Panduan Lengkap Operasi Katarak: Sebelum, Selama, dan Sesudahnya

Gambar
  Di masa kuno, orang Mesir kuno menggunakan teknik bedah yang dikenal sebagai "couching," di mana jarum tajam digunakan untuk menggeser lensa yang keruh keluar dari bidang pandang dan masuk ke dalam rongga vitreus di bagian belakang mata. Kemudian, orang Romawi menggunakan metode yang disebut "needling" untuk memotong katarak menjadi potongan-potongan kecil yang cukup kecil untuk diserap kembali. Meskipun kedua prosedur tersebut dapat meningkatkan penglihatan, mereka tidak dapat menyediakan penglihatan yang sepenuhnya jernih karena tidak menggantikan lensa. Terobosan tersebut tidak datang sampai tahun 1940-an, ketika ahli oftalmologi Inggris, Harold Ridley, menemukan lensa intraokular. Berbeda dengan operasi di zaman kuno, operasi katarak saat ini menggunakan sayatan kecil dan sedotan untuk mengeluarkan lensa yang keruh, dan kemudian menggantinya dengan lensa plastik buatan. Ekstraksi lensa dilakukan menggunakan salah satu dari dua prosedur: phacoemulsification ata

CATATAN PERJALANAN KE DESA DANAU RAWAH


Jalan menuju ke desa Danau Rawah memang penuh tantangan. Jalur yang dilalui adalah medan yang cukup sulit berupa tanah bergelombang, pasir, kubangan dan jalur-jalur darurat lainnya.
Dengan medan seperti ini tidak jarang mobil yang melalui daerah ini bisa amblas dan pengendara sepeda motor sering jatuh bangun di medan yang berpasir, kecuali bagi mereka yang sudah terbiasa dan berhati-hati.
Dibeberapa titik, terdapat portal yang mengharuskan kita untuk membayar. Mau tidak mau ataupun suka tidak suka, hanya itulah cara untuk bisa meneruskan perjalanan. 
Namun dengan kondisi desa yang terpencil dan sulit seperti itu, keceriaan anak-anak di desa danau rawah masih tetap terlihat.
Kondisi seperti ini memang membutuhkan perhatian dari berbagai pihak baik pemerintah, swasta maupun masyarakat luas, agar desa danau rawah menjadi desa yang lebih maju dan mudah dijangkau, guna pemerataan disegala bidang.

(sumber : Sunu A.W, S.Psi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan