UPT Puskesmas Sei Tatas Melakukan Skrining Kesehatan Jiwa

Gambar
  Saka Lagaun, 30 Mei 2024 UPT. Puskesmas Sei Tatas melakukan skrining kesehatan jiwa kepada masyarakat Desa Saka Lagun, Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas. Menurut Penanggung Jawab Program Kesehatan Jiwa, Mariana, S.Kep., Ns., m anfaat skrining  kesehatan mental pada dasarnya adalah untuk mendeteksi lebih cepat atau menentukan risiko seseorang untuk mengalami gangguan mental, seperti gangguan kecemasan, depresi, gangguan bipolar gangguan makan, atau gangguan stress pasca trauma (PTSD).  Skrining Kesehatan jiwa dilakukan kepada masyarakat yang memiliki gejala seperti : Sering merasa cemas, khawatir, atau takut yang berlebihan Suasana hati (mood) cepat berubah dan ekstrim Cepat sedih dan mudah emosi Kurang energi atau kelelahan Merasa diri tidak berharga atau self-esteem rendah Sulit berkonsentrasi Sulit mengatasi stres Sering menghindari situasi sosial atau komunikasi dengan orang lain Pernah atau berisiko menyakiti diri sendiri (self-harm) Sempat berpikir atau bahkan sudah mencob

MTsN Selat Kedatangan Tim Penilai LSS Tingkat Propinsi Kalteng


Kuala Kapuas (Inmas). MTsN Selat Kuala sebagai sekolah yang mewakili Kabupaten Kapuas dalam Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Propinsi Kalimantan Tengah kedatangan tim Penilai LSS untuk kategori SMP/MTs Senin (20/10). Tim penilai yang berjumlah  sepuluh  orang  saat memasuki halaman madrasah disambut dengan pengalungan bunga kepada Ketua Tim Elmi Riawati, M.Pd.K diiringi  lantunan sholawat Nabi dengan iringan alat musik terbang yang dibawakan oleh group Habsy.

Dalam kegiatan penilaian ini tampak hadir Kabid Pendidikan Madrasah Kemenag Prop Kalteng Drs. H. Mahli, M.PdI sebagai anggota tim,  Kepala Bagian  Kesra Sekda Kapuas Drs. H. Darwis, Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kapuas Drs. H. Asy’ari serta Tim Pembina UKS Kabupaten Kapuas dan Kecamatan Selat yang beranggotakan dari unsur SKPD.

Setelah itu saat tim penilai  akan memasuki ruang utama, dilakukan pengguntingan pita oleh Ketua tim selanjutnya sebagai ungkapan rasa syukur dan  hormat kepada para penilai yang sedang mengemban tugas serta rombongan lainnya, mereka disuguhi tarian daerah penyambutan, yang dibawakan oleh peserta didik madrasah ini.

Kedatangan tim penilai  bertujuan untuk melakukan  penilaian dimadrasah  tersebut, dalam ajang LSS tingkat Propinsi Kalteng tahun 2014.

Dalam sambutannya  Kepala MTsN Selat mengucapkan selamat datang kepada seluruh tim penilai dan rombongan lainnya. Dirinya juga mempersilahkan tim penilai untuk melakukan penilaian terhadap usaha dan kerja keras  seluruh komponen mulai  dari tata usaha, guru serta peserta didik dalam rangka menciptakan madrasah sehat sesuai standar yang ditentukan.

“Selamat datang di MTsN Selat,  kami semua telah berusaha  dan bekerja maksimal  guna menciptakan lingkungan madrasah yang sehat,” kata Sriyadi.

Kepala Madrasah  yang selalu menanamkan motto untuk berfikir maju, bertindak nyata, berhasil bersama,  bertekad agar  usaha mewujudkan madrasah sehat, tidak hanya sampai tahap perlombaan  saja tetapi akan diteruskan dalam proses kegiatan pembelajaran sehari-hari.

Selanjutnya semua tim penilai melakukan penilaian keseluruh lokasi yang menjadi sasaran  penilaian. (andg)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan