94/PHPU.D-X/2012
Pokok Perkara: Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Kapuas Tahun 2012
Pemohon: Ben Brahim S. Bahat dan H. Muhajirin [No. Urut 1]. Kuasa Hukum: Baron Ruhat Binti, S.H, M.Hum, dkk
Acara Sidang: Pengucapan Keputusan

Nomor Perkara: 95/PHPU.D-X/2012
Pokok Perkara: Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Kapuas Tahun 2012
Pemohon: H. Surya Dharma dan Taufiqurrahman [No. urut 2]
Acara Sidang: Pengucapan Putusan

Sumber: Mahkamah Konstitusi

Pesta Adat Laluhan 21 Maret 2013



Video Upacara Laluhan diatas diunggah oleh amat oke pada tanggal 21 Maret 2013.

Upacara Laluhan 2013

Kapal feri yang dihias membawa para tamu dan pejabat (Courtesy of  Trisno Apidianto)
Pada hari Kamis, 21 Maret 2013 sore bertempat di Pelabuhan Danau Mare dilaksanakan Upacara Laluhan. Sejak pukul 14.00 WIB warga masyarakat sudah berkumpul di pelabuhan untuk menyaksikan kegiatan ini. Rombongan tamu yang berada dalam kapal feri berangkat dari pelabuhan Rumah Betang yang terletak di Sei Pasah, Kecamatan Kapuas Hilir.
Kapal feri yang dihias membawa para tamu dan pejabat (Courtesy of  Trisno Apidianto)
Kegiatan Laluhan ini dihadiri oleh Bapak Bupati Kapuas, Ir. H. Muhammad Mawardi, MM. Selain itu beberapa pejabat juga mendampingi beliau di pelabuhan danau mare. Agak disayangkan kegiatan ini kurang dipromosikan secara luas padahal memiliki potensi wisata yang cukup luar biasa  mengingat kegiatan ini cukup khas untuk Kabupaten Kapuas.

Kamis, 21 Maret 2013

Ziarah Ke Taman Makam Pahlawan Bumi Kencana

Drs. Tatang Lesmana sedang menaburkan bunga
Pada hari Kamis, 21 Maret 2013 bertempat di Taman Makam Pahlawan Bumi Kencana dilaksanakan kegiatan ziarah dalam rangka Hari Jadi Kota Kuala kapuas ke-207 dan Hari Ulang Tahun Pemerintah Kabupaten Kapuas ke-82 Tahun 2013. Kegiatan ziarah ini dipimpin oleh Sekda Kabupaten Kapuas, Drs. Nurul Edy, M.Si dan diikuti oleh pejabat eselon dua dan tiga dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas.

Rabu, 20 Maret 2013

Mati Lampu Se-Kalselteng

Pada saat mati lampu kedua pada hari Rabu, 20 Maret 2013, admin menghubungi PLN Cabang Kapuas. Mereka mengabarkan bahwa pemadaman ini terjadi se-Kalselteng karena ada gangguan pada pembangkit tenaga listrik di Asam-asam. Saat ini sedang dalam proses pemulihan. PLN masih belum bisa memastikan kapan lampunya akan kembali menyala.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Advokasi Kusta di Kabupaten Kapuas

dr. Vijaya Kumaran sedang mendengarkan penjelasan Ibu Ade Erma
Pada hari Rabu, 20 Maret 2013 bertempat di ruang rapat Bupati Kabupaten Kapuas dilaksanakan kegiatan Advokasi Kusta Kabupaten Kapuas. Kegiatan ini dipimpin oleh Bapak Frederick Timbung (Asisten I), diihadiri oleh perwakilan dari WHO-SEARO, kementerian kesehatan, dinas kesehatan provinsi, dinas kesehatan kabupaten, puskesmas dan camat disekitar Kuala Kapuas, serta lintas sektor terkait seperti Kementerian Agama, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, Badan Pemberdayaan Masyarakat.

Setelah sambutan dari Bupati Kapuas yang dibacakan oleh Bapak Frederick Timbung dilanjutkan dengan pemaparan kondisi kusta di Kabupaten Kapuas oleh Ibu Tri Setyautami (Dinkes Kapuas) serta penjelasan tentang kondisi kusta di Indonesia oleh Ibu Erma (Kementerian Kesehatan).

Masalah penderita kusta diantaranya adalah penyakit ini menyebabkan rasa malu, masalah untuk menikah, sulit untuk menemukan pekerjaan, orang lain menolak untuk membeli makanan, akan menyembunyikan kondisinya. Sedangkan disktriminasi sosial yang dialami oleh penderita kuta adalah tidak dapat menikah, diceraikan oleh suaminya / istrinya, ditolak untuk bekerja, dipaksa untuk keluar dari pekerjaan, mempengaruhi promosi, tidak dimasukkan ke sekolah.

Tantangan kusta adalah terus ada penemuan penderita, kurangnya komitmen politis dan alokasi sumber daya, kualitas hidup orang yang menderita penyakit kusta rendah, stigma dan diskriminasi masih ada dan rehabilitasi perlu ditingkatkan.

Yang harus kita lakukan adalah pengobatan sedini mungkin, kampanye menurunkan stigma dan advokasi kusta. 

Diskusi Kusta Dengan Perwakilan WHO

Diskusi kusta dengan dr. Vijaya Kumaran (dua dari kanan)
Pada hari Selasa, 19 Maret 2013 bertempat di ruang kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, perwakilan dari World Health Organization South East Asia Region (WHO-SEARO), dr. Vijaya Kumaran didampingi oleh staf WHO Jakarta, dr. Benyamin Sihombing dan staf Subdit Kusta Frambusia, dr. Ghozali dan Rita Yulihane, SKM  melakukan diskusi dengan pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas tentang penyakit Kusta.

Dalam diskusi ini dibicarakan mengenai kondisi dan permasalahan penanggulangan penyakit Kusta di Kabupaten Kapuas. Pihak WHO mengusulkan adanya kartu untuk penderita kusta, sehingga kemanapun mereka pergi, mereka bisa mendapatkan pengobatan untuk kusta.

Info KabupatenKapuas - Twitter

Foto profil akun twitter Info KabupatenKapuas
Bagi masyarakat Kabupaten Kapuas yang memiliki akun Twitter dapat mengikuti (Follow) Info KabupatenKapuas (@infokapuas). Akun ini mengumpulkan berita tentang Kabupaten Kapuas dari berbagai sumber. Hashtag yang dipopulerkan adalah #newsKapuas, #eventKapuas, #sejarahKapuas, #faktaKapuas dan #kapua5.

Sampai saat admin mengunjungi akun ini pada hari Rabu, 20 Maret 2013 pukul 05.10 WIB terdapat:

  • 5.220 tweets
  • 46 following
  • 1.080 follower
Jadi pengikut akun ini lebih banyak dari pelanggan koran Kalteng Pos di Kabupaten Kapuas.

Kapuas di Basel Mission Archives

Mission standard school in Kwala Kapuas
Bila kita mengunjungi situs BM Archives (Basel Mission / Mission 21) dengan alamat http://www.bmarchives.org) maka kita akan bisa melakukan pencarian dengan kata kunci "kapuas". Maka kita akan mendapatkan sekitar 249 foto. Setelah admin periksa beberapa foto, memang tidak semuanya menceritakan tentang Kwala Kapuas tempo dulu, namun sebagian besar foto tersebut cukup memberikan gambaran tentang kondisi Kapuas masa lalu. Salah satu foto tersebut dapat dilihat diatas.

Sebelumnya, koleksi foto-foto misi ini diletakkan di University of Southern California, namun sejak tahun 2012 koleksi foto-foto tersebut sudah tersedia pada situs Basel Mission Archives. Saat inipun mereka sedang melakukan pemetaan terhadap peta-peta masa lalu yang mereka buat dan ditempelkan di Google Earth.

Selasa, 19 Maret 2013

My Stop TB - Make Your Own Poster - Your Poster

My Stop TB - Make Your Own Poster - Your Poster:
Mari ramaikan World TB Day 2013 dengan membuat poster My Stop TB pada alamat berikut ini:

http://www.mystoptb.org/2013poster/uploadphoto.php 

'via Blog this'

Sei Pinang – a haven for gold excavators | The Jakarta Post

Sei Pinang – a haven for gold excavators | The Jakarta Post:

Artikel yang ditulis oleh Setiono Sugiharto di koran The Jakarta Post memuat berita tentang Desa Sei Pinang yang merupakan ibukota dari Kecamatan Mandau Talawang. Tulisan ini menceritakan tentang penambangan emas liar yang dapat membahayakan kelestarian lingkungan dan dapat menimbulkan masalah kesehatan. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan klik tautan diatas !

'via Blog this'

Senin, 18 Maret 2013

Forpis Buat Gantungan Kunci

Anggota Forpis sedang membuat gantungan kunci
Pada hari Senin, 18 Maret 2013 bertempat di Markas PMI Kabupaten Kapuas Jl. Untung Surapati No. 5, Kuala Kapuas, anggota Forum PMR Kabupaten Kapuas membuat gantungan kunci dari bubur koran. Rencananya gantungan kunci ini akan di jual saat pasar malam dalam rangka Hari Jadi Kapuas.

Kegiatan yang dlakukan di halaman markas ini tampak mengasyikkan. Ada yang menghancurkan koran basah dengan tangan mereka (idealnya dengan blender agar lebih halus), kemudian mereka mengaduk-aduk koran yang sudah hancur tersebut di dalam ember. Kemudian bubur koran tersebut dipadatkan sesuai cetakan yang ada, kemudian dimasukkan gantungan kuncinya. Sampai sore hari, gantungan kuncinya sedang dikeringkan.

Minggu, 17 Maret 2013

Lomba Baca Puisi - Kapuas Celebration Week 2013

Peserta lomba membaca puisi
Pada hari Minggu, 17 Maret 2013 bertempat di Sanggar Pramuka Kabupaten Kapuas, Jalan Kruing, Kuala Kapuas diselenggarakan kegiatan Lomba Baca Puisi Kategori SMP-SMA Sederajat Se-Kabupaten Kapuas dalam rangka Pagelaran Seni Kapuas Celebration Week 2013. Kegiatan ini diikuti oleh 35 orang siswa-siswa SMP dan SMA sederajat se-Kabupaten Kapuas.

Selain menampilkan para peserta lomba, kakak-kakak pembina juga menyumbangkan puisi, baik secara perorangan maupun secara berkelompok. 

Sabtu, 16 Maret 2013

Capping Day Mahasiswa Akper Angkatan XII

Pemasangan kap oleh dr. Hj. Ani Handaningroem
Pada hari Sabtu, 16 Maret 2013 bertempat di ruang kuliah Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Kapuas dilaksanakan kegiatan Pemasangan Kap (Capping Day) bagi Mahasiswa Angkatan XII Tahun Akademik 2012/2013. Pemasangan kap ini dilakukan oleh Ibu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, dr. Hj. Ani Handaningroem.
Foto bersama Kelas IA
Dalam sambutannya Direktur Akper Pemkab Kapuas, dr. Agus Waluyo, MM.Kes, mengharapkan agar para mahasiswa selain memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang baik, juga memiliki perilaku yang dapat  menunjang pekerjaan sebagai seorang perawat profesional. Ketiga unsur tersebut harus dimiliki oleh lulusan  Akper Pemkab Kapuas.
Foto bersama Kelas IB
dr. Hj. Ani Handaningroem dalam sambutannya menjanjikan bahwa para mahasiswa yang memiliki prestasi terbaik akan diberikan keutamaan dalam penerimaan PTT Perawat untuk tahun 2014 mendatang. PTT Perawat ini akan ditempatkan pada tempat-tempat terpencil di Kabupaten Kapuas dengan gaji sesuai dengan Upah Minimum Kabupaten.

Berikut ini adalah video pemasangan kap:

Persadia Tetap Senam Meskipun Hujan

Anggota Persadia senam saat hujan
Ajungan jempol pantas diberikan kepada para anggota Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) Cabang Kapuas karena mereka tetap melaksanakan kegiatan senam diabetes pada saat hujan, Jum'at, 15 Maret 2013. Meskipun yang datang tidak sebanyak biasanya, mereka tetap melaksanakan kegiatan senam di lobby RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo sebelum kunjungan pasien rawat jalan dimulai.

Jumat, 15 Maret 2013

Hotspot Area

Hotspot Area di MTsN Selat
Internet sudah bukan lagi merupakan barang mewah. Akses terhadap internet sudah bisa dilakukan dari mana-mana. Berbagai sekolah di lingkungan Kuala Kapuas sudah memiliki akses terhadap internet. Umumnya mereka menggunakan Speedy sebagai penyedia layanan internet tersebut. Sejak Jardiknas tidak berjalan dengan lancar, banyak sekolah yang beralih ke Speedy.

Menurut informasi yang diperoleh Informasi Kapuas dari kepala cabang PT. Telkom Cabang Kapuas, insya Allah dalam waktu dekat ini akan dipasang wifi.id dimana warga masyarakat bisa menggunakan internet secara gratis maupun secara berlangganan. 

Rabu, 13 Maret 2013

Pelatihan KSR Dasar PMI Kabupaten Kapuas

Suasana pembukaan Pelatihan KSR Dasar
Pada tanggal 13-24 Maret 2013 bertempat di aula Hotel Raudah, Kuala Kapuas, Palang Merah Indonesia Kabupaten Kapuas menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Korps Sukarela (KSR) Dasar. Kegiatan ini diikuti oleh calon relawan yang berasal dari Kuala Kapuas, Palangka Raya dan Sampit. Kegiatan ini disponsori oleh Spanish Red Cross (Palang Merah Spanyol). Fasilitator pada pelatihan ini berasal dari PMI Kabupaten Kapuas dan PMI Kota Palangka Raya, serta PMI Provinsi Kalimantan Tengah.

Pelatihan ini merupakan pelatihan kedua untuk pembentukan KSR, mengingat para relawan yang lama sudah banyak yang tidak aktif karena kesibukan masing-masing. Setelah pelatihan ini, para relawan akan diperbantukan ke berbagai program yang ada di palang merah seperti Kesehatan dan Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat, Pelayanan Sosial, pembinaan remaja dalam bentuk Palang Merah Remaja di berbagai sekolah, mulai dari SD, SMP dan SMA sederajat.

Selasa, 12 Maret 2013

Mini Market Tama

Tampak depan Mini Market Tama
Mini Market ini terletak di Jalan Letkol Pdt. Seth Adji No. 121, Kuala Kapuas. Nomor HP-nya adalah 082148317541. Sebagaimana mini market yang lain, disini dijual berbagai macam makananan dan minuman. Bahkan tempat ini juga melangsir bensin dengan harga biasa. Dibagian depan toko tampak ada etalase untuk menjual pulsa handphone, namun menurut keterangan penjualnya sudah tidak aktif lagi.

Senin, 11 Maret 2013

dr. Agus Fitrianto Ahmad, Sp.PD - Spesialis Penyakit Dalam Baru

Setelah berakhirnya tugas dr. Agus Nurohman, Sp.PD, masih belum ada dokter spesialis penyakit dalam yang menetap di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo. Pengganti pertama beliau adalah dr. Makmun, Sp.PD yang kembali ke Yogyakarta pada akhir Januari 2013 yang lalu. Pada hari Minggu, 10 Maret 2013 kemarin, datang lagi dokter spesialis penyakit dalam yang baru yaitu dr. Agus Fitrianto Ahmad, Sp.PD. Beliau baru saja lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada.

Beliau akan melihat dulu situasi dan kondisi beliau, mengingat sebenarnya beliau mendapatkan rekomendasi spesialis dari RS. Bantul, tapi karena sekarang di rumah sakit tersebut sudah ada tiga orang dokter spesialis penyakit dalam, beliau tidak tahu apakah masih bisa masuk ke sana atau tidak. Untuk sementara ini, beliau akan bertugas selama satu bulan di rumah sakit di Kuala Kapuas ini.

Tari Pedalaman " Tingang dan Dohong " Sanggar Majar Anak Tabela



Video diatas diunggah oleh anas kapuas pada tanggal 8 Maret 2013.


Minggu, 10 Maret 2013

Manasik Haji Kecil

Melontar Jumrah
Pada hari Minggu, 10 Maret 2013, Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) Al-Amin Kapuas menyelenggarakan Manasik Haji Kecil bagi para muridnya. Kegiatan yang bertempat di halaman depan Masjid Agung Al-Mukarram ini dihadiri juga oleh para orang tua murid.

Miniatur Ka'bah, tenda di Arafah, tenda di Mina serta tempat melontar juga sudah disiapkan di halaman masjid. Para murid dibimbing oleh gurunya melakukan prosesi haji tersebut secara bertahap.

Dengan pelaksanaan kegiatan ini diharapkan para murid dapat merasakan secara langsung suasana haji dan diharapkan kelak mereka bisa mempersiapkan diri untuk melaksanakan ibadah ini kelak.

Cuci Motor Al-Fatih

Motor-motor sedang dicuci
Cuci motor ini terletak di Jl. Melati, seberang Puskesmas Melati, Kuala Kapuas. Tempat ini merupakan salah satu dari beberapa tempat cuci motor di Jalan Melati. Selain cuci motor tempat ini juga melayani poles body, semir ban dan salon helm.

Menurut keterangan salah seorang pencuci motor, tenaga pencuci cukup banyak, cuma pada hari ini mereka sedang sibuk, sehingga tenaga pencuci cuma dua orang saja. Rata-rata dalam sehari tempat ini mencuci sebanyak 20 buah motor. Tarif cuci per motor adalah Rp 8.000.

Sabtu, 09 Maret 2013

Shalat Hajat Menghadapi Ujian Sekolah dan Nasional

Pada hari Jum'at, 8 Maret 2013 bertempat di Masjid Agung Al-Mukarram, Kuala Kapuas, orang tua murid dan siswa-siswi kelas 9 SMPN 1 Selat yang beragama Islam menyelenggarakan shalat hajat. Shalat ini dilaksanakan dalam rangka menghadapi ujian sekolah dan nasional yang akan dimulai pada tanggal 18 Maret 2013. Pelaksanaan shalat hajat didahului oleh shalat Maghrib dan diakhiri dengan shalat Isya berjama'ah. 

Jumat, 08 Maret 2013

Fasilitasi Evaluasi Program Kesehatan Balita

Peserta sedang mengisFormulir MTBS
Pada hari Rabu-Kamis, 6-7 Maret 2013 bertempat di Aula Hotel Raudah, Kuala Kapuas, diselenggarakan kegiatan Fasilitasi Evaluasi Program Kesehatan Balita (Khususnya MTBS) Bagi Daerah Cluster 4 Pusat Pendaratan Ikan (PPI). Yang termasuk Cluster 4 PPI di Kabupaten Kapuas adalah Desa Sei Teras dan Desa Batanjung, Kecamatan Kapuas Kuala.

Pertemuan ini dihadiri oleh seluruh dokter puskesmas dan perwakilan dari rumah sakit dan gudang farmasi kabupaten. Fasilitatornya adalah Direktorat Anak Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Dari pertemuan ini disepati bahwa puskesmas diharapkan untuk melaksanakan Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS) sambil menunggu kegiatan orientasi. Sedangkan untuk rumah sakit diharapkan membentuk tim tumbuh kembang yang terdiri dari dokter spesialis anak, dokter umum, fisioterapis dan nutrisionis.

Kamis, 07 Maret 2013

KAJA SMAN 1 Sei Hanyu ke SMAN 2 Kuala.Kapuas 28 Februari 2013



Video diatas diunggah oleh anas kapuas pada tanggal 6 Maret 2013.

Kecelakaan Lalu Lintas - Epidemi Tersembunyi


030512 eric howard road safety lunch seminar from Indonesia Infrastructure Initiative

Menurut data yang diperoleh dari Sub Bagian Rekam Medik RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo jumlah kematian akibat kecelakaan lalu lintas di rumah sakit adalah sebagai berikut:

  • 2010 - 16 orang
  • 2011 - 10 orang
  • 2012 - 17 orang
Jadi hampir setiap bulan ada orang yang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas. Hal ini perlu mendapat perhatian dari pemerintah kabupaten dan masyarakat secara keseluruhan.

Rabu, 06 Maret 2013

Jambore dan Duta Sanitasi Kabupaten Kapuas 2013


Pak Bambang sedang memberikan penyuluhan
Pada hari Selasa, 5 Maret 2013, Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kapuas menyelenggarakan kegiatan Jambore dan Duta Sanitasi Kabupaten Kapuas 2013 dengan tema Bersama Kita Peduli Sanitasi dan Air Minum. Kegiatan yang dilaksanakan di lantai dua kantor PU ini diikuti oleh siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Kapuas.

Kegiatan pada hari pertama ini diisi dengan penyuluhan yang disampaikan oleh pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Kesehatan. Penyuluhannya meliputi masalah Pemanfaatan Sampah (Reduce, Reuse dan Recycle) oleh Ibu Heni. Penyuluhan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) disampaikan oleh Bapak Bambang. Penyuluhan tentang HIV / AIDS disampaikan oleh Ibu Tri Setyautami.

Lomba poster dan karya tulis dengan tema diatas akan dilaksanakan pada hari Rabu, 6 Maret 2013.

Selasa, 05 Maret 2013

Donor Darah di PT. Graha Inti Jaya

Bapak Asiang (Satpam) pendonor pertama
Pada hari Selasa, 5 Maret 2013 bertempat di ruang Klinik PT. Graha Inti Jaya diselenggarakan kegiatan donor darah. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari surat himbauan donor darah yang dikirimkan oleh Palang Merah Indonesia Kabupaten Kapuas kepada pihak PT. Graha Inti Jaya.

Kegiatan donor darah ini diikuti oleh para asisten dan staf PT. Graha Inti Jaya. Petugas Unit Transfusi Darah RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo melakukan pengambilan darah dari para donor. Setelah mendonorkan darahnya mereka mendapatkan "servis donor" dari pihak UTD-RS yang berupa makanan dan minuman ringan pengganti cairan yang berkurang.

Kegiatan donor darah ini berhasilkan mengumpulkan sebanyak 26 kantong darah.

Sepulangnya dari perusahaan, diperjalanan ambulance yang digunakan rombongan sempat terhambat oleh truk pengangkut sawit yang amblas di jalan. Setelah ada excavator perusahaan yang membantu truk ini untuk keluar dari amblasnya, akhirnya perjalanan dapat dilanjutkan meskipun terlambat selama 3 jam.

Senin, 04 Maret 2013

Pelatihan Penyusunan Tarif Pelayanan Rumah Sakit

Direktur RS (kanan) sedang memberikan sambutan
Pada hari Sabtu, 2 Maret 2013 bertempat di aula RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo diselenggarakan kegiatan Pelatihan Penyusunan Tarif Pelayanan Rumah Sakit. Narasumbernya adalah Atik Heru Maryanti, SE, Akt., ST., MBA., Direktur SDM, Pemasaran dan Pengembangan Bisnis RS Antam Medika sekaligus sebagai Direktur dan Senior Konsultan di Sansekerta Consulting Group.

Dalam pelatihan ini Ibu Atik menjelaskan bahwa penyusunan tarif rumah sakit sebaiknya dilakukan dengan menghitung Unit Cost (UC) dengan metode Modified Activity Based Costing Approach. Cara inilah yang akhirnya berujung pada terbentuknya standar pembayaran seperti INA-CBG. Penghitungan unit cost ini dapat digunakan sebagai alat untuk melakukan negosiasi terhadap pemerintah daerah. Sebesar apa subsidi yang diperlukan oleh rumah sakit.

Penumpang Kapal Tenggelam Di Pelabuhan KP3

Penonton pencarian orang tenggelam di Pelabuhan KP3
Pada hari Senin, 4 Maret 2013 pukul 18.45 WIB admin menerima SMS dari relawan Emergency508 yang mengabarkan bahwa ada seorang laki-laki berumur kurang lebih 27 tahun tenggelam di Pelabuhan KP3. Sampai saat SMS ini dikirim, korban masih dalam pencarian.

Admin baru berangkat ke lokasi pada pukul 20.55 WIB dan di pelabuhan KP3 sudah banyak orang yang berkumpul menyaksikan proses pencarian korban oleh Tim Emergency508. Tim menggunakan speedboat kecil untuk mencari mayat tersebut.

Menurut keterangan relawan Emergenci508, ketika terjatuh dari kapal dagang, korban sempat timbul dan terbawa arus agak ke tengah, tapi ketika rekan-rekan mereka sudah mendapatkan klotok untuk menolong, korban tidak tampak lagi dari permukaan air.

Minggu, 03 Maret 2013

Blog - Membuat Lebih Mudah Dari Merawat

Peserta Pelatihan Blog KAMMI Komsat Kapuas
Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Komisariat Kuala Kapuas kembali mengadakan kegiatan Pelatihan Pembuatan Blog yang diselenggarakan di SDIT Al-Amin Kuala Kapuas. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 3 Maret 2013 pukul 13.00 - 15.00 WIB. Dari kegiatan yang sudah dilaksanakan sejak minggu lalu, sudah lima buah blog baru yang berhasil dibuat yaitu:

  1. Masa Pencarian Jati Diri
  2. masa kecilku
  3. life is adventure
  4. mengejar impian
  5. Senandung Hati
Sebagaimana layaknya orang yang baru mencoba, blog-blog diatas baru digunakan untuk mencoba berbagai macam fitur yang ada di Blogger.

Diharapkan setelah para peserta memiliki blog, mereka bisa mengisi blog tersebut secara rutin. Hal yang tersulit dalam mengelola blog bukanlah pada pembuatannya melainkan bagaimana merawatnya dengan mengisinya dengan tulisan atau hal-hal yang bermanfaat secara rutin.

Kerja Keras Menanti Setelah PPK-BLUD

Terhitung tanggal 11 Februari 2013, RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo sudah resmi menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Dengan status baru ini rumah sakit dapat melakukan pengelolaan keuangan secara mandiri dari pendapatan yang diperoleh dari pelayanan kepada pasien.

BLUD bukanlah akhir dari sebuah perjalanan, tapi justru merupakan awal dari sebuah kerja keras dari seluruh stakeholder rumah sakit. Banyak peraturan-peraturan bupati yang harus segera diusulkan kepada pemerintah kabupaten sehingga BLUD ini dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang ada.

Harus ada perubahan dalam kinerja yang harus dimiliki oleh seluruh unsur yang ada dirumah sakit, sehingga status baru ini tidak cuma sekedar simbol, tapi bisa memberikan perbaikan dalam kualitas pelayanan. Penghitungan unit cost yang akan dilakukan nanti diharapkan bisa memberikan gambaran tentang tarif baru yang seharusnya dimiliki oleh rumah sakit dan hal ini diharapkan bisa juga menjadi bahan negosiasi kepada pemerintah daerah untuk mendapatkan pendanaan yang memadai.

Jumat, 01 Maret 2013

LOWONGAN PEKERJAAN - Guru Kelas

Dicari 2 orang Pria/Wanita untuk menempati posisi Guru Kelas di SDIT Al-Amin Kuala Kapuas. Jenjang pendidikan S1 PGSD ( S.Pd.SD ). Anda/Kerabat/Teman anda berminat silahkan menghubungi/mengirim lamaran ke SDIT Al-Amin Kuala Kapuas, Jl. Barito Gg. XI, Kelurahan Selat Hulu, Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah. 

Contact Person : 081348552050.

Risalah Sidang Pemilukada Kapuas 28 Februari 2013

Risalah Sidang Pemilukada Kapuas 28 Februari 2013 by Jum'atil Fajar