Rabu, 21 Januari 2015

Bundaran Besar - Pusat Selfie di Kuala Kapuas

Bundaran besar di jalan Trans Kalimantan, Jalan Pemuda Km. 3 Kuala Kapuas dikenal sebagai tempat selfie. Hal ini dibuktikan dengan banyak foto yang diunggah ke Twitter, Facebook dan Instagram serta media sosial lainnya yang menggambarkan foto di bundaran besar ini.
Pembangunan bundaran besar beserta dengan taman-taman di sekelilingnya dibangun secara bertahap. Yang pertama kali dibangun adalah bundaran besar tanpa taman. Taman yang pertama kali dibangun adalah yang di dekat kantor Badan Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Kapuas. Setelah itu taman di depan Polres Kapuas. Setelah itu taman yang ada ke arah Palingkau, dan yang terakhir adalah taman ke jalan ke arah Banjarmasin.
 Masing-masing taman memiliki patung yang berbeda-beda. Di masing-masing taman ada tulisan. Bila digabungkan semua tulisan di setiap taman, maka akan berbunyi: "Kuala Kapuas Kota Air, Tingang Menteng Panunjung Tarung".
Orang yang melewati Kuala Kapuas, umumnya menyempatkan diri untuk berfoto di bundaran besar ini. Kadang-kadang mereka memarkir mobil atau sepeda motornya tepat di lingkaran bundaran besar.
Dalam kondisi hujan gerimis pun orang-orang yang mampir ke bundaran besar ini akan menyempatkan diri untuk mengambil foto mereka di salah satu taman yang ada di bundaran besar ini.