Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas

Gambar
  Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas dilaksanakan pada hari Selasa, 30 April 2024 di aula Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah Kabupaten Kapuas.  Dalam sambutan dari Asisten III, Bapak Ahmad M. Saribi, beliau mengharapkan adanya arahan dari Sekretaris Daerah terkait masalah pembangunan Zona Integritas di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas. Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, Drs, Septedy, menyampaikan bahwa hasil dari Ombudsman untuk tahun 2023 adalah 82,72. Tapi penilaian KPK, kita berada pada 68,99 padahal target nasional adalah di atas 70. Kita tidak boleh puas dengan kepatuhan di Ombudsman, kita harus meningkatkan satuan pengawasan internal. Beliau bertanya, kalau darah lain bisa, mengapa kita tidak bisa. Mengapa? Masalahnya dimana? Pekerjaan ini adalah pekerjaan kita semua,

Hitung Mundur Ramadhan: Persiapkan Derma Anda

Bayangkan diri anda ketika azan Maghrib terdengar dan Ramadhan sudah dimulai. Dari hari pertama pikiran anda sudah disetel pada rutinitas harian, berpuasa, mempersiapkan buka puasa, shalat Tarawih, berusaha shalat lima waktu tepat waktu, dan membaca Qur'an sebanyak mungkin. Anda juga berusaha keras untuk tidak melakukan gosip atau marah. Tapi ada satu hal besar yang hilang dalam gambaran ini: derma anda.

Ibnu Abbas meriwayatkan: Rasulullah SAW adalah orang yang paling dermawan, dan beliau biasanya menjadi lebih dermawan terutama pada bulan Ramadhan ... lebih dermawan dibandingkan angin berhembus dalam melakukan kebaikan. (H.R. Bukhari)

Mari kita temukan bagaimana anda dapat fokus pada sedekah anda sebelum Ramadhan dan membuat rencana bagaimana memperbaiki pemberian anda selama bulan tersebut ketika pahala kita dilipatgandakan dengan jumlah yang hanya Allah yang tahu.

Dan mereka yang memberikan apa yang telah mereka berikan, dengan hati yang takut, (karena mereka tahu bahwa) sesungguhnya mereka akan kembali kepada Tuhan mereka (Q.S. Al Mu'minun, 23: 60)

Kelebihan Beban Saat Ramadhan
Apa yang sering terjadi - paling tidak bagi saya (penulis) - bahwa kita memiliki banyak hal yang ingin kita pelajari, banyak ide yang ingin kita lakukan pada saat Ramadhan dan kita berakhir dengan kepala yang "penuh" dan mungkin kita menemukan bahwa iman kita menurun karena kita tidak dapat melakukan segala sesuatu.

Anda akan kaget tentang berapa banyak yang sebenarnya dapat anda raih - Allah SWT meletakkan begitu banyak berkah pada waktu kita di bulan Ramadhan. Yang harus kita lakukan adalah meminta-Nya untuk membantu kita mempersiapkan cara terbaik dan memilih tujuan terbaik. Jadi mulailah dengan berdo'a secara tulus kepada Allah untuk membantu anda mempersiapkan diri secara mental dan fisik. 

Dua Tips Praktis
Dalam lautan tips persiapan Ramadhan - dari membiasakan diri shalat sunnah sampai memaafkan orang lain - salah satu tips terbaik yang saya temukan adalah fokus pada derma sebelum Ramadhan.

1. Pikirkan tentang derma anda
Apakah sedekah itu? Sedekah adalah pemberian sukarela; anda tidak wajib memberi, tetapi anda melakukannya karena anda mencintai Allah SWT dan anda ingin melakukan kebaikan kepada ciptaan-Nya.

Jangan bingung dengan kata "memberi". Sedekah juga berarti "perbuatan baik", sebagaimana sabda Rasulullah: Setiap perbuatan baik adalah sedekah. (H.R. Muslim)

Tahukah anda bahwa anda memiliki tanggung jawab untuk memikirkan derma anda dan untuk aktif mencari orang yang memerlukannya? Derma bukan hanya tentang uang - ia juga menyangkut masalah bagaimana anda, dengan ketrampilan, jabatan/kedudukan, dan persediaan anda dapat memberi dan dapat melakukan derma dengan cara yang paling menyenangkan Allah.

Tugas: Buat daftar derma. Pikirkan sekarang tentang derma yang mana yang terbaik untuk anda bantu, dan siapkan daftarnya sehingga anda dengan mudah mendanainya di bulan Ramadhan. 

Berfikirkah secara kreatif. Mengapa tidak memberi "kursus" kepada seorang teman untuk membantu mereka belajar Qur'an? Anda dapat memberikan hadiah kepada 10 orang teman dengan kursus Qur'an. Bayangkan pahala membimbing seseorang pada kebaikan, sebagai bagian dari menyampaikan ayat-ayat Qur'an kepada orang lain dan insya Allah mendapatkan pahala untuk setiap ayat dari Qur'an yang akan mereka baca sesudah itu !

2. Proyek Ramadhan Pribadi
Jangan hanya berpikir tentang uang yang akan anda gunakan tetapi juga tentang bagaimana anda akan memberi sedekah dengan waktu dan ketrampilan anda sehingga anda dapat memperoleh pahala di semua bagian. Bacalah tentang sedekah jariah, derma yang berkelanjutan. Sebagaimana sabda Rasulullah: Bila seseorang meninggal, amalnya akan berakhir kecuali tiga hal: sedekah jariyah (seperti sumur air bersih, menanam sebuah pohon, masjid, rumah sakit), pengetahuan yang bermanfaat, atau anak saleh yang mendo'akannya (H.R. Muslim). Rencanakan tindakan ini - sebagai contoh proyek menanam pohon dengan anak-anak, menyita waktu, jadi anda dapat merencanakannya sebelum Ramadhan!

Tugas: Mulailah sebuah proyek Ramadhan pribadi. Tahun ini saya sangat suka menginspirasi anda untuk memiliki sebuah proyek Ramadhan. Apakah Proyek Ramadhan itu? Anda dapat membuat daftar perbuatan ringan tapi berpahala, mencetaknya, dan membaginya dengan orang lain sehingga mereka dapat melakukannya di bulan Ramadhan. Bayangkan pahalanya !

Anda dapat melakukan investasi dengan mencetak buku kecil dan menjualnya kepada orang lain dan menyedekahkan hasilnya sebagai derma! Dengan cara ini anda dapat memberikan derma dalam jumlah besar, sementara anda hanya memulai dengan sesuatu yang kecil. 

Kreatiflah. Libatkan anak-anak. Buat kartu ucapan selamat Idul Fitri dan jual untuk derma. Mulailah sebuah halaman online dan ajak orang untuk terlibat dalam perbuatan derma, sebagai contoh jual beli online dimana anda menyarankan orang-orang untuk  mengunggah barang-barang yang tidak mereka gunakan lagi, sehingga orang lain dapat membelinya dan menyarankan hasilnya digunakan untuk derma. Bayangkan membawa semua orang ini bersama-sama bergabung dalam melakukan perbuatan baik!

Berilah Dari Hati Anda
Kembali ke pusat ayat: ...dengan hati yang takut, (karena mereka tahu bahwa) sesungguhnya mereka akan kembali kepada Tuhan mereka - apa kondisi hati anda ketika anda memberi? Pada Ramadhan ini pikirkan tentang bagaimana derma anda diharapkan bisa mengubah anda, tidak hanya kehidupan orang yang anda beri dengan hanya meng-klik mouse dan mentransfer uang anda. Hubungkan kembali dengan Allah ketika berpikir tentang derma anda sehingga anda benar-benar merasakan pengaruhnya pada hati anda bila anda meningkatkan pemberian anda di bulan Ramadhan. 

Perjalanan Anda ke Pintu Surga
Tahukah anda bahwa ada sebuah pintu khusus di surga bagi mereka yang suka memberi derma? Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda: Barangsiapa yang menyedekahkan dua hal di jalan Allah akan dipanggil dari pintu surga dan akan dikatakan, 'Hai Hamba Allah, disini adalah kemakmuran!' Jadi barangsiapa diantara hamba yang biasa melakukan shalat akan dipanggil dari pintu shalat; dan barangsiapa diantara hamba yang biasa berpartisipasi dalam jihad akan dipanggil dari pintu jihad; dan barangsiapa diantara hamba yang biasa melakukan puasa akan dipanggil dari pintu ar-Rayyaan; dan barangsiapa diantara hamba yang biasa memberi derma akan dipanggil dari pintu derma. (H.R. Bukhari)

Abu Bakar r.a., dengan akhlak mulianya, memiliki sebuah pertanyaan: Semoga orang tuaku menjadi jaminan bagimu Ya Rasulullah! Tidak ada kekhawatiran bagi orang yang akan dipanggil dari pintu-pintu tersebut. Apakah ada orang yang akan dipanggil dari semua pintu? Rasulullah menjawab: Ya, dan aku berharap engkau menjadi salah satu dari mereka. (H.R. Bukhari). Semoga kita termasuk orang yang dipanggil dari semua pintu surga, termasuk pintu derma, amin !

Penulis: Khawlah binti Yahya - Inggris

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan