Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas

Gambar
  Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas dilaksanakan pada hari Selasa, 30 April 2024 di aula Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah Kabupaten Kapuas.  Dalam sambutan dari Asisten III, Bapak Ahmad M. Saribi, beliau mengharapkan adanya arahan dari Sekretaris Daerah terkait masalah pembangunan Zona Integritas di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas. Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, Drs, Septedy, menyampaikan bahwa hasil dari Ombudsman untuk tahun 2023 adalah 82,72. Tapi penilaian KPK, kita berada pada 68,99 padahal target nasional adalah di atas 70. Kita tidak boleh puas dengan kepatuhan di Ombudsman, kita harus meningkatkan satuan pengawasan internal. Beliau bertanya, kalau darah lain bisa, mengapa kita tidak bisa. Mengapa? Masalahnya dimana? Pekerjaan ini adalah pekerjaan kita semua,

Rujukan Pasien Jamkesda ke Palangka Raya

Menurut keterangan yang admin peroleh dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, dr. Hj. Ani Handaningroem, setiap pasien Jaminan Kesehatan Masyarakat Daerah yang akan dirujuk oleh RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo diarahkan ke RSUD Doris Sylvanus, mengingat dana dari provinsi untuk pelayanan pasien miskin ini masih banyak.

Keluarga pasien dari Kapuas, umumnya lebih suka dirujuk ke Banjarmasin, mengingat jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Kapuas. Selain itu mereka juga memikirkan biaya yang akan dikeluarkan oleh para penjaga pasien. Biaya makan lebih mahal di Palangka Raya dibandingkan dengan di Banjarmasin.

Bila pasien dirujuk ke RSU Ulin Banjarmasin, maka pihak rumah sakit tersebut akan mengklaim pelayanan kesehatan mereka ke Pemda Kabupaten Kapuas. Saat ini rumah sakit rujukan Jamkesda adalah:
  • RSU Ulin Banjarmasin
  • RS Jiwa Sambang Lihung
  • RSUD Doris Sylvanus

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan