Pesan Presiden Jokowi dalam Rapat Kerja Kesehatan Nasional 2024

Gambar
  Indonesia berpeluang menjadi negara maju saat bonus demografi terjadi pada tahun 203--an dimana 68% penduduk Indonesia berada pada usia produktif. Bila kita tidak mencapai ini, kita akan seperti Amerika Latin yang tidak bisa menjadi negara maju. Namun banyak tantangan yang harus dihadapi seperti angka stunting yang meskipun sudah menurun dari 37,6% (2013) menjadi 21,5% (2023), namun masih jauh dari target 14%. Kematian akibat penyakit menular juga masih tinggi yaitu stroke 331 ribu per tahun, jantung 296 ribu per tahun dan kanker 297 ribu per tahun. Itulah sebabnya kementerian kesehatan berusaha agar Puskesmas bisa melakukan deteksi dini dengan menggunakan USG dan EKG. Rumah sakit juga diharapkan untuk bersiap menerima CT-Scan, mamografi dan Cath-Lab, Linaec, serta MRI. Tentu semua itu harus ditunjang dengan sumber daya manusia yang memadai. Ketersediaan dokter spesialis masih menjadi problem terbesar. Rasion dokter kita masih 0,47, ranking 147 dunia. RSUD Indonesia 34% tidak punya d

MTsN Selat Menerima Kunjungan Tim Pembina UKS Kabupaten Kapuas


Kuala Kapuas (Inmas),  MTsN Selat menerima kunjungan dari Tim Pembina Sekolah Sehat/UKS tingkat Kabupaten Kapuas, Senin (2/3). Kedatangan rombongan tim yang dipimpin oleh Kepala Bagian Kesra Setda Kapuas Drs. H. Darwis disambut langsung oleh Kepala MTs Selat Sriyadi, M.Pd. Tujuan  kunjungan tersebut dalam rangka melihat kesiapan madrasah ini dalam menghadapi Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Nasional tahun 2015 sekaligus mengadakan pembinaan.

Usai berbincang-bincang di ruang kerja Kepala Madrasah, selanjutnya mengambil tempat pada salah satu ruangan madrasah ini tim pembina sekolah sehat/UKS, melakukan pembinaan  tentang sekolah sehat. Terlihat hadir pada saat itu  Kasi Pendidikan Madrasah Drs. H Asy’ari, M.Pd.I, tim sekolah sehat Tingkat Kecamatan, seluruh perwakilan dari SKPD dan PKK Kabupaten Kapuas.

Dalam arahannya H. Darwis menjelaskan, faktor utama yang harus ditanamkan  untuk menjadi sekolah sehat yaitu terbentuknya sikap perilaku hidup sehat dari  para siswanya, untuk itu harus selalu dilakukan pembinaan secara kontinyu serta adanya keteladanan dari guru dan tata usaha.

“Sikap dan perilaku hidup sehat seluruh siswa merupakan hal yang utama dalam  sekolah sehat,”katanya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama H. Asy`ari menekankan, dalam setiap pelaksanaan program kegiatan harus selalu disertai dengan bukti fisik administrasi, misalnya foto kegiatan, buku agenda kerja dan lainnya. Sebab administrasi tersebut merupakan bukti otentik telah melakukan kegiatan. (andg)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan