Panduan Lengkap Operasi Katarak: Sebelum, Selama, dan Sesudahnya

Gambar
  Di masa kuno, orang Mesir kuno menggunakan teknik bedah yang dikenal sebagai "couching," di mana jarum tajam digunakan untuk menggeser lensa yang keruh keluar dari bidang pandang dan masuk ke dalam rongga vitreus di bagian belakang mata. Kemudian, orang Romawi menggunakan metode yang disebut "needling" untuk memotong katarak menjadi potongan-potongan kecil yang cukup kecil untuk diserap kembali. Meskipun kedua prosedur tersebut dapat meningkatkan penglihatan, mereka tidak dapat menyediakan penglihatan yang sepenuhnya jernih karena tidak menggantikan lensa. Terobosan tersebut tidak datang sampai tahun 1940-an, ketika ahli oftalmologi Inggris, Harold Ridley, menemukan lensa intraokular. Berbeda dengan operasi di zaman kuno, operasi katarak saat ini menggunakan sayatan kecil dan sedotan untuk mengeluarkan lensa yang keruh, dan kemudian menggantinya dengan lensa plastik buatan. Ekstraksi lensa dilakukan menggunakan salah satu dari dua prosedur: phacoemulsification ata

TASMIAH DI KAPUAS 'ALA BANJAR


Tasmiah atau pemberian nama kepada bayi yang baru lahir biasa dirangkai dengan kegiatan Aqiqah. pemberian nama/tasmiah ini merupakan kewajiban orang tua diawal kehadiran anak sebagai amanah dari Allah SWT.
Sebagian dari kegiatan tasmiah yang dilakukan adalah menghias ayunan bayi yang biasanya dari sarung atau kain panjang dengan anyaman daun kelapa, anyaman daun kelapa ini biasa berupa anyaman ketupat dan hiasa-hiasan berupa kembang atau bunga. Makna dari hiasan anyaman daun kelapa ini bermacam-macam tafsiran dari masyarakat, ada yang beranggapan ini merupakan simbol dari pengharapan keluarga agar anak bersangkutan kelak selalu dilimpahkan rezeki sandang pangan yang banyak, ada juga yang menyatakan bahwa ini merupakan gambaran kebahagiaan dari keluarga si bayi akan kehadirannya. Sebagian juga beranggapan bahwa ini merupakan simbol-simbol agar si bayi tidak diganggu oleh makhluk halus sehingga bayi selalu sehat dan tidak sakit-sakitan.
Pada kegiatan ini keluarga si bayi mengundang sanak saudara, tetangga, kerabat dan handai taulan, sehingga pada kegiatan ini silaturrahmi akan terjalin semakin erat. Inilah inti dari pelaksanaan kegiatan ini.
Foto di atas merupakan kegiatan Aqiqah dan Tasmiah Putri ke-3 Saudara Mawardi dari Desa Dadahup Kecamatan Dadahup Kab.Kapuas pada tanggal 08 JAnuari 2011.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan