Menyendiri di Akhir Hidup: Pelajaran dari Jepang dan Implikasinya untuk Kapuas

Gambar
  Pendahuluan: Saat membaca salah satu subyek email dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health – Global Health Now yang berjudul “Dying Alone in Japan”, saya langsung membuka email tersebut dan mencari tautan untuk membaca artikelnya. Rupanya artikel ini dari The Guardian ( Life at the heart of Japan’s lonely deaths epidemic: ‘I would be lying if I said I wasn’t worried’ | Japan | The Guardian ). Sedih juga membacanya, bagaimana begitu banyak orang tua di Jepang yang meninggal dalam keadaan tidak ditemani oleh siapa pun. Bahkan ada yang tetangganya baru mengetahui yang bersangkutan meninggal setelah lima bulan. Hal ini mengingatkan penulis saat tinggal di barak di Kelvin Grove Road, Brisbane, Australia. Di samping barak yang penulis tempati, ada seorang nenek. Setiap hari nenek tersebut dikunjungi oleh seorang kakek yang sering mengetuk pintu kamarnya, kemudian menanyakan bagaimana kabarnya. Setelah penulis baca-baca tentang kehidupan di Australia, ternyata kakek tersebut mel

Keutamaan Sahabat Rasulullah SAW



Oleh: Ustadz Suriani Jiddy, Lc

Para salafus shalih menjaga apa yang berasal dari para sahabat. Ahlu sunnah juga mengakui keutamaan seluruh sahabat karena mereka adalah orang yang paling tinggi akhlaknya. Mereka adalah orang termulia sesudah para Nabi dan Rasul.

Rangking akhlak:
  1. Nabi Muhammad SAW
  2. Nabi dan Rasul yang lain
  3. Sahabat

Q.S. Al-Hasyr : 10 – Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Anshar) berdo’a Wahai Tuhan Kami ampunilah kami dan orang-orang yang telah lebih dahulu beriman sebelum kami dan jangan jadikan kedengkian dalam hati kami kepada orang-orang yang beriman, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun Maha Penyayang.

Pemahaman para sahabat paling sahih karena mereka:
  • Paling mengerti tentang Qur’an
  • Paling mengerti tentang kandungan hadits
  • Berguru langsung kepada Rasulullah

Talaqqi (mengambil ilmu) ada dua macam:
  • Tanpa perantara (langsung)
  • Dengan perantara

Sayyid Qutb mengatakan para sahabat adalah generasi Qur’an yang unik.
Yang dapat rekomendasi dari Rasulullah sesudah sahabat adalah tabi’in dan tabiit tabi’in.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan