Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Berikut ini adalah terjemahan dari halaman di Astronesian Basic Vocabulary Database . Nampaknya masih perlu ada koreksi untuk bahasa Dayak-nya sendiri, begitu  juga dengan terjemahannya. Untuk penerjemahan menggunakan Google Translate. Koreksi bahasa dibantu oleh Dra. Hernawaty, M.Kes. Untuk koreksi dari halaman ini dapat diberikan pada komentar. Upaya penerjemahan Kamus Bahasa Dayak - Jerman sedang berlangsung, dapat dipantau pada: Kamus Dayak Ngaju (2).



Dayak Ngaju

Indonesia

Aku

Saya

Amun

Jika

Andau

Hari

Apang

Ayah

Apui

Api

Aran

Nama

Asep

Asap

Asu

Anjing

Atei

Hati

Ba ambun

Berembun

Babehat

Berat

Babilem

Hitam

Bagawi

Bekerja

Bahalap

Baik

Bahandang

Merah

Bahenda

Kuning

Bahijau

Hijau

Bajakah kanai

Usus

Bakapal

Tebal

Bakas

Tua

Balasut

Panas

Balau

Rambut

Balawau

Tikus

Bana

Suami

Banipis

Tipis

Bapa

Ayah

Bapikir

Berpikir

Baputi

Putih

Batajim

Tajam

Batiruh

Tidur

Batu

Batu

Batumpul

Tumpul

Baun andau

Berawan

Bawi

Perempuan/wanita

Beken

Lain

Belum

Hidup

Bisa

Basah

Bua

Buah

Bulan

Bulan

Bulu

Bulu

Burung

Burung

Daha

Darah

Danau

Danau

Danum

Air

Dawen

Daun

Dia

Tidak

Due’

Dua

Dumah

Datang

Due puluh

Dua puluh

Edan

Dahan

En / Dengan

Dan

Enyak

Lemak

Epat

Empat

Eweh

Siapa

Ewen

Mereka

Gatawu’ / Gantau

Kanan

Guti

Kutu

Hai

Besar

Hamalem

Malam

Hamauh

Berbunyi

Hamparea

Kapan

Hanangui

Berenang

Handalai

Cacing

Handipe

Ular

Hanya

Delapan

Haru

Baru

Hasep

Kabut

Hatap / Sapau

Atap

Hatue

Laki-laki/pria

Huma

Rumah

Hung

Di

Hung  huang

Di, dalam

Hung hunjun

Diatas

Hung kueh

Dimana

Hung penda’

Dibawah

Hunjun bahai

Bahu

Ie

Dia

Jela

Lidah

Ije

Satu

Ikau

Kamu

Ikei

Kami

Ikuh

Ekor

Indu

Ibu

Isi

Daging

Itah

Kita

Jahawen

Enam

Jite

Itu

Jetuh

Ini

Kanai

Perut

Kambang

Bunga

Karatak

Jalan/jalur

Kasinga

Gigi

Katawam

Mengetahui

Kawu

Abu

Kawu

Debu

Kayu

Kayu

Keang

Kering

Kejau

Jauh

Ketun handiai

Anda semua

Kilat

Kilat

Kilenampi

Bagaimana

Kuman

Makan

Kurik

Kecil

Lalau kurik

Terlalu sempit

Langit

Langit

Lauk

Ikan

Laut

Laut

Lebar

Lebar

Lenge’

Tangan

Likut

Belakang

Lime

Lima

Lime puluh

Lima puluh

Lumbah

Lebar

Machining

Mendengar

Mahambus

Berhembus

Mahamen

Malu

Mahamis

Memeras

Mahaseng

Bernapas

Mahasur

Mengalir

Mahiwang

Berbalik

Malalap

Menguap

Maluja

Meludah

Mamangkit

Menggigit

Mamapoi

Membakar

Mamatum

Menangis

Mambewau

Mengendus, mencium

Mameteng

Mengikat

Mamili

Membeli

Mampakasak

Memasak

Mampatei

Membunuh, mematikan

Mamukul

Memukul

Manakau

Mencuri

Manampayah

Melihat

Manangis

Menangis

Mananjung

Berjalan

Mandai

Memanjat

Mandup

Berburu

Manembak

Menembak

Manepe

Mengalahkan

Manetek

Memotong

Mangali

Menggali

Mangembang

Membengkak

Manggayau

Menggaruk

Mangirut

Menggigit

Manjakah

Melempar

Manjatu

Jatuh

Manupi

Mimpi

Manyahukan

Menyembunyikan

Manyila

Memisahkan

Manyipa

Mengunyah

Manyium

Mengendus, mencium

Manyuduk

Menusuk

Maram

Busuk

Mata’

Mata

Matei

Mati

Mendeng

Berdiri

Mengan

Berburu

Menter

Berbaring

Metu

Bintang

Mihup

Minum

Mikeh

Takut

Mimbing

Memegang

Mimbul

Menanam

Mintih

Memilih

Minyup

Menghisap

Mise

Menghitung

Mite’

Melihat

Mitur (mamitur)

Menjahit

Mukei

Membuka

Munduk

Duduk

Muta

Muntah

Narai

Apa

Nyama

Mulut

Nyamuk

Nyamuk

Nyelu

Tahun

Pai’

Tungkai/kaki

Palapas

Sayap

Pandak

Pendek

Panjang

Panjang

Papa’

Kotor

Papa’

Buruk, jelek

Parak-kayu

Di hutan

Pasir

Pasir

Pehe

Sakit

Petak

Tanah

Pilus

Jarum

Pinding

Telinga

Guntur

Guntur

Riwut

Angin

Sabangkang

Laba-laba

Sadingen

Dingin

Sakuyan

Seribu

Sambil

Kiri

Sapuluh

Sepuluh

Saratus

Seratus

Sawa

Istri

Takuluk

Kepala

Tali

Tali

Tanteluh

Telur

Tarawang

Terbang

Tatawe

Tertawa

Telu

Tiga

Tien

Sembilan

Tukep

Dekat

Tulang

Tulang

Tumbu

Tumbuh

Tusu

Payudara

Tutu’

Benar

Uhat

Akar

Ujan

Hujan

Uju

Tujuh

Uluh

Orang

Upak

Kulit

Uras

Semua

Uru

Rumput

Urung

Hidung

Uyah

Garam

Uyat

Leher

Komentar

  1. kalau BAJENTA & PAMASI apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bajenta = ramah-tamah, sopan santun, berperilaku baik, suka menolong, tidak kikir

      Hapus
    2. Maaf arti dari
      Auh sarita uluh bakas helu tege nai adat melai uluh alewu
      Ayu na itan na kelleh haragu
      Akan tampayak tu je anak esu

      Ap artinya ya?

      Hapus
    3. Dari cerita orang tua terdahulu ada itu adat dikampung
      Ayu kita merawat(melestarikan)
      Buat bisa diperlihatkan untuk anak sampai cucu

      Hapus
    4. Artinya apa si aku gk paham dari kata ini "Bauu ji da cantik tapi jual mahal tambuk banar baum te wal ai"

      Hapus
    5. Apa arti nya ,
      Ji :
      Iluangkan :
      Tege i :
      Manenga :

      Hapus
  2. bajenta = ramah
    pamasi = suka menolong

    ini dari teman-teman yang mengerti bahasa dayak, mungkin ada rekan-rekan lain yang ingin kasih masukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo:ani ani ewen ndue metoh beljar

      Hapus
    2. Kesana mereka berdua pada waktu belajar

      Hapus
  3. salam kenal za dari anak kuala kapuas, kalo ada waktu main ke blog saya.

    BalasHapus
  4. klo :
    pamucok
    tagal
    balinga
    rantunan
    danyolak
    Apa y???

    BalasHapus
  5. pamucok = kepala, pemimpin
    tagal = sebab, karena, lantaran
    balinga = maaf tidak ada dalam kamus
    rantunan = kebiasaan, perangai, tabiat
    danyolak = maaf tidak ada dalam kamus

    BalasHapus
  6. kare tu apa artinya?

    terus 'maksud' itu apa bhsa dayaknya?

    BalasHapus
  7. kalau arti "IH" sebenarnya apa ? misalnya dalam kalimat "dia narai ih".

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dia narai ih = enggak papa ja/enggak apa apa aja/enggak apa apa kok/it's okay

      Hapus
  8. anggaman Roa nak han u tunaatn.. lang ada maan man rehonyy Kade hao masih ngangapm angan ku mungkin aku nak kan layu seperti in Kade hao masih ngagapm anganku munghin aku nak im.. kan kasal lea nian. Tolong ada yg tau artinya

    BalasHapus
  9. Kalo SELA BAHELANG tu apa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dalam kamus bahasa Dayak Ngaju - Indonesia, tidak ada kata sela dan bahelang.

      Hapus
    2. Kalau bhs Dayak nya "kapan lagi" apa ya?

      Hapus
  10. Kalau bahasa Dayak nya Ayo Membaca,apa ya??

    BalasHapus
  11. saya baru tau,.. ta ngerti saya

    BalasHapus
  12. Ingt peteh kuh ikau ela masuh helu sehinday aku duan.dia ku tawa peya.pokonya.sehinday tege huma ukakuh melay aku dia duan ikau.
    ( kalau ini arti nya apa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ingat pesanku, kamu jangan "masuh" dulu sebelum aku jemput. Aku tidak tahu juga. Pokoknya sebelum aku ada rumah, aku tidak akan jemput kamu. (Mohon saran dari yang lain)

      Hapus
    2. "Masuh" itu berangkat artinya bro jum'atil fajar

      Hapus
    3. ingat pembicaraan ku kamu jangan "masuh" dahulu sebelum aku dapati, aku tidak tau pokoknya,sebelum ada rumah bagiku, aku tidak mendapati kamu.
      masuh aku gak tau artinya apa

      Hapus
    4. Terima kasih atas masukannya!

      Hapus
  13. Ingt peteh kuh ikau ela masuh helu sehinday aku duan.dia ku tawa peya.pokonya.sehinday tege huma ukakuh melay aku dia duan ikau.
    ( kalau ini apa arti nya ya??

    BalasHapus
  14. Kalau "umbet" artinya apa ya?
    "Umbet terakhir"

    BalasHapus
  15. Sang...pusang takuluk ku pusang..artinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin maksudnya: sing ... pusing kepalaku, pusing. Karena pusang artinya: putus asa, tidak berpengharapan.

      Hapus
  16. Balasan
    1. Bang kalo NARAI NARAI LIPA LIPA NARAI SANGGATINA NARAI

      Hapus
    2. Narai = apa
      Lipa = jorok
      Lipa-lipa = menempel yang jorok
      Sanggatina - tidak ada dalam kamus

      Hapus
  17. Kepay nuguq kaheq ngapaq yaq penting pasti

    Plis jawab min😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf nggak ada di kamus admin

      Hapus
    2. Saya penasaran dengan kata Bateot,ap artinya ya,,tolong di jawab min

      Hapus
    3. Kata itu tidak ditemukan dalam kamus

      Hapus
    4. pehe bara male.artinya

      Hapus
  18. End ampi yi. Ulh lah ktn ma usha. Bggung agt kuh. Wi ulh bang tge nlpon wi nggk 2 bln th jdi.
    Arti nya apa y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana ya. Bisakah kamu mengusahakan. Aku sedang bingung. Karena ada orang yang menelpon, sudah menunggak dua bulan.

      Hapus
  19. Kalau kata "ingit" artinya apa?

    BalasHapus
  20. Kalau "Kayu Takuluk Ampi" itu kayu apa ya?

    BalasHapus
  21. Balasan
    1. Haning artinya pening, pusing, telinga mendenging

      Hapus
  22. kayu takuluk ampi, kayu apanya?

    BalasHapus
  23. Artinya guru mahit mendeng,murid mahit hadari apa
    Pls jawab sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Guru kencing berdiri, murid kencing berlari

      Hapus
  24. Maen ikw te, ,napa artinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maen = main
      Ikw = ikau = engkau
      te = itu

      Hapus
    2. Maen itu klo gk salah bahasa bakumpai Min, artinya:mengapa. klo diartikan kedalam bahasa banjar, "Maen ikw te= maapa ikam tu.

      Hapus
  25. Ngitung telu gen sing nwang yow.kwang ngajeng uyah ne pang mase pakeh.cangkemne .amun ing twang punang bo mlajain aran basane te.ketow kone ikew nwang aran basane...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kek-nya ini bahasa dayak dari daerah jangkang-pujon ya kan

      Hapus
    2. itu kyknya bahasa bali boss,,,maaf klo sya salah

      Hapus
  26. Aran base netow tawangku tou.ikew mbase awag ye.

    BalasHapus
  27. Kayu takuluk ampi te kayu metenggek ampi..

    BalasHapus
  28. Takuluk te li base tengkuluk arane tawangku tew base aku.

    BalasHapus
  29. Saran
    Inyewut
    Batumbang
    Ingesah
    Bagare
    Metoh
    Bangang
    Baun
    Human
    Awi
    Bangang
    Terai
    Mangkeme
    Hadari
    Buli
    Palus
    Manggau
    Bari
    Manyanga
    Hindai
    Masak
    Mai
    Kuae
    Kareh
    Paham
    Kalote
    Basingi
    Takoloke
    Bahimang
    Toto
    Daham
    Hadari
    Manyurui
    Ka ngawa
    Hila
    Salenga
    Tamuei
    Tumbang
    Oloh
    Dagang
    Jari

    Ini artinya apa ya, minta tolong artikan yaaa... Buat tugas soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran = pinggir, tepi
      Inyewut = nyewut = sebut, katakan
      Batumbang = tumbang = muara, mulut sungai. Batumbang = bermuara
      Ingesah
      Bagare = yang disebut, dinamai, bergelar
      Metoh = pada waktu
      Bangang = bermain-main
      Baun = muka si ...
      Human - tidak ada kata ini. Adanya huma = rumah
      Awi = dilakukannya, dibuatnya, dikerjakannya
      Bangang = bermain-main
      Terai = berhenti, tidak berbuat lagi
      Mangkeme
      Hadari
      Buli = pulang, kembali
      Palus = masuk
      Manggau = mencari
      Bari = nasi
      Manyanga
      Hindai = belum
      Masak = masak, matang
      Mai
      Kuae
      Kareh = nanti
      Paham = keras, kencang
      Kalote = begitu, demikian
      Basingi
      Takoloke = takolok = kepala
      Bahimang
      Toto = benar, sungguh
      Daham = darahmu
      Hadari
      Manyurui
      Ka ngawa
      Hila = di sebelah, ke arah
      Salenga
      Tamuei = perantau, pelancong, wisatawan
      Tumbang = muara, mulut sungai
      Oloh = orang
      Dagang = dagang, jualan
      Jari = telunjuk, jadi, sudah, selesai

      Hapus
    2. kalu aku ada salah aku minta maaf hal yang sekecil apapun aku minta maaf

      Hapus
    3. Kalo bahasa dayak ngaju..
      Tanaman jagung tumbuh subur apa yah.

      Hapus
    4. Paham itu artinya sangat Min ✌️πŸ˜…

      Hapus
  30. Arti nya into,hapa,kilau,Huang,olih,manenga, Tuntang,kahanyi,akan,kare,pamuda,
    Hatue,mairing,Atawa,kinyah,te,impahayak,kea,rabah,aloh,tampare,manara,dumah,kea,hayak,Huang,rahian,kinyan,

    BalasHapus
    Balasan
    1. into = intu = pada,
      hapa = pakai,
      kilau = seperti, sebagai, semacam,
      Huang = di,
      olih = dapat, bisa, mampu, sanggung, boleh, mungkin,
      manenga = memberi,
      Tuntang = dan, serta, dengan,
      kahanyi tidak ditemukan di kamus tapi kalau "bahanyi" artinya berani,
      akan = untuk, kepada,
      kare = jumlah, semua,
      pamuda tidak ada dalam kamus, kalau "muda" artinya muda,
      Hatue = laki-laki,
      mairing = mengiringi,
      Atawa = atau,
      kinyah tidak ada dalam kamus, adanya kinyak yang artinya becek, berair dan berlumpur,
      te = itu,
      impahayak tidak ada dalam kamus, tapi kalau mampahayak artinya bersama-sama,
      kea = juga, pula,
      rabah = merambah, menebang dsb dengan sekaligus,
      aloh = biar, walau, meski, namun
      tampare tidak ada, tapi kalau tampara artinya mula, permulaan, asal, awal
      manara = memuji, menyanjung. arti lainnya mendidih
      dumah = datang, tiba,
      hayak = bareng, bersama, bersama-sama, bersamaan waktunya,
      rahian = kemudian, belakangan,
      kinyan tidak ada dalam kamus

      Hapus
  31. into = di,
    hapa = pakai, pergunakan,
    kilau = seperti, bagaikan, umpama,
    Huang = di dalam,
    olih = ulih = dapat, mampu,
    manenga = memberi mengasih, menyerahkan,
    Tuntang,
    kahanyi = ,
    akan = kepada, untuk, bagi, sesuatu yang akan terjadi,
    kare = banyaknya,
    pamuda = ,
    Hatue = laki-laki,
    mairing = mendamping,
    Atawa = atau,
    kinyah = ,
    te = itu,
    impahayak = disertai,
    kea = juga,
    rabah = jatuh,
    aloh = meskipun, walaupun, biarpun,
    tampare = tampara = mulainya,
    manara = memuji, mendidih,
    dumah = datang, tiba, sampai,
    kea = juga,
    hayak = bersama,
    Huang = di dalam,
    rahian = kemudian, nanti saja, belakangan,
    kinyan, kata ini tidak ada, adanya kinan = makan

    BalasHapus
  32. arti : Tajayang Isut apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tajayang tidak ada dalam kamus.

      Isut artinya sedikit

      Hapus
  33. Teman teman di jakarta yang demo butuh bantuan dari saudara saudara suku dayak kalimantan...klau di bahasa dayak gimana bos

    BalasHapus
  34. Ikew tampula da pusko laboryako

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau "ikew" tidak ada, yang ada "ikei" yang artinya kami.

      Kalau "tampula" tidak ada, yang ada "tampulak" yang artinya ruas pohon bambu berisi air, tempat memandikan berbagai jenis padi secara leluhur (suatu kepercayaan)

      Hapus
  35. jika aku ada salah aku minta maaf hal sekecil apapun aku minta maaf

    BalasHapus
  36. Apa bahasa dayak nya
    Jangan berantem di medsos kalo memang di antara kalian berani coba berhadapan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ela kalahi melai medsos, amun angattah antara ketun kau je bahanyi coba hataharep

      Hapus
  37. Minta tolong donk aanak sya lg dpt PR bahasa dayak jni,sya asli jawa timur ,tolong bntu jawab ya
    Pahis
    Pander
    Tumon
    Umai
    Terai
    Tumbah
    Uras
    Paji
    Kapehe
    Kadian
    D artikan k bhasa indonesai?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eweh mandohop nyai undang melawan asang

      Hapus
    2. Eweh = siapa
      mandohop = menolong
      Nyai Undang
      melawan
      asang = musuh

      Hapus
  38. pander tidak ada, mander = bicarakan
    tumon = menurut, ikut, tiru
    umai = ibu
    terai = berhenti, tidak berbuat lagi
    uras = semua, seluruh
    kapehe = kesakitan, kesulitan, kesukaran, kesusahan
    kadian = malas, tidak suka bekerja

    BalasHapus
  39. Kalo arti nya :
    Narai
    Eweh
    Pea
    Kilenampi
    mbuhen
    Into kuweh
    Ka kueh
    Bara kueh
    Pire
    Kueh

    Kosa kata itu arti nya apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Narai = apa
      Eweh = siapa
      Pea = kapan, bila, bilamana
      Kilen ampi = bagaimana rupanya
      mbuhen = buhen - mengapa
      Into = Intu = di
      Kueh = mana
      Ka = ke
      Bara = dari
      Pire = berapa

      Hapus
  40. Kalau bahasa dayaknya ini adalah suku saya

    BalasHapus
  41. Kalo arti Hong tumbang sungei..?

    BalasHapus
  42. Kalo arti munduk = duduk
    Kalo munduk pakingking apa artinya 😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. munduk = duduk
      pakingking = paki-paking = tekis; nyari pada tepi, pinggir; ujung
      munduk paki-paking = duduk diujung

      Hapus
  43. Aku handak lawan ikham artinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini bahasa Banjar artinya Aku mau dengan kamu

      Hapus
    2. Tolong anak sy punya PR dr BHS Indonesia ke BHS Dayak
      Siapkan
      Berada
      Kenapa
      Kata
      Begitu
      Tempat
      Harus
      Sekali
      Sebelumnya terimakasih atas jawabannya

      Hapus
  44. Thank you very much for seeing λ°€μ•Œλ°” information.
    Thank you very much for seeing λ°€μ•Œλ°” information.

    BalasHapus
  45. Amun ketun mangkeme sensara kejau bara uluh bakas ketun jite puna jadi rasiko akan anak sakula jadi bara hete Rati rati ih manjaga arep melai lewu uluh


    Apa artinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amun = kalau
      ketun = keton = kalian
      mangkeme = tidak ditemukan di kamus (mungkin artinya 'mau')
      sensara = sengsara
      kejau = jauh
      bara = dari
      uluh = oloh = orang
      bakas = tua
      ketun = keton = kalian
      jite = itu
      puna = memang
      jadi = sudah
      rasiko = risiko
      akan = untuk
      anak = anak
      sakula = sekolah
      jadi = jadi, selesai, rampung, beres
      bara = dari
      hete = disitu
      Rati rati = baik-baik, tidak usil
      ih = tidak ada dalam kamus
      manjaga = menjaga
      arep = diri sendiri, pribadi
      melai = tinggal, tidak ikut
      lewu = desa
      uluh = oloh = orang

      Hapus
    2. Arti dari basewot apa ya

      Hapus
    3. Basewot artinya ternama/terkenal

      Hapus
    4. Jika kalian merasakan sengsara jauh dari orang tua, itu memang menjadi risiko bagi anak sekolah. Maka dari itu pintar-pintarlah menjaga diri hidup di tanah/kampung orang.
      TR

      Hapus
    5. Basewot = terkenal/ternama

      Hapus
  46. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  47. calon muh te oleh kueh, bingung q basaπŸ˜…πŸ˜…. Selamat le lah jeleng kawin ndai ela madu ngabuat ih, rebuk kea huma muh kanih kareh jtn je marasih maurus ahπŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

    Apa artinya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. calon kamu itu orang mana, bingung saya membahasakannya. Selamat ya, cepat kawin ..
      ndai = hindai = belum
      ela = jangan
      madu = madu
      ngabuat = sendiri
      rebuk = ?
      kea = juga
      huma = rumah
      muh = kamu
      kanih = di sana
      kareh = nanti
      jtn = jatun = tidak ada
      je = yang
      marasih = membersihkan
      maurus = mengurus

      Hapus
  48. Tolong bantaunya arti dari mamalus, marenta, mampingat, marasih, mansuman, maningak, sahindai, sananyan, hayak-hayak,

    BalasHapus
    Balasan
    1. mamulus = menonjol
      marenta = tidak ada dalam kamus
      mampingat = mengingatkan
      marasih = rasih = bersih
      mansuman = suman = diceritakan
      maningak = tidak ada di kamus
      sahindai = tidak ada di kamus, kecuali kalau dijadikan sa-hindai = se-belum
      sananyan = Senin
      hayak-hayak = sama-sama

      Hapus
  49. Aku sayang kamu artinya apa ya bisa d kasih tau??

    BalasHapus
  50. Kalau barendeng..apa artinya

    BalasHapus
  51. Barendeng = perhatian (mendengarkan;) rupanya, jelas; berani, tanpa rasa takut; memutuskan; tegas; mabuk. (Terjemahan Kamus Dayak - Jerman)

    BalasHapus
  52. Mander narai ih dia katawa yaku tuh hehh
    Apa artinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mander = pander = bicara
      narai - apa
      ih = saja, lah
      dia = tidak
      katawa = katawan = tahu; ketahui
      yaku = aku
      tuh = toh = ini
      heh = he = kata untuk menyapa, menegur, mengingatkan

      Hapus
  53. arti hanjaliwan
    manangkarap
    Manharep
    Hatalinjam
    Ngalindas
    Pakat
    Apa artinya ya tolong di bantu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hanjaliwan = ular tadung (berbisa)
      manangkarap, adanya mangkarap = menerkam
      manharep = mengharap
      hatalinjam = saling (bergantian, bergiliran, antri)
      ngalindas, adanya ngalidas = lain-lain saja, ke luar, tidak tepat sasaran
      pakat = sama-sama (sehati sepikit, bersatu padu, bersekutu)

      Hapus
  54. 1.rumah adat dayak adalah rumah betang
    2.tarian ata dayak yaitu tari mandu
    3.pakain adat dayak yaitu sangkurut
    4.tradisi memotong kayu
    5.festivalny festival isen mulang
    Mohon bantuan nya,ini minta di terjemahkan dalam bahasa dayak

    BalasHapus
  55. Minta tolong artikan ke bahasa dayak dong, terimakasih.

    1. Rumah Betang adalah rumah adat khas Kalimantan yang terdapat di berbagai penjuru Kalimantan dan dihuni oleh masyarakat Dayak terutama di daerah hulu sungai yang biasanya menjadi pusat permukiman suku Dayak.
    Ciri-ciri Rumah Betang yaitu bentuk panggung dan memanjang. Panjangnya bisa mencapai 30-150 meter serta lebarnya dapat mencapai sekitar 10-30 meter, memiliki tiang yang tingginya sekitar 3-5 meter. Setiap Rumah Betang dihuni oleh 100-150 jiwa, Betang dapat dikatakan sebagai rumah suku, karena selain di dalamnya terdapat satu keluarga besar yang menjadi penghuninya dan dipimpin pula oleh seorang Pambakas Lewu.

    2. Mando (Mandau) adalah senjata tajam sejenis parang berasal dari kebudayaan Dayak di Kalimantan. Mandau termasuk salah satu senjata tradisional Indonesia. Berbeda dengan parang biasa, mandau memiliki ukiran - ukiran di bagian bilahnya yang tidak tajam. Sering juga dijumpai tambahan lubang-lubang di bilahnya yang ditutup dengan kuningan atau tembaga dengan maksud memperindah bilah mandau.Suku Dayak dengan senjata Mandaunya terkenal kejam dan ahli dalam peperangan, kelompok klan mereka melawan bangsa-bangsa lain yang datang ke pulau kalimantan, termasuk bangsa Melayu dan Bangsa Austronesia, karena seringnya peperangan antar klan dan bangsa-bangsa yang datang ke pulau kalimantan, Pedang mandau menjadi terkenal dengan bilah senjatanya yang tajam dan digunakan untuk memenggal kepala musuh-musuhnya (adat Pengayauan suku Dayak) hingga para bangsa lainnya tidak berani memasuki daerah mereka. Hingga sampai dengan sekarang Mandau menjadi sebutan nama sebuah senjata adat asli Pulau Kalimantan. Arti mandau sebenarnya dari suku dayak khatulistiwa. Dau teraebut artinya senjata. Man artinya keberanian, yang dianut suku tionghoa pedalaman

    3. Talawang adalah tameng atau perisai Suku Dayak yang terbuat dari kayu ulin atau kayu besi. Talawang berbentuk persegi panjang yang dibuat runcing pada bagian atas dan bawahnya. Panjang talawang sekitar 1 sampai dengan 2 meter dengan lebar maksimal 50 centimeter. Sisi luar talawang dihias dengan ukiran yang mencirikan kebudayaan Dayak, sementara bagian dalamnya diberi pegangan.
    Keseluruhan bidang depan talawang biasanya diukir berbentuk topeng (hudo). Konon, ukiran pada talawang memiliki daya magis yang mampu membangkitkan semangat hingga menjadikan kuat orang yang menyandangnya. Ukiran talawang pada umumnya bermotifkan burung Tinggang, yaitu burung yang dianggap suci oleh Suku Dayak. Selain motif burung tinggang, motif lain yang sering digunakan adalah ukiran kamang. Kamang merupakan perwujudan dari roh leluhur Suku Dayak. Motif kamang digambarkan dengan seseorang yang sedang duduk menggunakan cawat dan wajahnya berwarna merah. Walaupun setiap sub-Suku Dayak mengenal kebudayaan mandau dan talawang, ternyata penggunaan warna dan motif ukiran pada talawang berbeda-beda. Motif ukiran pada talawang ini juga yang kemudian banyak dijumpai sebagai desain interior rumah serta bagian-bagian arsitektural dari kriya seni ukir Dayak.

    BalasHapus
  56. Transletkan ke bahasa dayak ngaju kata2 ini ya gesss “ apa saja yang kalian lakukan selama dirumah ????”

    BalasHapus
  57. Kalo Bahasa Dayak Nya Pantat Sapi Apa?

    BalasHapus
  58. Apa bahasa dayaknya menari
    Apa bahasa dayak nya surat
    Apa bahasa dayak nya belanja
    Apa bahasa Dayaknya jaga kebersihan diri

    BalasHapus
    Balasan
    1. menari = naliwo
      surat = surat
      belanja = membeli = mamili
      jaga kebersihan diri = ?

      Hapus
  59. Cinta Te Kilau Riwut Dumah Salenga Nihau Salenga Sama Kilau Ikau Dumah Salenga Limbah Te Nihau Tampa Kabar Sarita,Sampet Nenga Bahagia Akhir Ah Meninggal Akn Luka.
    Artinya Apa Ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cinta itu seperti angin datang sekejap lalu menghilang tanpa kabar berita, sempat memberikan kebahagiaan, namun akhirnya meninggalkan luka.
      TR

      Hapus
    2. nyelu pire pangeran antasara nampara melawan penjajah blanda

      Itu Artinya Apa bang

      Hapus
    3. nyelu = nyelo = tahun
      pire = berapa
      pangeran = pangeran
      antasara = antasari
      nampara = memulai; mengawali
      melawan = melawan
      penjajah = penjajah
      blanda = Belanda

      Hapus
  60. Mang itu artinya apa ya? Tolong bantu jawab dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata "mang" tidak ada dalam kapuas. Kalau "amang" ada, artinya "paman".

      Hapus
  61. Balasan
    1. Ela = jangan
      lalau = betapa, amat, sangat, terlalu

      Hapus
  62. Ela lalau bekanji, bagatel, dengan karas rimbang jadi kalunen. Jia pire ku blok a mun lalau parise ganggu ulun
    Artinya apa pleas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ela = jangan
      lalau = betapa, amat, sangat, terlalu
      bekanji = bakanji = lani; jalang; berahi
      bagatel = gatal
      dengan = dengan
      karas = keras
      rimbang = terung asam
      jadi = jadi; sudah; selesai
      kalunen = seluruh dunia
      jia = ?
      pire = berapa
      ku = ku, saya
      blok = ?
      parise = ? (kalau parisa = periksa)
      a mun = ? (bahasa Banjar = bila)
      ganggu = ganggu
      ulun = saya

      Hapus
  63. Sy bangsa iyakan dri flipina.. bnyk persamaan bhsa dayak ni dgn bhsa iyakan.. aha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya lihat di internet, memang bangsa iyakan adalah orang Dayak juga.

      Hapus
  64. Taniti makana regs simpakong Nang bunyi e dot dot ka papuk, artinya apa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf nampaknya ini bukan bahasa Dayak Ngaju

      Hapus
  65. Ka kalau bahasa dayaknya aku sebenarnya sayang sama kamu. Tapi takut tersakiti lagi

    BalasHapus
  66. Selalu jaga kesehatan dan tetap semangat sayang.... #aku sayang kamu. Bahasa sayak ngaju nya apa ya

    BalasHapus
  67. Kalo kerupuk apa bahasa Dayak nya

    BalasHapus
  68. Arti lalau balias iye mambilis je
    taheta

    BalasHapus
    Balasan
    1. lalau = betapa, amat, sangat, terlalu
      balias = cepat; tangkat; kuat
      iye = ie = dia
      mambilis = mencari ikan kecil
      je = yang
      taheta = baru

      Hapus
  69. Kalau "Kami" bahasa dayaknya apa

    BalasHapus
  70. Artinya eweh aram mu andi ikau intan kamala kumi kumi tatawe hayak bajurah bajenta upak pupus hagining baputih bahenda pantas are hatue tagilut tagoda

    BalasHapus
    Balasan
    1. eweh = siapa
      aram = namamu
      andi = adik
      ikau = kamu
      intan = intan
      kamala = kemala; permata
      kumi-kumi = senyum
      tatawe = tertawa
      hayak = bersama
      bajurah = ramah; santun, baik tutur katanya
      bajenta = ramah; amat ramah
      upak = kupak = kulit
      pupus = jangat, kulit luar
      hagining = berkerlip
      baputih = baputi = putih
      bahenda = kuning
      pantas = pantas, patut, layak
      are = banyak
      hatue = laki-laki
      tagilut = ? - tidak ada dalam kamus
      tagoda = ? - tidak ada dalam kamus

      Hapus

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar terhadap tulisan kami!

Postingan populer dari blog ini

HANI 2010, HUT PT. ASKES dan Senam Bersama

Gaji 30 juta rupiah per bulan