Piagam Hak-Hak Keselamatan Pasien

Gambar
  Hak atas Perawatan yang Tepat Waktu, Efektif, dan Sesuai : Pasien berhak menerima perawatan yang responsif dan efektif, disesuaikan dengan kebutuhan kesehatan mereka, dan tersedia selama 24 jam. Hak atas Proses dan Praktik Perawatan Kesehatan yang Aman : Pasien berhak mengharapkan praktik perawatan yang aman, termasuk identifikasi pasien yang akurat, pengelolaan transisi perawatan yang aman, dan pencegahan infeksi. Hak atas Tenaga Kesehatan yang Kompeten dan Berkualifikasi : Pasien berhak diberi perawatan oleh tenaga kesehatan yang memiliki kualifikasi, keahlian, dan kompetensi sesuai dengan standar nasional dan internasional. Hak atas Produk Medis yang Aman dan Penggunaannya yang Rasional : Pasien berhak mengakses produk medis yang aman, termasuk obat-obatan, vaksin, dan teknologi medis, serta penggunaannya yang aman dan rasional. Hak atas Fasilitas Perawatan Kesehatan yang Aman dan Terlindungi : Pasien berhak diberi perawatan dalam fasilitas yang aman dan terlindungi, dengan desain

17 Mei - Hari Hipertensi Sedunia

Hari Hipertensi Sedunia diperingati untuk memberi perhatian pada stroke yang dapat dicegah, penyakit jantung dan ginjal yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi dan mengkomunikasikan dengan masyarakat tentang informasi pencegahan, deteksi dan terapi. Setiap tahun, 17 Mei diperingati sebagai Hari Hipertensi Sedunia.


Diseluruh dunia, 7 juta orang mati dan 1,5 milyar menderita setiap tahun karena tekanan darah tinggi atau hipertensi. Ini adalah faktor resiko tunggal terbesar terhadap kematian diseluruh dunia yang menyebabkan penyakit jantung, stroke, diabetes dan penyakit jantung.

Pengukuran sistolik diatas 90 dan dibawah 140 umumnya normal untuk seorang dewasa. Pengukuran diastolik diatas 60 dan dibawa 90 umumnya normal untuk seorang dewasa. (tekanan darah 90/60 sampai dengan 140/90 dikatan normal).

Targetkan tekanan darah normal dengan empat cara berikut ini:
  1. Monitor berat badan anda, jangan sampai kegemukan.
  2. Berhenti merokok atau paling tidak kurang jumlah rokok yang anda hisap setiap hari secara teratur sampai nol.
  3. Makanlah makanan yang sehat. Jangan sampai tidak makan. Makan tiga kali sehari dan perhatikan porsi makanan anda. Upayakan membatasi makanan yang diproses dan cepat saji.
  4. Aktiflah. Tubuh anda dilahirkan untuk aktif. Jadi aktiflah dengan sesuatu yang anda sukai. Bersepeda, berenang, berkebun, apapun yang anda sukai akan baik bagi anda. Jika anda kekurangan waktu, ingat sepuluh menit untuk olahraga ringan, beberapa kali sehari.
Sumber: World Hypertension League

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan