Piagam Hak-Hak Keselamatan Pasien

Gambar
  Hak atas Perawatan yang Tepat Waktu, Efektif, dan Sesuai : Pasien berhak menerima perawatan yang responsif dan efektif, disesuaikan dengan kebutuhan kesehatan mereka, dan tersedia selama 24 jam. Hak atas Proses dan Praktik Perawatan Kesehatan yang Aman : Pasien berhak mengharapkan praktik perawatan yang aman, termasuk identifikasi pasien yang akurat, pengelolaan transisi perawatan yang aman, dan pencegahan infeksi. Hak atas Tenaga Kesehatan yang Kompeten dan Berkualifikasi : Pasien berhak diberi perawatan oleh tenaga kesehatan yang memiliki kualifikasi, keahlian, dan kompetensi sesuai dengan standar nasional dan internasional. Hak atas Produk Medis yang Aman dan Penggunaannya yang Rasional : Pasien berhak mengakses produk medis yang aman, termasuk obat-obatan, vaksin, dan teknologi medis, serta penggunaannya yang aman dan rasional. Hak atas Fasilitas Perawatan Kesehatan yang Aman dan Terlindungi : Pasien berhak diberi perawatan dalam fasilitas yang aman dan terlindungi, dengan desain

Komunikasi dalam Qur'an

Peserta silaturahmi KAHMI dan HMI
Pada hari Jum'at, 3 Juni 2016 bertempat di rumah jabatan Wakil Bupati Kapuas dilaksanakan kegiatan silaturahmi KAHMI dan HMI. Kegiatan ini diisi dengan ceramah yang disampaikan oleh Bapak Radiansyah. Beliau menyampaikan materi komunikasi. Komunikasi yang baik akan memberi dampak baik kepada semua pihak.

Dalam surat Ar-Rahman ayat 4 : 'allamahul bayan, mengajarkan komunikasi. Menurut Jalaludin Rahmat, ada 6 macam prinsip komunikasi dalam Qur'an. Dengan menguasai komunikasi, dia bisa menguasai dunia.
Qaulan sadiida (perkataan yang benar) QS An-Nisa, 4:9; 33:70
Bila ada kebohongan dalam ucapan maka bisa timbul masalah.
Indikator benar: sesuai data dan fakta.
Qaulan baligha (perkataan yang berbekas pada jiwa) - berkesan, mengena dihati. Buku - Dakwah Menyentuh Kalbu - Hasan Al Banna.
Qaulan maisuura (perkataan yang pantas). Jangan mengucapkan kata-kata yang tidak menyebabkan sakit hati.
Qaulan layyinan (perkataan yang lembut). 20:44. Orang yang kata-katanya kasar akan dijauhi orang. Ucapan yang lembut dapat menarik perhatian orang.
Qaulan karima (perkataan yang mulia). 17:23. Tidak boleh mengucapkan "ah" kepada orang tua. Perkataan yang mulia bisa menempatkan orang pada tempatnya. Rasulullah melarang menghormati melebihi proporsi.
Qaulan ma'rufan (perkataan yang baik). Bahasa yang bisa diterima oleh orang yang mendengar.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Dayak Ngaju - Indonesia

Pengantar singkat Bahasa Dayak Ngaju (4)

Laki-laki adalah "qawwam" bagi perempuan