UPT Puskesmas Sei Tatas Melakukan Skrining Kesehatan Jiwa

Gambar
  Saka Lagaun, 30 Mei 2024 UPT. Puskesmas Sei Tatas melakukan skrining kesehatan jiwa kepada masyarakat Desa Saka Lagun, Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas. Menurut Penanggung Jawab Program Kesehatan Jiwa, Mariana, S.Kep., Ns., m anfaat skrining  kesehatan mental pada dasarnya adalah untuk mendeteksi lebih cepat atau menentukan risiko seseorang untuk mengalami gangguan mental, seperti gangguan kecemasan, depresi, gangguan bipolar gangguan makan, atau gangguan stress pasca trauma (PTSD).  Skrining Kesehatan jiwa dilakukan kepada masyarakat yang memiliki gejala seperti : Sering merasa cemas, khawatir, atau takut yang berlebihan Suasana hati (mood) cepat berubah dan ekstrim Cepat sedih dan mudah emosi Kurang energi atau kelelahan Merasa diri tidak berharga atau self-esteem rendah Sulit berkonsentrasi Sulit mengatasi stres Sering menghindari situasi sosial atau komunikasi dengan orang lain Pernah atau berisiko menyakiti diri sendiri (self-harm) Sempat berpikir atau bahkan sudah mencob

Siswa MTsN Selat Terpilih Sebagai Duta Sanitasi Kabupaten Kapuas

Dea Yasinta Permata Sari Rusmana (tengah) didampingi guru dan teman-teman
Kuala Kapuas (Inmas),  Siswa MTsN Selat Kabupaten Kapuas kembali meraih prestasi spektakuler dalam ajang Pemilihan Duta Sanitasi tingkat Kabupaten Kapuas yang berlangsung di Aula Kantor Dinas PU, Senin (3/3). Dea Yasinta Permata Sari Rusmana yang sekarang masih duduk di kelas VIII-1 berhasil meraih juara I kategori karya tulis dalam ajang tersebut. Dengan keberhasilan ini dirinya dinobatkan sebagai Duta Sanitasi  Kabupaten Kapuas tahun 2014. Sebagai ganjaran atas prestasi yang diperoleh, mendapat penghargaan berupa Piala Tetap, Piagam dan  uang pembinaan. Penyerahan penghargaan diberikan  langsung oleh Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM, MT.

Disamping berbagai penghargaan yang diterima oleh Dea Yasinta, maka dirinya berhak mewakili Kabupaten Kapuas pada ajang pemilihan Duta Sanitasi  tingkat  Propinsi Kalimantan Tengah di Palangka Raya.

Menanggapi keberhasilan tersebut Kepala MTsN Selat Sriyadi, M.Pd sangat bersyukur, sebab dengan terpilihnya  salah satu siswa menjadi duta sanitasi ini menunjukkan bahwa siswa MTsN Selat yang ada sekarang   mampu mempertahankan  prestasi yang sama pada tahun lalu.  Oleh karena itu pembinaan akan terus dilakukan sehingga tradisi juara seperti ini  dapat dipertahankan  

Selain itu lanjut Kepala Madrasah, kepercayaan yang diberikan kepada siswa madrasah kami, akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, oleh karena itu pembinaan berupa pelatihan melalui  guru pembimbing akan berlanjut guna meraih hasil yang maksimal pada tingkat Propinsi nanti.  

“Selamat atas prestasi yang telah diraih dan  jangan terlena dengan keberhasilan yang diperoleh, sebab tantangan yang lebih ketat dan berat akan dihadapi pada tingkat selanjutnya ” harap Sriyadi. (andg)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan