Ketersediaan Darah di UTD-RS

Stok darah per 10 Oktober 2014:

A = 3; B = 9, O = 6, AB = 3

Sumber: Debi (UTD RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo)

Selasa, 30 April 2013

Nuryadi Juara 1 Pencak Silat Kelas C Putra

Kejuaraan Pencak Silat - Porseni Daerah VI
Dalam kegiatan Pekan Olahraga dan Seni Daerah VI yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah yang berlangsung pada tanggal 27-29 April 2013 di Asrama Haji, Palangka Raya, salah seorang santri Pondok Pesantren Al-Amin Kapuas, yaitu Nuryadi, berhasil memenangkan Juara 1 Pencak Silat Kelas C Putra. Kemenangan ini menjadi salah satu dari beberapa kemenangan yang berhasil diraih oleh Kabupaten Kapuas.

SMPN 3 Selat - Juara I Volley Ball Putra

Pertandingan Volley Ball - Porseni SMP
Pada hari Senin, 29 April 2013 setelah melalui pertandingan yang cukup seru melawan SMPN 1 Kapuas Kuala, akhirnya SMPN 3 Selat (Terusan Karya) berhasil mengalahkan mereka. Salah satu pemainnya berkata bahwa babak finall ini lebih mudah dibandingkan dengan semifinal yang tadi pagi baru saja dilaksanakan.

Senin, 29 April 2013

Kebakaran di Jalan Kapten Pierre Tendean

Kebakaran di Jalan Kapten Pierre Tendean (dari RS lantai 2)
Sebelum tengah hari, Senin, 29 April 2013, kota Kuala Kapuas dihebohkan dengan adanya asap hitam yang mengepul di udara. Rupanya ada kebakaran di Jalan Kapten Pierre Tendean. Kebakaran ini menghanguskan beberapa rumah. Menurut keterangan dari Bapak Samino, dari Emergency 508, para pengungsi memerlukan kasur dan selimut.

Pondok di Sei Itik

Pondok ini menarik karena semuanya terbuat dari daun rumbia, mulai dari atap sampai dindingnya. Pondok ini tidak memiliki jendela. Pondok ini digunakan oleh penghuninya ketika mereka mengolah sawah yang ada di seberang Sei Itik. Untuk mencapai pondok ini mereka menggunakan klotok yang mereka parkir di depan pondoknya.

Jumat, 26 April 2013

Mie Ayam dan Bakso Anjasmoro

Tempat makan ini terletak di Jalan Kenanga, Simpang Tiga Nusa Indah, Kuala Kapuas. Tarifnya adalah sebagai berikut:
* Mie ayam - Rp 10.000 per porsi
* Bakso - Rp 10.000 per porsi

Buka dari jam 10.00 - 22.30 WIB.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Pengarahan Umum Bupati dan Wakil Bupati Kapuas

Pada hari Jum'at, 26 April 2013 bertempat di aula kantor Bupati Kapuas, Jl. Pemuda No. 5,5 Kuala Kapuas dilaksanakan kegiatan Pengarahan Umum Bupati Kapuas pada pertemuan dengan jajaran pemerintah Kabupaten Kapuas.

Pada pertemuan ini juga dilakukan penandatanganan Berita Acara Penyerahan Wewenang dari Plh. Bupati Kapuas, Drs. Nurul Edy, MSi kepada Bupati Kapuas yang baru, Ir. Ben Brahim S. Bahat, MM, MT. Penyerahan memori pelaksanaan tugas Plh. Bupati pun juga diserahkan pada saat itu juga.

Dalam pengarahannya Bupati Kapuas mengharapkan agar seluruh jajaran berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Beliau meminta seluruh jajaran untuk berlari bersama beliau. Beliau meminta dinas pertanian untuk mengupayakan peningkatan produksi. Dinas perikanan dan pihak terkait bisa mengupayakan adanya makanan khas yang berasal dari ikan.

Beliau meminta dinas perkebunan dan para camat untuk mencermati batas perkebunan yang ada serta mengawasi alih fungsi lahan dari pertanian menjadi perkebunan.

Penertiban aset menjadi tugas yang paling berat karena banyak pejabat yang pensiun tidak mau menyerahkan kendaraan roda dua dan roda empat yang mereka guunakan. Target 2013 adalah bisa Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Beliau juga mengarapkan para PNS untuk memiliki kejujuran, kemampuan, loyalitas dan kesetiaan. Beliau kembali mengharapkan semua untuk menjadi pelayan bagi masyarakat.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Kamis, 25 April 2013

65 Mata Dioperasi Katarak

Menurut keterangan Ketua Panitia Pendamping Operasi Katarak, M. Sholichuddin, jumlah mata dan jumlah orang yang menjalani operasi katarak sampai dini hari tanggal 25 April 2013 adalah 65.

Pada pagi ini, 25 April 2013 semua pasien yang sudah dioperasi diperiksa kembali untuk tindak lanjut operasi, apakah ada masalah dengan mata yang dioperasi atau tidak.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kapuas

Setelah pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas pada hari Kamis, 25 April 2013 di GPU Manggatang. Tarung, dilaksanakan Pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kapuas. Pelantikan ini dilaksanakan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Tengah.

Pelantikan ini dihadiri oleh perwakilan seluruh PKK se-Kabupaten Kapuas. Dalam sambutannya, ketua TP-PKK Kalteng mengharapkan agar kegiatan PKK Kabupaten Kapuas dapat mendukung pencapaian Milleneum Development Goals (MDGs).

Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa keluarga, kesehatan, semangat, sahabat ibarat bola kaca yang kalau jatuh tidak bisa diperbaiki. Sedangkan pekerjaan diumpamakan bola karet yang kalau jatuh tidak pecah. Sehubungan dengan hari Kartini beliau mengingatkan agar para ibu dan bapak tidak mengutamakan kerja diatas yang lainnya,
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas 2013-2018

Pada hari Kamis, 25 April 2013 bertempat di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Manggatang Tarung, Gubernur Kalimantan Tengah, Agustin Teras Narang melantik Bupati dan Wakil Bupati Kapuas.

Pelantikan ini diikuti oleh seluruh komponen masyarakat Kabupaten Kapuas baik yang berasal dari hulu maupun dari hilir. Baik dari kalangan aparat pemerintah maupun swasta. Dari pihak keluarga maupun tim sukses.

Dalam sambutannya Gubernur Kalteng mengharapkan agar Ben-JIrin dapat menyatukan kembali masyarakat Kapuas yang sempat terpecah pada Pemilukada yang lalu. Diharapkan pimpinan yang baru ini dapat mengayomi seluruh masarakat Kapuas tanpa membedakan agama dan suku.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Rabu, 24 April 2013

Suasana Gladi Resik Pelantikan Bupati Kapuas

Suasana seru terasa ketika Bupati dan Wakil Bupati Kapuas berulangkali mengucapkan sumpah/janji jabatan.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

PT. TELKOM Memasang Jaringan Untuk Siaran Langsung

Petugas Telkom memasang jaringan
Karyawan PT. Telkom Kandatel Kuala Kapuas menarik kabel dari PLTD Kapuas menuju GPU Manggatang Tarung. Menurut keterangan petugas, mereka menaiki 10 buah tiang untuk mencapai GPU. Diperkirakan kekuatan upload sekitar 1 Mbps.

Gladi Resik Pelantikan Bupati Kapuas

Kegiatan Gladi Resik Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan dan Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Masa Jabatan 2013-2018 berlangsung pada hari Rabu, 24 April 2013 di Gedung Pertemuan Umum Manggatang Tarung.

Selain itu juga dilakukan Gladi Resik Pelantikan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK)Kabupaten Kapuas oleh ketua TP-PKK Provinsi Kalimantan Tengah.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Persiapan Pelantikan Bupati Kapuas

Ruang Pelantikan Bupati Kapuas
Persiapan pelantikan bupati sudah berlangsung sejak satu minggu yang lalu dimana para pekerja dari PT. Jorong sudah mulai membangun tenda. Kapasitas tenda yang didirikan bisa menampung 6000 orang, jauh melebihi kapasitas Gedung Pertemuan Umum Manggatang Tarung yan cuma bisa menampung 500 orang.

Menurut keterangan panitia, pada saat pelantikan lokasi parkir adalah di sepanjang jalan Kalimantan. Parkir di dalam hanya untuk undangan VIP.

Untuk masing-masing tenda yang ada di luar gedung sudah disiapkan layar LCD besar untuk menyaksikan prosesi pelantikan.

Operasi Katarak 23-25 April 2013

Antrian menunggu skrining Operasi Katarak
Pada hari Selasa, 23 April 2013 sudah dimulai skrining awal Operasi Katarak bagi Masyarakat Miskin Kabupaten Kapuas. Skrining dilaksanakan di Poliklinik Mata RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo. Kegiatan skrining ini diikuti oleh ratusan warga masyarakat. Menurut keterangan yang diberikan oleh petugas rumah sakit jumlah pasien yang positif pada skrining awal ini adalah sebanyak 80-an orang.

Pada hari Rabu, 24 April 2013 akan dilakukan skrining akhir oleh dokter mata dan langsung dilaksanakan kegiatan operasi yang diperkirakan akan berlangsung sampai sore atau malam. Pada hari Kamis, 25 April 2013 akan dilaksanakan kegiatan tindak lanjut (follow up) dari hasil operasi. Target jumlah yang mata yang akan dioperasi tahun ini adalah sebanyak 50 mata.

Selasa, 23 April 2013

Jukung - Makin Beresiko

Jukung
Masyarakat yang tinggal di handil-handil masih banyak yang menggunakan jukung sebagai kendaraan sehari-hari mereka untuk menuju ke lahan pertanian mereka yang kadang-kadang terletak di seberang sungai. Namun penggunaan jukung dari hari ke hari makin beresiko mengingat makin banyak kendaraan besar yang melintas di sungai. Banyaknya kendaraan besar yang melintas di sungai mengakibatkan besarnya gelombang yang dihasilkan. Hal ini bisa membuat jukung menjadi terbalik atau tenggelam.

Sebagian masyarakat yang lahannya tidak harus menyeberangi handil lebih menyukai untuk menggunakan feri penyeberangan untuk menyeberangi sungai untuk mengurangi resiko. Di sekitar penyeberangan Sei Itik ke Handil Banama, pernah ada jukung yang terbalik, syukur ada feri yang membantunya.

Pemeriksaan Kesehatan Mental Hari Pertama

Suasana pemeriksaan kesehatan mental
Pada hari Senin, 22 April 2013 bertempat di Gazebo dan Aula BLUD RSUD dr. Soemarno Sosroatmodjo diselenggarakan kegiatan pemeriksaan kesehatan mental bagi bakal calon anggota dewan periode 2013-2018. Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 130-an orang. Tim pemeriksa berasal dari Fakultas Ilmu Kesehatan Jiwa Universitas Padjadjaran. Mereka datang lima orang (termasuk dokter Safira). Mereka akan tinggal di Kuala Kapuas selama satu minggu apabila masih ada yang masih ingin memeriksakan kesehatan jiwanya.

Menurut keterangan dr. Teddy, SpKJ, hasil pemeriksaan kesehatan mental dapat diperoleh oleh pasien dalam waktu tidak terlalu lama. Bila ada diantara hasil pemeriksaan tersebut yang dinilai kurang jelas maka peserta pemeriksaan akan dipanggil kembali untuk mengklarifikasi kebenaran pengisian formulirnya.

Senin, 22 April 2013

Feri Jasa Bersama - Gratis Bagi Pelajar

Feri Jasa Bersama
Feri Jasa Bersama menyeberangkan penumpang dari Sei Itik ke Handil Banama di Desa Anjir Palambang, Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas. Feri ini mampu menampung sampai 20 buah sepeda motor. Feri ini menyeberangkan para pelajar secara gratis. Ada dua buah feri yang menyeberangkan penumpang pada pelabuhan ini. Feri tersebut beroperasi setiap dua hari sekali. Menurut keterangan salah seorang pemilik feri, dalam sehari, mereka bisa memperoleh pendapatan sekitar 300 ribu rupiah sehari, dikurangi solar sebanyak 8-10 liter per hari. Harga solar berkisar Rp 8.500 per liter. Jadi penghasilan bersih mereka sekitar 215 ribu rupiah sehari.

Minggu, 21 April 2013

22-23 April 2013 - Pemeriksaan Kesehatan Jiwa di RS untuk BCAD

Menurut keterangan yang admin peroleh dari dr. Safira, residen Ilmu Kesehatan Jiwa Universitas Padjadjaran, insya Allah pada hari Senin-Selasa, 22-23 April 2013 akan dilaksanakan Pemeriksaan Kesehatan Jiwa oleh tim dari Universitas Padjadjaran. Pemeriksaan kesehatan jiwa akan dilaksanakan di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo. Karena diperkirakan jumlah yang diperiksa cukup banyak, maka hasil pemeriksaan baru bisa dikeluarkan beberapa hari setelah pemeriksaan, mengingat harus ada analisa terhadap hasil pemeriksaan.

dr. Safira menjelaskan bahwa kalau masih ada Bakal Calon Anggota Dewan (BCAD) yang tidak sempat memeriksakan kesehatan jiwanya pada tanggal tersebut, maka sebagian anggota tim kesehatan jiwa akan tinggal di Kuala Kapuas sampai hari Sabtu, 27 April 2013.

Aura Cintamu



Ciptaan: Ikmal Aftoni, SPers

Berawal di suatu negara
Di antara dua samudra
Yang terapit dua benua
Pusat perbincangan dunia
Yang damai, subur, aman dan makmur
Kekayaan alamnya termasyhur
Kini dilanda prahara
Karena ulah durjana
Bersyukur t'lah lahir sang pembela
Yang sayang dan mencintainya

Aura cintamu
Terbangkanmu pada keagungannya
Pulihkan jiwaku yang tengah terluka
'tuk kembali sujud padanya
Kugapai bintang
Dengan sinar seminarnya yang benderang
Kuraih dan segera kubawa pulang
Kupersembahkan pada negeriku
Indonesiaku .....

Bina jiwa taat Tuhannya
Akhlak mulia penuh cinta
Ikhlas berkorban wujudkan karya
Teladan bagi insan taqwa

Aura cintamu
Mengajakku tunduk di alam rahmatNya
Mengajarkan aku di tengah makhlukNya
Berbagi suka pada sesama

Aura cintamu
Pancarkan cita kejayaan negeriku
Yang akan terwujud di ufuk waktu
Berpadu satu dalam asaku
Indonesiaku

Aura cintamu
Terbangkanku pada keagungannya
Pulihkan jiwaku yang tengah terluka
'tuk kembali sujud padanya

Kau sampaikan dengan cinta
Kau tebarkan dengan pesona
Yang menyejukkan setiap jiwa
Yang tersemai rasa dan damba

Hai Sang Pembela
Cintamu teladankan Rasul Mulia
Bimbing kami bersabar ditengah manusia
Damaikan gundah gulana dunia
Wahai sang pembela

----------
Kupersembahkan nasyid rindu ini kepada Allah dan Rasul-Nya semata-mata. Ditulis bersama ananda Maryam Shofiya Adnina dan saudara yang saya cintai karena Allah, Junef Islamiya. Jazakumullah atas ide-ide dan masukannya yang sangat berarti untuk kesempurnaan nasyid ini. Tak lupa saya ucapkan terima kasih juga untuk Andrei dan Irfan yang telah mengkompose syair Aura Cintamu menjadi sajian dalam sebuah alunan orkestra yang sangat indah. Jazakumullah khairan katsiran. Malang-Jakarta, 25 Maret 2013. (Ikmal Aftoni, SPers)

Sabtu, 20 April 2013

Handil Pamitai

Handil pamitai terletak di ujung Desa Anjir Palambang, Kecamatan Pulau Petak. Handil ini memanjang dari Sungai Kapuas Murung sampai ke perkebunan sawit yang merupakan perbatasan dengan Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan.

Jalan disepanjang handil ini bervariasi, pada awalnya terbuat dari semen, kemudian setelah itu dilanjutkan dengan jalan tanah. Jalan tanah pun juga bervariasi, ada yang cukup tinggi, ada juga yang mendekati batas ketinggian air. Penduduk pun sebagian besar berada di muara handil, makin ke dalam makin sepi. Masyarakat yang tinggal di dalam adalah mereka yang mengolah sawah di sekitar handil tersebut.

Jumat, 19 April 2013

Pelabuhan Feri Desa Handiwung

Pelabuhan feri dekat Masjid Istiqlal
Desa Handiwung, Kecamatan Pulau Petak, memiliki dua buah pelabuhan feri. Pelabuhan feri pertama terletak di Handil Bangkirai, diujung Desa Handiwung ke arah hilir. Feri dari pelabuhan ini membawa penumpang ke pelabuhan di Sei Tatas. Sedangkan pelabuhan feri kedua terletak dekat dengan Masjid Istiqlal, di pusat desa Handiwung. Feri dari pelabuhan ini membawa penumpang ke Handil Selat Simin.
Pelabuhan feri di Handil Bangkirai
Feri yang digunakan untuk menyeberangkan orang, sepeda dan sepeda motor ini hanya terdiri dari satu buah klotok yang agak lebar, sehingga hanya sekitar tiga buah kendaraan saja yang bisa muat di feri ini. Pelabuhan feri di Handil Bangkirai sangat sempit, sehingga agak sulit bagi kendaraan untuk mondar-mandir. Sedangkan pelabuhan feri di dekat Masjid Istiqlal agak besar.

Kamis, 18 April 2013

MAN Cup V 2013 - Iklan

Pada tanggal 29 April 2013 OSIS MAN Selat Tengah akan mengadakan acara MAN CUP V 2013. Kegiatan ini merupakan laga futsal pelajar bertempat di GOR Panunjung Tarung. Lomba ini akan diikuti oleh 32 team futsal terbaik dari sekolah se-Kabupaten Kapuas. Pendaftaran sudah ditutup pada tanggal 15 April 2013 yang lalu. 

Sumber: Nor Arifin

Rabu, 17 April 2013

Kiprah Pemuda di Korps Sukarela

Rapat koordinasi Korps Sukarela PMI Kabupaten Kapuas
Pada hari Selasa, 16 April 2013, Korps Sukarela (KSR) PMI Kabupaten Kapuas menyelenggarakan rapat koordinasi relawan. Mereka membicarakan hal-hal yang terkait dengan struktur, pendanaan dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh KSR pada masa-masa mendatang.

KSR sebagai salah satu wadah untuk pembinaan generasi muda, sudah menunjukkan kiprahnya di Kabupaten Kapuas. Para relawan ini ada bertindak sebagai pembina PMR di berbagai sekolah di Kuala Kapuas (SLTP dan SLTA), fasilitator program Kesehatan dan Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat (KPPBM), petugas Posko Pertolongan Pertama, dan relawan Pelayanan Sosial. Berbagai peran yang mereka jalankan ini akan membuat para pemuda memiliki aktivitas yang bermanfaat dalam mengisi waktu mereka.

Selasa, 16 April 2013

Gotong Royong Saat Pesta Pernikahan

Gotong royong membersihkan piring
Saat menghadiri pesta pernikahan salah seorang teman di Desa Palingkau Lama, Minggu, 14 April 2013, admin menyaksikan satu hal yang menarik yaitu sekelompok tetangga dari keluarga yang menikah sedang mencucikan piring-piring kotor, kemudian mengeringkannya. Hal ini dilakukan secara bergotong royong. Ada yang mengumpulkan piring-piring kotor, kemudian membawanya ke tempat pencucian. Ada yang membersihkan piring-piring yang kotor dengan air mengalir dan sabun. Kemudian ada yang merendamnya dalam air panas. Ada yang mengeringkannya dengan kain lap. Terasa sekali suasana kekeluargaan yang sangat erat dalam kegiatan diatas. Mereka melakukan kegiatan diatas sambil berbincang-bincang.

Senin, 15 April 2013

PMI Kapuas Berpartisipasi Dalam Mukerprov PMI Kalteng

Pembukaan Musyawarah Kerja Provinsi PMI Kalimantan Tengah
Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kapuas, dr. H. Ahmad  Haspiani, M.MKes dan dr. Jum'atil Fajar mengikuti Musyawarah Kerja Provinsi PMI Kalimantan Tengah Tahun 2013. Kegiatan ini diikuti oleh pengurus kabupaten PMI se-Kalimantan Tengah, pengurus provinsi PMI Kalimantan Tengah, pengurus pusat PMI dan dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, DR. Siun Jarias, SH, MA.

Dalam sambutannya, Bapak Siun Jaras mengharapkan agar keberadaan PMI benar-benar ada dalam hati masyarakat, sehingga keberadaan PMI tidak hanya untuk masyarakat golongan keatas, tapi juga bagi mereka yang memerlukan. Pemerintah daerah wajib mendukung keberadaan Palang Merah Indonesia.

Kegiatan ini mengevaluasi kegiatan yang dilaksanakan pada tahun 2012 yang lalu berikut analisa terhadap kinerja dari masing-masing PMI Kabupaten se-Kalimantan Tengah. Selain itu juga dilaksanakan kegiatan untuk menyusun program kerja tahun 2014.

Kegiatan yang dilaksanakan di Swiss-belhotel Internasional, Jl. Cilik Riwut, Palangka Raya pada hari Senin, 15 April 2013 ini diharapkan bisa menghasilkan kegiatan yang bisa membuat PMI menjadi lembaga yang profesional, cepat tanggap dan dicintai oleh masyarakat.

Minggu, 14 April 2013

Peringatan Hari Kesehatan Sedunia Puskesmas Mantangai

Jalan Sehat bersama Camat Mantangai

Dalam rangka Hari Kesehatan Sedunia (HKS) tahun 2013 dengan tema Waspadai Hipertensi, Kendalikan Tekanan Darah, UPT Puskesmas Mantangai melaksanakan kegiatan sosial berupa pengukuran tekanan darah dan penyuluhan tentang Hipertensi di posyandu-posyandu. 
Peserta penyuluhan setelah Jalan Sehat
Kegiatan dimulai 11 April berupa penyuluhan dan pengukuran tekanan darah yang dilaksanakan di posyandu UPT Lamunti B3/Sriwidadi, B4/Sumber Makmur, dan A3/Sekata Makmur. 
Pengukuran tekanan darah peserta Jalan Sehat
Selain itu ada juga kegiatan yang dilakukan bekerja sama dengan TP PKK Kecamatan Mantangai yang diketuai oleh Ibu Nina Yustina, SP., dalam rangka memperingati Hari Kartini tahun 2013. Kegiatan yang dilaksanakan bersama adalah :
  • tanggal 12 April 2013 kegiatan Jalan Santai sekaligus pengukuran tekanan darah bagi semua peserta dan penyuluhan 
  • tanggal 13 April 2013 kunjungan ke posyandu Mantangai Tengah sekaligus pencanangan Posyandu Lansia. Juga dilakukan pengukuran tekanan darah massal, pengobatan gratis, dan penyuluhan
Penyuluhan di Mantangai Tengah
Dalam kedua kesempatan tersebut dihadiri oleh Camat Mantangai, Kepala UPT Puskesmas Mantangai, KUPT BPPKB, Ketua MUI, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Pada sambutannya yang terkait dengan tema HKS tentang Hipertensi, Camat Mantangai Drs. Aswan, MSi., mengingatkan agar masyarakat selalu melaksanakan PHBS (perilaku Hidup Bersih dan Sehat) di antaranya adalah dengan menjaga pola makan yang seimbang dan melakukan kegiatan fisik seperti olahraga, dan lain-lain. 
Peserta penyuluhan di Mantangai Tengah
Danramil 1011-08 Kapten Infantri Sudiro dalam sambutannya juga mengingatkan kepada masyarakat untuk melakukan kegaitan fisik dengan menggalakkan gotong royong membersihkan lingkungan karena akan mendapatkan banyak keuntungan. Selain lingkungan bersih, badan akan menjadi sehat dan terhindar dari penyakit. 
Penyuluhan saat acara Jalan Sehat
Dalam kegiatan ini penyuluhan yang dilakukan difokuskan pada hal-hal yang berkaitan dengan Hipertensi, seperti penyebab, gejala/tanda, cara pencegahan, dan lain-lain. Penyuluhan disampaikan oleh Kepala UPT Puskesmas Mantangai Ahmad Zayad, SKM dan dr. Noer Aisiyah Sundari. Dalam kesempatan tersebut uga dibagikan leaflet Hipertensi. 

Madrasah Ibtidaiyah Miftahuddin Perlu Perhatian

Madrasah Ibtidaiyah Miftahuddin
Madrasah Ibtidaiyah Miftahuddin terletak di Desa Handiwung, Kecamatan Pulau Petak. Pada kunjungan ke Handiwung tanggal 29 Maret 2013 yang lalu, kondisi sekolah ini cukup memprihatinkan. Sampai-sampai admin harus bertanya kepada anak-anak di sekitar sekolah ini, apakah sekolah ini masih dipakai mengingat kondisinya yang memprihatinkan. Sekolah ini merupakan salah satu dari beberapa sekolah yang ada di Desa Handiwung.

Sabtu, 13 April 2013

Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) Handiwung

Poskesdes Handiwung
Poskesdes ini dibangun dengan swakelola oleh masyarakat dari bantuan sosial District Health System (DHS) II Departemen Kesehatan dengan sumber dana Asian Development Bank (ADB). Jumlah dananya adalah Rp 180.000.000. Poskesdes ini dipimpin oleh Bidan Relawati. Beliau sudah sejak awal tinggal disini. Pada mulanya mengelola Puskesmas Pembantu yang ada di pinggir sungai. Namun dengan adanya poskesdes ini, pelayanan langsung dilakukan ditempat ini.

Kamis, 11 April 2013

Menghibur Diri Sambil Beramal

Mengunjungi pasar malam tidak selalu beerarti sekedar menghibur diri dari kepenatan pekerjaan. Banyak hal bermanfaat yang bisa dilakukan, diantaranya adalah donor darah di stand PMI.

Selama pasar malam berlangsung, PMI Kabupaten Kapuas bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah BLUD RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmdjo menyediakan tempat bagi masyarakat yang ingin donor daraah secara sukarela.

Dari keterangan Mbak Dwi, petugas UTD, sampai saat admin berkunjung (10/04/2013) jumlah pendonor sebanyak 15 orang.

Rabu, 10 April 2013

Kerak Telor Khas Betawi

Penjual Kerak Telor
Makanan khas Betawi ini terbuat dari telur, ketan dan bumbu-bumbu. Makanan sederhana ini cukup diminati melihat ada saja orang yang antri untuk membelinya.

Penjual kerak telor ini berasal dari Pulau Jawa. Mereka mendapatkan informasi tentang Pasar Rakyat ini dari Opera Mini yang mereka miliki. Pada saat pembukaan pasar rakyat, pedagang ini berhasil menghabiskan telur sebanyak dua rak (sekitar 60 buah telur). Mereka harus menyewa tempat berjualan ini Rp 500.000 selama pasar rakyat berlangsung. Dari hasil berjualan selama seminggu ini, mereka bisa membawa uang bersih sekitar Rp 2.500.000.

Suasana Pasar Malam

Pada hari Rabu, 10 April 2013 admin menyempatkan datang ke pasar malam. Parkir mobil berderet sampai ke depan Telkom. Parkir mobil di rumah sakit pun juga agak penuh.

Suasana pasar malam pun sangat padat, masyarakat harus berjalan perlahan karena banyaknya rang di jalan yang sempit.

Banyak keluarga yang menyempatkan diri untuk hadir ke pasar malam ini, baik untuk memenuhi keinginan anak tercinta, maupun untuk mencari hiburan.

Health Education on TB and Other Infectious Diseases in Kuala Kapuas, Indonesia » World TB Day

Health Education on TB and Other Infectious Diseases in Kuala Kapuas, Indonesia » World TB Day:

Tautan diatas berisi kegiatan World TB Day 2013 yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas yang dimuat di blog World TB Day.

'via Blog this'

Selasa, 09 April 2013

Seminar Membedah Ujian Nasional

Pada hari Selasa, 9 April 2013 bertempat di aula Partai Golongan Karya, Jl. Tambun Bungai, Kuala Kapuas dilaksanakan kegiatan Seminar Membedah Ujian Nasional. Seminar ini diisi oleh Bapak Dariswan. Beliau mengajarkan kepada para siswa SMPN 1 Selat, SMPN 2 Selat dan Madrasah Tsanawiyah Selat yang hadir tentang bagaimana menyelesaikan soal-soal ujian nasional matematika dan Bahasa Inggris dengan cepat.

Bapak Darmawan memotivasi para siswa untuk memiliki nilai yang baik bila ingin memasuki sekolah favorit.  Beliau mengajarkan tentang hitungan berpangkat, gradien, persamaan garis, persamaan linier, himpunan, aritmatika, barisan dan deret, aljabar dan lain-lain. Salah seorang peserta menyampaikan bahwa apa yang disampaikan merupakan hal yang baru bagi mereka.

Senin, 08 April 2013

Pemkab Berkewajiban Memenuhi Kompetensi Petugas Kesehatan

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah sedang memberi sambutan
Dalam pertemuan Monitoring dan Evaluasi Implementasi Peraturan Registrasi Dokter dan Dokter Gigi WNI/WNA yang dilaksanakan di Ruang Imperial, Aquarius Boutique Hotel, Palangka Raya, Senin, 8 April 2013, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah menyatakan bahwa Dinas Kesehatan masing-masing kabupaten berkewajiban untuk mengupayakan agar seluruh tenaga kesehatan di Kalimantan Tengah terpenuhi kompetensinya.

Beliau mencontohkan upaya yang pernah dilakukan oleh beliau ketika menjadi Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya dimana beliau memfasilitasi berbagai seminar di Kota Palangka Raya bagi seluruh dokter secara gratis. Beliau mengatakan bahwa kalau dokter tidak mendapatkan sertifikat kompetensi maka mereka tidak akan bisa mendapatkan Surat Tanda Registrasi (STR). Kalau tidak punya STR maka mereka tidak akan bisa mengurus Surat Ijin Praktek (SIP). Bila tidak memiliki SIP maka mereka tidak boleh praktek. Kalau hal ini terjadi, maka pelayanan kesehatan akan terganggu.

Minggu, 07 April 2013

Pawai Partai Politik

Persiapan Pawai Politik
Pada hari Minggu, 7 April 2013 bertempat di Jalan Maluku (depan PWI), Kuala Kapuas berlangsung pelepasan pawai partai politik. Rute pawai adalah Jalan Maluku, Tambun Bungai, Ahmad Yani, Sudirman, Kartini, Seth Adji, Ahmad Yani, Tambun Bungai dengan finish di KPU Kabupaten Kapuas.

Kegiatan ini diikuti oleh partai Nasional Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Pawai ini mengawali rangkaian panjang kegiatan menjelang Pemilihan Umum yang akan berlangsung pada bulan April 2014.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Ada Apa Dengan CEDAW

Pada hari Sabtu, 6 April 2013 bertempat di Wisma Thamrin 11, Jl. M.H. Thamrin No. 11, Palangka Raya, admin mengikuti kegiatan sosialisasi CEDAW dan ketahanan keluarga.

Pertemuan yang diselenggarakan oleh Salimah ini membahas kesepakatan global yang intinya ingin merusak tatanan keluarga seperti adanya pengakuan terhadap lesbian dan gay (homoseks) serta Trans Gender. Selain itu banyak upaya yang dilakukan untuk menyamakan antara laki-laki dan perempuan dalam semua hal.

Dalam pertemuan ini juga disampaikan bahwa ketahanan keluarga akan menjadi benteng terhadap berbagai masalah yang dihadapi oleh masyarakat dengan berpegang pada panduan bahwa orang-orang yang beriman harus menjaga diri dan keluarga dari api neraka.

Pertemuan ini juga merekomendasikan kepada setiap peserta untuk menjalin hubungan yang harmonis dalam keluarga dan menjalin silaturahim dengan tetangga sehingga terjalin masyarakat yang kokoh.

Jumat, 05 April 2013

Petugas PLN Sigap Melayani Masyarakat

Petugas pelayanan teknik
Pada hari Jum'at, 5 April 2013 pagi, admin menelpon PLN (0513-21368) untuk mengadukan masalah listrik yang tidak bisa menyala. Hanya dalam waktu lima menit petugas pelayanan teknik PLN sudah datang. Mereka menanyakan apa yang menjadi masalah, kemudian melakukan pemeriksaan pada titik-titik yang mungkin menjadi penyebab matinya listrik. Ternyata penyebabnya adalah lampu yang murahan.

Setiap hari PLN menyediakan tiga shift petugas untuk pelayanan gangguan. Dalam setiap shift jaga ada tiga orang petugas yang dinas. Mereka standby selama 24 jam. Call Center mereka adalah 123.

Tari Penyambutan - Sanggar Tari Majar Anak Tabela - SMA Negeri 2 Kuala K...



Tari penyambutan ini dibawakan saat penyambutan Ir. Afiadin yang mewakili Plh. Bupati Kapuas pada acara pembukaan Pameran, Pagelaran Seni dan Pasar Rakyat - Kapuas Celebration Week 2013 - Rabu, 3 April 2013 di depan GOR Panunjung Tarung, Jalan Maluku, Kuala Kapuas. 

Seni Perkusi - Dewan Kesenian Kabupaten Kapuas



Perkusi ini disajikan pada pembukaan Pameran, Pagelaran Seni dan Pasar Rakyat "Kapuas Celebration Week 2013", 3 April 2013 di samping GOR Panunjung Tarung, Jl. Maluku, Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

Kamis, 04 April 2013

Sosialisasi Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Bidang Kesehatan

Kepala Cabang PT. ASKES Palangka Raya dan Ibu Nancy
Pada hari Kamis, 4 April 2013 bertempat di aula BLUD RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo, PT. ASKES menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Bidang Kesehatan kepada pihak rumah sakit.

Mulai 1 Januari 2014, peserta asuransi kesehatan PT. ASKES, Jamkesmas, Jamsostek dan TNI serta Polri, semuanya akan ditanggung oleh BPJS. Sedangkan untuk masyarakat yang belum ditanggung bisa menjadi peserta dengan membayar premi.

PT. ASKES sedang melakukan proses rekrutmen staf, mengingat jumlah peserta mereka menjadi delapan kali lipat dari sebelumnya. Namun penambahan jumlah staf tidak sebanyak kenaikan jumlah peserta.

Rabu, 03 April 2013

Jalan-Jalan Ke Pameran dan Pasar Rakyat 2013

Para penjaga stand SMP Negeri 1 Selat
Mulai tanggal 3-10 April 2013 bertempat di Jalan Maluku, sekitar dan dalam stadion Panunjung Tarung, Kuala Kapuas akan diselenggarakan Pameran Pembangunan, Pasar Rakyat dan Pagelaran Seni dalam rangka Memperingati Hari Jadi Kota Kuala Kapuas ke-207 dan HUT Pemkab Kapuas ke-62.

Pameran ini diikuti oleh Agati Center (calon anggota DPR-RI), SMPN 1 Selat, SMPN 4 Selat, SMAN 1 Kuala Kapuas, PMI Kabupaten Kapuas, dan Perusahaan Daerah Panunjung Tarung. Tidak ada satupun Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang terlibat dalam pameran tahun ini.

Sedangkan kegiatan pasar rakyat diikuti oleh berbagai kalangan penjual, mulai dari makanan ringan sampai dealer motor dan mobil. Berikut ini adalah foto-foto suasana pasar rakyat:

Tunjangan Daerah PNS Kapuas 2013

Peraturan Bupati Kapuas diatas berisi informasi tentang Tambahan Penghasilan Berdasarkan Beban Kerja Bagi Pegawai Negeri Sipil Daerah Kabupaten Kapuas Tahun 2013. 

Pemeriksaan Kesehatan Calon Anggota Legislatif

Berikut ini adalah biaya pemeriksaan kesehatan di berbagai sarana pelayanan kesehatan:

Biaya di RSUD
  1. Kir Kesehatan - Rp 560.000
  2. Narkoba - Rp 60.000 / paket
Biaya di Puskesmas
  • Kir Kesehatan - Rp 15.000
Biaya di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda)
  • Narkoba - Rp 20.000 / paket
Menurut ketentuan KPU, calon anggota legislatif bisa memeriksakan kesehatan di rumah sakit atau puskesmas. Untuk pemeriksaan narkoba bisa dilakukan di rumah sakit atau laboratorium kesehatan daerah. Bila ingin tarif yang murah maka periksa kesehatan di puskesmas (Rp 15.000) dan periksa narkoba di Labkesda (Rp 100.000 / 5 paket) jadi totalnya cuma Rp 115.000.

Sumber: KPU, RSUD, Puskesmas Melati dan Labkesda

Selasa, 02 April 2013

Donor Darah Dalam Rangka HUT Persit Ke-67

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Persatuan Istri Tentara (Persit) ke-67, ibu-ibu dari Kodim 1011 Kuala Kapuas menyelenggarakan kegiatan donor darah. Kegiatan donor darah ini diselenggarakan di Unit Transfusi Darah (UTD) BLUD RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo. Menurut keterangan yang diperoleh dari petugas UTD, jumlah pendonor darah sukarela adalah sebanyak 20 orang. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan dari Persit Kartika Candra Kirana Kabupaten Kapuas. 

Persiapan Pameran dan Pasar Rakyat

Salah satu peserta pameran sedang mempersiapkan stand-nya
Mulai hari Selasa, 2 April 2013 bertempat di Jalan Maluku, Kelurahan Selat Tengah, Kecamatan Selat, para peserta pameran dan pasar rakyat mulai mendirikan stand mereka masing-masing. Yang lebih dulu menyiapkan stand-nya adalah para pedagang yang akan meramaikan pasar rakyat. Sedangkan stand-stand lembaga dan dinas di Kabupaten Kapuas baru disiapkan pada sore hari. Sama dengan tahun-tahun sebelumnya, untuk menarik pengunjung datang ke stand tersebut, mereka berlomba-lomba menyediakan hadiah "door prize" bagi para pengunjung stand. Kegiatan ini akan berlangsung pada tanggal 3-10 April 2013.

Pelatihan Penyegaran KPPBM

Peserta Pelatihan Penyegaran KPPBM
Pada hari Selasa, 2 April 2013 bertempat di aula Hotel Al-Madani, Jalan Patih Rumbih, Kuala Kapuas diselenggarakan kegiatan pembukaan Pelatihan Penyegaran Kesehatan dan Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat (KPPBM) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kapuas. Kegiatan ini disponsori oleh Spanish Red Cross (Palang Merah Spanyol).

Kegiatan ini diikuti oleh para relawan KSR yang memiliki spesialisasi KPPBM, para relawan KSR baru, petugas pustu atau poskesdes yang ada di desa program (Pulau Kupang, Terusan Raya dan Handiwung), guru pembina sekolah sehat dan petugas puskesmas serta Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas.

Fasilitator kegiatan ini adalah Mbak Eka Wulan Cahayasari dan Mas Astrid Firdianto dari Markas Pusat PMI. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 2-5 April 2013. Dalam pelatihan penyegaran ini, para relawan juga akan dibekali dengan materi sekolah sehat dan implementasi program "water sanitation" yang dilaksanakan di tiga desa binaan.

Posko Siaga Darurat Bencana

Posko Siaga Darurat Bencana di Pulau Telo
Pada hari Selasa, 2 April 2013 bertempat di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, Jalan Kasturi, Kelurahan Pulau Telo, Kecamatan Selat, diselenggarakan peresmian Posko Siaga Darurat Bencana Banjir, Angin Puting Beliung dan Tanah Longsor Tahun 2013.

Para petugas yang menjaga posko ini berasal dari Palang Merah Indonesia (PMI), Taruna Siaga Bencana (Tagana), SAR dan beberapa lembaga lainnya. Mereka akan berjaga di posko (tenda dari BNPB) selama bulan April 2013. Bila diperlukan posko ini akan diteruskan pada bulan-bulan berikutnya.

Senin, 01 April 2013

Ben-Jirin Ditetapkan Oleh KPU Kapuas Sebagai Calon Terpilih Bupati dan Wakil Bupati Kapuas 2013-2018

Pagar pengaman yang digunakan Polisi untuk mengamankan Pleno KPU
Dalam rapat pleno yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kapuas pada hari Senin, 1 April 2013 di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas diputuskan bahwa Pasangan Ben-Jirin ditetapkan sebagai Calon Terpilih Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Periode 2013-2018 hasil Pemilukada Kapuas 2012.

Pura Puseh dan Dalem

Pada hari Minggu, 31 Maret 2013, admin mampir ke Pura Puseh dan Dalem yang terletak di Basarang Km. 13. Di dalam pura ini terdapat beberapa sanggah, mulai dari yang kecil sampai yang besar. Sebagaimana keterangan yang diperoleh dari Ibu Putu yang tinggal di sebelah pura ini, sanggah-sanggah yang ada di dalam pura dibuat secara bertahap. Bila ada dana, mereka akan membuat sanggah yang lebih besar. Tampak dalam pura ini ada sanggah yang lama dan ada juga sanggah yang baru.

Keberadaan pura-pura di Basarang bila dikelola dengan baik, bisa menjadi obyek wisata yang menarik untuk Kabupaten Kapuas, mengingat pola ukiran yang terdapat di sanggah-sanggah yang ada cukup menarik. Selain itu, ritual adat Bali yang sering diadakan di Basarang juga bisa menjadi daya tarik wisatawan lokal dan internasional.