Navigating Integrity Zone Development: A Hospital's Journey

Gambar
 This storyboard chronicles the efforts of a medical services head tasked with understanding and implementing an integrity zone at RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Hospital. Over one evening, they delve into the self-assessment form required for the integrity zone's development, consulting ChatGPT for clarification on complex issues and drafting essential documents. By morning, they are ready to lead a staff assembly, outlining the steps necessary to foster a culture of integrity within the hospital. On April 17, 2024, the director of RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo assigned the head of medical services to attend a socialization meeting for the integrity zone development. Searching for foundational documents for the integrity zone at night, finding the self-assessment form. Exploring the self-assessment questions, using ChatGPT to understand the complicated parts. Asking ChatGPT for advice on: Team Decree (SK Tim Kerja), Work Plan (Rencana Kerja), Change Agents (Agen Perubahan),

Buka Puasa Bersama di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo

Kiri ke kanan: Bapak Sairaji, dr. Bawa Budi Raharja dan M. Saleh
Pada hari Minggu, 21 Juli 2013 bertempat di Mushola Asy-Syifa, RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo dilaksanakan Buka Puasa Bersama. Dalam ceramah agama yang disampaikan oleh Bapak Sairaji, dijelaskan tentang bulan Ramadhan yang artinya panas. Dalam Islam, Ramadan punya kedudukan yang mulia karena banyak kejadian di dalamnya:
1. Diturunkannya Al-Qur'an
2. Perang Badr Kubro
3. Fathul Mekah - Quraisy dapat dikalakan tanpa perang
4. Lailatul Qadr - setiap malam atmosfir turun, tapi ada satu malam yang atmosfir tidak turun
5. Deklarasi kemerdekaan RI
6. Dikalahkannya benteng kuat Israel tahun 1973

Dengan puasa pasti menjadi orang yang bertakwa karena banyak latihannya. Puasa sebenarnya 24 jam yaitu menahan dari hal-hal yang dilarang, tidak marah, dll. Siapa yang puasa Ramadhan dengan iman dan kehatian-hatian akan diampuni dosa-dosa yang lalu (dosa-dosa kecil). Ada ucapan: nerpuasalah maka kami akan sehat (jasmani dan rohani).

Kenapa takwa? Dilatih sabar dalam beribadah. Sabar bagi jama'ah dan imamnya. Sabar dalam hal lapar dan menghindari maksiat. Sabar dalam hal musibah. Sabar menerima ni'mat (jangan pelit).

Disebut sebagai bulan Allah karena pahala puasa Allah yang akan membalasnya. Bulan ini juga bulan dilepas dari siksa. Setan dibelenggu karena orang yang mau bermaksiat tidak jadi. Bulan kedermawanan karena pahala membukakan sama dengan orang yang puasa. Bulan sabar. Saat sudah buka, lepaskan pekerjaannya lalu buka. Sabar iru menghindarkan apa yang dapat mencelakakan kita.

Bulan rahmat pada orang yang puasa, kasih sayang pada orang lain. Bulan Qur'an, diturunkannya Qur'an. Rahasia Qur'an. Al-Alaq ada 19 kata, 76 huruf. Nama Allah ada 99. Berapapun angka sembilan dikalikan akan menghasilkan sembilan. Kunci Qur'an ada pada bismillah ada 19 huruf. Bismillah kata dasarnya ismi, 19 kali dalam Qur'an.

Mulai Anas sampai Al- alaq ada 19 surat. Dari Al-baqarah sampai Al-Alaq ada 95 surat. Surat terakhir turun Al-Maidah, 5: 3. Waraditu lakumul islaamadiina, ada 19 huruf.

Al-Qur'an terpelihara. Rajinlah membaca Qur'an. Penyembuh bagi orang beriman. Penyembuh penyakit jiwa. Malaikat turun saat kita baca Qur'an. Sebagai orang Islam rajin-rajinlah berdo'a. Jangan hanya bisa mengaminkan do'a saja. Kita punya banyak keinginan, diharapkan kita berdo'a tentang masalah kita. Ketika ada sahabat ada yang berutang diajarkan nabi do'a. Syarat berdo'a: menghadap kiblat, dikabulkan diantara azan dan iqamat. Do'a saat sujud terakhir. Saat sepertiga malam terakhir, saat puasa do'a dikabulkan.
Bila sulit menghadapi anak, do'a-lah kepada Allah agar anak mau taat kepada kita dalam kebaikan. Rabbana hablana min azwajina wa zurriyatina qurrata a'yun waj'alna lil muttaqiina imaama.

Ketika sahabat Nabi Isa minta makanan dari langit, beliau minta para sahabatnya untuk bertakwa, kemudian beliau berdo'a. Ada do'a untuk minta pasangan hidup.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan