Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas

Gambar
  Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas dilaksanakan pada hari Selasa, 30 April 2024 di aula Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah Kabupaten Kapuas.  Dalam sambutan dari Asisten III, Bapak Ahmad M. Saribi, beliau mengharapkan adanya arahan dari Sekretaris Daerah terkait masalah pembangunan Zona Integritas di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas. Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, Drs, Septedy, menyampaikan bahwa hasil dari Ombudsman untuk tahun 2023 adalah 82,72. Tapi penilaian KPK, kita berada pada 68,99 padahal target nasional adalah di atas 70. Kita tidak boleh puas dengan kepatuhan di Ombudsman, kita harus meningkatkan satuan pengawasan internal. Beliau bertanya, kalau darah lain bisa, mengapa kita tidak bisa. Mengapa? Masalahnya dimana? Pekerjaan ini adalah pekerjaan kita semua,

Allah Cuma Meminta Sedikit Dari Kita

Ustadz Suriani Jiddy, Lc (kedua dari kiri)
Oleh: Ustadz Suriani Jiddy, Lc

Ramadhan merupakan salah satu anugerah yang diberikan Allah SWT kepada kita. Karena Allah memberikan keistimewaan pada bulan Ramadhan ini, diantaranya yaitu:

Allah mewajibkan kepada kita semua untuk berpuasa pada bulan ini. Allah tidak mewajibkan puasa pada bulan-bulan lain. Puasa pada bulan-bulan lain tidak wajib seperti Puasa Senin-Kamis, Puasa Hari-hari Putih (13, 14, 15 bulan Hijriah), kalau kurang masih bisa ditambah dengan Puasa Nabi Daud (sehari puasa, sehari berbuka). Puasa Ramadhan wajib, yang tidak berpuasa berdosa.

“Hai orang-orang yang beriman, telah diwajibkan kepada kalian semua berpuasa sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kamu agar kamu menjadi orang-orang yang bertakwa” (Q.S. Al Baqarah, 2: 183)

Allah mewajibkan kita berpuasa hanya satu bulan (paling lama 30 hari). Kalau kita lihat perintah Allah kepada kita untuk beribadah kepada-Nya tidak banyak, sedikit saja. Allah menyediakan satu tahun, dia hanya meminta kepada kita satu bulan. Tidak ada alasan kepada kita untuk tidak berpuasa. Ada orang yang merasa susah ketika berpuasa. Ada orang yang setelah sahur tidur sampai berbuka.

Sayid Sabiq – tidak ada ibadah yang lebih utama dari pada shalat. Jangan sampai kita puasa tapi tidak shalat.

Allah meminta dari kita sedikit saja, meskipun Allah memberi kita nikmat tidak terhingga. “Kalau kamu menghitung nikmat Allah, maka kamu tidak akan sanggup untuk menghitungnya”.

Allah memberikan waktu kita sehari-semalam 24 jam. Allah meminta kita waktu sedikit untuk shalat. Allah hanya minta 1,5 jam saja untuk sujud kepada-Nya. Banyak orang yang masih pelit dengan waktunya. Masih banyak orang yang meninggalkan shalat.

Dalam Islam, orang yang memiliki kelebihan harta, setelah memenuhi syaratnya harus mengeluarkan zakat. Zakat itu Cuma 1/40 dari harta yang kita miliki. Tidak semua harta tersebut kita zakati. Harta yang wajib dizakati adalah yang sudah sampai nishob-nya. Bila harta belum mencapai 85 gram emas, belum wajib zakat.

“Kepada-Mu-lah kami menyembah dan kepada-Mu-lah kami mohon pertolongan”. Jadi kita menyembah dulu baru meminta. 

Permintaan kita yang banyak kadang kurang disertai dengan ibadah yang banyak. Harus ada perbedaan antara sebelum Ramadhan dengan sesudah Ramadhan. Sesudah Ramadhan harus semangat dalam menuntut ilmu.

Orang yang berpuasa itu punya dua kegembiraan, kegembiraan saat dia berbuka dan kegembiraan saat bertemu dengan Tuhannya.


Disampaikan pada hari Minggu, 06 Juli 2014 di Masjid At Taubah, Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan