UPT Puskesmas Sei Tatas Melakukan Skrining Kesehatan Jiwa

Gambar
  Saka Lagaun, 30 Mei 2024 UPT. Puskesmas Sei Tatas melakukan skrining kesehatan jiwa kepada masyarakat Desa Saka Lagun, Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas. Menurut Penanggung Jawab Program Kesehatan Jiwa, Mariana, S.Kep., Ns., m anfaat skrining  kesehatan mental pada dasarnya adalah untuk mendeteksi lebih cepat atau menentukan risiko seseorang untuk mengalami gangguan mental, seperti gangguan kecemasan, depresi, gangguan bipolar gangguan makan, atau gangguan stress pasca trauma (PTSD).  Skrining Kesehatan jiwa dilakukan kepada masyarakat yang memiliki gejala seperti : Sering merasa cemas, khawatir, atau takut yang berlebihan Suasana hati (mood) cepat berubah dan ekstrim Cepat sedih dan mudah emosi Kurang energi atau kelelahan Merasa diri tidak berharga atau self-esteem rendah Sulit berkonsentrasi Sulit mengatasi stres Sering menghindari situasi sosial atau komunikasi dengan orang lain Pernah atau berisiko menyakiti diri sendiri (self-harm) Sempat berpikir atau bahkan sudah mencob

Siswa MTsN Selat Periksa Golongan Darah


Kuala Kapuas (Humas),  Golongan darah merupakan salah satu identitas  yang sering dicantumkan pada tanda pengenal atau data diri seseorang. Oleh karena itu mendeteksi golongan darah sejak dini  merupakan masalah penting yang harus diketahui oleh pribadi masing-masing. Ini akan sangat berguna  apabila terjadi sesuatu yang sangat mendesak pada saat memerlukan atau menjadi pendonor darah.

Mengingat betapa pentingnya  masalah tersebut   maka MTsN. Selat mengadakan pemeriksaan golongan darah bagi seluruh siswanya. Pemeriksaan  dilakukan oleh petugas dari PMI dan Laboratorium Kesehatan Daerah Kab. Kapuas, Selasa (17/9).  Agar tidak mengganggu  kegiatan belajar mengajar,  para petugas melakukan pemeriksaan  dengan cara  mendatangi setiap kelas secara bergilir. Selesai pemeriksaan siswa diberi kartu golongan darah sebagai  data diri yang bersangkutan.

Pada kesempatan tersebut Kepala MTsN. Selat melalui Wakil Kepala Madrasah bidang Kesiswaan Siti Rofingah, M.PdI menjelaskan pemeriksaan golongan darah merupakan salah satu program UKS yang telah direncanakan. Ini sebagai implementasi dari misi yang diembannya, yakni menjadikan peserta didik berperilaku hidup sehat dan peduli terhadap lingkungannya.

Sejalan dengan hal tersebut Koordinator UKS MTsN. Selat Miftahul Hayati, S.Ag membeberkan bahwa selain program pemeriksaan golongan darah, sebelumnya telah diadakan  penimbangan dan pengukuran tinggi badan siswa. “Penimbangan dan pengukuran berat badan akan dilakukan secara berkala setiap tahun sekali, dengan demikian akan diketahui perkembangan dan pertumbuhan fisik siswa” beber Miftahul Hayati, S.Ag (Andg)

Sumber: Andang Jarwadi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan