Senin, 26 Juli 2010

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Berikut ini adalah terjemahan dari halaman di Astronesian Basic Vocabulary Database . Nampaknya masih perlu ada koreksi untuk bahasa Dayak-nya sendiri, begitu  juga dengan terjemahannya. Untuk penerjemahan menggunakan Google Translate. Koreksi bahasa dibantu oleh Dra. Hernawaty, M.Kes. Untuk koreksi dari halaman ini dapat diberikan pada komentar. Upaya penerjemahan Kamus Bahasa Dayak - Jerman sedang berlangsung, dapat dipantau pada: Kamus Dayak Ngaju (2).



Dayak Ngaju

Indonesia

Aku

Saya

Amun

Jika

Andau

Hari

Apang

Ayah

Apui

Api

Aran

Nama

Asep

Asap

Asu

Anjing

Atei

Hati

Ba ambun

Berembun

Babehat

Berat

Babilem

Hitam

Bagawi

Bekerja

Bahalap

Baik

Bahandang

Merah

Bahenda

Kuning

Bahijau

Hijau

Bajakah kanai

Usus

Bakapal

Tebal

Bakas

Tua

Balasut

Panas

Balau

Rambut

Balawau

Tikus

Bana

Suami

Banipis

Tipis

Bapa

Ayah

Bapikir

Berpikir

Baputi

Putih

Batajim

Tajam

Batiruh

Tidur

Batu

Batu

Batumpul

Tumpul

Baun andau

Berawan

Bawi

Perempuan/wanita

Beken

Lain

Belum

Hidup

Bisa

Basah

Bua

Buah

Bulan

Bulan

Bulu

Bulu

Burung

Burung

Daha

Darah

Danau

Danau

Danum

Air

Dawen

Daun

Dia

Tidak

Due’

Dua

Dumah

Datang

Due puluh

Dua puluh

Edan

Dahan

En / Dengan

Dan

Enyak

Lemak

Epat

Empat

Eweh

Siapa

Ewen

Mereka

Gatawu’ / Gantau

Kanan

Guti

Kutu

Hai

Besar

Hamalem

Malam

Hamauh

Berbunyi

Hamparea

Kapan

Hanangui

Berenang

Handalai

Cacing

Handipe

Ular

Hanya

Delapan

Haru

Baru

Hasep

Kabut

Hatap / Sapau

Atap

Hatue

Laki-laki/pria

Huma

Rumah

Hung

Di

Hung  huang

Di, dalam

Hung hunjun

Diatas

Hung kueh

Dimana

Hung penda’

Dibawah

Hunjun bahai

Bahu

Ie

Dia

Jela

Lidah

Ije

Satu

Ikau

Kamu

Ikei

Kami

Ikuh

Ekor

Indu

Ibu

Isi

Daging

Itah

Kita

Jahawen

Enam

Jite

Itu

Jetuh

Ini

Kanai

Perut

Kambang

Bunga

Karatak

Jalan/jalur

Kasinga

Gigi

Katawam

Mengetahui

Kawu

Abu

Kawu

Debu

Kayu

Kayu

Keang

Kering

Kejau

Jauh

Ketun handiai

Anda semua

Kilat

Kilat

Kilenampi

Bagaimana

Kuman

Makan

Kurik

Kecil

Lalau kurik

Terlalu sempit

Langit

Langit

Lauk

Ikan

Laut

Laut

Lebar

Lebar

Lenge’

Tangan

Likut

Belakang

Lime

Lima

Lime puluh

Lima puluh

Lumbah

Lebar

Machining

Mendengar

Mahambus

Berhembus

Mahamen

Malu

Mahamis

Memeras

Mahaseng

Bernapas

Mahasur

Mengalir

Mahiwang

Berbalik

Malalap

Menguap

Maluja

Meludah

Mamangkit

Menggigit

Mamapoi

Membakar

Mamatum

Menangis

Mambewau

Mengendus, mencium

Mameteng

Mengikat

Mamili

Membeli

Mampakasak

Memasak

Mampatei

Membunuh, mematikan

Mamukul

Memukul

Manakau

Mencuri

Manampayah

Melihat

Manangis

Menangis

Mananjung

Berjalan

Mandai

Memanjat

Mandup

Berburu

Manembak

Menembak

Manepe

Mengalahkan

Manetek

Memotong

Mangali

Menggali

Mangembang

Membengkak

Manggayau

Menggaruk

Mangirut

Menggigit

Manjakah

Melempar

Manjatu

Jatuh

Manupi

Mimpi

Manyahukan

Menyembunyikan

Manyila

Memisahkan

Manyipa

Mengunyah

Manyium

Mengendus, mencium

Manyuduk

Menusuk

Maram

Busuk

Mata’

Mata

Matei

Mati

Mendeng

Berdiri

Mengan

Berburu

Menter

Berbaring

Metu

Bintang

Mihup

Minum

Mikeh

Takut

Mimbing

Memegang

Mimbul

Menanam

Mintih

Memilih

Minyup

Menghisap

Mise

Menghitung

Mite’

Melihat

Mitur (mamitur)

Menjahit

Mukei

Membuka

Munduk

Duduk

Muta

Muntah

Narai

Apa

Nyama

Mulut

Nyamuk

Nyamuk

Nyelu

Tahun

Pai’

Tungkai/kaki

Palapas

Sayap

Pandak

Pendek

Panjang

Panjang

Papa’

Kotor

Papa’

Buruk, jelek

Parak-kayu

Di hutan

Pasir

Pasir

Pehe

Sakit

Petak

Tanah

Pilus

Jarum

Pinding

Telinga

Guntur

Guntur

Riwut

Angin

Sabangkang

Laba-laba

Sadingen

Dingin

Sakuyan

Seribu

Sambil

Kiri

Sapuluh

Sepuluh

Saratus

Seratus

Sawa

Istri

Takuluk

Kepala

Tali

Tali

Tanteluh

Telur

Tarawang

Terbang

Tatawe

Tertawa

Telu

Tiga

Tien

Sembilan

Tukep

Dekat

Tulang

Tulang

Tumbu

Tumbuh

Tusu

Payudara

Tutu’

Benar

Uhat

Akar

Ujan

Hujan

Uju

Tujuh

Uluh

Orang

Upak

Kulit

Uras

Semua

Uru

Rumput

Urung

Hidung

Uyah

Garam

Uyat

Leher

99 komentar:

  1. kalau BAJENTA & PAMASI apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bajenta = ramah-tamah, sopan santun, berperilaku baik, suka menolong, tidak kikir

      Hapus
    2. Maaf arti dari
      Auh sarita uluh bakas helu tege nai adat melai uluh alewu
      Ayu na itan na kelleh haragu
      Akan tampayak tu je anak esu

      Ap artinya ya?

      Hapus
  2. bajenta = ramah
    pamasi = suka menolong

    ini dari teman-teman yang mengerti bahasa dayak, mungkin ada rekan-rekan lain yang ingin kasih masukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo:ani ani ewen ndue metoh beljar

      Hapus
    2. Kesana mereka berdua pada waktu belajar

      Hapus
  3. salam kenal za dari anak kuala kapuas, kalo ada waktu main ke blog saya.

    BalasHapus
  4. klo :
    pamucok
    tagal
    balinga
    rantunan
    danyolak
    Apa y???

    BalasHapus
  5. pamucok = kepala, pemimpin
    tagal = sebab, karena, lantaran
    balinga = maaf tidak ada dalam kamus
    rantunan = kebiasaan, perangai, tabiat
    danyolak = maaf tidak ada dalam kamus

    BalasHapus
  6. kare tu apa artinya?

    terus 'maksud' itu apa bhsa dayaknya?

    BalasHapus
  7. kalau arti "IH" sebenarnya apa ? misalnya dalam kalimat "dia narai ih".

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dia narai ih = enggak papa ja/enggak apa apa aja/enggak apa apa kok/it's okay

      Hapus
  8. anggaman Roa nak han u tunaatn.. lang ada maan man rehonyy Kade hao masih ngangapm angan ku mungkin aku nak kan layu seperti in Kade hao masih ngagapm anganku munghin aku nak im.. kan kasal lea nian. Tolong ada yg tau artinya

    BalasHapus
  9. Kalo SELA BAHELANG tu apa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dalam kamus bahasa Dayak Ngaju - Indonesia, tidak ada kata sela dan bahelang.

      Hapus
  10. Kalau bahasa Dayak nya Ayo Membaca,apa ya??

    BalasHapus
  11. saya baru tau,.. ta ngerti saya

    BalasHapus
  12. Ingt peteh kuh ikau ela masuh helu sehinday aku duan.dia ku tawa peya.pokonya.sehinday tege huma ukakuh melay aku dia duan ikau.
    ( kalau ini arti nya apa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ingat pesanku, kamu jangan "masuh" dulu sebelum aku jemput. Aku tidak tahu juga. Pokoknya sebelum aku ada rumah, aku tidak akan jemput kamu. (Mohon saran dari yang lain)

      Hapus
    2. "Masuh" itu berangkat artinya bro jum'atil fajar

      Hapus
    3. ingat pembicaraan ku kamu jangan "masuh" dahulu sebelum aku dapati, aku tidak tau pokoknya,sebelum ada rumah bagiku, aku tidak mendapati kamu.
      masuh aku gak tau artinya apa

      Hapus
  13. Ingt peteh kuh ikau ela masuh helu sehinday aku duan.dia ku tawa peya.pokonya.sehinday tege huma ukakuh melay aku dia duan ikau.
    ( kalau ini apa arti nya ya??

    BalasHapus
  14. Kalau "umbet" artinya apa ya?
    "Umbet terakhir"

    BalasHapus
  15. Sang...pusang takuluk ku pusang..artinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin maksudnya: sing ... pusing kepalaku, pusing. Karena pusang artinya: putus asa, tidak berpengharapan.

      Hapus
  16. Kepay nuguq kaheq ngapaq yaq penting pasti

    Plis jawab min😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf nggak ada di kamus admin

      Hapus
    2. Saya penasaran dengan kata Bateot,ap artinya ya,,tolong di jawab min

      Hapus
    3. Kata itu tidak ditemukan dalam kamus

      Hapus
  17. End ampi yi. Ulh lah ktn ma usha. Bggung agt kuh. Wi ulh bang tge nlpon wi nggk 2 bln th jdi.
    Arti nya apa y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana ya. Bisakah kamu mengusahakan. Aku sedang bingung. Karena ada orang yang menelpon, sudah menunggak dua bulan.

      Hapus
  18. Kalau kata "ingit" artinya apa?

    BalasHapus
  19. Kalau "Kayu Takuluk Ampi" itu kayu apa ya?

    BalasHapus
  20. Balasan
    1. Haning artinya pening, pusing, telinga mendenging

      Hapus
  21. kayu takuluk ampi, kayu apanya?

    BalasHapus
  22. Artinya guru mahit mendeng,murid mahit hadari apa
    Pls jawab sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Guru kencing berdiri, murid kencing berlari

      Hapus
  23. Maen ikw te, ,napa artinya

    BalasHapus
  24. Ngitung telu gen sing nwang yow.kwang ngajeng uyah ne pang mase pakeh.cangkemne .amun ing twang punang bo mlajain aran basane te.ketow kone ikew nwang aran basane...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kek-nya ini bahasa dayak dari daerah jangkang-pujon ya kan

      Hapus
  25. Aran base netow tawangku tou.ikew mbase awag ye.

    BalasHapus
  26. Kayu takuluk ampi te kayu metenggek ampi..

    BalasHapus
  27. Takuluk te li base tengkuluk arane tawangku tew base aku.

    BalasHapus
  28. Saran
    Inyewut
    Batumbang
    Ingesah
    Bagare
    Metoh
    Bangang
    Baun
    Human
    Awi
    Bangang
    Terai
    Mangkeme
    Hadari
    Buli
    Palus
    Manggau
    Bari
    Manyanga
    Hindai
    Masak
    Mai
    Kuae
    Kareh
    Paham
    Kalote
    Basingi
    Takoloke
    Bahimang
    Toto
    Daham
    Hadari
    Manyurui
    Ka ngawa
    Hila
    Salenga
    Tamuei
    Tumbang
    Oloh
    Dagang
    Jari

    Ini artinya apa ya, minta tolong artikan yaaa... Buat tugas soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran = pinggir, tepi
      Inyewut = nyewut = sebut, katakan
      Batumbang = tumbang = muara, mulut sungai. Batumbang = bermuara
      Ingesah
      Bagare = yang disebut, dinamai, bergelar
      Metoh = pada waktu
      Bangang = bermain-main
      Baun = muka si ...
      Human - tidak ada kata ini. Adanya huma = rumah
      Awi = dilakukannya, dibuatnya, dikerjakannya
      Bangang = bermain-main
      Terai = berhenti, tidak berbuat lagi
      Mangkeme
      Hadari
      Buli = pulang, kembali
      Palus = masuk
      Manggau = mencari
      Bari = nasi
      Manyanga
      Hindai = belum
      Masak = masak, matang
      Mai
      Kuae
      Kareh = nanti
      Paham = keras, kencang
      Kalote = begitu, demikian
      Basingi
      Takoloke = takolok = kepala
      Bahimang
      Toto = benar, sungguh
      Daham = darahmu
      Hadari
      Manyurui
      Ka ngawa
      Hila = di sebelah, ke arah
      Salenga
      Tamuei = perantau, pelancong, wisatawan
      Tumbang = muara, mulut sungai
      Oloh = orang
      Dagang = dagang, jualan
      Jari = telunjuk, jadi, sudah, selesai

      Hapus
    2. kalu aku ada salah aku minta maaf hal yang sekecil apapun aku minta maaf

      Hapus
    3. Kalo bahasa dayak ngaju..
      Tanaman jagung tumbuh subur apa yah.

      Hapus
  29. Arti nya into,hapa,kilau,Huang,olih,manenga, Tuntang,kahanyi,akan,kare,pamuda,
    Hatue,mairing,Atawa,kinyah,te,impahayak,kea,rabah,aloh,tampare,manara,dumah,kea,hayak,Huang,rahian,kinyan,

    BalasHapus
    Balasan
    1. into = intu = pada,
      hapa = pakai,
      kilau = seperti, sebagai, semacam,
      Huang = di,
      olih = dapat, bisa, mampu, sanggung, boleh, mungkin,
      manenga = memberi,
      Tuntang = dan, serta, dengan,
      kahanyi tidak ditemukan di kamus tapi kalau "bahanyi" artinya berani,
      akan = untuk, kepada,
      kare = jumlah, semua,
      pamuda tidak ada dalam kamus, kalau "muda" artinya muda,
      Hatue = laki-laki,
      mairing = mengiringi,
      Atawa = atau,
      kinyah tidak ada dalam kamus, adanya kinyak yang artinya becek, berair dan berlumpur,
      te = itu,
      impahayak tidak ada dalam kamus, tapi kalau mampahayak artinya bersama-sama,
      kea = juga, pula,
      rabah = merambah, menebang dsb dengan sekaligus,
      aloh = biar, walau, meski, namun
      tampare tidak ada, tapi kalau tampara artinya mula, permulaan, asal, awal
      manara = memuji, menyanjung. arti lainnya mendidih
      dumah = datang, tiba,
      hayak = bareng, bersama, bersama-sama, bersamaan waktunya,
      rahian = kemudian, belakangan,
      kinyan tidak ada dalam kamus

      Hapus
  30. into = di,
    hapa = pakai, pergunakan,
    kilau = seperti, bagaikan, umpama,
    Huang = di dalam,
    olih = ulih = dapat, mampu,
    manenga = memberi mengasih, menyerahkan,
    Tuntang,
    kahanyi = ,
    akan = kepada, untuk, bagi, sesuatu yang akan terjadi,
    kare = banyaknya,
    pamuda = ,
    Hatue = laki-laki,
    mairing = mendamping,
    Atawa = atau,
    kinyah = ,
    te = itu,
    impahayak = disertai,
    kea = juga,
    rabah = jatuh,
    aloh = meskipun, walaupun, biarpun,
    tampare = tampara = mulainya,
    manara = memuji, mendidih,
    dumah = datang, tiba, sampai,
    kea = juga,
    hayak = bersama,
    Huang = di dalam,
    rahian = kemudian, nanti saja, belakangan,
    kinyan, kata ini tidak ada, adanya kinan = makan

    BalasHapus
  31. arti : Tajayang Isut apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tajayang tidak ada dalam kamus.

      Isut artinya sedikit

      Hapus
  32. Teman teman di jakarta yang demo butuh bantuan dari saudara saudara suku dayak kalimantan...klau di bahasa dayak gimana bos

    BalasHapus
  33. Ikew tampula da pusko laboryako

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau "ikew" tidak ada, yang ada "ikei" yang artinya kami.

      Kalau "tampula" tidak ada, yang ada "tampulak" yang artinya ruas pohon bambu berisi air, tempat memandikan berbagai jenis padi secara leluhur (suatu kepercayaan)

      Hapus
  34. jika aku ada salah aku minta maaf hal sekecil apapun aku minta maaf

    BalasHapus
  35. Apa bahasa dayak nya
    Jangan berantem di medsos kalo memang di antara kalian berani coba berhadapan

    BalasHapus
  36. Minta tolong donk aanak sya lg dpt PR bahasa dayak jni,sya asli jawa timur ,tolong bntu jawab ya
    Pahis
    Pander
    Tumon
    Umai
    Terai
    Tumbah
    Uras
    Paji
    Kapehe
    Kadian
    D artikan k bhasa indonesai?

    BalasHapus
  37. pander tidak ada, mander = bicarakan
    tumon = menurut, ikut, tiru
    umai = ibu
    terai = berhenti, tidak berbuat lagi
    uras = semua, seluruh
    kapehe = kesakitan, kesulitan, kesukaran, kesusahan
    kadian = malas, tidak suka bekerja

    BalasHapus
  38. Kalo arti nya :
    Narai
    Eweh
    Pea
    Kilenampi
    mbuhen
    Into kuweh
    Ka kueh
    Bara kueh
    Pire
    Kueh

    Kosa kata itu arti nya apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Narai = apa
      Eweh = siapa
      Pea = kapan, bila, bilamana
      Kilen ampi = bagaimana rupanya
      mbuhen = buhen - mengapa
      Into = Intu = di
      Kueh = mana
      Ka = ke
      Bara = dari
      Pire = berapa

      Hapus
  39. Kalau bahasa dayaknya ini adalah suku saya

    BalasHapus
  40. Kalo arti Hong tumbang sungei..?

    BalasHapus
  41. Kalo arti munduk = duduk
    Kalo munduk pakingking apa artinya 😁😁

    BalasHapus

Silahkan memberikan komentar terhadap tulisan kami!