Panduan Lengkap Operasi Katarak: Sebelum, Selama, dan Sesudahnya

Gambar
  Di masa kuno, orang Mesir kuno menggunakan teknik bedah yang dikenal sebagai "couching," di mana jarum tajam digunakan untuk menggeser lensa yang keruh keluar dari bidang pandang dan masuk ke dalam rongga vitreus di bagian belakang mata. Kemudian, orang Romawi menggunakan metode yang disebut "needling" untuk memotong katarak menjadi potongan-potongan kecil yang cukup kecil untuk diserap kembali. Meskipun kedua prosedur tersebut dapat meningkatkan penglihatan, mereka tidak dapat menyediakan penglihatan yang sepenuhnya jernih karena tidak menggantikan lensa. Terobosan tersebut tidak datang sampai tahun 1940-an, ketika ahli oftalmologi Inggris, Harold Ridley, menemukan lensa intraokular. Berbeda dengan operasi di zaman kuno, operasi katarak saat ini menggunakan sayatan kecil dan sedotan untuk mengeluarkan lensa yang keruh, dan kemudian menggantinya dengan lensa plastik buatan. Ekstraksi lensa dilakukan menggunakan salah satu dari dua prosedur: phacoemulsification ata

DINKES KAPUAS SALURKAN PMT KE PANTI ASUHAN



Akhir minggu kemaren Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas melalui Puskesmas Melati menyalurkan bantuan PMT berupa susu instan ke Panti Asuhan Budi Sejahtera di Jl. Jawa No.82 Kuala Kapuas. Adapun sasaran dari PMT ini adalah anak asuh penghuni panti yang berjumlah 35 orang, dimana bantuan yang disalurkan diperhitungkan dapat digunakan selama 3 (tiga) bulan.

Pemberian PMT bagi anak penghuni panti dimaksudkan untuk melengkapi asupan gizinya guna menjadikan anak lebih sehat sehingga dalam menjalankan aktifitasnya yakni belajar lebih baik serta berprestasi dan bagi anak yang masih dalam masa pertumbuhan dapat berlangsung maksimal.

Diakhir tahun 2010 dinas kesehatan kabupaten Kapuas juga telah mendistribusi MP-ASI bagi anak balita gizi kurang atau status gizi rendah (< -3 SD s/d < -2 SD) dan PMT bagi bumil KEK (Kurang Energi Kronik) ke puskesmas wilayah kabupaten Kapuas. Selanjutnya puskesmas mendistribusikan MP-ASI dan PMT ke masyarakat melalui kegiatan posyandu. Jadi mohon kiranya masyarakat wilayah kabupaten Kapuas dapat menyarankan ibu hamil dan ibu yang memiliki balita untuk berhadir ke posyandu, sehingga sekiranya status gizi kurang dapat mendapatkan paket MP-ASI/PMT.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan