Panduan Lengkap Operasi Katarak: Sebelum, Selama, dan Sesudahnya

Gambar
  Di masa kuno, orang Mesir kuno menggunakan teknik bedah yang dikenal sebagai "couching," di mana jarum tajam digunakan untuk menggeser lensa yang keruh keluar dari bidang pandang dan masuk ke dalam rongga vitreus di bagian belakang mata. Kemudian, orang Romawi menggunakan metode yang disebut "needling" untuk memotong katarak menjadi potongan-potongan kecil yang cukup kecil untuk diserap kembali. Meskipun kedua prosedur tersebut dapat meningkatkan penglihatan, mereka tidak dapat menyediakan penglihatan yang sepenuhnya jernih karena tidak menggantikan lensa. Terobosan tersebut tidak datang sampai tahun 1940-an, ketika ahli oftalmologi Inggris, Harold Ridley, menemukan lensa intraokular. Berbeda dengan operasi di zaman kuno, operasi katarak saat ini menggunakan sayatan kecil dan sedotan untuk mengeluarkan lensa yang keruh, dan kemudian menggantinya dengan lensa plastik buatan. Ekstraksi lensa dilakukan menggunakan salah satu dari dua prosedur: phacoemulsification ata

Jalan berlubang di Desa Teluk Palinget memakan korban

Kejadian ini berlangsung secara bersamaan ketika hujan gerimis dimalam hari, Rabu, 12 Januari 2011 sekitar pukul 21.30 WIB di Desa Teluk Palinget. Sepeda motor pertama jatuh karena tidak bisa menghindari lubang yang ada di jalan. Sepeda motor yang ditumpangi oleh dua orang ini langsung terjatuh dan kedua pengendaranya mengalami cedera di kepalanya. Bahkan salah seorang pengendara sepeda motor tersebut tidak dapat bangun sampai mobil ambulance rumah sakit datang.

Sepeda motor kedua terjatuh tidak jauh dari lokasi sepeda motor pertama. Sepeda motor kedua ini melaju dengan cepat mendahului mobil yang ada di depannya. Tapi rupanya dia tidak menyadari kalau di depannya ada lubang besar. Dia berusaha mengerem, tapi hal itu menyebabkannya terjatuh. Dagunya sampai menyentuh aspal. Syukurnya pengendara sepeda motor ini mengenakan helm, jadi dia cuma pusing dan badannya terasa lemah. Ketika sudah agak pulih, dia bisa kembali mengendarai sepeda motornya.

Mengingat sudah banyak korban akibat jalan berlubang di Desa Teluk Palinget, dihimbau kepada masyarakat untuk tidak mengendarai sepeda motor atau mobil terlalu cepat, untuk menghindari kecelakaan. Kepada pemerintah daerah juga dihimbau untuk memperbaiki jalan tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan