Navigating Integrity Zone Development: A Hospital's Journey

Gambar
 This storyboard chronicles the efforts of a medical services head tasked with understanding and implementing an integrity zone at RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Hospital. Over one evening, they delve into the self-assessment form required for the integrity zone's development, consulting ChatGPT for clarification on complex issues and drafting essential documents. By morning, they are ready to lead a staff assembly, outlining the steps necessary to foster a culture of integrity within the hospital. On April 17, 2024, the director of RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo assigned the head of medical services to attend a socialization meeting for the integrity zone development. Searching for foundational documents for the integrity zone at night, finding the self-assessment form. Exploring the self-assessment questions, using ChatGPT to understand the complicated parts. Asking ChatGPT for advice on: Team Decree (SK Tim Kerja), Work Plan (Rencana Kerja), Change Agents (Agen Perubahan),

Mencicipi Nugget Bayam di Pameran Jajanan Sehat

Nugget bayam di Stand Jurusan Gizi
Pada hari Minggu, 4 Desember 2016, admin menyempatkan diri untuk hadir pada Perayaan Hari Kesehatan Nasional ke-52 Kampus Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Banjarmasin yang bertempat di Taman Van der Pijl. Kegiatannya adalah pelayanan kesehatan dari 6 jurusan yang ada di poltekkes.
Banana Cheese di Stand Jurusan Gizi
Masing-masing jurusan memberikan pelayanan sesuai dengan bidangnya masing-masing. Misalnya jurusan gizi menyediakan pelayanan:

  • Pengukuran berat badan dan tinggi badan
  • Konsultasi mengenai gizi (Gizi Lebih, Gizi Kurang, dan bagi yang ingin memiliki tubuh yang sehat serta ideal)
  • Pameran jajanan sehat

Konsultasi gizi di stand jurusan gizi
Admin sempat mencicipi Nugget Bayam yang disediakan secara gratis oleh para mahasiswa semester 3 jurusan gizi. Enak juga nugget-nya.
Stand jurusan kesehatan lingkungan
Saat mampir di stand jurusan Kesehatan Lingkungan (Kesling), admin sempat bertanya-tanya tentang sumur resapan, dan menanyakan bagaimana pembuatan sumur resapan bila ketinggian airnya hampir sama dengan permukaan tanah.
Stand jurusan keperawatan gigi
Saat melewati beberapa stand seperti stand keperawatan, stand kebidanan dan stand keperawatan gigi, banyak pengunjungnya, apalagi stand analis kesehatan yang menyediakan pemeriksaan darah secara gratis.
Mading jurusan keperawatan
 Terakhir admin berkunjung ke stand majalah dinding (mading) 3 dimensi. Masing-masing jurusan membuat masing dalam bentuk tiga dimensi. Masing-masing mading memiliki tema masing-masing.
Mading jurusan gizi
 Saat mampir ke mading jurusan gizi, rupanya mereka membuat mading dengan tema piramida makanan. Masing-masing dinding piramidanya bida dibuka. Masing-masing dinding piramida menggambarkan berbagai sumber makanan, mulai dari zat pembangun, zat pengatur, dan sumber energi.
Mading jurusan gizi dari depan
 Didalam piramid tersebut ada gambaran tentang kontinuitas pemberian zat gizi mulai dari bayi sampai ke lansia.
Bagian dalam poskesdes - mading jurusan kebidanan
Saat mampir ke mading jurusan kebidanan, mereka menggambarkan seorang bidan desa yang tidak hanya sibuk dengan persalinan, tapi juga aktif dalam berbagai kegiatan dalam masyarakat.
Bangunan poskesdes - mading jurusan kebidanan
Selain membantu persalinan di poskesdes, bidan juga memberikan konseling kepada keluarga, memberikan penyuluhan di posyandu, menempuh perjalanan yang jauh untuk membantu persalinan
Mading jurusan kebidanan dari depan
 Para mahasiswa jurusan kebidanan menulis dalam mading mereka "bukan sekedar bidan biasa".
Mading jurusan analis kesehatan
Mahasiswa jurusan analis kesehatan berusaha untuk memotret kesenjangan pelayanan laboratorium yang diberikan oleh pelayanan kesehatan di puskesmas dan jejaringnya dengan rumah sakit.
Mading jurusan keperawatan gigi
Jurusan keperawatan gigi menampilkan bagaimana pengolahan sampah habis setelah pelayanan keperawatan gigi. Mereka menonjolkan masalah penanganan limbah yang ideal, seperti penyimpanan limbah medis dalam tempat sampah yang khusus, serta proses pembuangan yang khusus juga.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan