Panduan Lengkap Operasi Katarak: Sebelum, Selama, dan Sesudahnya

Gambar
  Di masa kuno, orang Mesir kuno menggunakan teknik bedah yang dikenal sebagai "couching," di mana jarum tajam digunakan untuk menggeser lensa yang keruh keluar dari bidang pandang dan masuk ke dalam rongga vitreus di bagian belakang mata. Kemudian, orang Romawi menggunakan metode yang disebut "needling" untuk memotong katarak menjadi potongan-potongan kecil yang cukup kecil untuk diserap kembali. Meskipun kedua prosedur tersebut dapat meningkatkan penglihatan, mereka tidak dapat menyediakan penglihatan yang sepenuhnya jernih karena tidak menggantikan lensa. Terobosan tersebut tidak datang sampai tahun 1940-an, ketika ahli oftalmologi Inggris, Harold Ridley, menemukan lensa intraokular. Berbeda dengan operasi di zaman kuno, operasi katarak saat ini menggunakan sayatan kecil dan sedotan untuk mengeluarkan lensa yang keruh, dan kemudian menggantinya dengan lensa plastik buatan. Ekstraksi lensa dilakukan menggunakan salah satu dari dua prosedur: phacoemulsification ata

Survival di Bukit Tangkiling

Pada tangal 31 Desember 2010 - 2 Januari 2011, Pandu Keadilan Kalimantan Tengah menyelenggarakan kegiatan Outbond di Bukit Tangkiling. Dalam kegiatan tersebut para peserta menjalani berbagai kegiatan seperti permainan, flying fox, meniti tali melewati lubang besar, permainan penyusupan ke kelompok lain dan yang terakhir adalah survival selama 24 jam.
Namun kegiatan survival ini bukan survival yang menetap tapi "mobile survival", jadi peserta berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Dalam kegiatan tersebut peserta hanya diijinkan untuk membawa perlengkapan yang dapat digunakan untuk survival, diantaranya ponco, matras, dan tempat air. Dilokasi survival, peserta diharuskan untuk membuat tenda dari ponco dan matras yang mereka bawa. Kemudian peserta akan dikumpulkan lagi untuk berpindah dengan mercon.

Ada kejadian menarik ketika rombongan akan berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Admin memilih tempat kemah yang agak jauh dari tempat berkumpul, sehingga ketika panitia menyalakan mercon untuk membangunkan peserta di malam hari untuk mengumpulkan mereka, admin sama sekali tidak mendengarnya. Akhirnya anggota kelompok admin diharuskan untuk mencari admin. Admin terbangun ketika mendengar suara salah seorang teman yang memanggil-manggil. Akhirnya admin dihukum karena terlambat.

Kegiatan ini pada intinya memberi semangat kepada kita bahwa tantangan seperti apapun beratnya, insya Allah bisa diatasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan