UPT Puskesmas Sei Tatas Melakukan Skrining Kesehatan Jiwa

Gambar
  Saka Lagaun, 30 Mei 2024 UPT. Puskesmas Sei Tatas melakukan skrining kesehatan jiwa kepada masyarakat Desa Saka Lagun, Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas. Menurut Penanggung Jawab Program Kesehatan Jiwa, Mariana, S.Kep., Ns., m anfaat skrining  kesehatan mental pada dasarnya adalah untuk mendeteksi lebih cepat atau menentukan risiko seseorang untuk mengalami gangguan mental, seperti gangguan kecemasan, depresi, gangguan bipolar gangguan makan, atau gangguan stress pasca trauma (PTSD).  Skrining Kesehatan jiwa dilakukan kepada masyarakat yang memiliki gejala seperti : Sering merasa cemas, khawatir, atau takut yang berlebihan Suasana hati (mood) cepat berubah dan ekstrim Cepat sedih dan mudah emosi Kurang energi atau kelelahan Merasa diri tidak berharga atau self-esteem rendah Sulit berkonsentrasi Sulit mengatasi stres Sering menghindari situasi sosial atau komunikasi dengan orang lain Pernah atau berisiko menyakiti diri sendiri (self-harm) Sempat berpikir atau bahkan sudah mencob

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia (AROAROI - ARUT)

AROAROI, s. maroi
AROI, nama laki-laki; (besar, luas)
AROK, terpasang, diisi secara permanen. Paham aroke, batisa isut, terpasang dengan kuat (misalnya kayu ditancapkan ke tanah), ada bagiannya yang tersisas sedikit diatas - Has besäi aroarok kudjang, wohlan, rudert als einsteckend kudjang, (eine Pflanze, welche beim Pflanzen sehr tief eingesteckt wird; also: steckt die Ruder tief ein, rudert tüchtig.) - Marok, harok dengan, memasang, mengisi. Marok lengä hong lowang, masukkan tangan anda dalam lubang. Haaroarok, sering dimasukkan. - Taraarok, dapat dimasukkan (kann sich sowohl auf das Loch als die Hand beziehn.) - Parok, terlibat, tidak sengaja dimasukkan ke dalam sesuatu. Paingku parok lowang, kakiku terperosok ke dalam lubang. - Paarok, pamarok, seperti dimasukkan.
ARUT, sebuah gambar yang diambil dari papan perahu yang berbeda (bagian luar dari batang pohon: jukung.) Jenis-jenis lain lihat: bagiwas, basäian, kalulus, pangku, talamba. - Harut, memiliki perahu, mengendarai perahu. - Bakarut, pergi dengan perahu sendiri (tidak bersama dengan yang lain.) Aku halisang haiak Timbong, tapi aku bakarut, Aku pergi dengan Timbong bersama-sama untuk melakukan perjalanan, tapi aku di perahu saya sendiri.


Sumber: 
Hardeland, A. (1859) Dajacksch-Deutsches Wörterbuch, Amsterdam: Frederik Muller Amsterdam (on behalf and for cost of Nederland Bijbel Genootschap)
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan