Hal-hal yang dapat merusak investasi - Nouman Ali Khan

Gambar
  يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُبْطِلُوا صَدَقَاتِكُم بِالْمَنِّ وَالْأَذَىٰ كَالَّذِي يُنفِقُ مَالَهُ رِئَاءَ النَّاسِ وَلَا يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ  ۖ  فَمَثَلُهُ كَمَثَلِ صَفْوَانٍ عَلَيْهِ تُرَابٌ فَأَصَابَهُ وَابِلٌ فَتَرَكَهُ صَلْدًا  ۖ  لَّا يَقْدِرُونَ عَلَىٰ شَيْءٍ مِّمَّا كَسَبُوا  ۗ  وَاللَّهُ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الْكَافِرِينَ  ‎   Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir. (Q.S. Al-Baqarah, 2: 264) Kalau Anda memberi dan mengharapkan sesuatu dari pember

Amal yang Senantiasa Berkesinambungan Pahalanya

Hasanudin dan Ustadz Suriani Jiddy, Lc (kanan)
Oleh: Ustadz Suriani Jiddy, Lc

Hadits: Kalau manusia mati maka terputuslah amalnya (tidak bisa beribadah, pahala kita juga terputus), kecuali sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat, anak shalih yang mendoakannya.
Sedekah jariah yang masih bermanfaat untuk kaum Muslimin, kita tetap memanen pahalanya meskipun kita sudah meninggal dunia.

Ilmu yang bermanfaat. Ilmu yang senantiasa mengajak kita untuk berbuat kebaikan. Semakin banyak ilmu yang kita miliki, makin dekat kita pada Allah, semakin shalih kita; Ilmu yang membuat kita cinta kepada ilmu tersebut.

Anak shalih adalah aset kita (kekayaan kita yang sesungguhnya). Anak shalih bukan saja aset duniawi tetapi aset ukhrawi. Tidak ada kebahagiaan yang lebih besar dibanding dengan memiliki anak yang shalih. Meskipun kita banyak harta, status sosial yang tinggi, tapi anak kita tidak shalih, maka semua tidak ada artinya.

Ketika kita meninggal dunia, ketika amal kita sudah terputus, anak shalih ini yang akan terus mengirimkan pahala kepada kita. Anak shalih akan mendo’akan kita. Semua perbuatan baik / amal shalih yang dilakukan oleh anak kita akan sampai kepada kita yang meninggal dunia. Misalnya anak kita shalat dapat pahala, kita yang berada di alam kubur dapat pahala. Anak kita puasa, pahalanya juga kita dapatkan di kubur.

Kurikulum 2013 bertujuan untuk pembentukan Akhlakul Karimah (Perilaku Yang Baik). Kita sejak 18 tahun yang lalu sudah memiliki tujuan ini. Akhlak ini luar biasa. Untuk akhlak inilah Rasulullah diutus ke dunia. 

Sesungguhnya aku diutus untuk memuliakan akhlak. Mu’min yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya.

Ilmu penting. Kita tidak bisa memisahkan ilmu dan akhlak. Ilmu yang kita pelajari dasarnya adalah akhlak. Kita belajar ilmu yang dasarnya adalah akhlak. Dalam MOS disampaikan tentang keutamaan menuntut ilmu. Setelah itu disampaikan adab-adab menuntut ilmu.

Kita punya program unggulan. Pelajaran yang diajarkan sama dengan yang diajarkan oleh SMP Negeri lainnya. Keunggulannya adalah Al-Qur’an. Kita utamakan Qur’an. Kita punya ustadz yang belajar khusus Al-Qur’an. Anak yang sekolah disini harus bisa baca Qur’an. “Sebaik-baik kamu adalah orang yang belajar Qur’an dan mengajarkannya.”

Program unggulan kedua adalah bahasa Arab. Tidak ada SMP Negeri yang mengajarkan bahasa Arab. Tujuannya agar ketika membaca Qur’an bisa mengerti. Kita berusaha menerapkan pembelajaran bahasa Arab sistem modern. Anak-anak bisa berkomunikasi dalam bahasa Arab. Bisa membaca surat kabar berbahasa Arab, bisa menonton TV berbahasa Arab.

Program unggulan ketiga adalah bahasa Inggris. Diusahakan komunikasi sehari-hari dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris.

Program lain adalah studi Islam. Siswa akan diajarkan sirah nabawiyah, dan lain-lain.


Disampaikan pada acara Buka Puasa Bersama Keluarga Besar Yayasan Islam Al-Amin Kapuas dan SMPIT Al-Amin Kapuas, Jl. Barito Gg. XI, Kuala Kapuas, Sabtu, 19 Juli 2014

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan