Navigating Integrity Zone Development: A Hospital's Journey

Gambar
 This storyboard chronicles the efforts of a medical services head tasked with understanding and implementing an integrity zone at RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Hospital. Over one evening, they delve into the self-assessment form required for the integrity zone's development, consulting ChatGPT for clarification on complex issues and drafting essential documents. By morning, they are ready to lead a staff assembly, outlining the steps necessary to foster a culture of integrity within the hospital. On April 17, 2024, the director of RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo assigned the head of medical services to attend a socialization meeting for the integrity zone development. Searching for foundational documents for the integrity zone at night, finding the self-assessment form. Exploring the self-assessment questions, using ChatGPT to understand the complicated parts. Asking ChatGPT for advice on: Team Decree (SK Tim Kerja), Work Plan (Rencana Kerja), Change Agents (Agen Perubahan),

Kunjungan Jama'ah dari India ke Kuala Kapuas

Jama'ah Tabligh dari India sebanyak 7 orang, berkunjung ke Kuala Kapuas, tepatnya di Masjid Riyadhul Jannah, Jalan K.S. Tubun, Kuala Kapuas. Kunjungan ini akan dilakukan selama tiga hari dalam rangka 4 bulan perjalanan dakwah mereka ke seluruh dunia. Mereka sudah melakukan perjalanan ke berbagai wilayah di Kalimantan Tengah, seperti ke Buntok, Puruk Cahu dan lain-lain. Kegiatan tiga hari di Kuala Kapuas dimulai pada hari Sabtu - Senin, 18-20 Juni 2011.

Dalam kunjungan ini mereka mengajak para jama'ah di sekitar masjid untuk melaksanakan shalat berjama'ah di masjid. Tadi malam, salah satu anggota rombongan, Muhammad Arif, menyempatkan diri untuk berkunjung ke Langgar Al-Inayah. Admin diminta untuk menjadi penterjemah ketika beliau menyampaikan "bayan" (penjelasan tentang agama) kepada para jama'ah shalat Isya. Dalam bayan tersebut, beliau mengajak para jama'ah untuk memperbaiki iman kepada Allah SWT, meneladani kehidupan Rasulullah dan berusaha untuk meningkatkan amal dalam mempersiapkan diri untuk kehidupan akhirat. Beliau juga mengajak para jama'ah untuk ikut serta dalam da'wah kepada manusia, sehingga kegiatan amar ma'ruf nahi mungkar dapat terlaksana dalam kehidupan masyarakat.

Muhammad Arif ini baru pertama kali melakukan perjalanan da'wah keluar negeri. Dia sudah menjalani 2 bulan dari 4 bulan yang direncanakan dalam melaksanakan kegiatan dakwah ini. Mengingat hanya beliau saja yang bisa berbahasa Inggris, maka rombongan ini didampingi oleh salah seorang anggota Jama'ah yang berasal dari Medan yang bisa menterjemahkan ucapannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan