Hal-hal yang dapat merusak investasi - Nouman Ali Khan

Gambar
  يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُبْطِلُوا صَدَقَاتِكُم بِالْمَنِّ وَالْأَذَىٰ كَالَّذِي يُنفِقُ مَالَهُ رِئَاءَ النَّاسِ وَلَا يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ  ۖ  فَمَثَلُهُ كَمَثَلِ صَفْوَانٍ عَلَيْهِ تُرَابٌ فَأَصَابَهُ وَابِلٌ فَتَرَكَهُ صَلْدًا  ۖ  لَّا يَقْدِرُونَ عَلَىٰ شَيْءٍ مِّمَّا كَسَبُوا  ۗ  وَاللَّهُ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الْكَافِرِينَ  ‎   Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir. (Q.S. Al-Baqarah, 2: 264) Kalau Anda memberi dan mengharapkan sesuatu dari pember

Puasa: Antara Tradisi dan Industri

(Tulisan ini dimuat atas izin dari Bapak Nadirsyah Hosen, beliau dapat dihubungi di nhosen@yahoo.com.au )

Nadirsyah Hosen (Dosen senior Fakultas Hukum, University of Wollongong dan Rais Syuriah Nahdlatul Ulama (NU) Australia-Selandia Baru)

Kang Nahdi sedang galau hatinya. Tadi pagi Teh Yuli, isterinya, mengeluh meminta tambahan uang belanja. Kang Nahdi sukar memahami mengapa justru di bulan puasa biaya dapur menjadi meningkat. Bukankah kita sedang berpuasa? Logika lurus Kang Nahdi menjadi jungkir balik dihadapkan dengan kenyataan harga bahan pokok yang menjulang tinggi mengiringi inflasi yang bergerak naik. Ibadah puasa tidak lagi menjadi sederhana semata milik keluarga kang Nahdi dan Allah Swt sebagaimana Hadis qudsi mengatakan, "Puasa itu untuk-Ku". Nilainya memang semata-mata lilahi ta'ala tapi implementasi berpuasa ditengah gerusan komersialisasi Ramadan menjadi tantangan tersendiri untuk keluarga Kang Nahdi, dan jutaan keluarga lainnya.


Naiknya harga bahan pokok bisa dijelaskan lewat teori supply dan demand, tapi tentu tidak menyambung dengan penjelasan Imam al-Ghazali dalam kitab Ihya bahwa puasa itu bertujuan supaya manusia tidak terjerumus syahwatnya. Pada bulan puasa, yang terjadi adalah semacam 'balas dendam' ketika kita sudah menahan lapar dan dahaga di siang hari, maka kita santap hidangan yg sejatinya tidak pernah hadir di meja makan kita di luar bulan puasa: dari mulai timun suri, kolak pisang, kurma, es kelapa muda --untuk sekedar menyebut hidangan ta'jil saja. Belum lagi hasrat untuk memakai pakaian serba baru dari mulai peci, mukena, sarung, sandal sampai sajadah.

Di layar kaca artis pun mendadak alim, paling tidak dilihat dari ucapan salam dan tampilannya. Yang dulu gemar berpakaian terbuka, kini memakai kerudung. Sepanjang bulan suci, acara-acara tv juga bernuansa Ramadan, sejak sahur sampai malam. Di sepuluh malam terakhir Ramadan, penduduk kota besar menghabiskan pencarian lailatul qadar di terminal bus, stasun atau terjebak macet di jalur Pantura dalam rangka mudik ke kampung halaman. Puasa tidak lagi sekedar ritual atau tradisi keagamaan semata, puasa telah menjelma menjadi sebuah budaya pop bahkan menjelma menjadi sebuah industri.

Tapi proses komersialisasi tradisi keagamaan bukan hanya milik Umat Islam. Di negeri Barat sekalipun banyak gereja yang menjerit mengingatkan jemaatnya bahwa perayaan Natal setiap tahunnya telah direduksi menjadi budaya konsumerisme semata dan melupakan hakikat dan nilai spiritual.

Di Masjid, para penceramah dengan semangat mengulang kembali ayat dan hadis yang itu-itu juga. Bahkan muncul fenomena baru: kalau dulu banyak yang ribut mengenai bilangan jumlah rakaat taraweh plus witir maka sekarang para ustadz lebih fleksibel memilih 11 atau 23 rakaat, "tergantung yang mengundang saja". Perdebatan keagamaan luruh dalam memenuhi keinginan pasar. Seorang ustadz dengan bergurau berbisik, "Saya baru sadar bahwa hadis yang mendeskripsikan betapa orang beriman itu gembira dengan datangnya Ramadan dan sedih dengan berakhirnya Ramadan itu ternyata ditujukan untuk kami para penceramah." Ustadz tersebut tentu merujuk pada larisnya undangan untuk mereka di bulan Ramadan. Tapi Ustadz tersebut keliru. Yang bergembira dan sedih dengan datang dan perginya Ramadan bukan hanya para Ustadz, tapi juga para pedagang, artis, dan pemilik stasiun tv. Ramadan membawa berkah untuk mereka.

 Tapi bagaimana dengan Kang Nahdi dan Teh Yuli?

Pada kultum menjelang taraweh itu, Ustadz berkata, "Tahukah anda bahwa banyak orang berpuasa hanya mendapat lapar dan dahaga saja. Itulah puasa orang awam". Saat menjelang sahur, seorang cendekiawan ternama di layar tv mengingatkan pemirsa bahwa puasa itu bukan ibadah semata, tapi juga harus berdimensi sosial.

Selepas subuh, kang Nahdi bersimpuh mengadu pada Allah, "Kata pak ustadz, puasaku hanya kelas awam. yang hanya sekedar menahan lapar dan dahaga. Kata cendekiawan, puasaku tidak berdimensi sosial. Tuhan, aku tidak paham teori yg canggih-canggih. Aku tidak mengerti apa yang mereka bicarakan. Aku puasa karena Engkau suruh aku. Tidakkah itu cukup untuk-Mu, Tuhan?"

Untuk sekedar memenuhi perintah Tuhan ini saja begitu beratnya untuk Kang Nahdi, yang setiap hari harus menggenjot becak demi menafkahi keluarganya. Setengah mati ia berusaha untuk tidak membatalkan puasanya, meski kerongkongannya kering. Pernah ia bertanya pada seorang Ustadz, "kalau saya tidak kuat, bolehkah saya batalkan puasa saya?" Sang Ustadz menjawab standar, "Boleh saja, asalkan diganti dengan puasa di luar Ramadan". Kang Nahdi menghela nafas. Di dalam atau di luar Ramadan toh sama saja baginya: ia tetap harus menggenjot becak-nya. Ustadz lain mencoba memberikan opsi, "Kalau sakit terus menerus, cukup bayar fidyah saja" Kang Nahdi melongo dibuatnya, "boro-boro bayar fidyah, lha buat makan sehari-hari saja susah".

 Lantas apa makna puasa bagi jutaan orang seperti Kang Nahdi?

Ilustrasi berikut mungkin bisa menyederhanakan persoalan. Seorang kiai yang setiap hari di pesantren, mengajar para santri, dan jika ia tak pernah meninggalkan shalat lima waktu maka hal itu tidak mengherankan. Yang membuat kagum adalah jika seorang manager yang sangat sibuk tapi tak pernah meninggalkan shalat lima waktu, atau seorang kuli bangunan yang bekerja mengandalkan otot di bawah terik matahari, tapi tetap mengerjakan puasa Ramadan. Bagi saya, manager dan kuli itulah orang yang memiliki iman yang menakjubkan.

Dalam satu kesempatan Nabi bertemu dengan Sa'ad al-Anshari. Sa'ad memperlihatkan tangannya yang melepuh karena kerja keras. Nabi bertanya, "Mengapa tanganmu itu?" Sa'ad menjawab, "Tangan ini kupergunakan untuk menafkahi keluargaku." Nabi kemudian mencium tangan Sa'ad itu sambil berkata, "Ini tangan yang dicintai Allah." Bayangkanlah, Nabi yang tangannya selalu berebut untuk dicium oleh para sahabat, kini mencium tangan yang hitam, kasar, dan melepuh. Turunlah kita ke bawah. Perhatikanlah jutaan tangan yang hitam dan melepuh menunggu uluran kasih sayang kita.

Kita bukanlah sahabat yang menyaksikan Nabi secara langsung. Kita juga bukan malaikat yang diciptakan tak memiliki hawa nafsu. Kita adalah manusia biasa yang penuh dengan kelemahan. Dalam kelemahan itulah kita masih beriman kepada Allah. Dalam ketakhebatan itulah kita selalu berusaha mendekati Allah. Kita memaknai iman sebagai sebuah tantangan. Semakin besar tantangan, semakin tinggi tingkat iman kita. Semakin sulit kita menjalankan keimanan semakin berkualitas nilai iman kita di sisi Allah. Menjaga tradisi puasa ditengah gempuran komersialisasi dan industrialisasi puasa bukankah pekerjaan mudah. Ini adalah sebuah jihad tersendiri.

Di bulan suci ini masjid penuh dengan mereka yang mengerjakan taraweh dan dilanjutkan dengan I'tikaf. Namun, jika anda ingin mendapat siraman hujan rahmat Allah, keluarlah di sela-sela munajat anda, dan turunlah ke bawah. Alihkan sejenak fokus kita dari layar kaca, barang-barang yang sale, sinetron maupun taraweh di hotel mewah. Lupakan sejenak industrialisasi dan komersialisasi Ramadan yang terus mengetuk pintu rumah kita. Mari kita berpuasa bersama Kang Nahdi, Teh Yuli dan kawan-kawannya. Mari kita belajar memahami tradisi puasa dan merajut kembali cinta ilahi pada Ramadan tahun ini; insya Allah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan