Navigating Integrity Zone Development: A Hospital's Journey

Gambar
 This storyboard chronicles the efforts of a medical services head tasked with understanding and implementing an integrity zone at RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Hospital. Over one evening, they delve into the self-assessment form required for the integrity zone's development, consulting ChatGPT for clarification on complex issues and drafting essential documents. By morning, they are ready to lead a staff assembly, outlining the steps necessary to foster a culture of integrity within the hospital. On April 17, 2024, the director of RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo assigned the head of medical services to attend a socialization meeting for the integrity zone development. Searching for foundational documents for the integrity zone at night, finding the self-assessment form. Exploring the self-assessment questions, using ChatGPT to understand the complicated parts. Asking ChatGPT for advice on: Team Decree (SK Tim Kerja), Work Plan (Rencana Kerja), Change Agents (Agen Perubahan),

Pengeboran Gas di Kabupaten Kapuas

Lokasi pengeboran gas di Anjir Serapat Barat
Sejak tahun 2011, peneliti dari Institut Teknologi Bandung sudah menyampaikan tentang banyaknya sumber energi gas (Coal Bed Methane - CBM) yang ada di Kalimantan Tengah, termasuk Kabupaten Kapuas. Sejak tahun lalu sudah dilaksanakan pelelangan dan juga sudah dilakukan upaya eksplorasi oleh beberapa perusahaan. Diantara lokasi yang sempat dikunjungi oleh Informasi Kapuas adalah di Anjir Serapat Barat dan dekat Tamban Luar.

Eksplorasi di Anjir Serapat Barat sudah dilakukan sejak enam bulan yang lalu, namun menurut keterangan pekerja di sana, eksplorasinya tidak berhasil karena tipisnya lapisan batu baranya. Padahal sudah dilakukan pengeboran sampai 700 meter.
Lokasi pengeboran di dekat Tamban Luar
Lokasi pengeboran di dekat Tamban Luar baru dibuka setengah bulan yang lalu, jadi baru mempersiapkan lokasi untuk pengeboran. Pada titik pengeboran sudah dibuatkan cor-nya. Dan disamping dari titik pengeboran tersebut sudah disiapkan kolam untuk pembuangan hasil pengeboran, sehingga tidak mencemarkan air disekitarnya.
Kolam penampungan pengobaran gas
Kolam penampungan yang belum digunakan ini sering dijadikan oleh anak-anak yang tinggal disekitar lokasi ini sebagai tempat untuk mandi-mandi. Jadi saat Informasi Kapuas mengunjungi tempat ini, kontraktor yang membuka lahan ini mengingatkan anak-anak untuk tidak mandi-mandi di kolam tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan