Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas

Gambar
  Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Kabupaten Kapuas dilaksanakan pada hari Selasa, 30 April 2024 di aula Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah Kabupaten Kapuas.  Dalam sambutan dari Asisten III, Bapak Ahmad M. Saribi, beliau mengharapkan adanya arahan dari Sekretaris Daerah terkait masalah pembangunan Zona Integritas di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas. Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, Drs, Septedy, menyampaikan bahwa hasil dari Ombudsman untuk tahun 2023 adalah 82,72. Tapi penilaian KPK, kita berada pada 68,99 padahal target nasional adalah di atas 70. Kita tidak boleh puas dengan kepatuhan di Ombudsman, kita harus meningkatkan satuan pengawasan internal. Beliau bertanya, kalau darah lain bisa, mengapa kita tidak bisa. Mengapa? Masalahnya dimana? Pekerjaan ini adalah pekerjaan kita semua,

Penyuluhan Pencegahan Peredaran / Penggunaan Minuman Keras dan Narkoba di Kecamatan Kapuas Timur

Narasumber dan peserta penyuluhan
Pada hari Senin, 4 April 2016 bertempat di aula kantor Kecamatan Kapuas Timur dilaksanakan Penyuluhan Pencegahan Peredaran / Penggunaan Minuman Keras dan Narkoba Kabupaten Kapuas Tahun 2016 di Kecamatan Kapuas Timur. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Badan Kesbangpol Linmas Kanupaten Kapuas. Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi SMA Negeri 1 Kapuas Timur, MA Nurhidayah Karya 45, Madrasah Aliyah Nahdlatussalam Anjir Serapat, dan SMP Negeri 1 Kapuas Timur.

Salah satu narasumber dalam penyuluhan ini adalah dr. Tri Setyautami, MPHM. Beliau menyampaikan materi bahaya narkoba terhadap kesehatan.

Beliau menjelaskan bahaya alkohol terhadap janin (fetal alcoholic syndrome), hati, ginjal (gagal ginjal) daya ingat (gangguan mengingat ingatan jangka panjang). Penggunaan alkohol membuat kita tidak konsentrasi dalam mengemudi.

Ecstasy membuat orang tahan lama. Kemampuan orang untuk fokus terganggu.

Rokok dapat mengakibatkan ketagihan. Ketagihan muncul ketika tubuh sudah beradaptasi terhadap nikotin. Merokok dapat mengakibatkan berbagai macam kanker. Bila ibu hamil terpapar asap rokok bisa mengakibatkan bayi berat lahir rendah, bayi prematur.

Obat dextrometorphan disalahgunakan untuk halusinogen. Inhalan juga mengakibatkan gangguan pada otak.

Komsumsi Napza dapat berujung pada seks bebas. Seks bebas mengakibatkan kehamilan yang tidak diinginkan. Hal ini bisa memaksa orang melakukan abortus yang bila tidak aman dapat mengakibatkan kematian.

Penggunaan jarum suntik secara bergantian pada pengguna narkoba dapat mengakibatkan terjadinya penularan penyakit menular seksual termasuk HIV/AIDS.

Remaja diharapkan untuk bersikap tegas terhadap hal-hal yang terlarang dengan sopan.

Para peserta ditunjukkan video-video dari drugfreeworld.org


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan