Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas

Gambar
  Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas dilaksanakan pada hari Selasa, 30 April 2024 di aula Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah Kabupaten Kapuas.  Dalam sambutan dari Asisten III, Bapak Ahmad M. Saribi, beliau mengharapkan adanya arahan dari Sekretaris Daerah terkait masalah pembangunan Zona Integritas di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas. Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, Drs, Septedy, menyampaikan bahwa hasil dari Ombudsman untuk tahun 2023 adalah 82,72. Tapi penilaian KPK, kita berada pada 68,99 padahal target nasional adalah di atas 70. Kita tidak boleh puas dengan kepatuhan di Ombudsman, kita harus meningkatkan satuan pengawasan internal. Beliau bertanya, kalau darah lain bisa, mengapa kita tidak bisa. Mengapa? Masalahnya dimana? Pekerjaan ini adalah pekerjaan kita semua,

Klasifikasi Hadits 2

Oleh: Ustadz Suriani Jiddy, Lc

Contoh hadits munqathi' – contoh hadits yang tidak sahih karena tidak bersambung

Empat perkara yang merupakan Sunnah para rasul yaitu memakai wangi-wangian, nikah, siwak dan rasa malu.

Buka elhuda.net

Jadi pada rawi diatas ada yang tidak pernah bertemu orangnya (terputus).

Hadits Hasan

  • Lidzatihi – perawi haditsnya banyak benarnya, lumayan
  • Lighayrihi – perawi haditsnya banyak benarnya, haditsnya lemah

Contoh hadits hasan, tentang orang yang sering mengeluarkan mazi, Rasulullah menyuruhnya untuk berwudhu', sedangkan untuk mazi yang menempel ke kain, cukup dipercikkan air.

Contoh hadits hasan lighayrihi:

Bahwa ada seorang perempuan dari bani Fazaroh yang menikah dengan mahar sepasang sandal. Maka Rasulullah SAW pun bertanya kepadanya: "Apakah engkau ridho terhadap dirimu dan hartamu dengan sepasang sandal ini?" Perempuan tadi menjawab, "Ya".

Dalam perawinya ada yang mungkar. Hadits ini dikatakan hasan karena banyak hadits serupa yang lain.

Cara Mengetahui Validitas Suatu Hadits

  • Silsilah Hadits Dha'if dan Maudhu'
  • Hadits lemah dan palsu yang populer di Indonesia
  • Hadits-hadits lemah dan palsu dalam ibadah
  • Terjemah Tamamul Minnah (penjelasan hadits Fiqh Sunnah)
  • Hadis-hadis bermasalah
  • Hadits-Hadits Lemah dan Palsu dalam Kitab Durratun Nasihin

Kalau membeli buku, belilah yang ada penjelasan hadits-nya dibawah.

Bisa juga dengan menggunakan hadits online.

Kalau bisa menggunakan Bahasa Arab, bisa googling kata kunci dorar net hadits

Contoh hasil pencarian tentang man qaraa yasin maka keluar hadits tentang orang yang membaca Yasin akan diampuni dosanya dan mendapat pahala membaca Qur'an dua belas kali. Siapa saja yang sakit dan dibacakan surat Yasin, nanti akan turun malaikat sejumlah huruf yang ada di surat Yasin. Malaikat itu turun bersaf-saf, malaikat tersebut membaca shalawat dan istighfar kepada yang sakit tadi. Malaikat tadi menyaksikan ruhnya dicabut, dimandikan, malaikat ikut melihat memandikan dan mengantarkan ke makam. Siapa saja yang sedang sakit, dibacakan surat Yasin, ketika dia sakaratul maut, yang sakit ini tidak dicabut nyawanya, kecuali datang Ridwan (malaikat penjaga surge) memberi kabar gembira anda masuk surge. Saat dia meninggal dia dalam kenyang, tidak kehausan, sehingga dia tidak perlu kepada telaga. Sampai dia masuk ke dalam surge tidak kehausan.

Kesimpulan: hadits ini palsu.

Hadits tentang mencari ilmu walau ke negeri Cina – hadits palsu.

Surge dibawah telapak kaki ibu – hadits palsu. Ada hadits lain yang bunyinya serupa, derajatnya hasan, bunyinya: Muawiyah datang kepada Nabi, ingin berperang, minta pendapat kepada Nabi. Kamu masih punya ibu. Punya. Kata Rasulullah: Temani ibumu. Karena surge itu terletak dibawah kedua kakinya.

Kitab Durratun Nashihin

  • 24,3 % shahih
  • 21,5% lemah
  • 30% palsu


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan