Pesan Presiden Jokowi dalam Rapat Kerja Kesehatan Nasional 2024

Gambar
  Indonesia berpeluang menjadi negara maju saat bonus demografi terjadi pada tahun 203--an dimana 68% penduduk Indonesia berada pada usia produktif. Bila kita tidak mencapai ini, kita akan seperti Amerika Latin yang tidak bisa menjadi negara maju. Namun banyak tantangan yang harus dihadapi seperti angka stunting yang meskipun sudah menurun dari 37,6% (2013) menjadi 21,5% (2023), namun masih jauh dari target 14%. Kematian akibat penyakit menular juga masih tinggi yaitu stroke 331 ribu per tahun, jantung 296 ribu per tahun dan kanker 297 ribu per tahun. Itulah sebabnya kementerian kesehatan berusaha agar Puskesmas bisa melakukan deteksi dini dengan menggunakan USG dan EKG. Rumah sakit juga diharapkan untuk bersiap menerima CT-Scan, mamografi dan Cath-Lab, Linaec, serta MRI. Tentu semua itu harus ditunjang dengan sumber daya manusia yang memadai. Ketersediaan dokter spesialis masih menjadi problem terbesar. Rasion dokter kita masih 0,47, ranking 147 dunia. RSUD Indonesia 34% tidak punya d

Antara Singapura dan Kapuas (2)

Kisah pertama dapat dilihat pada Antara Singapura dan Kapuas.

Pada bulan Januari 2011 yang lalu admin menerima pesan di YouTube yang mengabarkan bahwa "cahaya kebenaran" tidak dapat berkunjung ke Kapuas sebagaimana direncanakan semula, mengingat kesehatannya yang kurang memungkinkan. Beliau minta tolong agar pesan beliau ini disampaikan kepada keluarganya di Desa Bunga Mawar. Baru pada hari ini admin sempat menyampaikan pesan tersebut.

Pertama admin berkunjung kepada anak Aman yang bekerja di Kuala Kapuas. Sewaktu admin menyampaikan pesan dari "cahaya kebenaran", anak Pak Aman menceritakan bahwa keluarga mereka sudah ada kontak dengan saudara yang ada di Singapura tersebut. Saya bersyukur, kemudian saya tunjukkan kepadanya pesan-pesan yang pernah disampaikan oleh "cahaya kebenaran" melalui YouTube. Kemudian admin juga meminta agar cucu Pak Aman untuk mencatat alamat email "cahaya kebenaran" sehingga bisa melakukan kontak bila diperlukan.

Sore harinya admin menyempatkan diri mengunjungi Pak Aman di Desa Bunga Mawar. Beliau merasa senang dengan kunjungan admin dan menceritakan bahwa anak beliau yang ada di Palangka Raya sudah  berhasil menjalin kontak dengan "cahaya kebenaran" dan sudah saling bertukar foto. "Cahaya kebenaran" berjanji insya Allah akan berkunjung pada bulan Maret mendatang. Pak Aman juga menceritakan bahwa "cahaya kebenaran" juga sudah berusia lanjut, sehingga kesehatannya agak sering terganggu. Insya Allah bila "cahaya kebenaran" datang ke Kapuas, akan diurus oleh keluarga yang ada di Palangka Raya dan Kuala Kapuas.

Pagi ini (Jum'at, 11 Februari 2011) admin menerima pesan dari "cahaya kebenaran" yang mengatakan bahwa insya Allah ia akan datang ke Palangka Raya pada tanggal 19-21 Februari 2011 dan tidak ke Desa Bunga Mawar karena seluruh keluarga Pak Aman akan berkumpul di Palangka Raya. Beliau berharap bisa berjumpa dengan admin sebagai tanda persahabatan. Selamat berbahagia, setelah sekian lama tidak berjumpa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan