Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas

Gambar
  Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas dilaksanakan pada hari Selasa, 30 April 2024 di aula Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah Kabupaten Kapuas.  Dalam sambutan dari Asisten III, Bapak Ahmad M. Saribi, beliau mengharapkan adanya arahan dari Sekretaris Daerah terkait masalah pembangunan Zona Integritas di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas. Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, Drs, Septedy, menyampaikan bahwa hasil dari Ombudsman untuk tahun 2023 adalah 82,72. Tapi penilaian KPK, kita berada pada 68,99 padahal target nasional adalah di atas 70. Kita tidak boleh puas dengan kepatuhan di Ombudsman, kita harus meningkatkan satuan pengawasan internal. Beliau bertanya, kalau darah lain bisa, mengapa kita tidak bisa. Mengapa? Masalahnya dimana? Pekerjaan ini adalah pekerjaan kita semua,

Kunjungan Kerja Ketua TP-PKK Kapuas ke Pulau Mambulau


Ibu Ary Egahni memberikan bingkisan pada para guru TPA antara lain buku Iqra

Pak Alfianoor ketua Bina Keluarga Remaja (BKR) selaku ketua panitia sedang memberikan laporan


Ketua TP PKK Kab Kapuas Ny Ary Egahni Ben Bahat, SH sedang memberikan arahan

Masyarakat umumnya kaum ibu, kader, berdatangan mengikuti temu kader
Pada hari Selasa 5 Januari 2015 dilaksanakan kegiatan Kunjungan Kerja Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas dalam rangka Temu Kader PKK, Posyandu, dan PAUD di desa Pulau Mambulau Kecamatan Bataguh. Kunjungan kerja ini adalah yang pertama kali dilakukan oleh TP PKK Kab Kapuas di tahun 2016. Sebagai ketua panitia acara ini adalah Pak Alfianoor, ketua Bina Keluarga Remaja (BKR). Acara ini juga dihadiri oleh Sekretaris Dinas Kesehatan, Kasi PAUD Dinas Pendidikan, Camat Bataguh, Ketua TP PKK Kec. Bataguh, Kepala UPT Puskesmas  Kupang dan jajarannya, Kepala UPT BPPKB Kec Bataguh, Kepala Desa Pulau Mambulau, Ketua TP PKK Desa P Mambulau, para kader, tokoh masyarakat, tokoh agama, ibu-ibu bayi balita.

Acara berlangsung sederhana dan penuh antusiasme warga, kebetulan bersamaan dengan hari buka Posyandu Ainul Yaqin.

Dalam arahannya Ibu ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Ny Ary Egahni Ben Bahat, SH menyampaikan antara lain bahwa masyarakat perlu memahami bahwa sebagai orang tua memiliki tanggung jawab mendidik anak-anaknya sebaik-baiknya agar kelak menjadi orang yang berguna. Jika menginginkan anak yang hebat, maka orang tuanya pun harus hebat, dalam arti memahami dan mampu mendidik anak-anak dengan baik. Salah satunya adalah dengan aktif berpartisipasi membawa anaknya ke Posyandu, PAUD, dan orang tuanya belajar di Bina Keluarga Balita (BKB). Inilah yang disebut dengan PAUD Holistik Terintegrasi (PAUD-Posyandu_BKB) yang sangat penting bagi pendidikan anak di masa keemasannya. PAUD-Posyandu-BKB adalah milik masyarakat, dari-oleh-dan untuk masyarakat. Pemerintah melalui instansi terkait bertugas memfasilitasi agar kegiatan berjalan dengan optimal. Ny Ary Egahni mengajak agar bunda PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD Desa aktif bekerja sama dengan instansi terkait mendirikan PAUD Holistik Terintegrasi.
Ny Ary Egahni juga menyatakan bahwa terkait pendidikan anak agar menjadi insan yang cerdas, beriman dan bertaqwa, Bapak Bupati Kapuas menginginkan bahwa sebelum usia 12 tahun anak-anak di Kabupaten Kapuas mampu TBTQ (Tamat Baca Tulis Qur’an), mengingat pendidikan agama sangat penting untuk menjadi dasar anak tumbuh kelak menjadi pemimpin yang mampu mengayomi dan menjadi rahmat bagi seluruh manusia.

Setelah arahan, dilanjutkan dengan penyuluhan Gizi oleh Ibu Heppy petugas gizi Puskesmas Pulau Kupang. Ibu Heppy menyampaikan pentingnya gizi sejak masa kehamilan, melahirkan, menyusui, Inisiasi Menyusu Dini, ASI eksklusif, pemberian makan tambahan, dan imunisasi. Ibu Nurliansi Kasi PAUD Dinas Pendidikan menyampaikan  sosialisasi informasi tentang bantuan dana bagi PAUD dan satuan PAUD sejenis yang disayangkan masih banyak masyarakat yang belum tahu informasi ini. Beliau mengajak agar masyarakat dapat aktif mendaftarkan PAUD dan satuan PAUD sejenis dengan melengkapi syarat-syarat administrasi agar memperoleh bantuan dana dari pemerintah.
Dalam acara tersebut, Ny Ary Egahni memberikan bingkisan bagi kader posyandu dan PAUD (Budi Sejahtera, Ainul Yaqin, Melati, dan Mawar) serta buku Iqra bagi TK al Qur’an (Hidayatus syiban, Khazanatur Rahmah, dan Nurul Iman). Acara diakhiri dengan tanya jawab dan pembagian doorprize. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan