Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas

Gambar
  Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas dilaksanakan pada hari Selasa, 30 April 2024 di aula Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah Kabupaten Kapuas.  Dalam sambutan dari Asisten III, Bapak Ahmad M. Saribi, beliau mengharapkan adanya arahan dari Sekretaris Daerah terkait masalah pembangunan Zona Integritas di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas. Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, Drs, Septedy, menyampaikan bahwa hasil dari Ombudsman untuk tahun 2023 adalah 82,72. Tapi penilaian KPK, kita berada pada 68,99 padahal target nasional adalah di atas 70. Kita tidak boleh puas dengan kepatuhan di Ombudsman, kita harus meningkatkan satuan pengawasan internal. Beliau bertanya, kalau darah lain bisa, mengapa kita tidak bisa. Mengapa? Masalahnya dimana? Pekerjaan ini adalah pekerjaan kita semua,

Hadits-hadits keutamaan dakwah



Oleh: Ustadz Suriani Jiddy, Lc

Dalam pertemuan yang lalu kita membahas ayat-ayat Allah yang menunjukkan keutamaan dakwah.

Habib Muhammad Rizieq Shihab menyebutkan bahwa perjuangan Islam itu ada tiga:
1.       Dakwah
2.       Hisbah (amar ma’ruf nahi mungkar)
3.       Jihad

Ketika kita mendengar kata dakwah, yang terbayang dalam benak kita adalah para kyai, ulama, muballigh, ustadz, guru agama yang menyampaikan ceramah, khutbah atau tabligh.
Dakwah itu adalah mengajak pada kebaikan. Dari yang tidak tahu menjadi tahu. Dari sesat kita ajak meninggalkan kesesatannya. Yang biasa bergelimang dalam kemaksiatan kita ajak meninggalkan kemaksiatannya. Yang biasa tidak shalat, kita ajak shalat. Melihat definisi itu, maka dakwah tersebut dapat dilakukan oleh siapa saja. Kita bisa mengajak orang untuk shalat. Kita bisa mengajak orang meninggalkan maksiat. Jadi mudah. Siapa saja dapat melaksanakan dakwah. Dari seorang legislator kepada seorang penjual asongan dapat melaksanakan peran dakwah. Inti akhirnya, kita ingin memperbanyak orang-orang yang baik (shalih).

Dengan mengetahui keutamaan dakwah dalam Qur’an dan Hadits, mudah-mudahan kita memiliki semangat untuk berdakwah, sehingga orang-orang shalih menjadi banyak. Kalau orang-orang shalih banyak, kita senang.

Ada pertanyaan penting, mengapa Fir’aun bisa menjadi Tuhan? Apakah karena punya fisik yang kuat? Apakah dia punya kekuasaan yang besar? Apakah dia punya kekayaan yang banyak? Alasan utamanya adalah karena ada yang mempertuhankannya. Sehebat apapun Fir’aun, kalau tidak ada yang mempertuhankannya, maka dia tidak akan menjadi Tuhan.

Fir’aun di Mesir sudah tidak ada. Tapi Fir’aun-Fir’aun lain masih banyak. Jangan sampai manusia menuhankan Fir’aun yang ada.

Aliran sesat. Ketua Komisi Pengkajian dan Penelitian MUI, Prof Utang Ranuwijaya: Tidak kurang dari 300 aliran keagamaan atau kepercayaan yang tergolong sesat telah tersebar dan terpantau berkembang di hampir seluruh daerah di Indonesia. Yang terakhir di Jombang yang mengaku penerus Nabi yang ingin meluruskan syariat Muhammad.

Pertanyaannya, mengapa bisa sebanyak ini? Mungkin karena enak, tidak perlu lagi shalat, tidak perlu puasa. Ada juga yang menghalalkan yang haram. Misalnya ada yang saking manutnya kepada gurunya, menyerahkan istrinya kepada gurunya. Adegan itu dilakukan dihadapan peserta yang lain. Aliran itu kenapa bisa ada pengikutnya, karena ada yang ikut.

Perputaran uang transaksi narkoba pertahun 57 triliun (Kementerian sosial). Jumlah pengguna narkoba tahun 2015, 5,8 juta (BNN). Kematian akibat narkoba pertahun 15 ribu (BNN). Ini terjadi karena banyak yang pakai.

Merupakan tugas dakwah agar yang menggunakan narkoba agar meninggalkannya. Yang merokok sebaiknya tidak merokok. Angka merokok di Indonesia terbanyak setelah India dan Cina. Tahun 2015, 260 milyar batang, pajaknya 139,5 triliun.

Data Dolly menjelang penutupan. Jumlah PSK 1.187, dengan mucikari sebanyak 311 orang. Penghasilan PSK 18-27 juta per bulan. Penghasilan mucikari 60 juta per bulan.
Sekularisme memisahkan jiwa dan raga. Raga tidak apa melakukan maksiat asal rohaninya suci. Dolly sebelum ditutup melakukan istighosah. Di Dolly ada majelis ta’lim, masjid. Ini prinsip ajaran sekuler. Angka ini ada karena ada yang menggunakan.

Hadits Keutamaan Dakwah

Sampaikan dariku walaupun satu ayat.

Kalau kita memainkan peran kita dalam dakwah, maka orang yang menjalankan peran ini sudah memainkan peran yang paling mulia yang pernah dilakukan manusia yaitu peran Nabi dan Rasul.

Sesungguhnya Allah dan para Malaikat-Nya dan semua makhluk di langit dan di bumi sampai semuat dalam lubangnya dan ikan di lautan, benar-benar bershalawat / mendoakan kebaikan bagi orang  yang mengajarkan kebaikan (ilmu agama) kepada manusia (H.R. Tirmidzi)

Kalau kita memainkan peran dakwah, maka kita akan mendapatkan doa semua makhluk di muka bumi.

Sebaik-baik kamu adalah orang-orang yang mempelajari Qur’an dan mengajarkannya.

Ilmu memang bukan untuk konsumsi pribadi. Ilmu  harus diamalkan dengan jalan melaksanakan apa yang diketahui dan mengajarkannya kepada orang lain.

Insya Allah tahun ini kita akan memberangkatkan 12 orang santri dalam rangka belajar Qur’an dan mengajarkannya. Yang ingin berkontribusi dapat menghubungi Bapak Carta untuk menyampaikan sumbangannya.

Barangsiapa yang mencontohkan kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala dari orang yang menirunya.

Kalau kita mengajak orang lain ke majelis ini, kemudian dia setiap Subuh datang. Suatu saat kita tidak datang karena ketiduran atau dinas luar, maka dia dapat pahala.

Allah memberikan hidayah kepada seseorang karena kamu. Lebih baik bagi kamu daripada seekor onta merah (kendaraan paling baik pada saat itu).

Perumpamaan orang-orang yang tegak diatas hukum-hukum Allah dengan orang-orang yang meninggalkannya seperti kaum yang menempati posisinya diatas bahtera, ada sebagian yang mendapatkan tempat di atas, dan ada sebagian yang mendapa tempat di bawah. Mereka yang berada di bawah jika akan mengambil air turun melewati orang yang berada di atas, lalu mereka berkata: Jika kita melubangi bagian bawah milik kita dan tidak mengganggu mereka.“ Kalau mereka membiarkan keinginan orang yang akan melubangi, mereka semua celaka, dan jika ereka menahan tangan mereka maka selamatlah semuanya. (H.R. Bukhari)


Takutlah kamu kepada fitnah yang tidak hanya mengenai orang-orang yang bermaksiat saja diantara kalian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan