Piagam Hak-Hak Keselamatan Pasien

Gambar
  Hak atas Perawatan yang Tepat Waktu, Efektif, dan Sesuai : Pasien berhak menerima perawatan yang responsif dan efektif, disesuaikan dengan kebutuhan kesehatan mereka, dan tersedia selama 24 jam. Hak atas Proses dan Praktik Perawatan Kesehatan yang Aman : Pasien berhak mengharapkan praktik perawatan yang aman, termasuk identifikasi pasien yang akurat, pengelolaan transisi perawatan yang aman, dan pencegahan infeksi. Hak atas Tenaga Kesehatan yang Kompeten dan Berkualifikasi : Pasien berhak diberi perawatan oleh tenaga kesehatan yang memiliki kualifikasi, keahlian, dan kompetensi sesuai dengan standar nasional dan internasional. Hak atas Produk Medis yang Aman dan Penggunaannya yang Rasional : Pasien berhak mengakses produk medis yang aman, termasuk obat-obatan, vaksin, dan teknologi medis, serta penggunaannya yang aman dan rasional. Hak atas Fasilitas Perawatan Kesehatan yang Aman dan Terlindungi : Pasien berhak diberi perawatan dalam fasilitas yang aman dan terlindungi, dengan desain

Pertemuan Penguatan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim Dengan Metode IVA



dr. Tonun Irawaty sedang menyampaikan materi
Pada tanggal 8-9 Juni 2015 di hotel Raudah dilaksanakan kegiatan Penguatan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim Metode IVA. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas mengingat bahwa meski tenaga kesehatan (bidan dan dokter) sudah dilatih IVA, namun ternyata belum semua melaksanakan di puskesmas karena tergantung dengan dukungan kebijakan dari Pimpinan Puskesmas. Di samping itu kegiatan ini dilaksanakan sebagai refresh IVA bagi tenaga kesehatan yang sudah dilatih, karena ternyata banyak tenaga bidan yang dilatih IVA sudah beberapa tahun yang lalu sehingga ilmunya perlu disegarkan kembali.

Dalam kesempatan ini materi yang diberikan yaitu kebijakan nasional pengendalian kanker oleh pak Rusdi Kasi P2  Dinkes Provinsi, Situasi Penyakit Tidak Menular dan Kanker di Kapuas oleh pak Raison Kabid PMK  Dinkes Kesehatan Kab. Kapuas, Kanker Serviks dan Latihan Membaca Flash Card oleh dr. Dhanny Primantara J.S, SpOG, M.Kes dari RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo, IVA dan Pengalaman Puskesmas Melati dalam Layanan IVA oleh dr. Tonun Kepala Puskesmas Melati, Peran Puskesmas dalam Pengendalian Terpadu PTM dan Deteksi Kanker oleh dr. Tri Setyautami MPHM Kasi P2 Dinkes Kab. Kapuas, dan Posbindu sebagai UKBM srategis bagi pencegahan PTM oleh Hari Pelaksana P2 Dinkes Kab. Kapuas.

dr. Danny SpOG  sedang menyampaikan materi
Acara dihadiri oleh para kepala puskesmas dari 9 puskesmas terpilih, dan 21 tenaga bidan dan dokter yang pernah mengikuti pelatihan IVA (baik pelatihan  dari IBI See and Treat, Dinkes Prov Kalteng, dan BPJS). Sesuai dengan nama kegiatan yaitu Penguatan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim Metode IVA, maka kepala Puskesmas yang diundang diharapkan termotivasi dan tergerak untuk membuka layanan IVA di Puskesmasnya, karena IVA sangat cocok diterapkan di sarana pelayanan kesehatan yang terbatas seperti di Puskesmas, tidak memerlukan biaya yang mahal. Sementara untuk bidan dan dokter yang diundang diharapkan ilmu tentang IVA dapat disegarkan kembali melalui pembacaan flash card dan pembahasan teknis pelayanan IVA di puskesmas.


Di akhir pertemuan, kepala puskesmas membuat Rencana Tindak Lanjut, dan seluruh peserta menyepakati untuk memberikan layanan IVA di Puskesmas yang diintegrasikan dengan layanan Sadanis (Periksa Payudara Klinis), serta melaksanakan pencatatan dan pelaporannya ke Dinas Kesehatan Kab. Kapuas.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan