Peringatan Hari Kesehatan Sedunia Puskesmas Mantangai

Jalan Sehat bersama Camat Mantangai

Dalam rangka Hari Kesehatan Sedunia (HKS) tahun 2013 dengan tema Waspadai Hipertensi, Kendalikan Tekanan Darah, UPT Puskesmas Mantangai melaksanakan kegiatan sosial berupa pengukuran tekanan darah dan penyuluhan tentang Hipertensi di posyandu-posyandu. 
Peserta penyuluhan setelah Jalan Sehat
Kegiatan dimulai 11 April berupa penyuluhan dan pengukuran tekanan darah yang dilaksanakan di posyandu UPT Lamunti B3/Sriwidadi, B4/Sumber Makmur, dan A3/Sekata Makmur. 
Pengukuran tekanan darah peserta Jalan Sehat
Selain itu ada juga kegiatan yang dilakukan bekerja sama dengan TP PKK Kecamatan Mantangai yang diketuai oleh Ibu Nina Yustina, SP., dalam rangka memperingati Hari Kartini tahun 2013. Kegiatan yang dilaksanakan bersama adalah :
  • tanggal 12 April 2013 kegiatan Jalan Santai sekaligus pengukuran tekanan darah bagi semua peserta dan penyuluhan 
  • tanggal 13 April 2013 kunjungan ke posyandu Mantangai Tengah sekaligus pencanangan Posyandu Lansia. Juga dilakukan pengukuran tekanan darah massal, pengobatan gratis, dan penyuluhan
Penyuluhan di Mantangai Tengah
Dalam kedua kesempatan tersebut dihadiri oleh Camat Mantangai, Kepala UPT Puskesmas Mantangai, KUPT BPPKB, Ketua MUI, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Pada sambutannya yang terkait dengan tema HKS tentang Hipertensi, Camat Mantangai Drs. Aswan, MSi., mengingatkan agar masyarakat selalu melaksanakan PHBS (perilaku Hidup Bersih dan Sehat) di antaranya adalah dengan menjaga pola makan yang seimbang dan melakukan kegiatan fisik seperti olahraga, dan lain-lain. 
Peserta penyuluhan di Mantangai Tengah
Danramil 1011-08 Kapten Infantri Sudiro dalam sambutannya juga mengingatkan kepada masyarakat untuk melakukan kegaitan fisik dengan menggalakkan gotong royong membersihkan lingkungan karena akan mendapatkan banyak keuntungan. Selain lingkungan bersih, badan akan menjadi sehat dan terhindar dari penyakit. 
Penyuluhan saat acara Jalan Sehat
Dalam kegiatan ini penyuluhan yang dilakukan difokuskan pada hal-hal yang berkaitan dengan Hipertensi, seperti penyebab, gejala/tanda, cara pencegahan, dan lain-lain. Penyuluhan disampaikan oleh Kepala UPT Puskesmas Mantangai Ahmad Zayad, SKM dan dr. Noer Aisiyah Sundari. Dalam kesempatan tersebut uga dibagikan leaflet Hipertensi. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Surat Al Baqarah, ayat 1-2 (lanjutan)