Hal-hal yang dapat merusak investasi - Nouman Ali Khan

Gambar
  يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُبْطِلُوا صَدَقَاتِكُم بِالْمَنِّ وَالْأَذَىٰ كَالَّذِي يُنفِقُ مَالَهُ رِئَاءَ النَّاسِ وَلَا يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ  ۖ  فَمَثَلُهُ كَمَثَلِ صَفْوَانٍ عَلَيْهِ تُرَابٌ فَأَصَابَهُ وَابِلٌ فَتَرَكَهُ صَلْدًا  ۖ  لَّا يَقْدِرُونَ عَلَىٰ شَيْءٍ مِّمَّا كَسَبُوا  ۗ  وَاللَّهُ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الْكَافِرِينَ  ‎   Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir. (Q.S. Al-Baqarah, 2: 264) Kalau Anda memberi dan mengharapkan sesuatu dari pember

Dampak pemimpin yang adil



Oleh: Ustadz Suriani Jiddy, Lc

Dari Abi Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda: Ada 7 golongan yang akan mendapatkan perlindungan dari Allah lpada hari kiamat dimana hari itu tidak ada perlindungan kecuali perlindungan Allah:

  1. Pemimpin yang adil
  2. Pemuda yang dibesarkan dalam suasana ibadah kepada Tuhannya
  3. Seorang yang hatinya terpaut pada masjid
  4. Dua orang yang saling mencintai karena Allah. Keduanya berkumpul dan berpisah karena Allah
  5. Seseorang yang dirayu oleh seorang wanita yang berkedudukan dan memiliki kecantikan, laki-laki itu berkata: aku takut kepada Allah
  6. Seseorang yang bersedekah kemudian dia menyembunyikan sedekahnya sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya
  7. Seseorang yang senantiasa berzikir kepada Allah dalam kesendiriannya kemudian air matanya berlinang.

(H.R. Muttafaqun Alaihi)

Abu Hurairah r.a. adalah salah seorang sahabat yang sangat banyak meriwayatkan hadits dari Rasulullah SAW. Tidak banyak yang tahu nama Abu Hurairah. Nama ini adalah “kunyah” (panggilan, sebutan yang kalau laki-laki pakai abu, ibu pakai ummu). Kunyah ini adalah salah satu kunyah. Orang tidak punya anak sekalipun boleh punya kunyah. Rasulullah punya anak Al-Qasim. Beliau memiliki kunyah Abul Qasim. 

Suatu kali Rasulullah menjenguk seorang pemuda beragama Yahudi. Padahal Yahudi adalah orang yang paling membenci Islam, selain orang-orang musyrik. Rasulullah adalah teladan dalam seluruh sisi kehidupannya. Nabi tidak menyia-nyiakan kesempatan dakwah ini (mengajaknya masuk Islam). Sang pemuda yang didampingi oleh ayahnya, mengucapkan : Ikutilah Abul Qasim. Sang anak mengucapkan kalimat syahadat.

Nama Abu Hurairah sebenarnya adalah Abdurrahman bin Shafr ad-Dausi. Memeluk Islam pada tahun ke-7 Hijriah. Rasulullah wafat tahun ke-11 H. Tidak lama bergaul dengan nabi. Hadits yang didapatkan oleh Abu Hurairah lebih banyak dari sahabat-sahabat yang lain. Tidak kurang dari 5374 hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah. Hadits yang banyak ini menjadi celah bagi orang-orang yang tidak menyenangi Islam. 

Mengapa beliau memiliki hadits lebih banyak dari yang lain. Beliau dituduh memalsukan hadits. Target akhir dari serangan ini adalah untuk membongkar Islam dari pondasinya. Ada ungkapan yang sangat terkenal dari ulama hadits – Tikaman terhadap perawi hadits adalah tikaman terhadap Islam.

Kalau kredibilitas seorang perawi hadits dijatuhkan, maka banyak hadits yang akan ditolak. Hadits-hadits Abu Hurairah berasal dari banyak aspek. Abu Hurairah adalah orang yang selalu mulazamah. Imam Syafi’I menyebutkan mulazamah sebagai salah satu syarat menuntut ilmu. Mulazamah adalah senantiasa menyertai guru. Ini rahasianya. Imam Syafi’I mengatakan engkau tidak akan mendapat ilmu kecuali dengan enam perkara: diantaranya adalah senantiasa menyertaiku.

Kalau sahabat yang lain sibuk dengan berdagang, aku sibuk dengan menuntut ilmu. (Abu Hurairah)
Hari yang sangat mengerikan: hari yang pada hari itu seseorang lari dari saudara, anak lari dari orang tuanya, pada hari itu tidak bermanfaat harta yang banyak, kecuali yang datang kepada Allah dengan hati yang lurus.
Ada makna lain yang perlu kita kaji. Hadits ini selain menjelaskan kondisi pada hari kiamat, juga menjelaskan kondisi kita di dunia ini.

Imam yang adil mengapa diletakkan pertama.
Imam yang adil sangat penting. Sebagian ulama mengatakan: kalau kita punya pemimpin yang adil, kita akan dapat nomor 2-7.  Sebaliknya kalau pemimpin kita jahat, zalim, maka akan terjadi sebaliknya.
Kalau pemimpin adil, masjid akan makmur. Kemakmuran suatu masjid berbanding lurus dengan keadilan pemimpin. Kita lihat kondisi sekarang.

Masyarakat akan diliputi dengan cinta dan kasih sayang. Cinta karena Allah. Bukan karena yang lain. Kalau cinta didasarkan pada yang lain, maka itu adalah cinta palsu.

Masyarakat akan bebas dari penyakit social. Apa yang terjadi kalau prostitusi dilegalkan atau dijadikan sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD). Kalau pemimpin zalim, perzinahan akan merebak. Orang akan bangga melakukan perzinahan.

Masyarakatnya akan dermawan. Allah menghancurkan riba dan mengembangkan sedekah. Kepemimpinan terkait erat dengan krisis ekonomi. Kalau pemimpin adil, riba tidak akan berkembang di masyarakat.
Pribadi masyarakatnya akan senantiasa berzikir dalam konteks luas. Mencari nafkah, bekerja dengan baik adalah zikir dalam pengertian umum. Bila kita bekerja dengan niat karena Allah dan mencari rizki yang halal, inilah yang diinginkan oleh Islam.

Kalau kita lihat dari bawah. Kalau kita mau punya pemimpin yang adil, kita mulai dari 7-2, niscaya Allah akan memberikan pemimpin yang adil.


Kalau seandainya penduduk suatu negeri beriman dan bertakwa, niscaya akan kami bukakan pintu-pintu keberkahan. Salah satu keberkahan tersebut adalah diangkatnya pemimpin yang adil. Kalau kita jauh dari ulama, jauh dari majelis ta’lim maka Allah akan menurunkan bala’ yang salah satunya adalah pemimpin yang tidak adil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan