Ketersediaan Darah di UTD-RS

Stok darah per 24 Agustus 2014:

A = 7; B = 12, O = 1, AB = 3

Sumber: Debi (UTD RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo)

Jumat, 23 Juli 2010

Toko Souvenir "ANTIK"

Toko ini terletak di Jl. Kapuas Seberang I, Kelurahan Dahirang, Kecamatan Kapuas Hilir, Kabupaten Kapuas. Teleponnya adalah (0513) 23655. Toko ini menjual berbagai souvenir khas Kapuas seperti perahu naga yang terbuat dari getah nyatu (sebagaimana tampak dalam gambar berikut ini):

Perahu naga dari getah nyatu
Ada yang menarik dari perahu naga ini. Menurut penjualnya, perahu ini seharusnya tidak berkepala naga, karena yang khas Kalimantan adalah kepala burung, tapi karena permintaan pasar cukup tinggi untuk perahu dengan kepala naga akhirnya dibuatlah kapal dengan kepala naga yang sebenarnya merupakan ciri bangsa Cina. Kapal ini sebenarnya menggambarkan tradisi orang Dayak dimana mereka berpendapat bahwa Burung akan membawa roh orang yang sudah mati. Itulah sebabnya di atas perahu ini ada bentuk kecil dari Sandung (tempat menaruh tulang orang yang sudah mati). Selain menyediakan perahu dari getah nyatu yang harganya berkisar dari Rp 100.000 sampai Rp 2.000.000, toko ini juga menjual berbagai mandau dan sumpit sebagaimana terdapat dalam gambar berikut ini:
Mandau dan sumpit (sekaligus tombak)
Kalau gambar diatas menggambarkan mandau yang asli, yang berikut ini adalah mandau hiasan:

Mandau hiasan
Selain itu, toko ini juga menyediakan berbagai hasil kerajinan khas Kalimantan Tengah seperti dalam gambar-gambar berikut ini:
Berbagai kerajinan khas Kalteng
Berbagai kerajinan getah nyatu dan kerajinan lainnya