Israel dalam Krisis: Faktor-Faktor yang Menempatkan Negara Ini dalam Masalah Besar

Gambar
Israel saat ini menghadapi masalah besar akibat berbagai faktor yang timbul dari konflik yang terus berlangsung dengan Palestina, terutama dengan Hamas di Gaza. Berikut adalah poin-poin utama yang menjelaskan mengapa Israel berada dalam situasi yang sangat sulit: Tuduhan Pembersihan Etnis dan Apartheid Opsi Israel untuk mengelola dinamika populasi dalam wilayah Greater Israel (termasuk Gaza dan Tepi Barat) sangat terbatas. Israel tidak bisa menjadi negara demokratis yang lebih besar atau mewujudkan solusi dua negara yang layak. Pilihan yang tersisa adalah apartheid, yang saat ini sedang dipraktikkan menurut laporan organisasi seperti Amnesty International, atau pembersihan etnis, yang diduga sedang diupayakan Israel dengan membuat Gaza tidak layak huni dan membunuh banyak warga Palestina. Kebuntuan Militer Meskipun melakukan upaya militer besar-besaran, Israel belum mampu mengalahkan Hamas secara tegas. Kelompok ini terus beroperasi dan melancarkan serangan, menciptakan ancaman keamana

Mengenal Zika Virus

Zika virus merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang di tularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegepty. Pertama kali di identifikasi pada manusia tahun 1952 di Uganda. Zika Virus termasuk golongan flavivirus. Di Indonesia teridentifikasi 1 kasus di daerah Jambi dilaporkan oleh Eijkman Institute tahun 2015. Saat ini di Brazil dan Kolombia berjangkit virus zika dan dikaitkan dengan lahirnya bayi dengan mikrosefali (kepala kecil). Namun hal ini masih dalam penelitian oleh WHO secara komprehensif mengenai hubungan infeksi virus zika pada ibu hamil dengan bayi mikrosefali.

Masa dari mulai paparan hingga muncul gejala masih belum diketahui secara pasti, namun diperkirakan dalam hitungan beberapa hari. Gejalanya seperti infeksi virus dengue  seperti demam, kemerahan pada kulit badan, radang konjungtiva, nyeri otot dan persendiaan, lemas, dan sakit kepala. Gejala bersifat ringandan berlangsung 2 -7 hari dan sangat jarang sekali menyebabkan kematian. Demam berdarah jauh lebih berbahaya dibandingkan penyakit ini.

Zika virus ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes aegypti. Nyamuknya sama dengan yang menularkan demam berdarah dan chikugunya. Penegakan diagnosis pasti zika virus dengan reverse transcriptase PCR, namun hal ini tidak mudah di Indonesia dan hanya dapat dilakukan di Eijkman Institute dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) RI.

Untuk pengobatan Zika Virus tidak ada pengobatan yang spesifik. Penderita harus istirahat yang cukup, minum untuk menjaga kebutuhan cairan  dan  obat parasetamol untuk mengatasi demam atau nyeri. Jika keluhan bertambah berat harus segera mencari pertolongan medis. Sampai saat ini belum ada vaksin untuk penyakit ini.

Penyakit ini bisa di cegah seperti kita mencegah penyakit demam berdarah dan chikugunya. Hal ini karena nyamuknya sama, yaitu aedes aegypty. Dengan melaksanakan Gerakan Bersama Pemberantasan Sarang Nyamuk akan menghindarkan kita dari 3 penyakit ini sekaligus, demam berdarah, chikugunya dan zika virus.


Penulis : dr. Satria Ramli


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan