Pesan Presiden Jokowi dalam Rapat Kerja Kesehatan Nasional 2024

Gambar
  Indonesia berpeluang menjadi negara maju saat bonus demografi terjadi pada tahun 203--an dimana 68% penduduk Indonesia berada pada usia produktif. Bila kita tidak mencapai ini, kita akan seperti Amerika Latin yang tidak bisa menjadi negara maju. Namun banyak tantangan yang harus dihadapi seperti angka stunting yang meskipun sudah menurun dari 37,6% (2013) menjadi 21,5% (2023), namun masih jauh dari target 14%. Kematian akibat penyakit menular juga masih tinggi yaitu stroke 331 ribu per tahun, jantung 296 ribu per tahun dan kanker 297 ribu per tahun. Itulah sebabnya kementerian kesehatan berusaha agar Puskesmas bisa melakukan deteksi dini dengan menggunakan USG dan EKG. Rumah sakit juga diharapkan untuk bersiap menerima CT-Scan, mamografi dan Cath-Lab, Linaec, serta MRI. Tentu semua itu harus ditunjang dengan sumber daya manusia yang memadai. Ketersediaan dokter spesialis masih menjadi problem terbesar. Rasion dokter kita masih 0,47, ranking 147 dunia. RSUD Indonesia 34% tidak punya d

Wisata Ke Danau Toba - Wonderful Indonesia



Bagaimana Menuju Danau Toba
Anda bisa mendarat di Bandara Internasional Kuala Namu kemudian melanjutkan perjalanan dengan beberapa pilihan. Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Medan dengan menggunakan bis atau kereta api, kemudian dari Medan ke Danau Toba dengan bis. Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan pesawat Susi Air ke Bandara Silangit yang dekat dengan Danau Toba.

Sejak tanggal 6 September 2013 yang lalu sudah ada penerbangan dari Batam ke Bandara Silangit, dekat Danau Toba. Penerbangan ini dibuka untuk menyambut dimulainya Festival Danau Toba yang diadakan pada tanggal 8-14 September 2013 yang lalu.

Tulisan yang berjudul Danau Toba: Keajaiban Wisata Alam Yang Menakjubkan yang dimuat dalam Wonderful Indonesia memuat rincian harga untuk beberapa jenis transportasi darat dari Medan ke Danau Toba. 

Perjalanan Menuju Danau Toba
Perjalanan darat menggunakan bis cukup menyenangkan dan melelahkan, mengingat diperlukan waktu 4-5 jam dari Medan menuju ke Parapat. Perjalanan yang menaiki dan menuruni bukit ini juga dihiasi dengan pemandangan kebun kelapa sawit yang sangat luas.

Perjalanan makin menyenangkan ketika bis sudah mulai memasuki kawasan Danau Toba. Kita bisa menikmati pemandangan Danau Toba dari ketinggian. Semakin mendekati Parapat, makin banyak sudut Danau Toba yang bisa dinikmati.

Menyusuri Danau Toba
Sesampainya di Parapat, banyak kapal feri yang sudah menunggu untuk mengantarkan wisatawan menuju ke Pulau Samosir. Kapal berlantai dua ini berjalan dengan kecepatan yang cukup nyaman untuk menikmati Danau Toba. Wisatawan ditunjukkan beberapa lokasi di sekitar Danau Toba, setelah itu barulah mereka menuju ke Pulau Samosir. Selama di atas kapal feri, penumpang dapat menikmati sajian dari para pengamen yang membawakan berbagai lagu Batak.

Mengingat angin diatas kapal cukup kencang, disarankan bagi yang tidak tahan dengan angin kencang untuk mengenakan jaket selama diatas kapal.

Menjelajah Pulau Samosir
Setelah menepi di Pulau Samosir, kita langsung disambut dengan jalan setapak yang dipenuhi dengan pedagang souvenir. Tidak jauh dari sana ada rumah adat orang Batak dan Si Gale-Gale (patung yang bisa menari). Beberapa lokasi wisata di Pulau Samosir dapat kita lihat dalam tayangan video dibawah ini:

Sayangnya beberapa atraksi wisata yang ada disekitar rumah adat tersebut tidak tersedia setiap saat untuk dinikmati, sehingga pengunjung lebih banyak berfoto dengan latar belakang rumah adat tersebut.

Tidak jauh dari sana kita bisa menemukan makam Raja Sidabutar yang sudah sangat terkenal sekali legendanya. Untuk masuk ke lokasi ini, pengunjung diharapkan untuk mengenakan kain ulos yang sudah disediakan disana, sebagai bentuk penghormatan.

Diujung jalan pada rute makam Raja Sidabutar ada museum yang berisi berbagai benda kuno, diantaranya ukiran tempat menyimpan perhiasan, tiruan patung Si Gale-Gale, tempat menyimpan berat, nampan tempat makan bersama, tempat menyimpan ramuan tradisional, tempat tidur, kain ulos dan berbagai ukiran khas Pulau Samosir.

Untuk merasakan bagaima rasanya naik kapal feri dari Pulau Samosir ke Parapat, bisa menikmati video dibawah ini:


Sumber:



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan